carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / Tips Aplikasi / 3 Cara Nonton dan Streaming Pertandingan Euro 2020

3 Cara Nonton dan Streaming Pertandingan Euro 2020

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 7 Juni 2021

Gelaran sepak bola antar tim nasional (timnas) se-Eropa, Euro 2020, akhirnya bergulir. Kompetisi empat tahunan ini sempat mengalami penundaan penyelenggaraan akibat pandemi Covid-19 merebak di Benua Biru. Namun, setelah kondisi memulih, agenda sedianya dilaksanakan pada 11 Juni - 11 Juli 2021.

Anda, yang selama satu tahun menunggu, pasti sudah tak sabar untuk menyaksikan tim kesayangan beraksi. Sebab, menonton kompetisi yang juga dikenal dengan Piala Eropa 2020 ini, dapat menjadi hiburan di sela-sela kesibukan Anda. Toh ajang semacam ini sangat disayangkan bila dilewatkan, mengingat cuma digelar empat tahun sekali.

Karena itu, Anda tak boleh melewatkan momen spesial ini dengan menyaksikan tiap pertandingan menarik. Siapa tahu bakal ada kejutan juara yang tak pernah Anda duga. Kabar baiknya, laga-laga Euro 2020 bisa ditonton oleh masyarakat Indonesia di mana pun berada.

Kepastian tersebut terjawab setelah beberapa penyedia layanan menyatakan sudah memegang hak siar Piala Eropa 2020. Hal ini menandakan bahwa hak siar gelaran empat tahunan ini sifatnya tidak eksklusif alias bisa ditonton siapa pun melalui multiplatform. Bahkan, stasiun tv lokal yang bisa diakses secara gratis pun ada yang punya hak siar.

Maka dari itu, pecinta bola tak punya alasan lagi untuk tidak menonton Piala Eropa 2020. Namun demikian, sebagian dari Anda mungkin saja belum tahu cara menonton pertandingan Euro 2020. Nah, kali ini Carisinyal akan memaparkannya dalam artikel ini, sehingga Anda dapat memilih cara terbaik menyaksikannya.

Cara Menonton Euro 2020

sumber: uefa.com

Ada tiga cara yang bisa Anda pilih untuk menyaksikan pertandingan Euro 2020. Tiga cara itu yakni lewat aplikasi, menonton di tv lokal (analog), dan menonton di siaran tv berbayar. Berikut penjelasannya.

1. Melalui Aplikasi

Tidak semua orang memiliki televisi di rumah, kos, atau kontrakannya. Namun, mungkin saja mereka memiliki internet yang kecepatannya bisa diandalkan untuk menonton video secara streaming. Nah, ada empat aplikasi - baik itu perangkat Android maupun iOS - yang bisa Anda gunakan untuk menyaksikan Euro 2020. Apa saja itu?

Mola

sumber: mola.tv

Mola TV memang sudah terkenal dengan tayangan sepak bola Liga Inggris-nya. Kali ini Mola TV ambil bagian dalam Euro 2020 setelah memperoleh hak siar khusus jalur streaming. Seluruh pertandingan Euro yang berjumlah 51 match akan disiarkan secara langsung oleh Mola TV, via kanal Mola Sports 1 dan Mola Sports 2.

Dalam menyambut Euro 2020, Mola pun memberikan paket buat pelanggan baru dengan harga khusus yang terjangkau. Yakni Rp25 ribu per bulan. Konsumen tidak hanya menyaksikan pertandingan Euro 2020, tetapi juga tayangan lain dari Mola Movies, Living, dan Kids.

Selain dapat diakses lewat aplikasi Android dan iOS, laga Euro 2020 di Mola TV bisa disaksikan pelanggan melalui web browser (di komputer PC) dengan alamat mola.tv. Adapun pelanggan lama yang menggunakan Mola Polytron Streaming dan Mola Polytron Smart TV dapat menyaksikan seluruh laga Piala Eropa 2020 secara gratis.

Vision+

sumber: visionplus.com

Layanan video streaming berbayar dari MNC Group, Vision+, memeriahkan pergelaran Euro 2020. Seluruh laga akan ditayangkan oleh Vision+, berikut dengan cuplikan tiap pertandingan. Jika Anda merupakan pelanggan baru Vision+, disarankan untuk mengambil paket Vision+ Premium 30 hari harga sekitar Rp30 ribu, cukup terjangkau.

Dengan harga tersebut, Anda tidak hanya akan bisa menyaksikan laga Euro 2020, tetapi juga tayangan film, acara-acara ekslusif, dan siaran televisi konvensional. Aplikasi Vision+ bisa diunduh di Google Play, Apple App Store, dan Huawei App Gallery.

RCTI+

sumber: rctiplus.com

Selain Vision+, MNC Group juga punya layanan video streaming lain yang bernama RCTI+. Bedanya, menyaksikan tayangan di aplikasi ini tidak perlu berlangganan, termasuk untuk menyaksikan Euro 2020. Anda hanya harus mengunduh dan melakukan registrasi.

Kemudian, Anda tinggal memilih menu Live Event atau Live Tv. Aplikasi RCTI+ dapat diunduh di Google Play Store, Apple App Store, dan Huawei App Gallery.

MNC Play

sumber: mncplay.id

Pelanggan internet broadband dan IPTV MNC Play patut bersuka cita karena mereka bisa menyaksikan 51 pertandingan Euro 2020. Menariknya, mereka bisa memilih kualitas tayangan antara SD (Standard Definition) dan HD (High Definition).

Pelanggan lama yang ingin menyaksikan Euro 2020 cukup menambah paket Soccer harga sekitar Rp208.500. Namun, tidak hanya tayangan Euro 2002 yang didapat, tetapi juga AFC Champions League, AFC Cup 2021, dan paket HBO selama tiga bulan. Sedangkan untuk pelanggan baru cukup menambah Rp99 ribu untuk bisa menonton Euro 2020 dan ratusan channel lain selama 30 hari.

2. Melalui TV Lokal

Anda yang tinggal di daerah dengan koneksi internet yang kurang memadai tidak perlu berkecil hati. Sebab, dengan menggunakan televisi, pertandingan Euro 2020 dapat Anda saksikan secara gratis.

RCTI


RCTI merupakan salah satu stasiun televisi FTA (Free to Air) yang memegang hak siar Euro 2020. Stasiun televisi milik MNC Group ini akan menyiarkan 39 pertandingan mulai dari penyisihan grup, perempat final, semifinal, hingga final.

Anda tidak perlu khawatir bila frekuensi RCTI nanti diacak. Sebab, hak siar yang dimiliki RCTI statusnya FTA sehingga, televisi biasa dengan antena UHF bisa laga Euro 2020 dengan tenang.

MNC TV

RCTI bekerja sama dengan 'saudaranya' yakni MNC TV untuk menayangkan sebagian pertandingan yang tidak disiarkan oleh RCTI. Sebanyak 39 laga bakal disiarkan RCTI, maka MNC TV akan menayangkan sisanya, yakni 12 pertandingan. Karena itu, jika ingin melihat seluruh pertandingan Euro 2020, pastikan dua stasiun ini ada di televisi Anda

3. Melalui TV Berbayar

Perhelatan Euro 2020 juga bisa disaksikan melalui televisi berbayar, lho. Siapa saja penyedia layanannya?

MNC Vision

sumber: mncvision.id

MNC Group memang selalu menayangkan pertandingan PIala Eropa sejak edisi 1996. Namun, pada Piala Eropa 2020 kali MNC Group memberi banyak opsi untuk menyaksikan tiap pertandingan. Salah satunya melalui layanan televisi satelit berbayar mereka, MNC Vision.

Seluruh pertandingan Euro 2020 dapat disaksikan pelanggan MNC Vision melalui saluran MNC Sports 1 dan MNC Sports 2. Sekadar informasi untuk calon pelanggan baru, biaya pemasangan Digital Satellite Decoder (DSD) MNC Vision adalah Rp200 ribu. Lalu, pelanggan dapat memilih paket mulai dari harga sekitar Rp99 ribu per bulan.

K-Vision

sumber: k-vision.tv

Anda tinggal di daerah yang sulit menangkap siaran televisi UHF? Maka berlangganan K-Vision adalah salah satu solusi untuk bisa menyaksikan pertandingan Euro 2020. Buat pelanggan baru, pembelian dekoder dibanderol Rp300 ribu. Sedangkan, paket khusus Euro 2020 dihargai Rp99 ribu. Paket itu termasuk akses ke channel lokal dan internasional.

Jumlah pertandingan Euro 2020 yang bisa dinikmati pelanggan K-Vision sama dengan MNC Vision, yakni 51 laga. Pelanggan K-Vision dapat menonton Euro 2020 melalui saluran MNC Sports 1 dan MNC Sports 2.

Indihome via Mola Apps

sumber: indihome.co.id

Mola TV sebagai pemegang hak siar streaming Euro 2020 bekerja sama dengan pihak lain untuk turut menyemarakkan gelaran empat tahunan ini. Pihak yang diajak bekerja sama adalah IndiHome. Karena itu, pelanggan IndiHome berkesempatan menyaksikan seluruh laga Piala Eropa 2020.

Secara khusus, pelanggan IndiHome dapat mengunduh aplikasi (add-on) Mola TV di Usee Apps Store yang ada di layar TV IndiHome. Aplikasi tersebut akan menyiarkan tayangan langsung pertandingan berikut cuplikannya di setiap laga. Pelanggan dikenakan biaya Rp50 ribu dengan benefit tayangan Euro 2020 dan konten lain dari Mola TV selama 30 hari.

Jadwal Euro 2020

sumber: uefa.com

Euro 2020 diikuti oleh 24 tim peserta yang terbagi dalam enam grup, Grup A sampai Grup F. Setiap grup diisi oleh empat tim yang saling berhadapan dalam babak penyisihan. Babak penyisihan tersebut akan menyaring dua tim untuk lolos secara langsung ke babak 16 besar.

Namun, slot babak 16 besar masih tersisa empat karena dua tim pemuncak klasemen dari setiap grup hanya akan meloloskan 12 timnas. Lantas, bagaimana cara menentukan empat tim tersisa?

Caranya yakni dengan memilih empat tim peringkat tiga terbaik. Pemilihan didasarkan pada aspek poin, selisih, jumlah gol, fair play (jumlah kartu kuning, kartu merah), dan koefisien tim UEFA. Seluruh laga babak penyisihan grup berlangsung pada 11-24 Juni 2021.

Kemudian, dimulailah fase gugur dengan laga babak 16 besar pada 26-29 Juni 2020. Dilanjutkan dengan babak perempat final (2-3 Juli 2021), semifinal (6-7 Juli 2021), dan final (11 Juli 2021).

Sekadar informasi, Piala Eropa kali ini spesial karena tidak punya negara penyelenggara khusus. Seluruh laga digelar oleh 11 kota di 11 negara berbeda. Berikut jadwal Euro 2021 dari penyisihan grup sampai final.

Penyisihan Grup

Dimulai dengan jadwal penyisihan grup, di sini Carisinyal telah memberikan jadwal untuk pertandingan penyisihan grup dengan dibagi ke dalam beberapa grup.

Grup A

Nomor LagaPertandinganVenueTanggal
1Turki vs ItaliaStadio Olimpico, Roma, Italia12/6/2021 | 02.00 WIB
2Wales vs SwissOlympic Stadium, Baku, Azerbaijan12/6/2021 | 20.00 WIB
13Turki vs WalesOlympic Stadium, Baku, Azerbaijan12/6/2021 | 23.00 WIB
14Italia vs SwissStadio Olimpico, Roma, Italia12/6/2021 | 02.00 WIB
25Swiss vs TurkiOlympic Stadium, Baku, Azerbaijan12/6/2021 | 23.00 WIB
26Italia vs WalesStadio Olimpico, Roma, Italia12/6/2021 | 23.00 WIB

Grup B

Nomor LagaPertandinganVenueTanggal
3Denmark vs FinlandiaParken Stadium, Kopenhagen, Denmark12/6/2021 | 23.00 WIB
4Belgia vs RusiaKrestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia13/6/2021 | 02.00 WIB
15Finlandia vs RusiaKrestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia16/6/2021 | 20.00 WIB
16Denmark vs BelgiaParken Stadium, Kopenhagen, Denmark17/6/2021 | 23.00 WIB
27Rusia vs DenmarkParken Stadium, Kopenhagen, Denmark22/6/2021 | 02.00 WIB
28Finlandia vs BelgiaKrestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia22/6/2021 | 02.00 WIB

Grup C

Nomor LagaPertandinganVenueTanggal
5Belanda vs UkrainaJohan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda14/6/2021 | 02.00 WIB
6Austria vs Makedonia UtaraArena Nationala, Bucharest, Romania14/6/2021 | 23.00 WIB
17Belanda vs AustriaJohan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda14/6/2021 | 02.00 WIB
18Ukraina vs Makedonia UtaraArena Nationala, Bucharest, Romania14/6/2021 | 20.00 WIB
29Makedonia Utara vs BelandaJohan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda14/6/2021 | 23.00 WIB
30Ukraina vs AustriaArena Nationala, Bucharest, Romania14/6/2021 | 23.00 WIB

Grup D

Nomor LagaPertandinganVenueTanggal
7Inggris vs KroasiaWembley Stadium, London, Inggris13/6/2021 | 02.00 WIB
8Skotlandia vs Republik CekoHampden Park, Glasgow, Skotlandia14/6/2021 | 20.00 WIB
19Kroasia vs Republik CekoHampden Park, Glasgow, Skotlandia18/6/2021 | 23.00 WIB
20Inggris vs SkotlandiaWembley Stadium, London, Inggris19/6/2021 | 02.00 WIB
31Kroasia vs SkotlandiaHampden Park, Glasgow, Skotlandia23/6/2021 | 02.00 WIB
32Republik Ceko vs InggrisWembley Stadium, London, Inggris23/6/2021 | 02.00 WIB

Grup E

Nomor LagaPertandinganVenueTanggal
9Spanyol vs SwediaSan Mames, Bilbao, Spanyol15/6/2021 | 02.00 WIB
10Polandia vs SlowakiaAviva Stadium, Dublin, Irlandia15/6/2021 | 23.00 WIB
21Swedia vs SlowakiaAviva Stadium, Dublin, Irlandia15/6/2021 | 20.00 WIB
22Spanyol vs PolandiaSan Mames, Bilbao, Spanyol15/6/2021 | 02.00 WIB
33Slowakia vs SpanyolSan Mames, Bilbao, Spanyol15/6/2021 | 23.00 WIB
34Swedia vs PolandiaAviva Stadium, Dublin, Irlandia15/6/2021 | 23.00 WIB

Grup F

Nomor LagaPertandinganVenueTanggal
11Hongaria vs PortugalPuskas Arena, Budapest, Hongaria15/6/2021 | 23.00 WIB
12Prancis vs JermanAllianz Arena, Munich, Jerman16/6/2021 | 02.00 WIB
23Hongaria vs PrancisPuskas Arena, Budapest, Hongaria 19/6/2021 | 20.00 WIB
24Portugal vs JermanAllianz Arena, Munich, Jerman19/6/2021 | 23.00 WIB
35Portugal vs PrancisOlympic Stadium, Baku, Azerbaijan24/6/2021 | 02.00 WIB
36Jerman vs HongariaAllianz Arena, Munich, Jerman24/6/2021 | 02.00 WIB

Babak 16 Besar (Perdelapan Final)

Nomor LagaPertandinganVenueTanggal
38Peringkat 2 Grup A vs Peringkat 2 Grup BJohan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda26/6/2021 | 23.00 WIB
37Peringkat 1 Grup A vs Peringkat 2 Grup CWembley Stadium, London, Inggris27/6/2021 | 02.00 WIB
40Peringkat 1 Grup C vs Peringkat 3 Grup D/E/FPuskas Arena, Budapest, Hongaria27/6/2021 | 23.00 WIB
39Peringkat 1 Grup B vs Peringkat 3 Grup A/D/E/FLa Cartuja, Sevilla, Spanyol28/6/2021 | 02.00 WIB
42Peringkat 2 Grup D vs Peringkat 2 Grup EParken Stadium, Kopenhagen, Denmark28/6/2021 | 23.00 WIB
41Peringkat 1 Grup F vs Peringkat 3 Grup A/B/CArena Nationala, Bucharest, Romania29/6/2021 | 02.00 WIB
44Peringkat 1 Grup D vs Peringkat 2 Grup FWembley Stadium, London, Inggris29/6/2021 | 23.00 WIB
43Peringkat 1 Grup E vs Peringkat 3 Grup A/B/C/DHampden Park, Glasgow, Skotlandia30/6/2021 | 02.00 WIB

Perempat final

Nomor LagaPertandinganVenueTanggal
45Pemenang Laga 41 vs Pemenang Laga 42Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia2/7/2021 | 23.00 WIB
46Pemenang Laga 39 vs Pemenang laga 37Allianz Arena, Munich, Jerman3/7/2021 | 02.00 WIB
47Pemenang Laga 40 vs Pemenang Laga 38Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan3/7/2021 | 23.00 WIB
48Pemenang Laga 43 vs Pemenang Laga 44Stadio Olimpico, Roma, Italia4/7/2021 | 02.00 WIB

Semifinal

Nomor LagaPertandinganVenueTanggal
49Pemenang Laga 46 vs Pemenang Laga 45Wembley Stadium, London, Inggris7/7/2021 | 02.00 WIB
50Pemenang Laga 48 vs Pemenang Laga 47Wembley Stadium, London, Inggris8/7/2021 | 02.00 WIB

Final

Nomor LagaPertandinganVenueTanggal
51Pemenang Laga 49 vs Pemenang Laga 50Wembley Stadium, London, Inggris12/7/2021 | 02.00 WIB

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram