Inilah Cara Mudah Upgrade OS Android ke Versi Teranyar

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah

Ada yang tidak tahu dengan Android? Kebangetan kalau tidak tahu dengan teknologi satu ini. Android adalah salah satu sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Google untuk digunakan terutama pada perangkat layar sentuh, ponsel, dan tablet.

Berdasarkan Free Code Camp, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Android telah mendominasi lanskap OS seluler dengan lebih dari 86% pangsa pasar pada 2019. Sistem operasi ini menyediakan penggunaan dengan kinerja yang tinggi dan aman, serta mampu melakukan upgrade atau pembaruan ke versi teranyar.

Pembaruan versi Android tatkala menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh sistem operasi ini. Pun, Android terkenal dengan sistem operasi yang selalu merilis versi sistem operasi hampir setiap tahunnya. Urutan versi Android sendiri sudah berderet, lho!

Mulai dari Android 2.2 Froyo, Android 2.3 – 2.3.7 Gingerbread, Android 3.0 – 3.2 Honeycomb, Android 4.0 – 4.0.4 Ice Cream Sandwich, Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean, Android 4.4 KitKat, Android 5.0 Lollipop, Android 6.0 Marshmallow, Android 7.0 – 7.1 Nougat, Android 8.0 Oreo, Android 9.0 Pie, Android 10, dan yang terbaru Android 11.

Melihat fakta kalau Android selalu mengalami pembaruan, tak jarang para pengguna Android ingin merasakan sensasi dari versi teranyarnya. Adapun faedah dari pembaruan versi Android, tentunya para pengguna Android akan disuguhkan dengan berbagai fitur terbaru yang tidak tersedia pada versi Android yang lawas.

Tidak hanya itu, jika memperbarui Android ke versi berikutnya maka para pengguna akan diberikan fasilitas keamanan yang lebih oke dibanding sebelumnya. Hal ini pula yang memunculkan pertanyaan, apakah memungkinkan melakukan pembaruan versi Android tanpa harus membeli ponsel keluaran terbaru?

Jawabannya tentu bisa! Kamu bisa memperbarui ponsel Android-mu tanpa harus membeli ponsel keluaran terbaru. Juga, kamu bisa melakukannya dengan sendiri. Adapun beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukan proses pembaruan versi Android seperti koneksi internet harus stabil, daya baterai yang mencukupi, dan mem-back-up data untuk menghindari kehilangan data-data.

Lalu, tahap selanjutnya apa? Berikut ini Carisinyal akan menjabarkannya untuk kamu perihal upgrade Android, langsung saja baca sampai tuntas yah!

1. Via OTA (Over The Air)

Salah satu cara meng-update Android ke versi terbaru adalah melalui via OTA atau Over The Air. Tidak sulit, namun kamu harus meyakinkan diri apakah benar-benar mau diperbaharui ke versi baru atau tidak. Pasalnya, proses pembaruan berlangsung sistem akan mengunduh data-data OS terbaru dengan kapasitas yang lumayan besar. Jadi, kamu membutuhkan kuota yang besar atau gunakan WiFi, ya.

  • Langkah pertama, pergilah ke menu Pengaturan atau Settings yang berlogo seperti gerigi.

Menu Pengaturan Untuk Upgrade Android

  • Selanjutnya setelah mengklik menu pengaturan, klik ke menu Tentang Perangkat atau About Phone. Pada umumnya keberadaan menu ini berada di paling atas atau paling bawah. Bila tidak ketemu, kamu bisa menggunakan kolom pencarian dan ketik Tentang Perangkat atau About Phone.

About Phone Untuk Upgrade Android

  • Selanjutnya pilihlah menu Update dan layar akan menampilkan tulisan Pembaruan Perangkat Lunak atau Software Update. Beberapa perangkat ponsel pintar, ada juga yang menamakan Pembaruan Firmware Sistem atau System Firmware Update.
  • Diteruskan dengan mengklik menu Periksa Pembaruan atau Check for Updates, maka perangkat Android-mu secara otomatis akan mencari pembaruan sistem operasi yang ditawarkan.

Check Now For Update Android

  • Lalu selepas mengklik menu Pembaruan Perangkat Lunak atau Software Update, layar ponsel pintarmu akan menampilkan opsi Later, Install Overnight, dan Install Now. Jika, kamu mengurungkan niat untuk upgrade Android maka klik menu Later, sementara untuk melanjutkan proses pembaruan kamu harus mengklik menu Install Now maka proses pembaruan Android pun akan segera dikerjakan.

Install Now to update Android

  • Tahap terakhir, kamu harus menunggu sampai proses pembaruan usai dan ponsel pintarmu akan melakukan Reboot secara otomatis. Voila! ponsel pintarmu telah mengimplementasikan sistem operasi Android versi teranyar.

2. Lewat Komputer atau Laptop

Jika kamu tidak mendapatkan notifikasi mengenai pembaruan Android versi teranyar pada ponsel pintarmu atau karena tidak tersedia proses pembaruan Android ke versi terbaru, maka kamu bisa menggunakan cara pembaruan Android lewat perangkat komputer atau laptop. Caranya, bisa ikuti langkah-langkah ini:

  • Langkah awal kamu harus membuka mesin pencarian (Chrome, Mozilla, dan sejenisnya), dilanjutkan dengan membuka situs resmi dari produsen perangkat Android yang saat ini kamu miliki.
  • Dilanjutkan dengan mencari dan berkunjung ke menu Halaman Dukungan atau Support. Ada beberapa situs resmi yang menyebutnya menu Download. Misalnya pada situs resmi Xiaomi, seperti gambar di bawah ini.

Lewat PC untuk Update Xiaomi

  • Pada beberapa portal produsen, umumnya kamu akan diajak untuk memasukan informasi mengenai jenis atau model perangkat Android yang digunakan. Setelah mengisi model dari perangkat Android-mu akan muncul tampilan pembaruan yang tersedia dan biasanya akan menu download file pada lama tersebut.

Pilih Jenis

  • Klik, kemudian download dan pasang perangkat lunak Decive Management pada komputer atau laptopmu. Perlu dicatat kalau tidak semua produsen ponsel pintar menamakan Device Management. Seperti, Xiaomi yang meberi nama MIUI, Motorolla dengan MDM, hingga Samsung yang diberi nama Kies. Apapun namanya, fungsi dari perangkat tersebut sebagai media untuk memperbarui Android ke versi teranyar.
  • Berikutnya hubungan perangkat Android-mu pada komputer atau laptop dengan menggunakan kabel USB.
  • Selepas itu, bukalah perangkat lunak yang tadi sebelumnya sudah terpasang.
  • Kemudian, kamu harus mencari perintah Update atau Upgrade untuk melakukan proses pembaruan. Menu ini umumnya berlokasi pada bagian menu dropdown bagian atas.
  • Klik menu Update atau Upgrade maka proses pembaruan Android ke versi terbaru pun akan dimulai.
  • Setelah selesai, mungkin kamu diajak untuk melakukan proses Reboot. Hingga akhirnya ponsel kamu telah diperbarui ke Android versi terbaru.

3. Melalui Custom ROM

Custom Rom

*Sumber: kompasiana.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram