Carisinyal / Instagram / Inilah Cara Menggunakan Fitur Swipe Up di Instagram

Inilah Cara Menggunakan Fitur Swipe Up di Instagram

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Instagram memang terbukti jadi salah satu medsos terpopuler di dunia. Di Indonesia sendiri, pengguna Instagram di bulan November 2020 telah mencapai 81.770.000 jiwa, alias sebesar 29,8% populasi masyarakat Tanah Air.

Alasan inilah yang menyebabkan para pelaku usaha mulai melek dengan digital marketing dan mulai memasarkan usahanya melalui kanal medsos raksasa tersebut. Selain bisa memikat audiens dengan konten yang menarik, Instagram memudahkan pemilik akun untuk mengajak konsumennya mengklik link ke situs atau blog.

Caranya, pemilik akun Instagram menaruh link situs ke dalam bio. Lalu, setiap ada artikel baru di website, mereka akan memposting feed atau Instastory yang berisi ajakan untuk mengklik link di bio. Masalahnya, followers Anda akan merasa direpotkan. Harus mengunjungi profil, mencari link di bio, dan mengklik link tersebut.

Belum lagi, pemilik akun Instagram juga kerepotan harus meng-update link di bio setiap ada konten baru di website. Link bio yang sering berganti-ganti juga membuat konten feed di Instagram jadi tidak timeless, karena siapa tahu orang baru membaca postingan feed seminggu kemudian. Padahal, link yang dicantumkan di bio sudah berganti dengan yang lebih baru. Pusing, ‘kan?

Untuk mengatasi hal ini, Instagram pun menyediakan fitur Swipe Up. Fitur ini memungkinkan pemilik akun Instagram untuk mencantumkan link di Instastory, dan viewer pun hanya perlu melakukan swipe up untuk dialihkan ke situs di balik link tersebut. Penasaran cara menggunakannya? Yuk simak langkah-langkah di bawah!

Syarat Agar Fitur Swipe Up di Instagram Tersedia

instagram story

* sumber: www.searchenginejournal.com

Kendati fitur Swipe Up sangat berguna, nyatanya tidak sembarang akun bisa menggunakan fitur tersebut. Ya, ada beberapa syarat supaya bisa mengundang viewer Story untuk melakukan swipe up ke sebuah tautan.

1. Harus Punya 10.000 Follower

Ya, Anda tidak salah baca: akun yang jumlah follower-nya kurang dari 10.000 tidak dapat menggunakan fitur Swipe Up. Jadi akun yang baru dibuat memang tidak akan bisa menggunakan fitur ini.

Lantas bagaimana caranya mendapatkan banyak follower di Instagram? Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah supaya follower terus bertambah dan semakin mudah mempromosikan jasa atau barang yang dijajakan:

  • Pos konten menarik secara berkala.
  • Sering-sering promosikan akun Instagram baik itu secara mouth-to-mouth ataupun dengan cara pemasaran cross-platform (promosikan akun Instagram di website ataupun kanal media online lainnya).
  • Cantumkan hashtag yang sesuai dengan topik atau niche di setiap postingan feed, dan yang pasti hashtag tersebut juga harus yang populer. Nantinya, orang yang mengikuti hashtag alias tagar tersebut akan melihat konten Anda walaupun belum follow.
  • Dan masih banyak lagi tips untuk menambah follower

Jika semakin ditekuni, jumlah follower dijamin akan bertambah dengan pesat dan tanpa disadari akun Anda akan mencapai jumlah follower sebanyak 10.000. Setidaknya perlu waktu sekitar 6 bulan lebih untuk mencapai 10.000 follower sejak akun dibuat.

2. Akun Harus Diubah ke Instagram Business

Untuk bisa melakukan swipe up pada Story Instagram, sebuah akun tak hanya perlu memiliki 10.000 pengikut tapi juga harus diubah menjadi Instagram Business Profile. Pada dasarnya, fitur swipe up memang ditujukan untuk meraih exposure yang lebih banyak untuk pelaku usaha. Cara mengubah ke profil bisnis juga sama sekali tidak sulit. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka profil Instagram Anda.
  2. Tap pada menu hamburger di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu Settings.
  4. Pilih menu Account.
  5. Lakukan tap pada tulisan Switch to a Professional Account berwarna biru.
  6. Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan, Creator dan Business. Pilihlah opsi kedua.
  7. Lengkapi profil Anda dengan detail-detail yang relevan seperti alamat usaha, nomor kontak, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang Anda sudah berhasil mengubah akun menjadi Instagram Business Profile dan sudah selangkah lebih maju dalam mendapatkan fitur Swipe Up Instastory.

3. Akun Harus Terverifikasi

Kalau tidak ingin repot-repot mencapai 10.000 follower, bisa coba melakukan cara yang satu ini. Anda harus membuat akun Instagram menjadi terverifikasi. Itu lho, lambang berwarna biru yang suka mejeng di sebelah nama akun-akun artis dan influencer.

Bagaimana caranya? Well, siapapun bisa mengajukan permintaan agar Instagram mau melakukan verifikasi. Tapi, tidak sembarang akun akan disetujui. Pasalnya, Instagram hanya cenderung akan melakukan verifikasi jika memang sebuah akun rawan ditiru oleh orang lain.

Misalnya Anda seorang public figure, dan sudah banyak akun bodong yang mengaku kalau mereka adalah akun asli. Nah, hal-hal yang beginilah yang akan dilirik oleh Instagram.

Cara Mengaktifkan Swipe Up di Instagram

Apabila Anda termasuk sebagian orang yang punya akun ber-follower 10.000 atau telah terverifikasi, fitur Swipe Up akan tersedia supaya bisa menaruh link di Story. Simak langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih Konten untuk Dipos ke Story

cara swipe up instagram 1

Ini sih sebenarnya cukup dasar, ya. Anda tentunya harus menentukan mau mempos apa untuk dijadikan Story. Sesuaikan saja dengan tujuan Anda. Misalnya ingin mempromosikan sebuah produk, masukkan foto produk tersebut ke dalam desain. Anda bisa mengandalkan bantuan Canva atau aplikasi desain grafis lainnya agar konten terlihat lebih menarik.


Untuk melakukan pos Instastory, kunjungilah profil Anda di aplikasi Instagram. Lalu, tap pada tulisan Your Story di pojok kiri atas. Pilihlah simbol persegi di kiri bawah untuk mengakses Gallery, dan pilihlah konten yang mau dipos.

2. Lakukan Tap pada Simbol Link

cara swipe up instagram 2

Langkah selanjutnya adalah menuju laman pengaturan link yang ditandai dengan simbol rantai. Lokasi ini bisa berbeda-beda tergantung dari versi aplikasi yang dimiliki. Dalam kasus penulis, simbol tersebut terletak di posisi kelima dari sebelah kanan.

3. Masukkan “Swipe Up Link”

cara swipe up instagram 3

* sumber: sproutsocial.com

Di sinilah perbedaan akan terlihat antara akun yang sudah berhak atas fitur Swipe Up dengan yang tidak. Apabila semua persyaratan terpenuhi, Anda akan melihat section bernama Swipe Up Link di atas section Branded Content. 

Pilihlah menu +Web Link dan masukkan tautan yang ingin dipromosikan. Jika sudah, tap pada tanda ceklis di pojok kanan atas. Selanjutnya, Anda tinggal tap pada tulisan Your Story di kiri bawah untuk mengunggah postingan ke Story. Selamat! Kini Anda telah berhasil mem-posting Story yang mengandung link untuk di-swipe up.

Fitur Swipe Up pada Instagram memang sungguh bernilai dan dapat membantu pelaku usaha untuk menaikkan traffic ke situs ataupun mempromosikan produknya. Syaratnya memang cukup sulit, karena harus memiliki 10.000 follower atau mendapatkan tanda verifikasi dari Instagram.

Sebenarnya masih ada cara selain harus mengumpulkan follower, yakni melalui Instagram Ads. Cara ini tentu berbayar, tapi bisa menjangkau audiens lebih luas dan sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai cara mengumpulkan follower. Semoga berhasil!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *