Cara Transfer Uang ke Bank Lain Gratis Biaya Admin

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Uang memang diciptakan sebagai alat pembayaran yang ringkas. Pecahan tertingginya di Indonesia, yakni Rp100 ribu, memiliki ukuran 15,1 x 6,5 cm. Masih ada pula uang berbentuk koin yang ukurannya lebih kecil lagi. Kehadiran uang pun menjadi penyelesai masalah yang timbul dari transaksi barter.

Namun, memakai uang bukannya tanpa masalah. Uang tetap akan memakan ruang jika jumlahnya besar. Misalnya, saat Anda memerlukan uang Rp10 juta untuk membeli laptop, dompet tentu bukan pilihan yang tepat untuk menyimpan nominal sebesar itu.

Alasan Orang Mentransfer Uang

shopeepay

Untungnya toko-toko laptop saat ini menerima banyak cara pembayaran. Anda pun tak perlu membawa uang cash sebesar Rp10 juta bila itu dirasa merepotkan. Sekarang orang bisa melakukan pembayaran via berbagai metode, di antaranya adalah melalui kartu debit atau pembayaran digital.

Kedua cara pembayaran tersebut memiliki konsep yang sama, yakni memindahkan uang dari rekening pembeli ke rekening penjual. Berdasarkan kasus ini, dapat dilihat bahwa alasan orang mentransfer uang adalah kepraktisan.

Masih banyak kasus-kasus lain dalam hidup yang melibatkan transfer uang. Mulai dari mengirim uang bulanan anak yang kuliah di luar kota, membeli produk di toko online, hingga mengirim uang angpau pernikahan kepada teman yang sedang melakukan resepsi.

Transfer Uang dengan Shopee Pay

shopee pay

Transfer uang dari hari ke hari semakin mudah. Kini Anda tidak perlu mengantre di bank, mengisi formulir, lalu menyerahkannya beserta uang tunai kepada teller. Sekarang Anda hanya perlu membuat akun mobile banking, atau dompet digital, lalu Anda bisa mentransfer uang dari mana pun.

Mengirim uang secara digital ternyata cukup digandrungi di Indonesia. Hal ini diperkuat oleh temuan riset Bank Indonesia. Dalam riset tersebut, nilai transaksi uang elektronik disebut mengalami peningkatan signifikan sebesar 66,5%.

Sementara itu, transaksi via bank digital naik 62,82% secara year-on-year (pada rentang 2020-2021). Sayangnya, mengirim uang secara digital tetap saja dikenai biaya administrasi layaknya mengirim uang secara langsung. Biaya admin dikenakan jika rekening bank pengirim berbeda dengan rekening bank penerima.

Beberapa platform digital lantas muncul sebagai perantara untuk membebaskan biaya admin transfer uang antarbank. Hanya saja, ada batas kuota transfer harian yang diberlakukan.

Melihat fenomena itu, ShopeePay meluncurkan fitur Transfer ke Bank tanpa biaya admin dan tanpa batas kuota harian. Fitur ini hadir untuk melengkapi layanan yang sudah ada di ShopeePay, sekaligus mendukung produktivitas masyarakat di Indonesia.

Adapun ShopePay adalah dompet digital yang terintegrasi dengan marketplace Shopee. Bagi Anda yang akrab berbelanja di Shopee atau suka jajan di ShopeeFood tentu sudah mengenal ShopeePay.

Cara Transfer Uang ke Bank via ShopeePay

shopee pay

Mentransfer uang ke berbagai bank menggunakan ShopeePay dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Download aplikasi Shopee secara gratis di Google Play Store atau Apple App Store

2. Buka aplikasi Shopee dan aktifkan ShopeePay

3. Buka halaman ShopeePay. Pada halaman ShopeePay, pilih "Transfer ke Bank"

shopeepay

4. Pilih "Transfer ke No. Rekening Bank Baru" atau pilih "No. Rekening Tersimpan"

shopeepay
shopeepay

5. Masukkan jumlah uang yang akan dikirim, misalnya Rp50.000

shopee

6. Pilih "Transfer Sekarang" di halaman Konfirmasi Transaksi

shopeepay

7. Masukkan PIN ShopeePay dan Anda telah berhasil melakukan transfer ke bank

shopeepay

Tips dan Catatan

shopeepay

Fitur Transfer ke Bank ShopeePay aktif jika Anda telah meng-upgrade akun ShopeePay ke ShopeePay Plus. Proses upgrade sederhana, Anda hanya harus menyiapkan foto KTP, foto selfie bersama KTP, dan mengisi biodata penting.

Dengan ShopeePay Plus, pengguna berkesempatan memperoleh berbagai promo, termasuk promo dan keuntungan dalam fitur Transfer ke Bank. Agar tidak ketinggalan info mengenai promo yang sedang berlaku, Anda bisa mengikuti akun Instagram @shopeepay_id.

Bisa juga dengan membuka halaman ShopeePay Sekitarmu pada aplikasi Shopee. Promo biasanya bertepatan dengan momen tertentu, misalnya pada periode ShopeePay Day dan kampanye di tanggal-tanggal kembar seperti 10 Oktober.

Adapun fitur Transfer ke Bank bisa dilakukan dengan minimal uang Rp5 ribu. Transfer bisa dilakukan secara realtime selama 24 jam dari Senin-Minggu jika tujuannya adalah SeaBank. Untuk tujuan bank BCA, BNI, BRI, Mandiri memiliki jam operasional masing-masing selama Senin-Minggu.

Transaksi ke BCA dan Mandiri dapat diproses pada pukul 03.15-23.50. Transaksi ke BRI dapat diproses pada pukul 05.00-22.00, sedangkan ke BNI diproses pukul 03.10-21.50.

Sementara itu, transaksi dengan tujuan bank yang selain disebutkan diproses pada Senin-Jumat pada pukul 07.00-14.00. Ketentuan ini sesuai yang tertulis dalam laman resmi help.shopee.co.id.

Nah, demikianlah pemaparan cara mentransfer uang ke bank lain secara gratis tanpa biaya admin. ShopeePay dengan fitur Transfer ke Bank tentu saja merupakan salah satu alternatif yang perlu Anda coba. Di samping itu, ada pula platform sejenis yang menawarkan layanan serupa.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram