Carisinyal / Aplikasi Screenshot / Inilah Cara Mudah Screenshot Samsung J Series (J2, J5, & J7)

Inilah Cara Mudah Screenshot Samsung J Series (J2, J5, & J7)

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 April 2019

Screenshot atau mengambil gambar pada ponsel Anda merupakan salah satu aktivitas yang biasa digunakan oleh para pengguna ponsel pintar. Namun, terkadang kebanyakan orang justru bingung cara mengambil gambar atau melakukan screenshot. Kali ini Carisinyal akan memberikan solusi dengan membahas cara screenshot Samsung J Series.

Beberapa tips dan trik untuk melakukan screenshoot pada Samsung J Series akan dibahas kali ini oleh Carisinyal. Mulai dari cara screenshoot Samsung J Series dengan menggunakan power plus home, Palm-swipe gesture, dan juga cara screenshoot Samsung J series dengan menggunakan beberapa aplikasi.

Tidak hanya sampai di situ, kali ini juga akan dibahas bagaimana cara melihat hasil screenshot yang ada pada Samsung J series. Berikut ulasannya:

Screenshot Menggunakan Power Plus Home

Cara Screenshot Samsung J series

Cara screenshot Samsung J series yang pertama adalah menggunakan power plus home. Cara screenshot yang satu ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Selain paling sering, cara ini juga menjadi cara yang termudah untuk dilakukan oleh kebanyakan orang. Berikut langkah screenshot menggunakan power plus home:

  1. Pertama, Anda tentukan bagian mana yang akan Anda ambil gambarnya (screenshot). Misalnya Anda ingin Screenshot pada bagian home, maka bukalah home pada ponsel Samsung J series Anda.
  2. Setelah Anda menentukan bagian mana yang ingin Anda ambil gambarnya, tekanlah tombol home dan tombol power secara bersamaan. Tidak disarankan untuk menekan tombol home dan tombol power secara bergiliran.
  3. Setelah Anda menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, tunggulah sampai ponsel Samsung J series Anda merespon. Ponsel Anda akan merespon apakah screenshot berhasil atau gagal ditandai dengan adanya flash, atau ponsel Anda akan bergetar. Respon yang dihasilkan akan berbeda-beda tergantung pada setting volume di smartphone Anda.

Screenshot Menggunakan Palm-Swipe Gesture

palm-swipe gesture

Cara screenshot Samsung J series yang satu ini juga sangatlah mudah, simple, dan menyenangkan. Dengan menggunakan cara palm-swipe gesture, Anda tidak perlu repot-repot untuk menekan tombol apapun. Anda hanya perlu menggeser atau swipe tangan atau jari Anda pada layar ponsel, maka screenshot pun terjadi dengan sangat mudah.

Namun, Anda sebelumnya harus mengaktifkan palm-swipe gesture pada ponsel Samsung J series Anda terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, Anda cukup buka menu setting kemudian pilihlah menu motion.

Pada menu motion pilihlah fitur hand motion. Kemudian Anda jangan lupa untuk mengaktifkan fitur tersebut. Setelah itu Anda bisa meninggalkan menu setting dan motion. Selanjutnya Anda bisa membuka bagian atau gambar yang ingin Anda ambil gambarnya. Cobalah untuk meng-swipe atau menggeser dengan tangan ataupun jari Anda pada layar.

Setelah itu smartphone Samsung J series Anda akan memberikan respon flash yang artinya Anda berhasil untuk melakukan screenshot dengan cara palm-swipe gesture. Sangat mudah dan menyenangkan bukan?

Screenshot Dengan Menggunakan Aplikasi

Jika Anda ingin melakukan pengambilan gambar atau screenshot tanpa melakukan dua cara sebelumnya, Anda juga bisa melakukannya dengan cara yang lain yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan screenshot. Berikut beberapa aplikasi untuk screenshot Samsung J Series beserta cara penggunaannya:

  • Screenshot Easy

Aplikasi screenshot pertama yang memiliki kualitas baik untuk melakukan screenshot yaitu screenshot easy. Sebelum Anda melakukan screenshot dengan aplikasi ini, Anda harus mendownload dan menginstall aplikasi ini terlebih dahulu. Pertama, Anda masuk ke playstore, kemudia search dengan kata kunci screenshot easy, kemudian Anda sownload dan install aplikasi tersebut pada ponsel pintar Anda atau klik disini untuk mendownload.

Setelah Anda memiliki aplikasi screenshot easy, langkah selanjutnya yaitu cara menggunakannnya. Cara menggunakannya sangat mudah dan tidak membuat bingung:

Pertama, Anda masuk ke dalam aplikasi yang sudah anda download. Kemudian Akan muncul kalimat “START CAPTURE” pada bagian atas. Sebelum Anda menekan tombol tersebut, Anda dapat memilih cara melakukan screenshot.

1

Pada pilihannya terdapat beberapa cara yaitu overlay icon, notification icon, shake, camera button, button combo, dan power connect / disconnect. Pilihlah salah satu atau Anda ingin mengaktifkan semua cara tersebut tidak masalah.

Namun, Carisinyal menyarankan untuk hanya memilih salah satu saja dan pilihlah dengan cara shake atau camera button karena dengan cara itu akan lebih memudahkan Anda dibandingkan dengan menggunakan notification icon.

Kedua, setelah Anda memilih shake, aktifkan shake terlebih dahulu maka akan muncul threshold geserlah ke kiri karena pada saat anda melakukan screenshot dengan cara shake akan lebih mudah jika threshold nya rendah.

2

Ketiga, setelah Anda mengatur threshold pada shake, kemudian tekanlah “START CAPTURE” untuk memulai screenshot dan akan muncul kotak, langsung saja klik “start now.” Pada ponsel Anda akan timbul notifikasi bahwa aplikasi screenshot easy sedang aktif.

Terakhir, cobalah untuk menggoyangkan ponsel Anda, jika berhasil maka ponsel akan merespon dengan getaran dan berupa flash menandakan screenshot berhasil. Lalu, aplikasi ini akan dengan otomatis memunculkan hasil screenshot Anda. Mudah bukan?

  • Screenshot

Aplikasi screenshot yang kedua yaitu aplikasi “screenshot.” Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, Anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu di Playstore. Carilah atau search dengan kata kunci “screenshot” maka akan muncul aplikasinya dan download lah terlebih dahulu atau klik di sini untuk mendownload aplikasinya secara langsung.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Sebenarnya, cara menggunakan aplikasi ini sama seperti melakukan screenshot tanpa menggunakan aplikasi. Hanya saja dengan aplikasi ini memudahkan para penggunanya untuk langsung melihat hasil screenshot dan langsung bisa Anda edit.

3

Pertama, Anda masuk ke dalam aplikasi “screenshot” kemudian Anda tekan “Start Capture” lalu akan muncul notifikasi cara melakukan screenshot. Cara melakukan screenshot dengan aplikasi ini cukup menekan tombol power + tombol volume, maka Anda berhasil melakukan screenshot.

Namun, hal itu tidak berlaku untuk cara screenshot Samsung J series. Dalam notifikasi tersebut dikatakan bahwa untuk melakukan screenshot pada Samsung, Anda harus menekan tombol power + home secara bersamaan.

Hasil screenshot akan langsung diperlihatkan dan Anda bisa langsung edit hasil screenshot tersebut. Dan jangan lupa untuk menekan “STOP CAPTURE” setelah Anda selesai melakukan screenshot.

  • Touchshot

Aplikasi ke tiga yang bisa Anda gunakan untuk cara screenshot Samsung J Series adalah aplikasi “Touchshot.” Anda dapat mendownload aplikasi touchshot di playstore. Carilah dengan menggunakan kata kunci “touchshot” setelah itu download dan install aplikasi ini atau klik di sini untuk mengunduhnya secara langsung.

4

Setelah Anda selesai mendownload aplikasi touchshot, Anda akan dihadapkan oleh beberapa pilihan. Untuk melakukan screenshot, Anda dapat mengklik “screen capture” dan aplikasi tersebut akan menjelaskan bagaimana cara melakukan screenshot.

5

Lalu cobalah buka pada halaman yang ingin Anda screenshot, kemudian akan muncul simbol kamera, gambar, dan tanda silang. Untuk melakukan screenshot langsung, Anda bisa menekan simbol kamera. Jika Anda ingin melakukan screenshot dan langsung edit, Anda bisa memilih simbol gambar.

Dan hasil screenshot akan muncul pada galeri Anda dengan secara otomatis membuat satu folder khusus yang diberi nama “screenshot.”

Cara Melihat Hasil Screenshot

Setelah Anda melakukan banyak screenshot pada ponsel pintar Samsung J series, Anda bisa langsung melihat hasil screenshot Anda pada galeri handphone Anda. Anda hanya perlu membuka galeri Anda dan Anda akan menemukan folder screenshot di dalam galeri.

Namun jika Anda tidak menemukannya di dalam galeri, Anda coba pergi ke aplikasi yang bergambar “laci” dan masuklah. Kemudian cari sebuah folder baru yang bernama screenshot. Di situ Anda akan menemukan hasil-hasil screenshot Anda. Mudah bukan?

Nah, itulah beberapa cara screenshot Samsung J series. Anda bisa melakukannya dengan berbagai macam cara yang mudah, praktis, dan juga sederhana.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Inilah Cara Mudah Screenshot Samsung J Series (J2, J5, & J7)”

  1. Menu motion gak ada di samsung j5 pro

Tinggalkan komentar