3 Cara Screenshot OPPO Smartphone dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh Listiorini

Screenshot atau mengambil gambar di ponsel biasanya dilakukan hampir seluruh pengguna smartphone. Dengan smartphone, mereka biasa melakukan screenshot untuk kebutuhan dan keperluan mereka masing-masing. Namun, tak semua pengguna tahu cara screenshot. Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan memberikan beberapa cara screenshot OPPO smartphone.

Dalam melakukan screenshot pada HP Oppo bisa dilakukan dengan beberapa cara. Yang paling menarik dari OPPO adalah melakukan screenshot dengan next page atau melakukan screenshot secara keseluruhan sampai panjang. Berikut beberapa cara screenshot Oppo smartphone.

3 Cara Screenshot di HP Oppo

1. Menggunakan Power + Volume Down

oppo button

Cara screenshot Oppo pertama ini merupakan cara melakukan screenshot yang paling umum dan yang paling sering digunakan oleh kebanyakan para pengguna OPPO Smartphone. Cara screenshot satu ini merupakan cara yang paling mudah dan yang paling sederhana.

Langkah pertama, pergilah ke halaman atau ke layar yang akan Anda ambil gambarnya. Setelah Anda merasa sudah menemukan gambar yang ingin Anda screenshot, lalu langsung tekanlah tombol power dan tombol volume down secara bersamaan. Setelah itu, OPPO smartphone akan merespon dengan melakukan flash dan Anda berhasil melakukan screenshot.

Tombol power pada OPPO smartphone terkadang ada di bagian pinggir kanan dan bagian pinggir kiri. Dimanapun letak tombol power tersebut, langkah untuk melakukan screenshot masih sama saja tidak ada yang berbeda. Sangat mudah bukan?

2. Menggunakan Power + Volume Up

Cara kedua ini hampir mirip dengan cara yang pertama. Perbedaannya hanya ada pada Volume up dan Volume down. Melakukan screenshot dengan cara menekan tombol power + Volume Up secara bersamaan memiliki fitur yang lebih lengkap.

1 cara screenshot OPPO

Jika Anda ingin menunjukan sebuah halaman yang panjang (biasanya chat atau timeline yang ada pada LINE) maka Anda bisa melakukan dengan cara screenshot Oppo yang satu ini. Jika Anda menekan tombol tombol power + volume up bersamaan, maka akan muncul beberapa fitur pada bagian kanan dengan pilihan screenshot area, next page, dan save.

  • Screenshot area

2

Screenshot area berfungsi seperti melakukan screenshot pada umumnya yakni menekan tombol power + volume down. Kelebihannya Anda dapat langsung memilih bagian mana saja yang ingin Anda screenshot dengan menggeser bulatan putih ke atas atau ke bawah. Setelah itu Anda klik “save.”

  • Screenshot – Next page

3

Untuk melakukan screenshot memanjang atau mengambil screenshot pada chat, Anda tidak perlu repot-repot melakukan screenshot satu persatu. Anda tekan tombol power + volume up secara bersamaan, kemudian Anda pilih next page untuk melakukan screenshot secara keseluruhan.

4

Nanti akan ada pemberitahuan bahwa Anda telah melakukan beberapa screenshot. Namun, melakukan screenshot dengan cara seperti ini hanya dapat dilakukan maksimal 8 kali captured. Setelah Anda selesai, lalu klik “save.” Nah, Anda selesai melakukan screenshot dan inilah hasil screenshot next page. Mudah bukan?

3. Cara screenshot OPPO Menggunakan Aplikasi

Selain Anda dapat melakukan screenshot dengan dua cara sebelumnya, Anda juga dapat melakukan screenshot dengan cara lainnya yaitu menggunakan aplikasi gratis yang ada di playstore.

Jika Anda merasa kurang nyaman atau kurang pas melakukan screenshot dengan dua cara sebelumnya, Carisinyal akan memberikan beberapa tips screenshot dengan menggunakan aplikasi. Berikut aplikasi screenshot yang bisa Anda gunakan pada smartphone OPPO Anda:

  • Screenshot Touch

Screenshot Touch merupakan salah satu aplikasi screenshot gratis yang dapat Anda download di playstore. Sebelum masuk ke tahap cara melakukan screenshot dengan menggunakan aplikasi ini, Anda download dan install terlebih dahulu aplikasi Screenshot Touch atau Anda bisa download disini.

Langkah pertama untuk melakukan screenshot dengan menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Pertama-tama Anda bukalah dan masuk ke dalam aplikasi screenshot touch. Pada saat Anda masuk ke dalam aplikasi screenshot touch, ada beberapa fitur yang ditawarkan untuk Anda.

5

Jika Anda ingin melakukan screenshot dengan menggoyangkan smartphone Anda, maka klik atau beri tanda checklist pada fitur shaking and delay a capture by shaking. Dalam fitur ini juga, Anda dapat mengatur berapa lama delay yang akan dilakukan pada saat melakukan screenshot.

6

Setelah selesai, Anda bisa mengklik kalimat yang ada di dalam kotak bagian atas “start capture monitoring service.” Setelah itu klik atau pilih “start now.” Kemudian Anda bisa langsung menggoyangkan ponsel Anda untuk melakukan screenshot.

Jika ponsel Anda sudah memberikan respon seperti bergetar atau berupa notifikasi, tandanya Anda sudah berhasil melakukan screenshot. Setelah selesai, jangan lupa untuk mengklik “stop monitoring service.” Cara screenshot OPPO dengan menggunakan aplikasi ini sangat mudah bukan?

  • Screenshot Grabber 5.0

Cara mudah melakukan screenshot dengan menggunakan aplikasi gratis yang ada di playstore, Anda bisa menggunakan aplikasi screenshot grabber 5.0. Anda bisa klik di sini untuk download aplikasinya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram