carisinyal web banner retina

Mudah & Praktis, Ini Cara Melakukan Transfer dari OVO ke OVO

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 4 Januari 2021

Dari sekian banyak platform pembayaran cashless atau non tunai di Indonesia, OVO merupakan salah satu yang sangat sering digunakan. Bagaimana tidak? Selain mempermudah pembayaran yang akan kita lakukan, OVO juga menawarkan beberapa kenyamanan lainnya seperti loyalty point, diskon yang memikat, tersedianya merchant-merchant hebat di banyak tempat, dan lain-lain yang amat sangat menguntungkan bagi para pengguna OVO.

Sebelum mengulik lebih dalam mengenai bagaimana cara transfer OVO ke akun OVO lainnya, sebaiknya kita kenali dulu nih platform pembayaran non tunai ini dan fitur-fitur apa saja sih yang mereka tawarkan?

Apa Itu OVO?

logo ovo

OVO merupakan salah satu perusahaan fintech (financial technology) yang bergerak di bidang pembayaran digital. OVO sendiri berada di bawah naungan PT. Visionet Internasional yang sudah digunakan di banyak gerai offline yang ada di Indonesia.

Tidak hanya untuk pembayaran offline loh, OVO juga bekerja sama dengan berbagai macam platform berbasis online seperti pembayaran Grab dan juga Tokopedia serta berbagai macam ritel dan e-commerce lainnya.

Penggunaan OVO

apa itu ovo

Nah kamu bisa menggunakan OVO untuk bertransaksi di semua merchant bertanda “OVO Accepted Here” dan mengumpulkan serta menggunakan OVO Points di merchant bertanda OVO Zone. Jadi kamu tidak usah khawatir karena sekarang sudah ramai sekali loh merchant-merchant yang menggunakan OVO, dari mulai merchant-merchant besar dan ternama bahkan sampai yang kecil sekalipun.

Metode pembayarannya pun ada dua jenis, yakni OVO Cash dan OVO Points. Secara umum, OVO Cash ini dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran di merchant yang telah bekerjasama dengan OVO, sehingga transaksi menjadi lebih cepat.

Sedangkan OVO Points adalah loyalty rewards bagi yang sebelumnya sudah melakukan transaksi dengan menggunakan OVO Cash di merchant-merchant rekanan OVO. Untuk OVO Points sendiri, dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik atau ditukarkan dengan melakukan transaksi di merchant rekanan OVO.

OVO menawarkan kemudahan bertransaksi bukan? tanpa mengharuskan nasabahnya membawa cash terlalu banyak. Salah satunya cukup dengan menunjukkan aplikasi OVO yang didalamnya terdapat saldo cash maupun point.

Macam-Macam Keanggotaan OVO

Ternyata OVO memiliki 2 macam keanggotaan yang dimana keduanya memiliki fasilitas dan privilege yang berbeda. Keduanya yakni OVO Club dan OVO Premier.

  • OVO Club. Menyediakan 10.000 OVO Points dan dapat menyimpan OVO Cash sampai dengan Rp 2.000.000
  • OVO Premier. Menyediakan 10.000 OVO Points dan dapat menyimpan OVO Cash dengan limit saldo sampai dengan Rp 10.000.000. Nikmati juga transfer ke semua Bank dan Gratis Transfer Antar Pengguna.

Cara Transfer OVO ke OVO

Sebelum kita mengetahui cara transfer dari OVO ke OVO, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan dulu loh, agar transaksimu berjalan dengan mulus.

Pertama-tama, pastikan bahwa saldo OVO yang dimiliki mencukupi. Tentunya hal ini bisa diatasi dengan cara melakukan top-up terlebih dahulu, bisa melalui bank transfer ataupun mengisikannya lewat gerai minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Sebagai informasi, aplikasi OVO ini punya batas minimal transfer, yakni Rp10.000,-. Pastikan saldo kamu di atas Rp10.000,- ya!

Kedua, kamu pun harus tahu nomor ponsel teman yang akan kamu kirimkan saldo OVO. Mengingat bahwa ponsel zaman sekarang sudah pakai Dual SIM, pastikan kamu memiliki nomor ponsel teman yang digunakan saat mereka melakukan pendaftaran OVO.

Ketiga, akun OVO yang kamu pakai harus sudah aktif sebagai OVO Premier agar bisa menggunakan fitur transfer ke sesama OVO. Hal ini bisa dilakukan dengan cara aktivasi, melalui pengiriman data KTP atau SIM.

Sudah memenuhi ketiga syarat di atas? Good, artinya kamu sudah bisa memulai proses transfer saldo dari OVO ke OVO. Siapa pun bisa melakukannya, karena aplikasi OVO memang punya desain antarmuka yang cukup intuitive. Oh iya, biaya transfer OVO ke OVO ini gratis. Artinya, kamu tidak dikenakan charge lebih untuk melakukan proses transfer.

  1. Buka aplikasi OVO di HP Android atau iOS yang kamu miliki.
  2. Tempelkan jari kamu ke sensor sidik jari dan masukkan Security code, tergantung dari jenis keamanan mana saja yang sudah kamu setting sebelumnya.
  3. Dari laman utama aplikasi OVO, lakukan tap pada pilihan Transfer.
    cara transfer ovo ke ovo 1
  4. Selanjutnya, pilih menu ke sesama OVO.
    cara transfer ovo ke ovo 2
  5. Nah, kemudian kamu akan dihadapkan dengan laman untuk mengisikan beberapa form yang harus diisikan.
    cara transfer ovo ke ovo 3

    1. Di form pertama, masukkan nama atau nomor telepon dari orang yang akan kamu kirimkan saldo OVO. Apabila nomor tersebut sudah tersimpan di kontak, akan muncul menu dropdown sehingga kamu tinggal pilih dari daftar. Atau jika diinginkan, kamu pun bisa melakukan tap pada simbol Contacts di sebelah form.
    2. Informasi kedua menunjukkan sumber yang akan ditarik saldonya untuk dikirimkan ke orang lain. Di sini kamu juga bisa melihat jumlah saldo yang tersedia.
    3. Di bawahnya lagi, kamu harus memasukkan jumlah Nominal Transfer yang dikehendaki. Ingat, pastikan nominal yang dimasukkan di sini lebih besar dari jumlah saldo yang kamu miliki.
    4. Lalu, ada pula kolom isian pesan yang bisa kamu isi jika ingin. Kamu bisa mengisikan kolom ini semau kamu, bisa kata-kata penyemangat, keterangan mengenai tujuan mengirimkan saldo (untuk beli baju, untuk bayar hutang, dll.), atau yang lainnya. Bisa juga diisi dengan kata-kata pengingat kalau saldo yang dikirimkan adalah pinjaman dan teman kamu harus mengembalikannya dalam tenggat waktu tertentu.
    5. Kalau semua kolom isian sudah terisi dengan data yang benar, lakukan tap pada tombol yang bertuliskan Lanjutkan.
    6. Kemudian muncul laman konfirmasi transfer yang menampilkan nama penerima yang disensor sebagian, sumber dana, pesan, dan nominal transfer. Pilih tulisan Transfer apabila semua detil sudah sesuai.
      cara transfer ovo ke ovo 4
  6. Nah, lalu akan muncul laman konfirmasi yang menyatakan bahwa proses transaksi sudah berhasil.
    cara transfer ovo ke ovo 5

Rupanya proses transfer saldo untuk sesama pengguna OVO tidak sesulit yang dibayangkan. Ada banyak kondisi yang mengharuskan kamu untuk melakukan transfer seperti ini, entah itu untuk belanja online, mengirimkan hadiah uang ke seseorang, ataupun untuk sedekah.

Dan menariknya lagi, sama sekali tidak ada limit saat transfer dari OVO ke OVO. Kamu tidak dikenai biaya tambahan, dan juga bisa melakukannya sesering mungkin. Hal ini berbeda dengan transfer ke rekening bank, di mana kamu akan potongan sebesar Rp2,500,- per transaksi.

OVO memang salah satu perusahaan berbasis fintech yang sungguh layak kamu gunakan. Selain menawarkan desain UI yang mudah digunakan, fitur-fiturnya pun cukup lengkap, seperti pembelian digital product seperti pulsa, kuota, voucher game, dan lain-lain. Bahkan, OVO juga bisa dipakai untuk bayar BPJS, PLN, dan tagihan air, lho!

OVO juga seringkali menawarkan potongan harga di merchant tertentu bagi kamu yang hobi jajan. Dengan mengetahui bagaimana cara melakukan transfer dari OVO ke OVO, kini mengirimkan saldo belanja bisa semudah membalikkan telapak tangan – praktis, mudah, dan bisa dilakukan di mana saja.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram