carisinyal web banner retina

Inilah Cara Setting Mouse Macro yang Mesti Diketahui Gamer

Di kalangan gamer, mouse macro adalah perangkat yang sangat penting. Dibandingkan dengan mouse reguler, mouse ini memberikan kemudahan dan kenyamanan yang lebih dalam bermain. Pasalnya mouse macro adalah mouse yang dilengkapi dengan tombol gaming khusus yang didesain untuk bermain game.

Keberadaan mouse khusus ini membantu meningkatkan permainan. Tombol-tombol dan bentuknya memang sangat pas untuk memainkan sebuah game online. Mouse macro cocok digunakan untuk game MOBA, RTS dan MMO. Namun, kamu bisa kok merubah pengaturan mouse regular menjadi pengaturan mouse macro yang nyaman untuk bermain game.

Kenapa Harus Menggunakan Mouse Macro?

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa mouse macro dan mouse reguler mempunyai fitur yang berbeda. Kenyamanan yang ditawarkannya pun tidak sama. Oleh sebab itu, para gamer menggunakan mouse khusus yang bisa menunjang permainan mereka.

Sebenarnya tidak hanya mouse macro saja yang dibutuhkan para gamer untuk bermain dengan nyaman. Mereka juga membutuhkan jenis keyboard dan touchpad khusus untuk bermain yang lebih nyaman. Jadi, mengapa mereka harus menggunakan mouse macro?

1. Dots Per Inch Tinggi

Inilah Cara Setting Mouse Macro yang Mesti Diketahui Gamer 1
Sumber: https://www.acerid.com

Kenapa para gamer sangat membutuhkan mouse macro untuk bermain games? Jawabannya adalah karena dots per inch (DPI) yang tinggi. DPI adalah ukuran yang dimiliki oleh sebuah mouse untuk melakukan pergerakan ke berbagai sudut layar.

Semakin tinggi DPI suatu mouse, tingkat keakuratan, kecepatan dan pergerakan pointer semakin bagus. Perbedaannya bisa kamu rasakan saat bermain Point Blank atau Call of Duty. Akurasi menembak musuh dari jarak yang jauh akan semakin tinggi jika kamu menggunakan mouse dengan DPI tinggi.

Mouse reguler standar biasanya memiliki DPI sekitar 500-800, sementara mouse macro memiliki lebih dari 2000 DPI. Jadi, dari sini kita sudah bisa memahami mengapa para gamer sengaja membeli mouse macro saat bermain games.

2. Kunci Makro

Inilah Cara Setting Mouse Macro yang Mesti Diketahui Gamer 3
Sumber: https://steamcommunity.com

Kunci makro atau macro keys merupakan tombol tambahan yang ada pada mouse gaming. Tombol-tombol tambahan tersebut di antaranya adalah tombol back/return dan double click/triple click.

Fungsi dari kunci makro adalah ketika kamu bermain games, setiap tombol kunci makro bisa kamu atur sesuai dengan keinginanmu. Misalnya tombol bagian samping untuk memuat peluru, melempar bom, atau untuk menghindar.

3. Desain Nyaman dan Tampilan Keren

Inilah Cara Setting Mouse Macro yang Mesti Diketahui Gamer 5
Sumber: https://www.logitech.com

Coba bandingkan. Dari tampilan fisik mouse reguler dan mouse macro sangatlah berbeda. Mouse reguler didesain dengan gaya yang sederhana, sedangkan mouse macro desainnya keren dan tak jarang terlihat unik dengan adanya lampu-lampu dan ragam bentuknya yang abstrak.

Mouse macro juga biasanya mempunyai berat yang lebih. Pasalnya beberapa mouse macro sudah dilengkapi pemberat agar lebih pas digunakan bermain game.

4. Daya Tahan

Inilah Cara Setting Mouse Macro yang Mesti Diketahui Gamer 7
Sumber: https://londondailypost.com

Yang satu ini adalah yang wajib dimiliki oleh sebuah mouse macro. Durability atau ketahanan mouse macro terkenal lebih tinggi dibandingkan dengan mouse reguler. Ketahanan ini terdiri dari ketahanan jumlah klik, scroll dan bodi yang tahan banting.

Mouse macro diciptakan dengan daya tahan yang tinggi untuk mencegah mouse rusak atau bahkan pecah saat seorang gamer terlalu bersemangat dan stres karena permainan. Tak jarang ia membanting mouse.

5. Fitur dan Efek Tambahan

Inilah Cara Setting Mouse Macro yang Mesti Diketahui Gamer 9
Sumber: https://rexus.id

Mouse macro pada umumnya mempunyai fitur dan efek tambahan yang mampu membantu kinerja mouse saat dioperasikan dalam bermain game. Fitur dan efek tambahan tersebut adalah sensitivitas mouse yang dibutuhkan dalam game.

Dengan begini gameplay tidak akan terasa lambat atau grafis gambar terlihat buruk. Kemudian, laser LED mouse dapat membantu mendeteksi sensor mouse ketika akselerasi jurus dilancarkan dalam setiap permainan.


Dan jangan lupakan memory on board-nya. Bagian ini termasuk penting. Memory on board berfungsi sebagai media penyimpanan berbagai karakter atau jurus dalam setiap permainan. Untuk mendapatkannya kamu cukup mengklik satu kali dan kamu semua akan berjalan lancar.

6. Tombol Beragam

Inilah Cara Setting Mouse Macro yang Mesti Diketahui Gamer 11
Sumber: https://www.logitech.com

Perlu kamu ketahui bahwa mouse reguler dirancang sangat sederhana sehingga mempermudah pengoperasian. Ini terlihat dari mouse yang hanya mempunyai satu tombol scroll, dan dua tombol klik di kanan dan kiri mouse.

Akan tetapi, mouse macro dirancang khusus. Desainnya dibuat stylish dan terdapat banyak tombol kontrol tambahan yang pada umumnya mudah diprogram sesuai dengan kebutuhan si pemain. Selain itu, mouse macro mempunyai tombol khusus di atas scroll yang bisa digunakan untuk mengatur DPI.

Dalam sensitivitas, mouse macro jauh lebih baik. Mouse macro dilengkapi dengan sensor optik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan game. Fitur ini dipercantik dengan adanya laser yang bisa mendeteksi gerakan tangan.

Perlu kamu ketahui pula jika penggunaan mouse macro membutuhkan komputer dengan spesifikasi khusus (gaming). Ini akan memaksimalkan proses permainan dan tidak akan menyebabkan lag saat permainan berlangsung.

Menyetel Mouse Regular Menjadi Mouse Macro

Untuk kamu yang mempunyai mouse reguler tapi ingin kamu gunakan untuk bermain game, kamu bisa menyetelnya. Cara ini lebih ekonomis sebab kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan mouse gaming.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa harga mouse macro lebih tinggi dibanding harga mouse regular. Mouse macro rata-rata dibanderol mulai dari dua ratusan ribu sampai satu juta. Nah, jika kamu ingin mempunyai mouse macro dengan harga yang lebih hemat, cara ini bisa kamu terapkan.

1. Menyetel dengan Driver

Inilah Cara Setting Mouse Macro yang Mesti Diketahui Gamer 13
Sumber: https://rexus.id

Bagi seorang gamer, mouse macro adalah sebuah benda idaman. Namun, bukan rahasia lagi bahwa harga mouse macro lebih mahal dibanding harga mouse biasa. Oleh karenanya banyak orang yang berpikir untuk merubah mouse regular menjadi mouse macro yang nyaman untuk bermain game. Berikut adalah cara menyetelnya.

  • Langkah pertama adalah menginstal driver mouse macro. Sesuaikan dengan seri dan tipe mouse yang kamu punya.
  • Instal driver mouse macro dengan cara klik dua kali ada driver. Saat popup muncul lanjutkan dengan tahan pemasangan.
  • Klik Next dan lengkapi langkah dengan menekan tombol Finish pada program driver yang telah sukses terpasang.
  • Selanjutnya buka Oscar Editor yang telah kamu pasang tadi. Pilih profile mouse macro yang kamu inginkan.
  • Pilih key mana yang ingin kamu atur untuk kamu dijadikan mouse macro. Ambil contoh untuk key 7.
  • Klik Key 7.
  • Kemudian, klik Macro Manager.
  • Saat muncul popup baru, itu adalah macro manager di mana kamu bisa membuat perintah macro sesuai yang kamu inginkan.

2. Menyetel Mouse Macro X7 Dengan Script

Inilah Cara Setting Mouse Macro yang Mesti Diketahui Gamer 15
Sumber: https://www.zonagadget.co.id

Nah, buat para gamer yang senang bermain Point Blank (SG, AWP), sekarang kamu bisa melakukan setelan macro dengan lebih praktis menggunakan script dan menyimpan setelan mouse dengan mudah.

Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir mouse yang kamu gunakan akan miss dalam permainan. Nah, ikuti cara berikut ini agar kamu bisa melakukan setting mouse macro dengan benar.

  • Buka Oscar Editor, kemudian pilih Macro Manager.
  • Klik Macro dan pilih file yang kamu butuhkan.
  • Setelah itu, tutup Macro Manager. Input Script Macro ke mouse yang akan kamu ubah dengan cara klik Ok.
  • Selesai. Kamu bisa mengecek hasilnya dengan cara menggunakan mouse tersebut untuk bermain game.

Itu dia beberapa cara menyetel mouse macro. Semuanya bisa kamu lakukan sendiri sebab cara tersebut terbilang mudah dan praktis. Selain itu, kini kamu sudah mengetahui mengapa para gamer membutuhkan mouse yang tepat untuk bermain.

Dengan perangkat yang tepat permainan pun akan lancar. Jadi, sebaiknya gunakan perangkat yang sesuai. Jika kamu membutuhkan mouse untuk game, gunakan mouse yang memang diperuntukkan untuk hal itu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram