Cara Gampang Fake GPS atau Ubah Lokasi Palsu di Media Sosial 

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Hadirnya platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Snapchat, TikTok, dan lain-lain membuat orang bisa melihat dunia dari segenggam ponsel. Terlebih, banyak orang yang memakai platform media sosial ini sebagai sarana bisnis, baik sebagai  Influencers ataupun sebagai pemilik satu bisnis yang berjualan produk atau jasa. 

Karena itu, berbagai platform media sosial tersebut hadirkan fitur yang cukup menarik, Location. Fitur ini adalah fitur untuk memberi info kepada para pengikut kalau kamu berada di satu lokasi. 

Kehadiran fitur ini ternyata bisa membantu banyak orang untuk berkunjung ke satu tempat. Yang menarik, menurut blog socialinsider.io, suatu post di media sosial yang ada tag lokasi (location), punya engagement 79 persen lebih tinggi dibandingkan post tanpa tag location 

Kehadiran fitur ini ternyata tidak sekadar memberitahu orang kalau kamu berada di satu tempat. Fitur ini juga bisa bermanfaat sebagai sarana agar kamu bisa ditemukan oleh orang lain. Ini membuat pertumbuhan akunmu meningkat. 

Pada perkembangannya, beberapa pengguna mungkin tidak menyukai adanya fitur location ini. Bagi beberapa pengguna, kehadiran fitur ini membuat seseorang tidak punya privasi lagi ketika dia berkunjung ke satu tempat. 

Atau bisa jadi kamu sebagai pengguna tidak mau ditemukan di satu tempat.

Bisa dibilang kehadiran fitur location memudahkan orang lain menemukan kamu sebagai pengguna. Namun, ada beberapa situasi tertentu yang membuat kamu merasa tidak perlu memberitahukan lokasimu yang sebenarnya ke orang-orang. 

Contohnya, kamu sedang pergi ke kampung halaman. Namun, kamu ingin agar-agar orang-orang tidak tahu bahwa lokasimu ada di kampung halaman. 

Atau jika kamu pengguna aplikasi pencari jodoh seperti Tinder, kamu ingin memakai fitur pencarian terdekat tapi tidak di lokasi tempatmu berada. 

Pada situasi seperti itu, yang kamu butuhkan adalah aplikasi untuk ubah lokasi GPS-mu di HP Android maupun iPhone.

Orang kebanyakan menyebutnya sebagai aplikasi Fake GPS. 

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengubah lokasi tempatmu berada ketika kamu sedang tag location di media sosial. Karena biasanya media sosial bakal membaca GPS location mu di tempat kamu mengaksesnya. Jika kamu ada di hotel A misalnya, GPS location di HP-mu bakal membaca kamu sedang di hotel A. 

Jika kamu ingin mengubahnya jadi tempat lain, maka kamu perlu aplikasi untuk mengubah lokasimu alias melakukan Fake GPS. 

Lantas, bagaimana cara mengubah memakai Fake GPS di HP? Apakah bisa juga digunakan di media sosial? Simak langsung caranya berikut ini. 

Cara Gampang dan Aman Memakai Fake GPS 

iMyFone AnyTo

Jika kamu punya HP Android, ada banyak aplikasi untuk mengubah lokasi GPS di HP Android kamu. Bahkan, aplikasi sejenisnya juga dapat ditemukan di iOS. 

Masalahnya, tidak semua aplikasi tersebut punya fitur yang bagus. Soal keamanan juga patut dipertanyakan,apalagi banyak aplikasi Fake GPS yang gratisan yang bisa saja mencuri data keamanan di HP kamu. 

Karena itu, untuk memakai fitur Fake GPS, sebaiknya memilih yang punya fitur bagus. Contohnya adalah iMyFone AnyTo (Android and iPhone location changer).

Untuk memakai aplikasi ini, silakan ikuti langkah berikut ini. Saya telah menguji dan memakai aplikasi ini di salah satu HP Android saya. 

  • Download atau unduh “iMyFone AnyTo” di perangkat PC Windows kamu. Ada juga opsi untuk perangkat Mac, bagi yang memakai perangkat MacOS 
iMyFone AnyTo
  • Sambil menunggu instalasi, silakan buat akun terlebih dahulu di Imyfone.com
  • Kamu juga perlu mengaktifkan USB debugging di HP Android yang kamu miliki.
  • Di HP Android, untuk mengaktifkan fitur ini, silakan pergi ke pengaturan atau setting, kemudian ke My Phone atau About Device
iMyFone AnyTo
  • Cari “Build Number” dan tekan selama 7 kali sampai ada info kalau HP Android milikmu sudah mengaktifkan “developer mode”. 
  • Kemudian ke “pengaturan”, cari opsi “developer option”, kemudian pilih untuk mengaktifkan “USB Debugging”.
iMyFone AnyTo
  • Setelah AnyTol terinstal dan HP sudah mengaktifkan USB Debugging, sambungkan HP ke perangkat PC kamu memakai kabel USB. 
iMyFone AnyTo (
  • Nantinya aplikasi AnyTo di PC akan meminta kamu untuk menghubungkan ke perangkat. Seperti gambar di atas, yang dihubungkan ke Infinix Hot 12i. 
iMyFone AnyTo (
  • Setelah terhubung, masuk ke developer option di HP kamu dan pilih “Select mock location app”, kemudian pilih “GPS Assistant”.
iMyFone AnyTo
  • Setelah itu, nanti iMyFone AnyTo akan meminta untuk memilih pemakaian Fake GPS untuk kebutuhan apa? Karena yang dibahas untuk media sosial, maka pilih Social 
iMyFone AnyTo (
  • Setelah terhubung, AnyTo akan menampilkan peta tempat lokasimu berada persis. 
iMyFone AnyTo (
  • Ada berbagai opsi yang memungkinkan kamu untuk pindah 
  • Kamu bisa melakukan perpindahan tempat dengan memakai fitur automatic moving atau keyboard control, bahkan kamu juga bisa pakai joystick. 
iMyFone AnyTo
  • Namun, fitur yang menarik adalah fitur teleportasi. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memindahkan lokasi kamu ke tempat lain. 
  • Contohnya, saya memakai fitur teleportasi ke Australia seperti pada gambar di bawah ini. 
iMyFone AnyTo (
  • Kalau kamu sudah memindahkan lokasi di AnyTo, lokasi yang ada di HP kamu bakal berubah. Berikut gambar posisi Maps di HP dan di aplikasi AnyTo yang sudah berubah dan sama. 
iMyFone AnyTo
  • Setelah lokasi berubah, kamu bisa mencabut kabel USB yang terhubung dari PC ke HP kamu.

Tes Fake GPS Location AnyTo di Media Sosial 

iMyFone AnyTo

Setelah mengubah lokasi di HP memakai AnyTo, saya pun mengetes lokasi di media sosial. Ada dua aplikasi yang saya coba, Instagram dan Snapchat. Berikut pengalamannya. 

1. Instagram 

Saat sedang di rumah, saya mencoba membuat story di Instagram berdasarkan lokasi yang sudah diatur. Saya foto laptop saya, kemudian tag lokasi, lokasi yang muncul ternyata menyebut kalau saya di Bellbrook, Australia. 

iMyFone AnyTo

Ini membuktikan kalau iMyFone AnyTo aplikasi yang memang berfungsi dengan baik.  

2. Snapchat 

Penggunaan lokasi di Snapchat memungkinkan para pengguna melihat teman kamu ada di mana. Hal serupa juga berlaku pada teman Anda yang bisa melihat posisi kamu.

Karena alasan privasi, kamu mungkin ingin mengubah info dimana kamu berada. Karena itu, kamu perlu melakukan fake location di Snapchat

Saya pun mengetes hal ini. Dan ternyata terbukti ampuh. Gambar di bawah ini adalah posisi saat lokasi diatur di Jakarta. 

iMyFone AnyTo

Saat melakukan teleportasi ke Australia, peta lokasi di Snapchat saya berubah ke Australia. Berikut tampilan akun saya di Snapchat saat lokasi di Australia.

iMyFone AnyTo

Dari hasil tes tersebut, saya bisa katakan iMyFone AnyTo merupakan aplikasi Fake GPS yang cukup bagus. Terlebih aplikasi ini bisa digunakan di perangkat iOS dan Android. Bahkan, untuk Android, perangkat dengan Android 6.0 bisa memasang aplikasi ini. 

Hal menarik, iMyFone AnyTo juga bisa digunakan untuk game Augmented Reality semacam Pokemon Go. Untuk di game, saat memilih mocking mode, pilihannya adalah Gaming bukan Social. 

Selain itu, iMyFone AnyTo juga mampu mengubah Google Maps berada di lokasi yang diinginkan. Saat diubah ke Australia, maka Google Maps akan membaca bahwa kamu sedang di Australia.

Bisa dibilang, kehadiran iMyFone AnyTo bisa jadi solusi yang menarik bagi mereka yang butuh aplikasi untuk mengelabui orang di media sosial kalau kamu berada di tempat lain. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan jodoh dari daerah yang lebih spesifik tentunya. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram