carisinyal web banner retina

Cara Nonton Bola Online Streaming di Internet Paling Mudah

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Salah satu cara menonton pertandingan bola yang mudah adalah dengan menontonnya lewat internet. Anda hanya memerlukan smartphone, tablet, atau komputer dan tentu saja sambungan internet.

Cara ini banyak dimanfaatkan oleh para pecinta bola karena kemudahan akses ke berbagai pertandingan bola di dunia. Nonton bola online juga merupakan cara alternatif bagi Anda yang tidak memiliki televisi.

Cara yang satu ini pun sangat membantu Anda yang ingin menyaksikan pertandingan liga di Eropa, tetapi tidak disiarkan oleh televisi nasional. Anda yang berada di luar negeri dan ingin menyaksikan pertandingan bola domestik juga dapat menggunakan cara ini.

Lantas bagaimana cara menonton pertandingan bola secara online? Sebelum membahas hal ini, ada baiknya membahas terlebih dahulu tentang tv online.

Tentang TV Online

*

Nonton bola online erat kaitannya dengan aktivitas streaming tv online. Bagi Anda yang belum tahu, TV online adalah salah satu media siaran yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet dan bukan menggunakan frekuensi publik.

Saat ini, televisi swasta sudah memiliki siaran TV online sendiri di situs resmi mereka. Hal ini berarti Anda bisa menyaksikan berbagai acara lokal, meskipun Anda berada di luar Indonesia.

Karena kemudahan ini pula, Anda bisa menyaksikan pertandingan bola dari berbagai liga di dunia. Bahkan Anda bisa memilih menonton pertandingan mana sesuai klub kesukaan. Hal ini tentu saja mustahil dilakukan jika menonton via televisi biasa.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa tidak semua stasiun televisi mengantongi lisensi menyiarkan pertandingan bola secara online. Artinya, lisensi yang mereka kantongi adalah lisensi FTA (free-to-air) alias pertandingan hanya boleh disiarkan via televisi biasa.

Lisensi menyiarkan pertandingan bola secara online kini banyak ditemukan pada platform situs streaming. Anda perlu mengetahuinya lebih lanjut pada penjelasan berikut.

Daftar Situs Streaming Bola Online

nonton bola online

Situs streaming bola online biasanya merupakan sebuah platform hiburan. Mereka tidak hanya menyediakan layanan tunggal. Ada banyak pertandingan bola yang bisa Anda saksikan dari berbagai liga.

Bahkan pertandingan di luar bola, tayangan serial film, dan tayangan musik, dan lain sebagainya tersedia. Situs streaming bola juga menyediakan aneka informasi yang menyangkut pertandingan.

Hal itu seperti berita kabar klub dan pemain, statistik pertandingan, line-up pemain yang kemungkinan bakal diturunkan.

Pertandingan bola lazimnya disesuaikan dengan jadwal yang sudah ada, kecuali ada hal tertentu yang membuat pertandingan ditunda. Jadi, jika Anda ingin menonton pertandingan bola di situs tersebut, maka Anda harus mengecek jadwal pertandingannya terlebih dahulu.

Informasi terkait jadwal pertandingan sudah tersedia di situs streaming bola online. Namun, mungkin Anda perlu menyesuaikan jadwalnya dengan waktu di mana tempat Anda tinggal.

Sebagai catatan, beberapa situs streaming bola online mengharuskan penggunanya untuk membayar biaya berlangganan. Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan siaran bola online:

1. Mola TV

mola tv

Mola TV kondang dengan tayangan MMA (Mixed Martial Arts). Namun, situs streaming ini juga menayangkan pertandingan bola pada kompetisi Copa Libertadores. Situs ini wajib Anda kunjungi jika Anda memang pecinta sepak bola Amerika Latin.

Selain Copa Libertadores, Mola TV juga menyiarkan pertandingan Copa Sudamericana (kompetisi antarklub kasta kedua se-Amerika Selatan), Eredivisie (Liga Belanda), Serie B (Liga Italia divisi kedua), A League (Liga Australia), dan Carabao Cup (Piala Liga Inggris).

Jika Anda ketinggalan menonton suatu pertandingan, tidak perlu khawatir. Mola menyediakan cuplikan pertandingan (highlight) yang bisa Anda tonton untuk melihat momen-momen menarik sepanjang laga.

Selama menggunakan Mola TV, saya merasa bahwa platform ini simpel. Ia sangat ramah pengguna. Tidak ada fitur neko-neko, juga tidak ada iklan.

Mola TV mewajibkan Anda untuk berlangganan jika ingin menikmati pertandingan dari liga-liga di atas. Namun, Mola menyediakan banyak tayangan TV Series, film Hollywood, dan dokumenter yang bisa ditonton secara gratis.

Platform ini bisa diakses di situs resmi Mola TV. Tersedia juga aplikasi Mola TV untuk perangkat Android dan iOS.

2. Vidio

vidio

Ini dia platform video multifungsi, yakni Vidio. Selain menawarkan siaran olahraga, Vidio sudah cukup sukses membangun reputasinya sebagai situs yang menyediakan siaran lokal secara live dengan jumlah channel lokal yang begitu lengkap.

Channel lokal dan beberapa channel internasional yang ada di Vidio bisa dinikmati secara gratis layaknya YouTube. Hanya saja, Anda harus rela pengalaman menonton sedikit terganggu dengan iklan-iklan tambahan. Jika ingin menonton siaran olahraga yang lebih lengkap, maka Anda harus berlangganan paket premiumnya.

Vidio memiliki segmen Sports yang menghadirkan beragam siaran bola. Yang jadi andalannya adalah Liga Inggris alias Premier League dan Liga Champions. Video mengantongi lisensi untuk menyiarkan Premier League hingga musim 2024-2025.

Selain Premier League dan Liga Champions, Vidio juga menyarkan pertandingan dari kompetisi Liga Indonesia (BRI Liga 1), Liga 2 Indonesia (Pegadaian Liga 2), La Liga (Liga Spanyol), Serie A (Liga Italia), dan seluruh pertandingan Timnas Indonesia.

Pertandingan dari ajang lain yakni Ligue 1 (Liga Perancis), Liga Portugal, Liga Champions, Liga Europa (UEL), Liga Konferensi Eropa (UECL), dan UEFA Youth League juga bisa ditonton.

Yang ingin melihat Liga Arab Saudi agar bisa menyaksikan bintang semacam Cristiano Ronaldo pun bisa. Hal ini lantaran Vidio menyediakan paket langganan untuk kanal SPOTV, kanal yang menyiarkan Liga Arab Saudi.

Selama menggunakan platform ini, saya merasa dimanjakan. Pasalnya, Vidio menyediakan pengaturan resolusi, opsi mempercepat tayangan (untuk tayangan tunda), dan tampilan statistik pertandingan.

Bagi yang ketinggalan menonton siaran langsung, Anda bisa mengunduh suatu pertandingan lalu ditonton secara offline ketika sudah senggang.

Platform yang tergabung dalam grup Emtek ini bisa diakses melalui situs resmi Vidio. Vidio juga tersedia dalam bentuk aplikasi di Google Play Store dan Apple App Store.

3. beIN Sports Connect

bein sports

Bein Sports Connect juga merupakan layanan penyedia menonton bola yang bisa Anda pilih. Situs ini cukup unik karena menghadirkan jadwal pertandingan yang sangat spesifik. Tidak hanya menampilkan tanggal dan jam, tapi situs ini juga menampilkan seberapa lama siaran telah berlangsung yang ditandai dengan progress bar.

Antarmuka yang inuitif ini, digabungkan dengan navigasi yang mudah dipahami, semakin membuat beIN Sports Connect layak untuk dicoba. Jika ada siaran langsung yang Anda lewatkan, di sini pun tersedia fitur Catch Up agar Anda bisa melihat tayangan-tayangan lalu. Namun, berbagai tayangan ini akan kedaluwarsa dalam waktu 2 minggu setelah penayangannya.

Untuk siaran yang akan datang, Anda pun bisa mengklik simbol lonceng untuk mengunduh file iCalendar yang bisa dijadwalkan pada Google Calendar Anda.

Beberapa kompetisi olahraga yang ada di Bein Sports Connect di antaranya adalah Serie A (Liga Italia), La Liga (Liga Spanyol), Ligue 1 (Liga Perancis), Piala FA, Community Shield, FA Youth Cup, Ligue 2 (kasta kedua Liga Perancis), dan Liga Champions Afrika.

Hal yang saya suka dari beIN Sports adalah punya opsi pemilihan kualitas video, ada tampilan statistik pertandingan, line up pemain, dan bagi yang ketinggalan momen-momen penting bisa melihat timeline pertandingan.

beIN Sports Connect mematok harga langganan mulai dari Rp45 ribu atas tayangan bola yang disiarkan. Anda bisa menikmati tayangan dari platform ini dengan mengunjungi situs resmi beIN Sports Connect. beIN Sports Connect juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk perangkat Android dan perangkat Apple.

4. Vision+

visionplus

MNC Group adalah salah satu raksasa media di Indonesia. Perusahaan ini tak hanya memiliki RCTI, Global TV, dan MNC TV. Di ranah layanan streaming, mereka punya Vision+ untuk memenuhi selera anak muda.

Di Vision+, Anda bisa menonton Liga Champions Asia, Piala AFC, Kualifikasi Piala Dunia untuk Timnas Indonesia, dan beberapa pertandingan persahabatan dari timnas tertentu. Platform ini pun menjadi pemilik hak siar untuk Piala Eropa (Euro) 2024 dan 2028.

Jika ingin menonton tayangan bola dan olahraga di Vision+, Anda wajib berlangganan paket Premium Sports. Harga paket ini mulai dari Rp35 ribu per bulan.

Sama seperti platform streaming lainnya, Vision+ menyediakan tayangan dari saluran TV lokal. Tidak hanya saluran dari grup MNC, tapi juga saluran lain seperti NET, Trans 7, dan TV One.

Akses ke saluran TV lokal ini sifatnya gratis, Anda tak perlu langganan. Beberapa konten seperti serial dan FTV juga disediakan cuma-cuma. Hanya saja, Anda mesti login dengan akun Vision+.

Anda dapat mengakses layanan dari platform ini dengan mengunjungi situs resmi Vision+. Aplikasi Vision+ juga tersedia untuk perangkat Android dan perangkat Apple.

5. UseeTV GO

useetv go

Siapa yang tidak mengenal UseeTV? Layanan streaming lokal ini merupakan fitur yang termasuk pada salah satu paket internet IndiHome. Nah, UseeTV Go adalah sebutan untuk aplikasi Android yang memungkinkan penggunanya menikmati beragam konten lokal secara gratis.

Meski begitu, jika pengguna ingin menikmati konten premium, mereka harus memiliki akun MyIndiHome. Di sini Anda bisa menikmati beberapa film Hollywood maupun Nusantara yang telah terkurasi, ditambah dengan adanya beragam channel TV yang bisa ditonton di manapun Anda berada.

Ini merupakan salah satu layanan terbaik untuk menonton pertandingan sepak bola, karena UseeTV GO pun menghadirkan channel olahraga ternama seperti Bein Sports, FOX Sports, Champions TV, Usee Sports, NBA TV, dan Golf Channel.

Beberapa kompetisi sepakbola yang bisa Anda saksikan di Usee Sports di antaranya adalah Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Perancis, Liga Champions, Liga Europa, Bundesliga Jerman, Liga 1 Indonesia, AFC Cup, dan AFC Champions League. Sedangkan untuk acara olahraga non-sepakbola, terdapat Formula 1, MotoGP, WSBK, dan masih banyak lagi.

6. Maxstream

maxstream

Kabar bagus bagi pengguna kartu Telkomsel – Anda mendapatkan privilege untuk berlangganan layanan Maxstream. Nah, Maxstream ini sendiri merupakan layanan streaming film dan TV Series mirip Netflix yang mayoritas kontennya terdiri dari konten-konten lokal.

Selain itu, Maxstream juga mirip dengan Vidio dalam hal menyediakan channel lokal selayaknya TV di rumah. Selain film-film dan TV series lokal, Maxstream juga menyediakan layanan Live Event untuk menyaksikan siaran-siaran langsung, termasuk di antaranya acara sepak bola juga.

Cukup disayangkan, hingga artikel ini diturunkan tidak ada cara untuk berlangganan kecuali dengan memasukkan nomor Telkomsel. Dan lagi, Maxstream tidak memiliki segmen khusus olahraga sehingga pilihan siaran bola pun cukup terbatas dibandingkan situs-situs lain di daftar ini.

7. RCTI+

rctiplus

Bagi Anda yang pernah menonton saluran TV lokal tentu sudah tidak asing dengan RCTI. Saluran TV yang merupakan bagian dari MNC Group ini juga memiliki layanan streaming berbasiskan internet yang dinamakan RCTI+. Di layanan ini, Anda bisa menonton empat saluran MNC Group yakni RCTI, MNC, Global TV, dan iNews.

Untungnya, jumlah iklan tambahan saat menonton channel secara live terbilang sedikit. Tapi karena RCTI+ tidak hanya khusus menampilkan acara olahraga, Anda pun mungkin akan merasakan kesulitan saat mencari siaran sepak bola yang diinginkan.

Anda harus mengklik menu Explore, lalu pilih kategori Match. Barulah di sini Anda akan melihat bermacam-macam program olahraga dari berbagai jenis seperti sepak bola, tinju, esport, renang, dan masih banyak lagi. Kualitas siaran yang HD dan stabil serta iklan yang sedikit, membuat situs RCTI+ ini sayang untuk dilewatkan.

8. First Media X

fmx

Berikutnya adalah First Media X, layanan siaran TV daring yang menghadirkan hingga ratusan saluran yang bisa dinikmati. Hanya saja, First Media X ini tersedia khusus untuk perangkat Android dan iOS. Jika Anda berusaha mengaksesnya lewat browser PC, hanya tersedia opsi untuk mengunduh aplikasi dan pilihan registrasi akun.

Sejatinya, First Media X lebih dikhususkan bagi mereka yang sudah berlangganan layanan TV kabelnya First Media, tapi Anda yang tidak berlangganan pun masih bisa memanfaatkan aplikasi ini secara free trial.

Dengan adanya First Media X, anggaplah Anda sedang berlangganan TV kabel di ponsel, karena saluran internasional yang jumlahnya bejibun benar-benar berada di genggaman Anda, termasuk saluran olahraga internasional yang terkemuka.

Tips Ketika Nonton Bola Online

Untuk menikmati pertandingan bola online dengan nyaman, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Tips ini akan sangat bermanfaat untuk menikmati tv streaming bola tanpa hambatan dan juga tanpa buffering. Berikut beberapa tips tersebut:

  • Siapkan koneksi yang cepat dan stabil
nonton bola online buffering

Persiapkan koneksi dengan kecepatan tinggi dan juga stabil. Untuk koneksi streaming sepakbola, biasanya minimal membutuhkan kecepatan internet 1Mb/ps. Untuk siaran dengan kualitas berdefinisi tinggi, kecepatan koneksi yang dibutuhkan tentu lebih tinggi lagi. Bagi Anda yang tidak memiliki koneksi internet cepat, sebaiknya nonton bareng dengan teman Anda yang memiliki koneksi yang lebih cepat agar lebih efektif dan hemat.

  • Isi kuota internet
Isi kuota internet
*

Jika Anda adalah pengguna internet berbasis kuota, maka Anda harus mengisi kuota yang cukup banyak terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda bisa lebih lancar menikmati pertandingan bola. Tidak lucu bukan ketika di tengah pertandingan, koneksi terputus lantaran kuota tidak mencukupi.

Selian itu, pilihlah pertandingan dari klub yang Anda favoritkan saja. Jangan semua pertandingan Anda saksikan karena akan membuang kuota internet Anda.

  • Pilih situs streaming yang bagus
Pilih situs streaming yang bagus
*

Pastikan Anda menemukan channel streaming yang cukup bagus. Ciri channel yang cukup bagus adalah channel yang tidak sering mengalami gangguan, gambarnya berkualitas bagus, dan jumlah iklan tayang yang sedikit. Ingatlah, iklan juga sering memakan kuota dan iklan juga sangat mengganggu kenyamanan Anda menonton bola secara online.

  • Tonton cuplikannya di YouTube
Percantik Tampilan Channel Youtube
*

Jika Anda tidak sempat menyaksikan pertandingan bola saat jadwal pertandingan bola berlangsung, maka paling tidak Anda bisa menyaksikan cuplikan atau highlight-nya di channel Youtube atau channel lainnya. Beberapa platform malah ada yang meng-upload pertandingan secara full, sehingga Anda bisa menontonnya dari awal sampai akhir

Demikianlah penjelasan tentang cara menonton bola online melalui situs layanan streaming-nya. Sebenarnya, selain situs layanan streaming di atas, masih ada layanan situs streaming bola lainnya yang bertebaran.

Di antaranya adalah layanan streaming resmi yang mengharuskan Anda untuk membayar bulanan layaknya TV berlangganan. Jika Anda memiliki dana yang lebih tentu sangat disarankan untuk menggunakan jasa berbayar karena kualitas siarannya yang sangat baik.

Namun, jika memang tidak ada, maka pilihan nonton bola online melalui layanan streaming gratis adalah solusi yang tepat. Namun, jika Anda membutuhkan aplikasi untuk menonton bola di Android, Anda bisa cek daftar aplikasinya di sini. Selamat mencoba!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram