carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / Cara Mudah Uninstall Antivirus Avast Sampai Tuntas

Cara Mudah Uninstall Antivirus Avast Sampai Tuntas

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 3 Februari 2021

Microsoft memang sudah menyertakan aplikasi keamanan komputer sejak meluncurkan Windows 7 pada 2009. Aplikasi itu adalah Microsoft Security Essentials yang kini disebut Windows Security saja. Meski begitu, ada sebagian pengguna Windows yang merasa perlu memberi proteksi tambahan buat komputernya dengan menginstall Antivirus.

Dari sekian opsi yang ada, pilihan pun jatuh kepada Avast. Antivirus bikinan perusahaan asal Republik Ceko ini memang cukup populer. Sebab, ada lebih dari 435 juta orang di dunia yang menggunakan Avast untuk berbagai macam perangkat. Apalagi, Avast memberikan layanannya secara cuma-cuma. Layanan gratis itu mencakup Avast Free Antivirus dan Avast Secure Browser.

Hanya, setelah memakai Antivirus ini, beberapa orang mungkin kurang suka dengan cara kerjanya. Pasalnya, Avast sering mengintervensi aktivitas sang pengguna. Seperti mencurigai aplikasi yang sedang kita gunakan, dan membatalkan proses kerja dari aplikasi tersebut. Selain itu, Avast juga kadang-kadang menghapus file penting yang diduga dihinggapi virus, padahal tidak. Hal itu tentu cukup mengganggu bagi sebagian orang.

Alhasil, pengguna ingin menyudahi pemakaiannya. Langkah menghapus Avast sebetulnya bisa dilakukan secara biasa melalui fitur Uninstall di Control Panel. Namun, dalam beberapa kasus, ada file yang masih tertinggal. Untuk itu, kali ini Carisinyal akan memberi kiat-kiat jitu guna meng-uninstall Antivirus Avast sampai tuntas.

Uninstall di Windows 10, 8, dan 7

Menghapus Antivirus Avast secara manual bisa dilakukan dengan fitur uninstall secara manual yang ada di Windows. Akan tetapi, ada tahapan lain yang tak boleh dilewatkan. Berikut ini langkahnya:

1. Buka Aplikasi Avast

Buka Avast

Kamu bisa membuka aplikasi Avast dengan mengklik dua kali shortcut-nya yang ada di desktop, atau mengklik ikon-nya yang ada di dalam menu "Start".  Selain itu, kamu juga bisa membukanya dengan mengklik ikon yang tersembunyi di pojok kanan, lalu klik kanan ikon Avast, dan klik kiri "Open Avast user Interface".

2. Buka Menu

Buka Menu

Pada tampilan paling awal, klik "Menu" yang ada di pojok kanan atas di dekat "Notification".

3. Buka Setting

Buka Setting

Selanjutnya, klik "Setting" yang ada di barisan kedua dari Menu di Avast.

4. Buka Troubleshooting

Buka Troubleshooting

Setelah masuk Setting, klik "Troubleshooting" yang ada di dalam tab "General".

5. Hilangkan Centang Enable Self-Defense

Hilangkan Centang Self-Defense

Klik kolom kecil di samping "Enable Self-Defense" untuk menghilangkan centangnya. Jika kemudian muncul peringatan tentang penonaktifan sistem pertahanan diri Avast, tak usah digubris dan klik "Ok, Disable" lalu keluar dari Avast.

6. Buka Control Panel

Buka Control Panel

Kamu bisa mengakses "Control Panel" dengan mengetiknya di kolom pencarian di samping logo Windows, lalu tekan enter.

7. Buka Uninstall Program

Klik Uninstall Program

Selanjutnya, klik "Uninstall Program" yang letaknya di bawah "Programs".

8. Uninstall Avast

Uninstall Avast

Sorot "Avast Free Antivirus" yang ada di deretan paling atas, lalu klik "Uninstall" dan pilih "Yes".

9. Konfirmasi Uninstall

Konfirmasi Uninstall

Sesaat setelah kamu mengklik yes, akan muncul narasi konfirmasi dari Avast untuk menghapus program. Untuk mengonfirmasinya, klik "Uninstall" yang ada di deretan terbawah.

10. Restart

Proses uninstall membutuhkan waktu beberapa menit untuk menghapus file program secara menyeluruh. Jika sudah selesai, restart komputermu.

Uninstall dengan Avast Uninstall Utility

Jika cara-cara di atas terlalu rumit, ada langkah lain yang sederhana untuk meng-uninstall Antivirus Avast. Yakni dengan program bikinan mereka sendiri, Avast Uninstall Utility (Avast Clear). Cermati langkah-langkah menggunakan Avast Uninstall Utility seperti berikut ini:

1. Download Avast Uninstall Utility

Avast Uninstall Utility

Jangan pernah download Avast Uninstall Utility selain dari situs resminya. Kamu bisa mengakses situs resminya dari sini.

2. Jalankan Programnya

Setelah proses download rampung, buka folder di mana kamu menyimpan filenya. Lalu buka file-nya dengan cara khusus, yakni klik kanan dan pilih "Run as Administrator".

3. Masuk Safe Mode

Masuk Safe Mode

Avast Uninstall Utility akan merekomendasikan kamu untuk menjalankan proses uninstal melalui "Safe Mode". Setujui rekomendasi tersebut dengan mengklik "Yes" pada tampilan yang muncul.

4. Restart

Restart

Safe Mode bisa dimasuki dengan merestart komputer terlebih dahulu. Untuk itu, klik "Yes" pada dialog yang muncul. Namun, jangan lupa tutup semua aplikasi yang sedang terbuka—termasuk menyimpan terlebih dahulu seluruh pekerjaan.

5. Jalankan Proses

Meng-uninstall Avast di Safe Mode

Tampilan Avast Uninstall Utility akan menyambutmu setelah komputer berhasil masuk "Safe Mode". Pastikan dengan benar terlebih dahulu di mana kamu meng-install Avast Antivirus. Jika sudah tepat, klik "Uninstall" berwarna hijau di bawah.

6. Restart

Restart Komputer

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Setelahnya, restart komputer agar kembali ke tampilan normal.

Uninstall dengan CCleaner

Selain menggunakan fitur uninstall di Windows dan Avast Uninstall Utility, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu pergunakan. Yakni seperti CCleaner, IObit uninstaller, Reko, dan Wise. Kali ini Carisinyal akan memberi tutorialnya lewat aplikasi CCleaner, berikut langkah-langkahnya:

1. Download CCleaner

CCleaner

Siapkan CCleaner versi paling baru untuk mendapatkan hasil optimal. Jika belum punya, kamu bisa mengunduhnya di sini ya. Setelah itu, klik dua kali file yang telah kamu download untuk menginstall-nya.

2. Buka CCleaner

Tampilan Awal CCleaner

Langkah selanjutnya adalah membuka CCleaner dengan mengklik dua kali shortcut-nya yang ada di layar desktop. Kamu juga bisa mencarinya di ikon dalam menu Start.

3. Buka Tools

Tools CCleaner

Dari tampilan awal aplikasi, arahkan kursor menuju "Tools" dan klik gambar obeng. Seusai klik gambar obeng, CCleaner langsung mengarahkanmu secara otomatis di fitur yang ada di posisi paling atas, yaitu "Uninstall". Tugas kamu sekarang adalah mengklik aplikasi "Avast Free Antivirus" dan klik "Uninstall" yang ada di samping kanan.

5. Konfirmasi Uninstall

Konfirmasi Uninstall

Tak berapa lama berselang, Avast akan muncul dan meminta konfirmasimu untuk meng-uninstall. Lanjutkan dengan klik "Uninstall" yang ada di paling bawah deretan opsi. Peringatan tambahan akan muncul, lalu langsung klik "Yes" dan tunggu sejenak.

6. Restart

Restart untuk Uninstall

Avast akan memintamu untuk me-restart komputer setelah beres membersihkan file program-nya. Ikuti petunjuk tersebut dengan mengklik "Restart computer" yang ada di kotak berwarna hijau. Sebelum mengeksekusinya, tutup seluruh aplikasi lain yang sedang kamu buka dan simpan pekerjaan terakhir.

Langkah uninstall Antivirus Avast belum selesai setelah komputer melakukan restart. Sebab, kamu harus membersihkan file-file registry yang mungkin saja masih tertinggal. Untuk itu, buka lagi aplikasi CCleaner.

8. Buka Registry

Buka Registry

Tengok deretan menu utama yang ada di kiri, lalu klik "Registry". Kemudian, klik "Scan for Issues" dan tunggu beberapa saat.

9. Klik Fix Selected Issues

Fix Selected Issues

Setelah proses scanning kelar, klik "Fix Selected Issues" yang ada di pojok kanan bawah.

10. Jangan Backup Registry

Peringatan Registry

Saat ada pertanyaan yang memintamu untuk memilih antara mem-back up registry dan tidak, pilih tidak alias "No". Dengan begitu, kamu akan menghapus seluruh riwayat yang ditinggalkan Antivirus Avast.

11. Klik Fix All Selected Issues

Fix All Selected Issues

Selanjutnya, klik "Fix All Selected Issues". Jumlah issues yang ada di komputer kamu mungkin berbeda dengan yang ditampilkan di sini. Sebab, CCleaner juga turut mendiagnosis masalah lain yang muncul. Klik "Close" dan tutup CCleaner. Kini kamu telah benar-benar terbebas dari Antivirus Avast.

Uninstall Avast Secure Browser

Avast Secure Browser mungkin ikut ter-install ketika kamu meng-install Antivirus Avast. Jika tak memerlukan itu karena sudah punya browser lain, kamu bisa meng-uninstall-nya pula. Berikut cara-caranya:

1. Klik Start dan Temukan Avast Secure Browser

Uninstall Avast Secure Browser

Klik start atau pencet logo Windows di keyboard. Temukan Avast Secure Browser lalu klik kanan. Kemudian, klik "Uninstall" yang ada di samping gambar tong sampah.

2. Uninstall

Uninstall Avast Security Browser

Setelah Control Panel terbuka, klik "Avast Secure Browser" dan klik "Uninstall". Kemudian klik "Uninstall" lagi yang ada dalam box dialog dari Avast. Setelah selesai, kamu bisa mengulangi langkah 7-11 di bab "Uninstall dengan CCleaner" yang ada di atas. Ini sifatnya opsional guna mengantisipasi file-file sisa dari Avast Secure Browser.

Itulah kiat-kiat meng-uninstall Antivirus Avast sampai tuntas. Pada dasarnya, semua cara sama yang dijelaskan sama, yakni untuk menghapus aplikasi beserta 'sampah-sampah' registry yang ditinggalkan. Sekarang tinggal pilih, mana yang menurut kamu paling ringkas dan mudah dilakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram