Carisinyal / Youtuber / 7 Cara Mudah Menjadi Youtuber yang Profesional & Terkenal

7 Cara Mudah Menjadi Youtuber yang Profesional & Terkenal

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Februari 2019

Di era modern seperti saat ini, banyak cara untuk mengkreasikan kreativitas masing-masing. Kemudahan teknologi membuat semua orang bisa berlomba-lomba menghasilkan karya kreatif dan tentunya menguntungkan untuk sang kreator. Selain menjadi seorang selebgram, ternyata menjadi Youtuber juga bisa membuat Anda populer lho.

Tidak hanya populer saja, bahkan Anda bisa meraup banyak rupiah dengan menjadi seorang Youtuber. Pasalnya, jika konten video Youtube Anda memiliki banyak Viewers dan Subscribers, maka secara otomatis video Youtube Anda akan terpasang iklan. Dari iklan itulah Anda bisa mendapat keuntungan.

Namun, Anda tidak bisa menjadi seorang Youtuber tanpa tips dan trik berikut ini. Penasaran? Yuk langsung simak terus ulasan 7 cara menjadi Youtuber sukses dan terkenal di Carisinyal.

7 Cara Menjadi Youtuber yang Mudah

1. Membuat Video Berkualitas

cara menjadi youtuber Membuat Video Berkualitas

* sumber: www.youtube.com

Membuat video berkualitas merupakan salah satu hal wajib bagi seorang Youtuber. Membuat video berkualitas bukanlah pekerjaan yang mudah namun juga bukan suatu pekerjaan yang sulit. Anda perlu mengetahui atribut untuk membuat video Youtube menjadi sangat berkualitas dan menarik. Berikut cara menjadi Youtuber dengan video berkualitas:

  • Buatlah Konten Yang Menarik dan Positif

Pastikan konten video Youtube tidak mengandung hal negatif dan Menentukan konten sebuah video bisa dibilang gampang namun juga sulit. Anda harus bisa mengembangkan kreativitas untuk menampilkan tema dan konten yang akan dibuat.

Tentunya Anda juga harus memastikan setiap kata-kata yang akan Anda rekam dalam video merupakan kata-kata positif dan sesuai dengan konten. Jangan sampai menggunakan kata-kata negatif ataupun kata-kata yang terlalu provokatif. Ingat, boleh berpendapat namun dengan bahasa yang sopan.

Anda bisa membuat konten video cover, tips dan trik, atau video memasak. Tentunya setiap konten video yang akan Anda upload harus bersifat original dan tidak pernah di upload ke Youtube. Jika Anda mengupload video abal-abal, maka secara otomatis Youtube tidak akan memberikan iklan kepada video Anda.

  • Gunakan kamera yang memadai

Membuat video untuk Youtube modal utamanya adalah kamera. Anda juga harus memastikan kamera yang Anda gunakan benar-benar memadai. Jangan sampai, ketika Anda merekam video tiba-tiba kamera yang digunakan menjadi buram.

  • Gunakan microphone

Mengapa harus menggunakan microphone? Microphone ini sangat penting untuk Youtuber yang membuat video dengan memperdengarkan suara. Terutama untuk Anda yang membuat video cover.

Pasalnya, dengan menggunakan microphone, suara Anda akan terdengar lebih jernih tanpa adanya gangguan suara dari lainnya. Jadi, pastikan Anda menggunakan microphone sebelum memulai pembuatan video ya.

  • Gunakan Aplikasi Video yang Bagus

Cara menjadi Youtuber bukan hanya sekedar merekam video saja. Tentunya hasil rekaman video tersebut harus memiliki sentuhan editing agar lebih menarik.Anda bisa mengkreasikan editing video sesuai selera dan kreativitas Anda. Nah, Anda bisa memilih salah satu dari aplikasi editing video yang bagus untuk Youtuber di sini.

2. Rutin Membuat Video Baru

Rutin Membuat Video Baru

* sumber: www.simplesmenteassimj.com.br

Jika Anda benar-benar ingin menjadi seorang Youtuber, maka Anda harus mau selalu mengupdate video terbaru yang Anda buat. Mengapa? Dengan demikian, Subscribers Anda akan selalu setia menunggu karya terbaru dari Anda.

Selain itu juga, Anda akan semakin terasah untuk membuat sebuah video dengan konten yang lebih menarik lagi. Namun, Kami sarankan untuk selalu membuat inovasi baru di setiap video barunya. Jangan memberikan kesan monoton kepada viewers.

3. Percantik Tampilan Channel Youtube

Percantik Tampilan Channel Youtube

* sumber: www.contentplant.com

Tidak hanya video saja yang harus ditampilkan semenarik dan secantik mungkin. Pasalnya, channel Youtube Anda juga harus dirapihkan. Hal tersebut akan sangat membantu para Subscribers ataupun viewers untuk menonton video lainnya yang ada di channel Youtube Anda.

Anda juga harus membuat informasi mengenai channel yang dibuat oleh Anda. Informasi yang detail mengenai channel, akan memberikan gambaran mengenai video apa saja yang Anda upload. Maka dari itulah, di awal sebelum pembuatan video, Anda harus benar-benar mengetahui konten yang akan Anda buat.

Juga, Anda harus merapihkan playlist di channel Youtube. Jika Anda seorang Youtuber dengan sejuta ide dan memiliki beragam macam konten video, cobalah untuk merapihkannya dengan membuat playlist. Playlist bisa Anda buat dengan mengurutkan berdasarkan tema video.

Merapihkan playlist akan sangat memudahkan viewers Youtube untuk menonton konten yang ada di dalam channel Youtube.

4. Perbanyak Subscriber

Perbanyak Subscriber

* sumber: buyscplays.com

Subcriber juga tak kalah penting dengan poin-poin lainnya jika Anda ingin menjadi seorang Youtuber. Cara menjadi Youtuber yang satu ini akan menambahk kepercayaan pada viewers bahwa channel atau video Anda layak untuk ditonton. Ada beberapa cara agar Anda bisa memperbanyak subscriber:

  • Interaksi dengan viewers

Anda harus melakukan interaksi kepada pengunjung yang memberikan komentar pada video Anda. Hal ini cukup membantu Anda untuk lebih memperkenalkan channel Youtube. Berikan kesan positif terhadap para pengunjung yang memberikan komentar.

Kesan positif yang Anda berikan kemungkinan bisa menjadi perbincangan yang baik di antara para pengunjung lainnya. Sehingga, pengunjung lain juga akan berbondong-bondong turut menonton video Anda.

  • Perbanyak teman sesama Youtuber

Cara yang satu ini cukup ampuh. Jika Anda memiliki banyak teman dengan profesi yang sama, kemungkinan Anda bisa berkolaborasi dengan teman Anda. Bahkan, Anda juga bisa menggaet para subscriber yang juga melakukan subscriber kepada teman Youtuber.

Selain itu juga, dengan cara ini Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih baik dari teman sesame Youtuber. Hal tersebut akan mengasah kemampuan Anda sebagai seorang Youtuber yang handal.

5. Share ke Sosial Media

Share ke Sosial Media

* sumber: www.carteland.com

Cara menjadi Youtuber yang satu ini bisa menambah viewers bahkan subscriber Anda lho. Seperti yang diketahui, saat ini sudah banyak sosial media. Sosial media saat ini pun bahkan sudah menjadi trend masa kini. Bisa dibilang, sosial media adalah jembatan penghubung antara Anda dan juga para pengunjung.

Anda bisa membagikan link video Youtube Anda ke sosial media baik Line, Whatsapp, BBM, Path, bahkan Instagram. Anda bisa memberikan caption yang unik dan menarik agar teman-teman di sosial media merasa penasaran dengan video yang Anda buat.

Jangan lupa untuk sertakan judul video yang Anda buat. Dengan begitu para viewers akan mendapatkan gambaran mengenai video yang Anda buat. Dan juga Anda tidak boleh asal membagikan link. Perhatikan timing yang pas untuk membagikan video Anda. Pastikan Anda membagikan link video pada waktu yang pas atau prime time.

 6. Hindari Perbuatan Curang

hindari perbuatan curang

* sumber: fameable.com

Jika Anda ingin menjadi seorang Youtuber yang profesional, maka hindarilah berbuat curang. Perbuatan curang yang dimaksud adalah dengan membeli jasa viewers, SEO, ataupun subscribers. Percayalah bahwa yang menggunakan jasa seperti itu tidak akan membuat Anda menjadi seorang Youtubers terkenal.

Jadilah seorang Yotubers profesional sesuai dengan kreativitas Anda sendiri. Pasalnya, Youtube juga tidak akan menghitung jumlah viewers, subscribers, ataupun likers pasif sebagai keuntungan yang akan diperoleh. Jadi, akan sangat percuma jika Anda menggunakan jasa viewers Youtube. Jadi, pastikan Anda berusaha dengan keras ya.

7. Evaluasi

Evaluasi

Setelah Anda memiliki channel dengan beberapa video yang sudah Anda buat, ada baiknya jika Anda mengevaluasi hasil kerja Anda selama ini. Anda harus bisa melihat kekurangan dan juga kelebihan dari video yang sudah Anda upload ke Youtube. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui mana yang harus ditingkatkan dan mana yang harus dikurangi.

Selain mengevaluasi video yang Anda buat, cobalah juga untuk menempatkan diri Anda sebagai viewers. Jika Anda menempatkan diri sebagai seorang viewers, maka Anda bisa mengetahui letak kekurangan dan juga kelebihan dari channel Youtube Anda.

Juga, Anda bisa mengevaluasi bagaimana viewers bisa menemukan video Anda. Dengan adanya evaluasi, Anda bisa lebih banyak mendapatkan pengalaman sebagai menjadi seorang Youtubers profesional.

Nah, itulah tadi 7 cara menjadi Youtuber terkenal dan profesional versi Carisinyal. Youtuber bukan sekedar mengejar popularitas, Anda juga harus pertimbangkan kualitas dari konten yang Anda upload. Jika Anda memiliki tips menjadi Youtubers lainnya, silahkan tuliskan di kolom komentar ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

5 pemikiran pada “7 Cara Mudah Menjadi Youtuber yang Profesional & Terkenal”

  1. Terima kasih atas tulisan nya yaa. Buat pengetahuan baru untuk youtuber.

  2. MantaP artikelnya, lengkap sekali, sukses buat carisinyal….

  3. Terima kasih tips nya. Semoga halalan toyyiban.

  4. Terima kasih tips nya. Semoga halalan toyyiban.

Tinggalkan komentar