carisinyal web banner retina

Cara Monetisasi TikTok Untuk Pemula

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 7 Juni 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR ADSterra permanen

Hingga saat ini aplikasi sosial media sudah berkembang dengan begitu pesat di Indonesia. Siapa sangka jika hadirnya aplikasi sosial media tersebut dapat membuat orang lebih mudah dalam menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara monetisasi TikTok untuk pemula.

Mengapa Harus Mengetahui Cara Monetisasi TikTok Untuk Pemula?

TikTok-app (Copy)

Perlu Anda ketahui bahwa TikTok merupakan aplikasi sosial yang memungkinkan setiap penggunanya untuk mengedit serta membuat video. Video tersebut dapat dilengkapi dengan musik, efek suara, hingga efek visual yang sangat menarik untuk disimak. 

Layaknya seperti Snapchat, TikTok memungkinkan penggemarnya menggunakan musik yang sudah tersedia. Saat ini sendiri popularitas aplikasi tersebut semakin naik dan digemari banyak orang. Bahkan ada cara tersendiri untuk melakukan monetisasi TikTok.

Monetisasi TikTok sendiri akan memungkinkan penggunanya dalam menghasilkan uang menggunakan aplikasi tersebut. Tentu siapa saja dapat menghasilkan uang saat ingin menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui bagaimana cara monetisasinya.

Tips Monetisasi Aplikasi Tiktok untuk Pemula

Ada baiknya Anda segera mencari tahu bagaimana cara untuk monetisasi TikTok. Cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah sehingga siapa saja dapat melakukan cara tersebut. Di bawah ini beberapa cara yang bisa diterapkan lebih lanjut:

1. Jadi Influencer

tiktok

Cara terbaik untuk menghasilkan uang melalui aplikasi TikTok adalah dengan memanfaatkan media sosial tersebut. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang influencer. Influencer sendiri merupakan seseorang dapat mempengaruhi keputusan pembelian orang lain.

Baik itu karena popularitas, hubungan, hingga kredibilitas terhadap audiens yang bersangkutan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang influencer TikTok. Nantinya, Anda akan mendapatkan uang dari orang yang ingin menggunakan jasa influencer tersebut.

2. Streaming

Pernahkah Anda mencoba fitur streaming langsung menggunakan aplikasi TikTok. Perlu diketahui bahwa nilai tukar untuk live streaming umumnya sangat bervariasi tergantung berapa lama live tersebut. Akan tetapi, umumnya para pengguna Tiktok membeli koin memakai uang sungguhan.

Selanjutnya mereka akan menggunakannya pada pembuat konten teratas. Sistem ini sendiri bekerja layaknya sebuah donasi atau tip yang ada di dunia nyata. Dengan begitu, cara ini juga cukup efektif untuk mendapatkan uang tambahan.

3. Promosi Konten

followers-tik-tok (Copy)

Cara ini merupakan salah satu cara yang tidak kalah efektif untuk menghasilkan uang melalui aplikasi TikTok. Anda bisa membuat konten secara khusus kemudian mempostingnya di beranda Tiktok. Gunakan cara ini sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk orang lain.

Nantinya, Anda akan memperoleh uang dari promosi konten tersebut. Hal ini berarti semakin banyak konten yang dipromosikan tentu saja semakin banyak pula uang dapat diperoleh. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila cara ini tidak dicoba untuk diterapkan.

4. Promosikan Bisnis Pribadi

tiktok

Bagi Anda yang memang sudah memiliki bisnis, tidak ada salahnya untuk mencoba mempromosikan bisnis pribadi tersebut di akun TikTok. Perlu diketahui bahwa cara ini sendiri merupakan salah satu metode yang paling umum untuk menghasilkan uang.

Pastikan mencoba metode ini karena TikTok sendiri merupakan platform promosi gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membuat video berdurasi pendek mengenai keuntungan, testimoni, hingga proses mengembangkan bisnis tersebut.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi TikTok

Seperti yang sudah diketahui, TikTok merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan secara gratis. Tentu saja, selain dapat digunakan tanpa biaya masih ada banyak keuntungan lain saat menggunakan aplikasi tersebut. Berikut beberapa keuntungannya yang bisa diketahui:

1. Populer

Perlu diketahui bahwa TikTok termasuk sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Tidak heran jika aplikasi tersebut tidak memerlukan banyak waktu agar disukai oleh banyak penggunanya. Aplikasi ini bahkan sudah cukup populer di kalangan anak muda.

TikTok merupakan aplikasi terbanyak yang diunduh selain dua aplikasi seperti Instagram maupun Facebook. Tidak perlu heran apabila aplikasi tersebut dapat dijadikan sebagai ladang bisnis bagi siapa saja yang menggunakannya.

2. Kreatif

TikTok Freepik

Semua orang tentu sudah mengetahui bahwa TikTok merupakan sebuah aplikasi yang menawarkan kegiatan bersenang-senang lewat video dengan durasi pendek yang unik. Setiap orang bahkan dapat membuat video dan berbicara dalam video tersebut.

Tersedia juga fitur tagar dan musik yang akan menyebabkan lingkungan penggunanya lebih kondusif untuk mengupload video. Tidak heran apabila sampai saat ini TikTok merupakan aplikasi yang cukup kreatif untuk digunakan.

3. Pasar Baru

tiktok

Siapa yang menyangka bahwa keberadaan TikTok kini bisa menjadi pasar baru bagi setiap orang. Terlebih sampai saat ini TikTok sudah digunakan oleh lebih dari 155 negara serta lebih dari 75 bahasa yang digunakan, termasuk Indonesia yang sudah menggunakan aplikasi tersebut.

Akan tetapi, dapat dikatakan bahwa sebagian besar pengguna aplikasi tersebut berada di Amerika Serikat, India, hingga China. Hal tersebutlah yang menyebabkan aplikasi ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis karena tersedianya pasar baru.

4. Iklan Otomatis

Melalui aplikasi TikTok, sebuah iklan bahkan dapat diputar secara otomatis. Dengan begitu, setiap pengguna dapat membuka iklan tersebut saat pertama kali membuka aplikasinya. Terlebih, sudah ada banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut sebagai hiburan.

Setiap orang bahkan bisa menghabiskan lebih dari 50 menit hanya untuk melihat berbagai video kreatif yang dikirimkan. Dengan begitu, tentu saja setiap pengguna TikTok akan mendapatkan iklan yang dapat diputar secara otomatis tersebut.

Kekurangan Menggunakan Aplikasi TikTok

Ternyata, tidak hanya terdapat kelebihan tersendiri saat menggunakan aplikasi tersebut. Terdapat pula beberapa kekurangan aplikasi TikTok yang tentu saja perlu Anda ketahui lebih lanjut. Di bawah ini beberapa kekurangan yang bisa diketahui tersebut:

1. Iklan yang Mahal

Perlu Anda ketahui, bahwa jika dibandingkan dengan iklan menggunakan aplikasi lainnya seperti Facebook ataupun Instagram, iklan menggunakan aplikasi TikTok terbilang cukup mahal harganya. Hal tersebut tentu menjadi kekurangan dari aplikasi itu sendiri.

Dengan begitu, tidak semua orang dapat menggunakan iklan yang ada di aplikasi tersebut. Pasalnya, perlu biaya khusus sedikit lebih mahal agar nantinya iklan yang diinginkan dapat terpasang dan tersebar luas kepada setiap pengguna TikTok.

2. Usia Audiens

Selain mengenai biaya iklan yang cenderung lebih mahal. Aplikasi TikTok juga tidak cukup ideal untuk pengguna dengan usia tertentu. Hal ini berarti tidak semua usia dapat menjadi sasaran atau target market dari pengiklan yang ada di aplikasi tersebut.

Pasalnya, kebanyakan pengguna aplikasi TikTok memiliki rentang usia mulai dari 16 sampai 24 tahun. Hal ini berarti apabila Anda menargetkan iklan dengan usia lebih dari 25 tahun tentu akan kesulitan untuk melakukan konversi maupun penjualan dengan tepat.

Cara Mengubah Konten Tiktok Menjadi Uang

tiktok

Tentu sudah banyak yang tahu bahwa untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan menjadi influencer yang kemudian mendapatkan endorse dari produk atau jasa yang ingin di iklankan langsung melalui konten TikTok milikmu.

Tapi, untuk menjadi seorang influencer di Tiktok tidaklah mudah. Kamu harus sering membuat konten yang bermanfaat, menghibur, dan lain sebagainya untuk menarik orang menyukai konten Anda dan memberikan like agar terus menjadi viral dan masuk dalam FYP (For Your Page), sehingga bisa mendapatkan banyak penonton.

Tahukah kalian bahwa ada cara yang lebih cepat untuk mendapatkan uang dari TikTok? Tidak secara langsung dari Tiktok, tetapi dengan cara memanfaatkan Tiktok untuk mendapatkan uang dari pihak lain.

Gunakan Smart Direct Link dari Adsterra

Adsterra-Network (Copy)

Untuk memulainya, kamu perlu mendaftar dulu sebagai Publisher Adsterra. Ikuti saja link tersebut dan kemudian isi formulir pendaftaran. Kemudian pada panel kiri, tambahkan situs web blog kamu, dan pilih Direct Link pada kolom Ad Unit, kemudian menunggu kurang lebih 5 menit untuk mendapatkan persetujuan.

Jika kamu tidak memiliki blog atau website, kamu masih tetap bisa menggunakan smart direct link, dengan cara kembali login ke Adsterra, dan kemudian pilih rent domain khusus untuk tujuan monetasi menggunakan Smart Direct Link.

Kemudian, masukkan link iklan dari Smart Direct Link tersebut ke biodata TikTok agar penonton tertarik untuk mengklik link yang ada di bio Tiktok kamu. Agar dapat memasukan link ke Bio Tiktok kamu, kamu harus mengubah akun Tiktok kamu ke Akun Bisnis (tanpa dipungut biaya).

Kamu hanya perlu masuk ke Tiktok dan klik titik tiga pada kanan atas (Pengaturan dan Privasi) dan pilih kelola akun, kemudian pilih Alihkan Ke Akun Bisnis.

Adsterra

Setelah akun bisnis aktif, kemudian akan muncul kotak website untuk bisa memasukan direct link dari Adsterra.

Adsterra

Setelah link terpasang, maka kini saatnya kamu membuat konten yang menarik agar orang lain penasaran dan kemudian mengklik profil bio kamu dan mengikuti link yang kamu pasang tersebut.

Penghitungan pendapatan akan secara otomatis dilakukan oleh Adsterra, dan kamu bisa mengeceknya di akun Adsterra kamu. Setelah terkumpul hingga 100$, barulah kamu bisa menarik pendapatan kamu melalui Paypal.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai cara monetisasi TikTok untuk pemula. Cara tersebut memang terbilang cukup mudah sehingga akan sangat disayangkan jika tidak mencobanya. Siapa saja bisa mencoba untuk menghasilkan uang melalui aplikasi TikTok dengan mudah.

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram