Carisinyal / Cara Video Call di Line Melalui Smartphone & PC

Cara Video Call di Line Melalui Smartphone & PC

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Line adalah salah satu aplikasi instant messaging yang cukup digemari oleh banyak orang. Aplikasi yang dikembangkan oleh vendor asal Jepang ini merupakan aplikasi chat favorit sebagian besar anak muda saat ini.

Pasalnya, Line menawarkan berbagai stiker official maupun buatan creators yang nampak unik dan lucu. Bahkan, beberapa aplikasi chat lain, seperti BBM dan WhatsApp belum bisa menandingi pesona stiker yang ditawarkan oleh Line.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi pengirim pesan gratis ini semakin berkembang. Line kini tidak hanya bisa digunakan pada perangkat Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry saja. Akan tetapi, pengguna laptop atau PC Mac dan Microsoft Windows pun bisa menikmati aplikasi chat yang menyenangkan ini.

Pada awal kemunculannya, Line hanya mampu digunakan untuk berkirim pesan teks. Kemudian, perkembangan Line semakin pesat hingga mampu menghadirkan fitur-fitur menarik lainnya, seperti mengirim gambar, video, pesan suara, serta melakukan panggilan telepon dan video call antar sesama teman yang memiliki ID Line.

Jika dahulu aplikasi video call yang tersohor adalah Skype. Kini, popularitas Skype agak sedikit tergeser semenjak kehadiran fitur video call dari Line. Nah, berikut ini Carisinyal akan berbagi cara video call di Line melalui smartphone atau PC Anda.

Line Video Call Melalui Smartphone/Tablet

cara video call di line android

Melakukan video call melalui smartphone atau tablet saat ini sudah mejadi aktivitas yang lumrah dilakukan. Pasalnya, kita bisa melakukan panggilan video tersebut kapan dan di mana saja semudah membalikkan telapak tangan.

Sebelum melakukan video calling, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Line pada perangkat Anda. Jika belum, silahkan unduh terlebih dahulu aplikasi Line melalui website resminya di sini secara gratis. Setelah aplikasi Line terinstall di perangkat Anda, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan video call:

  1. Buka aplikasi Line
  2. Pastikan Anda sudah memiliki email dan password yang sudah terdaftar sebagai ID Line, jika belum silakan sign up terlebih dahulu
  3. Tambahkan kontak yang ingin Anda hubungi. Cara menambahkan kontak di Line bisa menggunakan ID Line, Shake it, barcode, dan nomor telepon
  4. Buka kontak kerabat yang ingin diajak video call
  5. Profile kerabat Anda akan ditampilkan, lengkap dengan pilihan Chat, Free Call, dan Video Call. Karena Anda hendak melalukan video call, pilihlah ikon bergambar kamera video (Video Call)
  6. Tunggu sampai kerabat menjawab panggilan video Anda

Line Video Call Melaui PC/Laptop

cara video call line pc

Apabila layar smartphone atau tablet dirasa kurang besar untuk melakukan Line video call, Anda bisa menggunakan laptop atau PC. Dengan menggunakan PC Anda dapat melakukan video call secara santai tanpa perlu repot memegangi smartphone atau tablet.

Nah, sama seperti ketika hendak melakukan video call melalui smartphone dan tablet, Anda juga harus menginstall aplikasi Line di PC atau Laptop terlebih dahulu. Agar lebih mudah, unduh aplikasi Line melalui website resminya di atas secara gratis. Jika Line sudah terinstall di PC/Laptop Anda, silahkan ikuti cara video call di Line berikut ini:

  1. Buka aplikasi Line
  2. Pastikan Anda sudah memiliki email dan password yang sudah terdaftar sebagai ID Line, jika belum silakan sign up terlebih dahulu
  3. Apabila Anda log in dengan email dan password Line yang digunakan di smartphone atau tablet, maka otomatis kontak Line di PC akan tersinkron dengan kontak Line yang sama dengan di smartphone.
  4. Jika Anda belum memiliki kontak Line kerabat, tambahkan kontak yang ingin Anda hubungi. Cara menambahkan kontak di Line bisa menggunakan ID Line, Shake it, barcode, dan nomor telepon
  5. Buka laman Chat kerabat Anda
  6. Pilih ikon kamera video yang terletak di sebelah kanan bawah laman Chat untuk melakukan panggilan video
  7. Tunggu sampai kerabat menjawab panggilan video Anda

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mengisntal aplikasi LINE di laptop dan PC dengan menggunakan program Android emulator semacam Bluestacks. Untuk tutorial lengkap mengenai Android emulator tersebut, silahkan simak artikel ini.

Manakah yang lebih mudah, melakukan Line video call di smartphone atau PC? Nah, jika Anda bingung menentukan perangkat yang akan digunakan untuk melakukan panggilan video via Line, simak kelebihan dan kekurangan Line video call di PC dan smartphone berikut ini.

Video Call di Smartphone/Tablet

Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone sehingga melakukan panggilan video melalui perangkat tersebut menjadi sangat praktis. Namun terdapat juga beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan agar tidak merugikan Anda. Nah berikut adalah kelebihan dan kekurangan video call melalui smartphone atau tablet:

Kelebihan

  • Bisa melakukan panggilan dimana saja dan kapan saja asalkan terkoneksi dengan internet
  • Tidak perlu menggunakan perangkat tambahan berupa headset/headphone karena suara bisa terdengar dengan jelas oleh lawan bicara Anda
  • Kualitas gambar yang dihasilkan lebih bagus karena pada umumnya kamera depan smartphone/tablet memiliki resolusi yang lebih baik

Kekurangan

  • Jika menggunakan kuota data, maka sinyal harus 3G atau HSDPA agar video call lancar dan tidak lag
  • Menghabiskan kuota data lebih banyak, yakni 30 menit video call menghabiskan 10 MB dan untuk Line call selama 30 menit menghabiskan 5 MB
  • Baterai perangkat lebih cepat habis

Video Call di PC/Laptop

video call laptop

PC atau laptop juga dapat menjadi perangkat yang sangat pas untuk melakukan video call. Namun sebelum memilihnya, pertimbangkan terlebih dahulu berbagai kelebihan dan kekurangan yang ditawarkannya berikut ini:

Kelebihan

  • Koneksi lebih stabil karena menggunakan modem atau Wi-Fi, jadi video call mungkin akan lebih lancar dan terkendali
  • Lebih hemat kuota data
  • Sudut pandang lebih luas karena layar PC/Laptop lebih besar dari smartphone/tablet
  • Tidak terlalu menghabiskan daya baterai

Kekurangan

  • Harus menggunakan perangkat tambahan berupa headset/headphone agar Anda dan lawan bicara bisa saling mendengar dan berbicara dengan jelas
  • Kualitas gambar tidak terlalu baik karena kamera laptop/PC pada umumnya masih VGA

Saran dari kami, agar Line video call jadi lebih efektif, cobalah untuk berkomunikasi terlebih dahulu terhadap lawan bicara Anda. Pastikan Anda dan lawan bicara sama-sama memiliki sinyal yang baik untuk melakukan panggilan video ini.

Line merupakan aplikasi pengirim pesan gratis yang sedikit lebih unggul dari kompetitornya, BBM, kik, dan WhatsApp. Bahkan, pesaing ulungnya, KakaoTalk, belum bisa menandingi popularitas Line. Jadi, manakah cara video call di Line yang Anda anggap lebih efektif? Apakah Line video call melalui smartphone/tablet atau PC/Laptop?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. azumamaro kagetane berkata:

    saya Video call di notebook/ laptop dengan teman saya , tapi yang terlihat oleh saya hanya tampilan hitam dan saya tidak bisa melihat teman saya. sedangkan teman saya bisa melihat saya, bagaimana cara mengatasinya?

  2. terimakasih infonya, saya jadi bisa video call

  3. saya menggunakan line di leptop, tapi teman saya yang menggunakan smartphone tidak bisa video call ke line saya di leptop , sedangkan saya bisa video call ke line mereka yang di smartphon.

  4. Saya vidio call dg aplikasi line .yg terlihat di notebook saya tampilan hitam,sedangkan teman saya bisa melihat saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *