Carisinyal / Selebgram / 6 Cara Mudah Menjadi Endorser di Instagram dan Youtube

6 Cara Mudah Menjadi Endorser di Instagram dan Youtube

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Oktober 2018

Menjadi seorang Selebgram dan juga Youtubers merupakan salah satu pencetak uang yang cukup menjajikan. Sebab, para Selebgram dan Youtuber terkenal mampu menghasilkan keuntungan dengan menjadi seorang endorser. Lantas, bagaimaan cara menjadi endorser di instagram dan Youtube?

Sebelum memasuki pada bahasan cara menjadi endorser di Instagram dan Youtube, Kami akan memaparkan sekilas pengertian mengenai endorser. Endorser adalah seseorang yang menyediakan jasa iklan melalui internet. Seorang endorser biasanya sering ditemukan pada media sosial Instagram dan platform Youtube.

Endorser sendiri tidak jauh berbeda dengan para selebgram dan Youtuber. Hanya saja, endorser lebih mementingkan keuntungan komersil. Lantas bagaimana caranya menjadi seorang selebgram dan menjadi Youtubers terkenal dengan banyak endorse? Beginilah caranya:

Cara Menjadi Selebgram

Cara Menjadi Selebgram

* sumber: www.kompasiana.com

Sebelum menjadi seorang endorser, tentu Anda harus memasuki dunia maya dan harus memahami sosial media yang akan menjadi platform endorse Anda. Salah satu media sosial yang paling banyak menarik minat endorsement yakni Instagram.

Seorang yang terkenal di Instagram bisa disebut sebagai selebgram. Selebgram biasanya memiliki followers yang sangat banyak dengan likers yang juga tak kalah melimpah. Tips menjadi seorang selebgram terkenal tentunya Anda perlu memperhatikan setiap foto yang akan diunggah ke Instagram.

Selain itu juga, Anda perlu berinteraksi positif dengan para followers di kolom komentar. Bahkan Anda juga perlu berjuang untuk selalu mempromosikan diri dengan melakukan share ke sosial media lain. Dengan begitu, jika Anda sudah menjadi seorang selebgram terkenal, secara otomatis Anda akan dilirik oleh para endorsement yang siap membayar Anda. Untuk tips menjadi selebgram silahkan klik di sini.

Cara Menjadi Youtuber

Cara Menjadi Youtuber

* sumber: www.idseducation.com

Selain Instagram, platform seperti Youtube juga bisa dijadikan lapak untuk menjadi seorang endorser. Sebelum menapaki sebagai endorser, tentunya Anda harus menjadi seorang Youtuber yang terkenal dan populer. Bagaimana menjadi seorang Youtuber terkenal?

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menjadi seorang selebgram. Hanya saja, menjadi seorang Youtuber maka Anda harus lebih kreatif dalam membuat video. Selain itu juga, endorsement akan melirik Youtuber yang memiliki jumlah viewers serta subscriber ribuan bahkan ratusan ribu.

Untuk memiliki subscriber yang banyak, Anda harus aktif dan juga kreatif. Aktif di sini maksudnya, Anda harus selalu melakukan update secara berkala untuk mengunggah video baru ke channel Youtube.

Sedangkan kreatif di sini maksudnya, Anda perlu membuat video semenarik dan sekreatif mungkin sehingga orang mau untuk menonton dan juga menjadi subscriber Anda. Untuk menjadi seorang Youtuber, Anda perlu cara yang jitu. Anda bisa baca dan ikuti caranya di sini.

Cara Menjadi Endorser di Instagram dan Youtube

Cara Menjadi Endorser di Instagram dan Youtube

* sumber: fi.pinterest.com

Nah, setelah Anda memiliki basic sebagai seorang selebgram dan Youtuber, saatnya Anda mulai bisa untuk menarik keuntungan atas kerja keras Anda. Cara menjadi endorser di Instagram dan Youtube bisa sangat menguntungkan untuk selebgram dan juga Youtuber.

Namun, Anda perlu mengetahui ada dua tipe endorse yang bisa dilakukan oleh Anda. Ada paid promote dan juga paid endorse. Keduanya sama-sama menguntungkan bagi para endorser. Hanya saja paid promote merupakan endorse yang sudah ditentukan konten beserta gambarnya oleh sang endorsement.

Jadi para endorser hanya perlu mengupdate saja ke Instagram ataupun Youtube. Biasanya paid promote dilakukan oleh selebgram. Namun beberapa Youtuber juga bisa kok melakukan paid promote sesuai dengan perjanjian dari pihak endorser dan pihak yang meminta endorse.

Sedangkan untuk tipe yang kedua yakni disebut sebagai paid endorse. Tipe yang satu ini akan mengasah kreativitas dari endorser. Pasalnya, endorser hanya menerima barang yang akan diiklankan. Sedangkan untuk kontennya, harus dibuat sekreatif mungkin dari pihak endorser.

Setelah Anda mengetahui tipe dari endorsement, kini saatnya melirik pada bagian utama yakni cara menjadi endorser di Instagram dan Youtube. Berikut langkah-langkah jitunya:

1. Tulis Informasi Kontak yang Jelas

Tulis Informasi Kontak yang Jelas

* sumber: www.classichits.ie

Menuliskan kontak Anda dengan jelas merupakan salah satu hal yang sangat penting sebagai seorang endorser. Pasalnya, ketika Anda tidak mencantumkan kontak dengan jelas, maka pihak yang akan memberikan endorse akan mengalami kesulitan untuk menghubungi Anda.

Ketika Anda sulit dihubungi, kemungkinan pihak yang akan melakukan endorse akan membatalkan niatnya untuk meingklankan barang mereka. Jadi, informasi kontak yang jelas dan lengkap sangat harus dituliskan pada kolom biodata Instagram atau pada video Youtube Anda.

Anda bisa menuliskan nomor telepon, e-mail, id sosial media lainnya, dan kontak yang Anda miliki. Pastikan bahwa kontak yang Anda tulis harus bisa dihubungin dan selalu merespon dengan baik juga cepat. Jangan sampai kesempatan endorse hilang begitu saja hanya karena kesulitan untuk menghubungi Anda.

2. Buat Konten Berkualitas

buat konten berkualitas

* sumber: www.seo.com.pk

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa kemungkinan Anda bisa menerima paid endorse. Biasanya, pihak yang akan melakukan endorse hanya dengan mengirimkan barang yang harus diiklankan. Cara mengiklankannya diserahkan kepada para endorser.

Jadi, jika Anda menerima endorse dengan tipe seperti ini maka pastikan Anda membuat sebuah konten yang teramat kreatif. Untuk Instagram, Anda bisa membuatnya berupa video ataupun foto. Sedangkan untuk Youtube, Anda mutlak harus membuat video yang unik dan menarik. Selain unik dan menarik, Anda harus membuatnya sendiri alias original.

Jika Anda mampu untuk membuat sebuah iklan yang sangat menarik juga original, secara otomatis para followers ataupun subscribers Anda akan tertarik melihat endorse yang Anda buat. Kemudian, mereka akan penasaran terhadap barang yang sedang diiklankan.

Dengan begitu, baik pihak endorser dan pihak yang meminta diiklankan sama-sama bisa mendapatkan keuntungan. Jangan sampai mengecewakan pihak yang meminta endorsement kepada kita. Jika mereka merasa kecewa dengan hasil endorse, kemungkinan pihak endorsement tidak akan mau melakukan endorse kepada Anda.

3. Fokus Pada Konten Tertentu yang Dikuasai

Fokus Pada Konten Tertentu yang Dikuasai

* sumber: www.irishtimes.com

Tips yang satu ini juga sangat penting bagi Anda yang baru mulai menjajaki sebagai endorser. Sebab, mengetahui konten tertentu bisa menjadi nilai plus. Contohnya Anda seorang selebgram atau Youtuber yang aktif dalam tutorial make-up. Tentu saja Anda sangat paham mengenai make-Up.

Biasanya, endorsement akan datang dari produk kecantikan. Nah, jika Anda menguasai produk kecantikan dan juga make-up, maka Anda akan mudah untuk membuat konten yang akan di-endorse. Selain itu juga, para followers dan juga subscribers Anda juga bisa mendapatkan referensi dari produk yang Anda iklankan.

4. Tambah Follower dan Subscriber Sebanyak-banyaknya

Tambah Follower dan Subscriber Sebanyak-banyaknya

* sumber: www.linkedin.com

pihak yang meminta endorse kepada Anda tentu melihat dari jumlah followers dan juga subscribers yang Anda miliki. Maka dari itu, menambah follower dan juga subscriber adalah salah satu cara menjadi endorser di Instagram dan Youtube yang paling penting untuk dilakukan. Bagaimana caranya?

Jika Anda seorang selebgram, maka salah satunya adalah unggah foto yang menarik perhatian para pengguna Instagram. Anda harus pintar-pintar untuk mengkreasikan foto-foto yang menarik. Selain itu juga Anda bisa mempromosikan akun Instagram Anda di sosial media lainnya.

Jangan lupakan untuk berikan kesan positif kepada para followers setia Anda. Jangan sampai para followers merasa kecewa akibat tindakan yang Anda lakukan atau kecewa dengan postingan Anda. Pastikan juga untuk selalu mengupdate foto terbaik di Instagram.

Namun, jika Anda seorang Youtuber maka Anda bisa membuat video yang lebih menarik dan kreatif. Pasalnya, para viewers akan melakukan subscribe jika mereka merasa channel Youtube Anda sangat menarik. Jangan lupa untuk tidak keluar dari konten atau tema channel Youtube yang Anda buat.

Selain itu juga, seorang Youtuber dianjurkan untuk merapihkan playlist video. Sebab dengan merapihkannya maka viewers akan merasa dimudahkan dalam mencari video Anda. Pastikan juga caption video yang akan Anda upload mudah untuk dicari oleh viewers ya.

5. Jadilah seorang Endorser yang Profesional

Jadilah seorang Endorser yang Profesional

* sumber: dndcillinois.com

Cara menjadi endorser di Instagram dan Youtube satu ini juga cukup penting. Pasalnya, jika Anda tidak melakukannya secara profesional, maka pihak yang akan melakukan endorse kemungkinan akan kapok dan tidak ingin Anda sebagai endorser produk mereka.

Profesional di sini maksudnya, Anda perlu memberikan catatan yang jelas tata cara jika ada yang ingin menjadikan Anda sebagai endorser. Pastikan syarat dan ketentuan yang Anda buat harus jelas dan lengkap. Selain itu juga, Anda harus bisa diajak kerjasama.

Pasalnya baik pihak endorser dan juga pihak yang melakukan endorse smaa-sama menginginkan keuntungan. Jadi, Anda bisa membuat prosedur yang tidak berbelit namun jelas dan juga lengkap. Dalam prosedurnya, Anda bisa mencatumkan harga atau bahkan waktu yang bisa digunakan untuk endorsement.

Jangan lupa juga untuk menuliskan syarat ketika terjadi pembatalan endorsement. Dengan prosedur yang jelas maka kedua belah pihak akan lebih mudah untuk bekerja sama dalam melakukan endorse. Dan jangan lupakan untuk menggunakan kata-kata yang sopan dan santun namun tetap profesional layaknya Anda sedang melakukan bisnis.

6. Buatlah Personal Brand yang Menarik

Buatlah Personal Brand yang Menarik

* sumber: www.brandquarterly.com

Personal Brand atau bisa dikatakan mempromosikan diri sendiri merupakan salah satu cara terbaik sebagai seorang endorser terknal. Sebab, jika Anda mempromosikan diri dengan baik maka banyak followers ataupun subscribers yang akan tertarik dengan branding Anda.

Untuk membuat personal branding mungkin bisa dikatakan mudah namun juga sulit. Anda hanya perlu menjadi diri sendiri. Keluarkan sifat ataupun karakter unik Anda dengan cara yang baik juga sopan. Followers dan Subcribers akan lebih menghargai seorang yang sopan namun juga menarik.

Tidak hanya itu saja, ketika Anda sudah memiliki personal branding yang unik dan menarik maka secara otomatis Anda akan mudah untuk membuat konten endorse. Juga, para endorsement akan merasa tertarik untuk memasang iklan kepada Anda.

Nah itulah tadi cara menjadi endorser di Instagram dan Youtube. Beberapa cara tersebut tidak terlalu sulit namun juga tidak bisa diremehkan. Anda bisa mencobanya satu persatu dan semoga Anda berhasil menjadi seorang endorser profesional ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “6 Cara Mudah Menjadi Endorser di Instagram dan Youtube”

Tinggalkan komentar