carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Editorial / Cara Meningkatkan Performa Akun Media Sosial dengan Mudah

Cara Meningkatkan Performa Akun Media Sosial dengan Mudah

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 9 Juli 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR SOSPEDIA PERMANENt link

Media sosial sekarang tidak hanya jadi platform untuk sekadar curhat. Media sosial menjelma menjadi jembatan bagi banyak orang dalam mengaktualisasikan diri, berjualan, atau membangun brand awareness. Hal ini karena kini semua orang kini banyak berkerumun di ruang digital yang bernama media sosial.

Tidak heran jika banyak orang dan brand memiliki akun media sosial. Mereka melakukan hal ini karena ingin tetap berkomunikasi langsung dengan konsumen. Alasan lainnya agar para brand tetap relevan di berbagai kondisi.

Kehadiran media sosial  seperti Instagram, Tiktok,Facebook  ini juga melahirkan berbagai  pekerjaan baru bagi banyak orang. Ada yang namanya krator konten, influencer, selebgram, dan lainnya. Peluang ini pun banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tadinya biasa saja namun bisa jadi terkenal lewat media sosial.

Namun, tidak semua orang berhasil, untuk katakanlah menjadi terkenal. Ada juga brand yang performa media sosialnya jauh dari harapan, sunyi dari komentar. Bahkan, konten bentuk video yang katanya bisa menarik perhatian, bagi beberapa akun justru tidak terlalu berpengaruh.

Contohnya di Instagram. Di Instagram, tidak sedikit akun yang ingin punya jumlah follower banyak. Atau setidaknya kiriman video dan fotonya mendapat banyak likes dan komentar. Jumlah likes dan komentar di kiriman Instagram ini sangat berpengaruh pada keberlangsungan akun kedepannya. Instagram menyebut statistik ini sebagai engagement rate atau ER.

ER yang tinggi bakal membuat akun terlihat menarik. Efeknya, jumlah pengguna meningkat. Pengguna akun tersebut tentunya mendapat keuntungan karena biasanya bakal mendapat eksposur lebih. Selain itu, ER yang bagus juga bakal membuat banyak pihak tertarik kerjasama. Bagi brand, ER yang tinggi bisa berpengaruh pada penjualan produk atau campaign tertentu.

Lantas, bagaimana caranya agar akun media sosial mendapat banyak perhatian? Contohnya, akun Instagram yang punya ER yang baik, atau akun TikTok yang sering mendapat perhatian, dan lainnya. Tidak perlu bingung sebenarnya, karena 5 cara ini bisa jadi solusi yang tepat.

1. Membuat Konten yang Tetap Relevan dengan Pengikut

media sosial

Salah satu cara paling bagus agar performa akun media sosial meningkat adalah dengan membuat konten yang relevan secara konsisten. Jika pengguna ingin dikenal sebagai ilustrator, maka buatlah konten yang konsisten yang berhubungan dengan hal tersebut.

Jika pengikut media sosial mengikuti pengguna karena membahas soal misteri, jelas pengguna akun juga harus konsisten dalam membuat konten terkait misteri. Sesekali bisa membuat konten yang di luar yang kurang diminati tetapi perlu dibatasi.

Untuk brand, biasanya perlu membuat konten menarik dan beda. Ingatlah dengan konsep “Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik”. Konten untuk brand juga jangan terlalu fokus pada produk, Alias tiap hari terus berjualan. Pengguna umumnya kurang suka dengan konten jualan.

2. Membuat Perencanaan

ilustrasi planning

Planning adalah kata kunci lain agar akun media sosial punya performa yang baik. Planning atau perencanaan akan sangat membantu dalam memetakan bagaimana akun media sosial tersebut kedepannya.

Perencanaan dalam hal ini misalnya konten apa yang bakal dibuat, kapan bakal diunggah, dan lainnya. Yang paling penting adalah konsisten mengirimkan konten di media sosial. Jika fokus di Youtube misalnya, unggahlah video dengan jumlah konsisten dalam sepekan. Misalnya, tiga video dalam satu minggu. Lakukan hal terus-menerus namun tetap mengacu pada kualitas konten.

Perencanaan konten juga bakal berpengaruh pada aksi kedepannya. Jika ada konten yang dirasa kurang menarik, atau bosan, lakukan strategi perencanaan konten lain. Dengan cara ini, performa akun media sosial bakal meningkat cukup signifkan.

3. Pertimbangkan Memakai Bantuan Pihak Lain

sospedia.id

Cara ini maksudnya adalah dengan bekerja tidak sendirian. Jika akun media sosial sudah besar, biasanya akan kerepotan mengurus sendiri. Karena itu biasanya akan ada orang lain yang bakal menangani akun media sosial tersebut yang biasa disebut Social Media Manager atau SMM.

Jika belum besar, cobalah untuk bekerja sama dengan orang lain alias kolaborasi. Bagi brand, jelas hal ini hal biasa. Karena akun brand umumnya dipegang oleh seorang karyawan yang menangani media sosial perusahaan atau brand tersebut.

Sementara bagi brand kecil atau pemilik usaha yang baru merintis, umumnya akun media sosial tetap dipegang sendiri. Sangat disarankan sebenarnya untuk mencari orang lain dalam menangani media sosial. Jika tidak, opsi memakai SMM panel dan jasa followers patut dipertimbangkan.

SMM panel merupakan sebuah platform bisnis yang menyediakan berbagai layanan social media marketing. Di Indonesia, cukup banyak penyedia jasa SMM panel. Contohnya adalah Sospedia.id.

Sospedia.id merupakan layanan reseller produk digital, jasa all sosmed dan penyedia layanan sosial media. Layanan ini menghadirkan jasa seperti peningkatan nstagram Followers / Likes / Views / Comments, Facebook Friends / Likes / Views, Youtube Subscribers / Views / Watchtime, dan juga untuk meningkatkan akun Tiktok.

Sospedia.id bisa jadi solusi tepat bagi mereka yang ingin meningkatkan performa akun media sosial mereka. Apalagi harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Selain itu, Sospedia.id juga menyediakan layanan lain seperti pembayaran e-money, pulsa, token pln, paket telepon, dan voucher game.

4. Pertimbangkan Adakan Kuis, Lomba, atau Giveaway

ilustrasi bekerja

Cara ini merupakan cara yang banyak dilakukan para pengguna media sosial. Tujuannya jelas untuk menjaring followers baru. Tidak ada yang salah dengan cara ini agar dilakukan dengan benar.

Bagi brand, cara in umum dilakukan. Apalagi jika hadiah kuis, lomba atau, giveaway-nya menarik. Bagi akun yang baru berkembang, cara ini juga bisa dilakukan. Hanya saja lakukan jika sudah punya pengikut yang lumayan. Tidak usah besar tetapi loyal. Hadiah pun jika dirasa berat bisa memilih hadiah kecil tapi relevan dengan konten.

5. Promosi Silang di Media Sosial Lain

TikTok

Cara kelima untuk meningkatkan performa media sosial adalah dengan melakukan promosi silang di media sosial lain. Cara ini bakal efektif jika pengguna sudah terkenal di salah satu media sosial. Contohnya, jika pengguna terkenal di Tiktok tetapi tidak di Instagram, promosikanlah akun Instagram di Tiktok. Hal ini umum dilakukan para pengguna media sosial.

Selain kelima cara tersebut, ada banyak lagi cara agar performa media sosial meningkat. Terlebih setiap media sosial punya caranya sendiri atau punya strateginya sendiri. Cara di atas hanya cara yang sifatnya umum.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram