carisinyal web banner retina

Begini 5 Cara Merawat iPhone Agar Awet dan Selalu Berkinerja Baik

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 3 September 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR Permanen BLIBLI

Dinamika inovasi hp memang tak bisa dibendung. Dari waktu ke waktu, ada saja temuan-temuan baru yang membuat kita terpukau. Oleh karena itu, bagi para gadget mania hal ini membuat mereka selalu haus untuk update, tak hanya update pengetahuannya, tetapi juga update produknya.

Namun tak semua orang berpikiran sama. Ada juga orang yang setia dengan produk tertentu. Misalnya pengguna iPhone. Saat mereka sudah puas dengan brand ini, secanggih apapun produk hp yang rilis, mereka tak tertarik. Mereka keukeuh dengan pilihannya. Sekali pun hp atau iPhone yang mereka miliki masuk ke dalam kategori jadul, iPhone XR, misalnya.

Tips Merawat Iphone

Anda salah satu dari orang yang setia dengan hp iPhone jadul Anda? Berikut ini tips yang mesti Anda lakukan di dalam merawat hp Anda agar selalu awet dan berkinerja baik.

1. Perhatikan Selalu Bagian Baterai

baterai iphone XR_

Baterai merupakan bagian hp yang penting. Tak hanya buat iPhone, tetapi juga hp lainnya. Jika tak dirawat dengan baik, baterai akan cepat rusak dan cepat habis sekalipun hanya digunakan untuk hal-hal biasa. Apalagi untuk hp yang sudah tua. Ditambah dengan kebiasaan yang tak hati-hati, baterai bisa semakin cepat rusaknya.

Menggunakan charger asli merupakan tips merawat baterai yang pertama. Jika charger bawaannya sudah rusak, gunakan charger lain yang original. Jangan sekali-kali memakai charger abal-abal atau beda merk. Ini jelas akan merusak baterai hp Anda. pun juga dengan baterainya. Jika hendak diganti, beli yang original. Ah ya, jangan juga Anda mengisi hp semalaman. Isi daya baterai saat Anda beraktivitas di siang hari, supaya saat penuh, Anda segera mencabutnya. Mengisi daya baterai juga jangan menunggu sampai benar-benar habis. Saat level 20% saja, Anda sudah harus mengisinya.

2. Gunakan Case yang berkualitas

case iphone_

Hp biasa atau pun iPhone akan lebih terawat jika menggunakan case. Sebab ini akan menghindarkan hp dari keretakan serta goresan yang tidak Anda inginkan. Nah untuk ini, gunakan selalu case yang berkualitas, yakni yang terbuat dari bahan berkualitas.

3. Gunakan Pelindung Layar

Begini 5 Cara Merawat iPhone Agar Awet dan Selalu Berkinerja Baik 3

Layar tentu berperan penting bagi sebuah hp. Ada beberapa jenis hp atau iPhone yang sudah menggunakan pelindung. Akan tetapi beberapa tipe, ada yang belum menggunakannya. Supaya awet dan tidak merusak fungsi, gunakan pelindung layar. Misalnya Gorilla glass atau pun tempered glass.

4. Aktifkan Assistive Touch

case iphone_

Untuk para pengguna iPhone, pastikan Anda mengaktifkan Assistive Touch atau tombol pintas.  Fungsinya supaya beban tombol home menjadi ringan, jadinya tidak cepat rusak. Saat tombol ini diaktifkan, nantinya akan muncul pintasan. Nah tombol pintas inilah yang akan meminimalkan kerusakan tombol home atau pun volume.

5. Jangan Pernah Jailbreak

Jika Anda mendengar info bahawa jailbreak bisa mempercepat performa iPhone, Anda tidak usah mendengarkannya, apalagi melakukannya. Sebab hal ini akan membuat iPhone Anda cepat rusak. Tenang saja, Apple menciptakan iPhone dengan sangat teliti dan mumpuni. Jailbreak malah bisa membuat garansi iPhone Anda hilang.

Itu dia tips yang harus selalu diingat dalam merawat hp iPhone Anda supaya tetap awet dan berkinerja bagus. Sekalipun hp iPhone yang Anda gunakan adalah tipe jadul.

Keunggulan iPhone XR

Anda salah satu orang yang sedang mencari iPhone keluaran lama? Mungkin iPhone XR bisa menjadi pilihan Anda. Sekali pun sudah lama rilis, iPhone yang ini juga punya banyak keunggulan. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Punya Body dan Layar yang Keren

iPhone XR

Banyak yang mengakui, iPhone XR memiliki desain premium dan juga impresif. Bodinya tipis,  terbuat dari bahan kaca, dengan dilengkapi bingkai aluminium seri 7000. Ditambah warna-warni seperti hitam, kuning, merah, coral, dan biru, menjadikan iPhone yang satu ini sangat cantik.

Itu bodinya, sementara spesifikasi layarnya dimulai dari resolusi 828 x 1792 piksel dengan rasio 19,5: 9. Ukurannya sendiri 6,1 inci. Dijamin akan membuat Anda puas.

2. Punya Kecepatan dan Kinerja yang Mantap

iPhone XR juga terkenal punya kinerja dan kecepatan yang mantap. Hal ini terjadi karena iPhone XR mengusung chipset Apple A12 Bionic yang teknologi prosesnya  7 nm. CPU-nya berprosesor sepuluh inti, dan Apple GPU grafisnya empat inti.

3. Punya Memori Internal yang Besar

Anda gemar menyimpan file berukuran besar? iPhone XR pas untuk Anda, sebab dia datang dengan menawarkan pilihan memori internal 64 GB, 128 GB, serta 256 GB. Ada pun RAM-nya, semua sama, yakni 3 GB.

4. Kamera Utama yang Impresif

iPhone XR

Anda yang gemar jeprat-jepret akan puas dengan iPhone XR ini, sebab dia punya kamera utama yang lumayan mumpuni. Yakni berkekuatan 12 MP dengan bukaan 1.8f serta lensa 26mm. Apple menyematkan teknologi pendukung lain agar gambar semakin bagus. Teknologi ini meliputi OIS (Optical Image Stabilization) serta PDAF (Phase Detection Auto Focus).

5. iPhone XR Sudah Tahan Air dan Debu

Hp pintar yang satu ini sudah dilengkapi sertifikasi IP67. Artinya dia anti debu dan juga air hingga di kedalaman sekitar 1 meter selama 30 menit.

Nah itu kelebihan iPhone XR. Gimana, walaupun sudah masuk kategori jadul karena rilis di tahun 2019, hp ini masih sangat menggoda, kan? Ya, dia punya banyak kelebihan yang tak dimiliki hp lain. Jika Anda tertarik dengan iPhone XR, langsung saja ke Blibli. Ada banyak penawaran hp ini di sana. Layaknya belanja barang kebutuhan lainnya, belanja iPhone di Blibli pun sama nyaman dan amannya. Barangnya pun dijamin asli. Yuk langsung belanja!

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram