Carisinyal / Tips Trik / 10 Cara Meningkatkan Performa Laptop Lama dengan Mudah

10 Cara Meningkatkan Performa Laptop Lama dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Kamu memiliki laptop lama tapi performanya sudah loyo? Setiap barang termasuk laptop tentu ada masa pakainya. Namun bukan berarti laptop lama yang sudah terasa lelet tidak bisa dibuat cepat kembali. Ada beberapa cara yang terbukti mampu meningkatkan performa atau kinerja laptop lama agar jos kembali.

Kamu bisa melakukan tune up pada bagian perangkat lunak dan juga perbaikan pada bagian perangkat keras laptop seperti RAM dan hardisk untuk mempercepat kinerja laptop lamamu. Biaya yang diperlukan juga tidak terlalu menguras dompetmu dan lebih murah dibanding harus membeli laptop baru. Lalu apa saja caranya? Simak artikel berikut ini.

10 Cara Meningkatkan Performa Laptop Lama

1. UNINSTALL Semua yang Tidak Diperlukan

Uninstall

* sumber: www.flickr.com

Laptop lama kadang dipenuhi dengan berbagai aplikasi yang sudah usang dan jarang digunakan. Agar kinerja laptop bisa diminimalisir, maka kamu bisa meng-uninstall semua aplikasi yang tidak diperlukan, termasuk aplikasi-aplikasi yang menjanjikan peningkatan kinerja laptopmu.

Dengan dilakukannya hal ini, beban laptop lamamu bisa berkurang sehingga performanya bisa meningkat. Hal ini mungkin sudah dialami banyak orang. Tidak sedikit orang mengalami saat ruang penyimpanan HP atau laptop penuh dengan aplikasi maka mereka terasa lambat saat dioperasikan, namun saat ruangnya dilonggari perangkat jadi terasa lebih cepat.

2. Disable Startup yang Tidak Diperlukan

Startup

Laptop lamamu terasa lambat saat akan dihidupkan? Bisa jadi itu karena banyaknya program yang sudah berjalan sejak awal laptop dioperasikan. Untuk bisa mempercepat proses ini, kamu bisa men-disable-kan program-program tersebut. Bagaimana cara melakukan hal ini?

Cukup pergi ke ‘run’ dengan cara cepat mengklik Windows Key + R, lalu ketik ‘msconfig’. Setelah jendela baru terbuka, pilih bagian ‘Startup’ lalu disable-kan atau nonaktifkan semua program yang berjalan dimuka kecuali Antivirus. Dengan cara ini diharapkan performa laptop dapat meningkat saat proses dihidupkan.

3. Delete Semua yang Tidak Diperlukan

delete-1727486_960_720
*

Punya banyak data dalam ruang penyimpanan laptop lamamu? Agar laptop lamamu bisa kembali sedikit bernafas lega, maka kamu bisa menghapus data-data yang sudah tidak diperlukan. Bagaimana kalau itu semua data penting?

Jika demikian, maka kamu bisa membeli hardisk eksternal dan memindahkan mereka semua ke sana. Dengan berkurangnya data di ruang penyimpanan, kinerja laptop lamamu bisa terasa meningkat dan berjalan lebih cepat.

4. Lakukan Defragment pada Drive Windows

Disk Defrag

* sumber: www.flickr.com

Defragment adalah proses menata ulang blok file di dalam HDD agar bisa rapi kembali. Perlu kamu ketahui, bahwa ketika kamu menyimpan sebuah data di media penyimpanan (dalam hal ini HDD), data tersebut tersimpan dalam bentuk blok. Biasanya blok data ini kadang terpencar-pencar karena biasanya data yang tersimpan menimpa blok yang sebelumnya sudah tidak digunakan. 

Nah, tugas defragment ini adalah merapikan kembali data blok yang sebelumnya berantakan.  Dengan demikian, saat komputer disuruh melakukan pencarian atau memproses data maka ia dapat berjalan lebih cepat. Kamu bisa melakukan defragment pada drive yang berisi instalasi Windows (biasanya Drive C).

5. Cleanup System Files

Disk Cleanup

Kadang banyak sekali system file pada laptop lama yang sudah menggunung menjadi sampah (seperti sistem file Windows Lama yang berukuran besar). Untuk mengurangi beban ruang penyimpanan, maka kamu bisa menghapus file sistem laptopmu dengan cara pergi ke C:\ drive –> Properties –> Disk Cleanup. Cara ini bisa dilakukan berulang.

6. RESET Browser ke Pengaturan Awal

Reset browser

* sumber: www.flickr.com

Aplikasi browser pada laptop lamamu kadang menyimpan banyak penunggang seperti add-ons / extensions / toolbars hingga hasil pencarian yang menyebabkan laptop bekerja lebih berat saat browser sedang digunakan.

Jika dirasa penunggang-penunggang tersebut tidak berguna lagi, maka hapus saja. Jika sudah terlalu banyak maka kamu dapat mereset browsermu ke pengaturan awal, atau jika perlu hapus dan pasang lagi aplikasinya. Pilihlah aplikasi browser yang ringan sehingga pengalaman berselancar di dunia maya jadi nyaman.

7. Update Windows

Windows Update

* sumber: pixabay.com

Microsoft selalu melakukan update untuk OS Windows mereka secara berkala, namun tidak sedikit pengguna yang mengabaikan hal ini. Bisa jadi itu karena OS yang mereka gunakan tidak asli sehingga fitur Windows Update dimatikan atau mungkin karena file yang diunduh ukurannya besar-besar sehingga jadi ogah-ogahan untuk memperbaharui Windowsnya.

Windows Update ini sangat penting karena mereka datang dengan patch-patch keamanan dan kinerja yang penting untuk laptop. Jadi, Microsoft memberikan update pada OS-nya mempunyai tujuan yang baik, yaitu untuk kenyamanan dan keamanan penggunanya.

8. Membersihkan Laptop

Cleaning Laptop

* sumber: www.flickr.com

Jika jarang dibersihkan, kadang laptop lama bisa sangat kotor dan berdebu. Agar dapat dilakukan pemakaian berkelanjutan yang nyaman, maka sebaiknya bersihkan laptop lamamu dari debu-debu di badan laptop dan yang menyumbat pori-porinya. Dengan demikian, laptopmu bisa bernafas dengan nyaman saat digunakan dan terlihat fresh.

Jika udara dalam laptop terkekang maka itu bisa meningkatkan suhu laptop saat sedang dioperasikan. Ketika itu terjadi, prosesor dan kartu grafis harus bekerja lebih keras agar kinerja laptop tetap baik.

Jadi, agar performa laptop lama bisa meningkat, kamu bisa melakukan hal terakhir ini. Bahkan kamu sebaiknya menggunakan cooling pad agar suhu laptopmu bisa berkurang saat digunakan.

9. Menambah Kapasitas RAM

ram-893259_960_720

* sumber: pixabay.com

Jika laptop lamamu mendukung untuk RAM tambahan, maka lakukanlah untuk meningkatkan performanya. Misalnya RAM laptop lamamu memiliki RAM 2 GB maka kamu bisa menambah RAM 2 GB lagi sehingga kinerja laptop bisa bertambah.

Kamu bisa memasang RAM sendiri atau jika tidak mampu kamu bisa menggunakan jasa perbaikan laptop. Tapi ingat, ketahui dulu tipe RAM apa yang kamu gunakan, apakah DDR3 atau DDR4.  Harga RAM laptop yang beredar di pasaran tidak terlalu mahal kok. Jadi, jika hal ini memungkinkan, segeralah tambah kapasitas RAM laptop lamamu.

10. Ganti Hardisk dengan SSD

SSD Laptop

* sumber: www.flickr.com

Mengganti hardisk laptop lamamu dengan jenis SSD adalah satu perubahan besar (dalam hal perangkat keras) yang bisa meningkatkan kinerja laptop. SSD ini mampu membuat laptop bekerja lebih cepat seperti pada saat booting, shutting down, dan membuka aplikasi (dibanding hardisk lama).

Malah sebenarnya, penggunaan SSD lebih berpengaruh dibandingkan penggunaan RAM. Jika laptop kamu sudah menggunakan RAM 4 GB, sebaiknya ganti harddisk dengan SSD dibandingkan menambah RAM sampai ke 4 GB.

Jika laptop kamu memiliki slot DVD, sebaiknya pindahkan harddisk ke bagian slot DVD menggunakan HDD Caddy. Slot harddisk tersebut kemudian kamu ganti dengan SSD tipe 2,5 inci. Harga SSD sendiri sudah semakin terjangkau. Jika kamu bingung memilih SSD terbaik, kamu bisa membaca artikel “10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop” sebagai panduan memilih SSD.

Itulah 10 cara untuk meningkatkan performa laptop lamamu dengan mudah. Untuk upgrade hardware, kamu bisa mencari penjual sparepart laptop yang murah namun berkualitas di toko online. Jika kamu bisa memasangnya sendiri, maka kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk jasa pemasangan.

Jika belum memiliki dana untuk meningkatkan perangkat keras laptop lamamu, maka kamu bisa mencoba dulu dengan tune up perangkat lunaknya seperti yang telah disebutkan di atas. Jika ternyata hanya masalah software yang perlu diperbaiki maka kamu tidak perlu memikirkan masalah hardware-nya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment