Carisinyal / Tips Operator / Cara Transfer Kuota Telkomsel dan XL dengan Mudah

Cara Transfer Kuota Telkomsel dan XL dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain layanan transfer pulsa, beberapa operator di Tanah Air juga menyediakan layanan transfer kuota untuk memenuhi kebutuhan data sebagian pelanggan di masa sekarang. Layanan ini memungkinkan pelanggan di satu operator untuk mengirim kuota internet yang mereka miliki kepada keluarga atau teman dekat yang sedang kehabisan data untuk tetap online.

Bisa dibilang kalau layanan transfer kuota tidak sepopuler layanan transfer pulsa yang lebih dulu muncul. Bahkan mungkin sebagian pelanggan belum mengetahui kalau layanan seperti ini hadir di tengah-tengah mereka.

Nah, bagi yang baru mengenal layanan transfer pulsa dan ingin mencoba mengirim kuota internet kepada orang terdekat, di bawah ini Carisinyal telah merangkum cara transfer kuota dari dua operator terkemuka di Indonesia, yaitu Telkomsel dan XL. Sebagai pengingat, layanan ini hanya berlaku di antara pelanggan kartu prabayar operator yang sama (Telkomsel ke Telkomsel, XL ke XL).

Cara Transfer Kuota Telkomsel

Transfer Kuota Telkomsel

* sumber: www.telkomsel.com

Telkomsel menyediakan layanan Transfer Quota untuk pelanggan kartu prabayar mereka (simPATI, KARTU As, dan Loop). Untuk saat ini layanan transfer kuota Telkomsel hanya dapat dilakukan melalui UMB. Sebelumnya ketahui dulu syarat dan ketentuannya.

  • Kuota yang bisa ditransfer adalah kuota semua jaringan yang berlaku nasional. Kuota minimal yang dimiliki pengirim sebesar 500 MB.
  • Kuota yang ditransfer oleh pengirim memiliki masa aktif minimal 4 hari.
  • Kuota minimal yang bisa ditransfer dalam satu kali transaksi adalah 50 MB dan maksimal 500 MB.
  • Kuota yang bisa ditransfer dalam 1 hari maksimal 3 GB atau 6 kali transfer.
  • Biaya transaksi transfer kuota sebesar Rp 5.000 per transaksi.
  • Minimal sisa pulsa pengirim setelah melakukan transfer kuota adalah Rp 1.000.
  • Masa berlaku kuota internet yang ditransfer adalah 3 hari dihitung sejak kuota internet diterima.
  • Kuota internet pengirim akan berkurang sejumlah kuota yang ditransfer, sedangkan masa aktif kuota internet pengirim tidak akan berubah.

Transfer Kuota Internet Telkomsel Via UMB

  • Akses *500*2#
  • Pilih “1. Ya” untuk melakukan transaksi
  • Masukkan nomor penerima transfer kuota
  • Masukkan jumlah kuota yang akan ditransfer
  • Pilih “1. Setuju” untuk mengkonfirmasi transfer kuota
  • Pengirim akan menerima notifikasi transfer kuota

Cara Transfer Kuota XL

XL

Layanan Transfer Kuota XL cukup terbatas, hanya dapat dilakukan dari paket XTRA Combo ke paket XTRA Combo VIP. Dengan layanan ini, pelanggan paket XTRA Combo yang ingin tetap mendapatkan Kuota Akumulasi tanpa batas maksimum kuota dapat memilih paket internet XTRA Combo VIP untuk memindahkan seluruh kuota yang ada di paket XTRA Combo.

Karena tujuannya untuk ‘memindahkan’ kuota, maka layanan transfer kuota XL bisa dikatakan hanya cocok dilakukan oleh pelanggan mandiri, bukan antar pelanggan XL. Syarat dan ketentuan Transfer Kuota dari paket XTRA Combo ke paket XTRA Combo VIP adalah sebagai berikut.

  • Untuk melakukan Transfer Kuota, pelanggan XL prabayar harus berlangganan terlebih dahulu kedua paket (XTRA Combo dan XTRA Combo VIP).
  • Pelanggan dapat melakukan Transfer Kuota baik kuota yang terdapat di Kuota Utama maupun di Kuota Akumulasi (Kuota Rollover).
  • Pelanggan dapat melakukan Transfer Kuota berkali-kali selama kuota yang terdapat di paket XTRA Combo masih ada dan tanpa biaya.
  • Kuota yang ditransfer dari paket XTRA Combo akan ditambahkan ke Kuota Akumulasi di paket XTRA Combo VIP.
  • Pelanggan dapat melakukan Transfer Kuota selama paket XTRA Combo yang dimiliki dalam keadaan aktif.
  • Pelanggan yang memiliki paket XTRA Combo dan XTRA Combo VIP, kuota paket akan berjalan masing-masing sesuai masa aktifnya dan akan diperpanjang otomatis selama pulsa mencukupi.

Transfer Kuota dari paket XTRA Combo ke paket XTRA Combo VIP hanya dapat dilakukan melalui UMB, cukup dengan menghubungi *123*123#. Selanjutnya ikuti petunjuk yang muncul. Jangan lupa untuk mengecek aplikasi myXL apakah kuota berhasil dipindahkan atau tidak.

Sejauh pantauan Carisinyal, layanan transfer kuota hanya disediakan oleh operator Telkomsel dan XL. Karena mungkin kurang praktis, layanan seperti ini jadi kurang mendapat perhatian pelanggan. Mereka lebih memilih layanan transfer pulsa lalu membeli paket internet sesuai dengan kebutuhan.

Jika ada pertanyaan terkait layanan transfer kuota Telkomsel atau XL, silahkan untuk menghubungi CS masing-masing operator. Kedepannya Carisinyal akan terus memperbarui tulisan ini jika ada kabar terbaru mengenai layanan transfer kuota dari operator lain.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *