Menarik! Begini Cara Mengubah Tulisan dan Font di WhatsApp

Ditulis oleh Siti Hasanah

Bosan dengan bentuk tulisan dan font yang itu-itu saja saat chatting di WhatsApp? Saatnya melakukan perubahan terhadap jenis font di WhatsApp. Sebagai aplikasi chatting yang paling populer di dunia, WhatsApp tak henti melakukan inovasi dan perkembangan untuk mendukung kenyamanan para penggunannya.

Salah satu yang banyak dicari oleh para pengguna WhatsApp adalah kelebihan untuk mengubah font menjadi lebih bervariasi. Kamu bisa melakukan hal ini dengan bantuan aplikasi. Namun, ada pula beberapa variasi mandiri yang tidak membutuhkan penambahan aplikasi di dalam ponselmu.

Saat bertukar pesan, kamu bisa menambahkan teks, video, suara, dan lain-lain tanpa iklan, tentu saja. Belum lagi teksmu bisa kamu beri tambahan emoji dan gif untuk mengekspresikan percakapan.

Hal-hal tersebut membuat teks lebih menarik dan semakin keren. Jika belum puas kamu bisa ubah bentuk font sesuai keinginan. Cara untuk mengubah font WhatsApp adalah sebagai berikut.

1. Mengubah Font ke Bentuk Tebal (Bold)

Sumber: https://ccm.net/

Huruf tebal atau bold digunakan untuk mempertegas bagian teks yang penting. Jika kamu sedang memperbincangkan sesuatu yang penting, kamu bisa gunakan huruf tebal agar bagian tersebut langsung dilihat oleh lawan chatting kita.

Untuk membuat huruf tebal pada teks WhatsApp, tambahkan tanda bintang atau tanda asterik (*) di depan dan dibelakang teks tersebut. Begini tepatnya: *Carisinyal*. Hasilnya huruf yang diberi tambahan bintang di depan dan dibelakang teks tersebut akan berubah menjadi tebal.

2. Mengubahan Font ke Bentuk Miring (Italic)

Sumber: https://www.express.co.uk

Selain huruf tebal, kamu pun terkadang memerlukan huruf miring untuk menyorot sesuatu yang penting. Huruf miring atau italic digunakan untuk mengutip sebuah teks, bahasa asing dan istilah khusus dalam teks yang kamu tulis pada WhatsApp.

Huruf miring pada teks WhatsApp bisa kamu buat dengan menambahkan garis bawah (_) pada teks yang akan kamu buat miring. Tanda garis bawah tersebut ditempatkan di depan dan di belakang teks. Misalnya, _Carisinyal_. Pada teks di WhatsApp temanmu itu akan berubah menjadi huruf miring.

3. Mengubah Font ke Bentuk Teks Coret (Strikethrough)

Sumber: https://www.hongkiat.com

Untuk kamu yang melakukan koreksi pada teks yang dikirim melalui Whatsapp, bentuk font strikethrough bisa kamu gunakan. Bentuk tulisan ini digunakan untuk merevisi hal yang dianggap salah atau tidak tepat.

Teks coret pada WhatsApp bisa kamu dapatkan dengan menambahkan tanda tilde (~) di bagian depan dan di belakang teks. Teks yang ditambahkan dengan tanda tilde tersebut akan berubah menjadi teks coret. Contoh formulanya adalah ~Carisinyal~.

4. Mengubah Font ke Bentuk FixedSys

Sumber: Wikimedia Commons

Belum puas dengan bentuk tulisan yang dibuat dengan cara menambahkan tanda-tanda tertentu? Sekarang ada cara lain agar fontmu lebih bervariasi. Kamu bisa ubah font sesuai dengan yang kamu inginkan, misalnya bentuk FixedSys.

FixedSys adalah gaya font yang digunakan pada Notepad dan Windows versi lama. Untuk mengubah font ke bentuk ini kamu tinggal menambahkan tanda petik miring (`) tiga kali di bagian depan dan belakang tulisan yang akan kamu kirimkan.

5. Mengubah Font ke Bentuk Teks Terbalik

Agar lebih unik dan bikin orang mengeluarkan usaha lebih untuk membaca teks, kamu bisa gunakan variasi teks terbalik pada percakapanmu. Teks ini memang sedikit membuat orang kesal. Pasalnya teks ini membuat teman chattingmu membolak-balikan ponsel saat ingin membaca pesan darimu.

Teks terbalik ini bisa kamu buat dengan cara menambahkan aplikasi tambahan yang bernama Flip Text. Untuk menggunakannya kamu harus mengunduh aplikasinya tersebut. Untuk mengubah font dengan menggunakan aplikasi Flip Text, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Unduh aplikasi Flip Text dan jalankan.
  • Masukan tulisan pada kolom bagian atas.
  • Untuk membalikan teks, kamu tinggal pilih Flip. Hasil perubahannya akan muncul pada kolom di bawah.
  • Salin teks yang telah berubah menjadi terbalik lalu tempelkan pada kolom teks baru di aplikasi WhatsApp dan sentuh Kirim.

6. Mengubah Font WhatsApp Secara Keseluruhan

Cara berikut ini adalah mengubah font tanpa memberikan perubahan pada font teman chattingmu. Bentuk perubahan ini hanya terjadi pada semua tampilan font di WhatsApp-mu.

Untuk melakukan perubahan menyeluruh pada font ini kamu harus melakukan rooting terlebih dahulu, jika kamu menggunakan ponsel dari brand Samsung. Inilah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu Setting.
  • Pilih Display.
  • Pilih menu Font and style.
  • Selanjutnya, pilih gaya font yang kamu inginkan.

7. Mengubah Font ke Bentuk Keren dan Unik

Selain dengan menggunakan font default dan font FixedSys untuk WhatsApp, kamu bisa menambahkan tulisan unik dengan berbagai aplikasi lainnya. Aplikasi lain yang memberikan gaya font baru dengan bentuk yang lucu adalah Fancy Text.

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store ini menampilkan bentuk-bentukan baru yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain. Cara menggunakannya pun mudah. Aplikasi ini menyediakan beragam emoji, dan lebih dari 100 font baru. Untuk menggunakan aplikasi ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Unduh aplikasi Fancy Text.
  • Masukan teks pada kolom Enter Text Here dan otomatis akan muncul berbagai jenis font unik yang bisa kamu gunakan pada WhatsApp.
  • Pilih salah satu. Hasil perubahan teks akan muncul pada kolom selanjutnya.
  • Pilih teks hasil perubahan tersebut dan tempelkan pada kolom teks WhatsApp baru. Setelah itu pilih opsi Kirim.

8. Mengubah Font ke Bentuk Lain Menggunakan HiFont

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan font yang tak biasa adalah HiFont. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang menghasilkan jenis font yang lebih variatif.

HiFont adalah aplikasi yang ramah perangkat. Maksudnya aplikasi ini bisa dipasang pada berbagai jenis ponsel termasuk ponsel Samsung.

HiFont mempunyai fitur yang bisa merubah teks menjadi terbalik. Ukuran fontnya pun bisa disesuaikan dengan lansia yang membutuhkan ukuran font besar. Bagi pengguna ponsel disleksia, fitur di dalam HiFont sangat cocok. Ada juga berbagai bahasa lain seperti Bahasa Korea, Inggris, Rusia, Perancis, Spanyol, dll.

Yang paling penting adalah pengoperasian aplikasi ini sangat mudah. Kamu bisa mulai dengan mengunduh aplikasi hifont di Google Play Store. Selanjutnya begini langkah-langkahnya:

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram