carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Langkah-Langkah Cara Pinjam Pulsa XL Dengan Mudah

Langkah-Langkah Cara Pinjam Pulsa XL Dengan Mudah

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Pernahkah Anda mengalami saat-saat di mana perlu menelpon atau mengirim SMS, tetapi pulsa Anda habis sama sekali? Ketika hendak membeli pulsa, kios pulsa terlalu jauh atau Anda sedang tidak membawa uang. Ingin membeli pulsa melalui ATM, tapi saldo di rekening bank Anda habis. Pulsa habis di saat-saat penting memang suatu hal yang sangat menyebalkan.

Namun, hal tersebut tidak perlu dialami oleh pengguna kartu pra bayar XL. Karena salah satu operator telpon terbesar di Indonesia ini akan menjamin pulsa penggunanya dengan cara meminjaminya terlebih dahulu. Nah, bagaimana cara pinjam pulsa XL langsung ke operatornya? Yuk, simak cara selengkapnya berikut ini!

Cara minta pulsa ke operator XL sebenarnya semudah Anda membalikkan telapak tangan. Karena jika pulsa habis sama sekali Anda hanya perlu menekan *123*9110# lalu pilih “Call”. Jadi, meskipun pulsa sedang habis sama sekali Anda tetap bisa meminjam pulsa ke XL.

Syarat dan Ketentuan

Cara ngutang pulsa kartu XL bukan tanpa syarat, lho. Karena sebelum mengetahui cara pinjam pulsa XL, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah kartu telpon yang sedang Anda gunakan sudah memenuhi syarat dan ketentuan berikut ini:

  • Jenis kartu pra bayar, bukan pasca bayar
  • Kartu XL / Axis yang Anda gunakan tersebut sudah aktif selama lebih dari 60 hari (alias bukan kartu perdana yang baru diaktifkan beberapa hari yang lalu)
  • Nomor sudah pernah diisi pulsa setidaknya minimal 3 kali dengan nominal Rp 5.000 dalam 60 hari terakhir
  • Sudah mengembalikan pulsa darurat yang sebelumnya dipinjam, sehingga tidak ada sisa pulsa darurat yang masih belum dikembalikan
  • Nomor sudah dinyatakan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku oleh sistem dari XL sendiri

Cara Dapat Pulsa Darurat XL

cara pinjam pulsa xl

Pulsa tinggal sedikit atau habis sama sekali? Tak perlu khawatir, seberapa banyak pulsa yang tersisa, Anda masih bisa meminjam pulsa ke XL kok! Berikut ini adalah cara menggunakan pulsa darurat XL, Anda bisa memilih salah satu cara yang dirasa nyaman dan sesuai dengan jumlah pulsa yang tersisa:

  • Meminta Pulsa Via SMS

Cara ini berlaku jika Anda masih memiliki pulsa setidaknya sekitar Rp 1.000 – 2.000. Caranya adalah dengan mengetik pesan SMS: ISTIMEWA atau DARURAT (pilih salah satu saja), lalu kirim ke 911.

  • Meminta Pulsa Via UMB

Cara pinjam pulsa XL yang satu ini bisa digunakan jika pulsa Anda 0 atau habis sama sekali. Segera masuk ke panel tombol di ponsel Anda, lalu ketik *123*9110#, lanjutkan menekan “Call”.

  • Cara Mengecek Status

Nah, yang satu ini bukan cara untuk meminjam pulsa dari XL, melainkan untuk mengecek status. Melalui cara ini Anda bisa mengetahui apakah Anda masih memiliki sisa hutang pulsa darurat yang belum dikembalikan atau tidak.

Mekanisme Pulsa Darurat dari XL

Hal-hal ini juga sangat perlu diperhatikan jika Anda ingin meminjam pulsa darurat dari XL. Berikut ini adalah mekanisme dari fasilitas pulsa darurat XL:

  • Nominal pulsa ditentukan XL

Setelah menjalankan cara untuk meminjam pulsa XL, Anda akan memperoleh informasi pulsa yang bisa Anda dapatkan lengkap dengan biaya peminjaman pulsa (admin fee) melalui SMS / UMB. Dengan kata lain, XL yang akan menentukan nominal pulsa yang berhak Anda peroleh, kita tidak bisa menentukan nominal pulsa yang ingin dipinjam.

  • Nomor peminjam harus memenuhi syarat

Setiap pelanggan kartu pra bayar XL memang bisa menggunakan fasilitas ini, tetapi tidak semua permintaan peminjaman pulsa darurat ini akan disetujui oleh XL. Karena berhak atau tidaknya pelanggan mendapatkan pulsa darurat akan dilihat dari profil pelanggan. Sistem akan memutuskan apakah nomor Anda sudah memenuhi syarat dan ketentuan untuk meminjam pulsa darurat atau tidak.

  • Pulsa darurat akan masuk secara otomatis

Setelah permintaan disetujui dan Anda sudah melakukan konfirmasi, maka pulsa darurat akan bertambah secara otomatis ke nomor Anda. Mekanisme ini sama seperti ketika Anda melakukan isi ulang pulsa di mana pun. Perlu Anda ketahui bahwa pulsa darurat XL ini dapat digunakan untuk layanan apapun yang tersedia di XL.

  • Pembayaran dilakukan dengan mengisi pulsa reguler

Karena Anda meminjam pulsa darurat, maka sudah pasti Anda akan mengembalikannya. Pengembalian pulsa akan dilakukan secara otomatis apabila Anda sudah mengisi pulsa atau menerima pulsa dari layanan Bagi Pulsa. Pulsa Anda akan terpotong sejumlah nominal yang Anda pinjam + admin fee.

Apabila setelah mengisi pulsa, tapi pulsa Anda masih tidak cukup untuk mengembalikan sesuai dengan nominal pulsa darurat yang dipinjam, maka pulsa akan tetap dipotong tapi Anda akan disisakan pulsa sejumlah Rp 2.000. Karena pulsa darurat belum dikembalikan secara utuh, maka pengembalian otomatis akan dilakukan pada saat Anda mengisi pulsa selanjutnya.

Cara pinjam pulsa XL ini tentu saja sangat menguntungkan pelanggan. Mengingat banyak sekali pelanggan yang sering berada di situasi genting di mana harus melakukan panggilan telpon, mengirim SMS, atau mendaftar paket internet tapi pulsa habis. Sementara itu, situasi dan kondisi pelanggan tersebut tidak memungkinkan untuk mengisi pulsa. Jadi, fasilitas pulsa darurat dari XL ini memang sangat membantu.

Nah, bagaimana jika kita ingin memperoleh pulsa darurat lagi, tapi kita belum mengembalikan pulsa yang sudah dipinjam sebelumnya? Tidak bisa. Anda tidak akan mendapatkan pulsa darurat sebelum Anda mengembalikan pulsa yang dahulu dipinjam. Jadi, pastikan Anda segera mengisi ulang pulsa untuk mengembalikan pulsa darurat agar suatu saat Anda bisa menggunakan fasilitas ini kembali.

Bagaimana jika pulsa Anda habis disertai dengan masa aktif kartu yang juga berakhir? Anda tetap akan mendapatkan pulsa darurat, tapi perlu Anda ketahui bahwa pulsa ini tidak menambah masa aktif kartu. Jadi, setelah Anda memperoleh pinjaman pulsa dari XL, Anda bisa segera membeli masa aktif di *123#.


Selain fasilitas Pulsa Darurat, adakah layanan XL lainnya yang bisa membantu kita saat pulsa sedang habis total? Ada. Anda bisa menggunakan fasilitas Bagi Pulsa dengan cara meminta pulsa ke teman atau keluarga yang juga menggunakan kartu XL. Berbeda dengan layanan Pulsa Darurat, di layanan Bagi Pulsa ini si pengirim bisa menentukan nominal pulsa yang akan dibagikan ke si penerima.

Jadi, Anda bisa request ke teman atau keluarga yang Anda mintai pulsa untuk mengirim pulsa dengan nominal yang Anda butuhkan. Namun, layanan ini juga dikenakan biaya. Sama seperti Pulsa Darurat, pulsa yang Anda peroleh dengan layanan Bagi Pulsa tidak akan menambah masa aktif.

Sudah tahu kan bagaimana cara pinjam pulsa XL? Cara ini cukup membantu Anda saat sedang kehabisan pulsa dan tidak bisa mengisi pulsa sendiri. Namun, bila Anda membutuhkan pulsa dengan nominal yang besar, Anda bisa menggunakan layanan Bagi Pulsa dengan meminta pulsa ke teman atau keluarga Anda.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram