carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Beginilah Cara Reset & Reboot HP vivo yang Mudah Dilakukan

Beginilah Cara Reset & Reboot HP vivo yang Mudah Dilakukan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 Mei 2021

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa mereset ponsel identik dengan terjadinya masalah atau kerusakan pada perangkat sudah parah. Orang berpikir bahwa reset adalah opsi terakhir di mana ponsel sudah tidak bisa diperbaiki dengan cara-cara lainnya. Ini bisa saja benar, tetapi fakta bahwa hard reset ponsel hanya dilakukan ketika terjadi kerusakan, itu tidak bisa dibilang tepat.

Faktanya ada beberapa alasan yang mendasari melakukan reset ponsel, tidak hanya ketika ponsel rusak parah saja. Ini berlaku untuk semua ponsel Android, termasuk ponsel besutan vivo. Nah, bagaimana sih cara reset ponsel vivo yang tepat dan apa keuntungan yang bisa kita peroleh setelah ponsel kita direset. Jika kamu penasaran, silahkan lanjutkan membaca artikel di bawah ini.

Manfaat Reset Ponsel Android

Tindakan reset adalah sebuah cara mengembalikan perangkat ke setelah pabrik. Setelah sebuah ponsel direset ponsel akan berubah ke setelan awal seperti saat kamu membeli ponsel baru. Semua aplikasi pihak ketiga yang kamu instal akan terhapus, termasuk data di dalamnya.

Performa ponsel pun menjadi lebih baik. Tetapi tidak hanya itu saja manfaat dari mereset ponsel. Nah, di artikel ini akan temukan apa saja manfaat mereset ponsel agar ketika ponsel vivo menunjukan gejala tak wajar, kamu tidak perlu ragu lagi untuk melakukannya.

1. Menghilangkan Virus dan Malware

Perlu kamu ketahui bahwa ponsel yang direset tidak selama menjadi indikasi bahwa ponsel tersebut mengalami kerusakan yang parah. Solusi reset ponsel untuk memperbaiki ponsel memang selalu ditempatkan di akhir.

Pasalnya ponsel yang direset harus akan dikembalikan ke pengaturan awal. Dan ini sedikit merepotkan karena kamu harus melakukan backup data dan mentransfernya kembali ke ponselmu.

Tetapi kamu harus tahu bahwa mereset ponsel akan menghilangkan semua virus dan malware yang terlanjur masuk dalam ponsel dan menghambat kinerja ponsel.

Jadi, kalau kamu mereset ponsel, itu artinya kamu membebaskan ponselmu dari infeksi virus yang menyebabkan ponselmu tidak berjalan dengan normal. Meskipun memang aplikasi di dalamnya ikut hilang.

2. Membersihkan Memori Penyimpanan

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dari mereset ponsel adalah ruang penyimpanan kamu akan lebih lega. Ini dikarenakan saat mereset ponsel yang hilang bukan hanya virus dan malware saja, akan tetapi data di ruang penyimpanan ponselmu pun akan ikutan lenyap.

Dengan begitu ponselmu tidak akan merasa terbebani dengan banyaknya file di dalam ponsel yang kamu simpan. Jika kamu akan mereset ponselmu, sangat disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu agar file penting di dalamnya tidak ikut terhapus.

3. Mengembalikan Kunci ke Pola Awal

Demi keamanan, sebagian orang melindungi ponselnya dengan kunci pola dan sandi. Namun, ada kalanya kita lupa pola atau lupa kata sandi yang kita gunakan sebagai kunci ponsel kita.

Salah satu solusinya adalah dengan mereset ponsel. Semua pola kunci akan hilang dan ponselmu tidak akan terkunci, sama seperti saat kamu membelinya pertama kali.

4. Memperbaiki Ponsel yang Sering Eror

Ponsel canggih tidak menjamin akan lolos dari kerusakan dan gangguan lainnya. Kerusakan ponsel bisa terjadi di bagian apa pun, misalnya saja kalibrasi touchscreen eror, bootloop ringan dan lain sebagainya.

Salah satu solusinya adalah dengan mereset ponsel sehingga pengaturan kembali ke awal. Namun, jika bootloop rusak total pada firmware, cara mengatasi bootloop yang rusak parah harus dengan cara lainnya lagi.

Cara Mudah Mereset Ponsel vivo

Di atas adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh ketika mereset ponsel. Lalu, bagaimana jika ponsel vivo bermasalah dan perlu direset? Lakukan saja jika memang diperlukan. Terlebih jika ponsel vivo milikmu sudah terlalu sesak dengan berbagai malware dan data di dalamnya. Ikuti petunjuknya yang tepat dan dilakukan oleh orang yang memang memahami seluk beluk ponsel beserta programnya.

1. Reset Ponsel vivo Melalui Recovery Mode

Cara pertama adalah dengan menggunakan Recovery Mode. Fitur satu ini merupakan sebuah opsi perbaikan dan pemulihan yang disematkan dalam perangkat Android vivo. Fitur ini terpisah dari sistem lainnya yang ada di dalam ponsel vivo.

Ketika kamu mendapati ponselmu mengalami masalah kamu bisa pulihkan lewat fitur tersebut. Lewat fitur ini proses mereset ponsel vivo menjadi mudah, cepat dan aman. Begini langkahnya:

  • Matikan ponsel vivo dengan cara menekan tombol power dan tahan beberapa lama sampai muncul pilihan Power Off.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan selama beberapa detik tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah.
  • Lepas semua tombol yang ditekan tadi ketika muncul logo Android.
  • Setelah itu, layar akan hitam dan muncul menu Select Boot Mode. Dari situ kamu bisa pilih Recovery Mode.
  • Lanjutkan prosesnya dengan memilih opsi Wipe Data/Factory Reset. Tekan tombol volume bawah dan tombol power agar proses reset bisa dimulai.
  • Setelahnya, akan muncul tulisan Reboot System Now. Jika kamu setuju, tekan tombol power pada ponsel.
  • Tunggu sampai proses reset selesai dan ponsel vivo kembali ke pengaturan awal.

Setelah semua proses reset selesai ponsel akan menyala dengan tampilan dan keadaan baru. Lakukan pengaturan ulang untuk mengatur bahasa dan sesuaikan pengaturan ponsel lainnya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Yang tidak kalah penting saat kamu melakukan proses reset ponsel adalah baterai. Ketika kamu akan melakukan reset pada ponselmu, pastikan baterai ponselmu dalam keadaan penuh.

Jika di tengah proses ponsel tiba-tiba mati karena baterai habis, ponselmu akan mengalami kegagalan fungsi. Kegagalan fungsi yang terjadi pada ponsel misalnya adalah stuck logo, yakni hanya akan muncul logo saja, tidak bisa masuk ke menu ponsel.

2. Reset Ponsel vivo dengan Menu Backup and Reset

Kedua, kamu bisa mereset ponsel vivo melalui menu Backup and Reset. Sempat kami jelaskan di atas bahwa menu ini adalah sebuah proses mengembalikan ponsel ke pengaturan semula. Saat kamu melakukan Backup and Reset semua data termasuk kontak akan hilang, kecuali kontak yang kamu simpan di kartu SIM. Beginilah langkah-langkah untuk melakukan reset ponselnya:

  • Masuk ke aplikasi atau ke menu Setting.
  • Setelah itu, pilih menu More Setting.
  • Pilih menu Backup and Reset.
  • Pada menu tersebut ada dua pilihan yang bisa kamu ambil. Kedua pilihan ini mempunyai pengaruh yang berbeda. Pilihan pertama adalah Reset All Setting, dan yang kedua adalah Erase All Data. Pilih pilihan kedua agar proses reset lebih terjamin.
  • Selanjutnya, akan muncul halaman persetujuan penghapusan. Pilih menu Erase Phone Storage dan tekan tombol Reset Phone.
  • Kamu akan diminta untuk memasukan PIN atau password untuk melanjutkan reset ponsel vivo.
  • Setelah ini ponsel vivo akan melakukan reset secara otomatis dan sistem operasi ponsel akan kembali seperti baru.

Jika kamu memilih opsi Reset All Setting, semua data berupa foto dan video serta dokumen lainnya tidak akan ikut terhapus. Namun, jika kamu memilih opsi Erase All Data, yang terhapus bukan hanya aplikasi saja melainkan semua data ikut hilang.

Nah, itu dia informasi mengenai cara reset / reboot ponsel vivo yang bisa kamu ketahui. Satu informasi tambahan lagi yang perlu ketahui, proses reset ponsel tidak berlaku bagi ponsel yang sudah mengalami rooting.

Ketika sebuah ponsel sudah mengalami rooting, kemudian direset, bisa saja semua data terhapus. Namun, firmware OS Android akan tetap ada dalam keadaan root.

Jadi, meskipun mereset ponsel adalah opsi bagi hampir semua permasalah pada ponsel, ada banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan. Dan jika kamu akan melakukan reset ponsel ke tukang servis sebaiknya kamu jelaskan kondisi ponsel sedetail mungkin agar teknisi bisa mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki ponselmu.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram