carisinyal web banner retina

Makin Cashless dengan Fitur NFC di Samsung Galaxy A21 dan A31

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 8 November 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Pernahkah kamu kehabisan saldo e-toll card pada saat hendak memasuki gerbang pembayaran tol? Atau mungkin kamu pernah mengalami situasi ketika sudah berada di depan kasir dan hendak membayar belanjaan, tapi kamu lupa membawa dompet? Wah, situasi seperti ini memang nggak banget, ya!

Di zaman serba modern ini, tren pembayaran cashless alias non-tunai memang sedang digandrungi. Ada berbagai brand dompet digital yang menawarkan beragam promo menarik. Sayangnya, semakin kemari promo yang ditawarkan semakin berkurang. Belum lagi kamu harus ribet mendaftar akunnya terlebih dahulu dan meng-upgrade ke tingkat yang lebih tinggi agar bisa melakukan transaksi lebih banyak.

NFC 1

Kalau ada fitur pembayaran yang praktis di ponselmu, kenapa harus ribet memiliki banyak akun dompet digital? Ya, kalau kamu adalah pengguna ponsel Samsung – terutama Galaxy A21 dan A31 – tentu kamu sudah pernah mendengar tentang fitur NFC, bukan? Nah, NFC ini adalah fitur pembayaran cashless yang praktis dan aman. Kamu bahkan nggak perlu membuat akun dompet digital untuk menggunakan NFC.

Bisa Dipakai Cek Saldo Kartu Uang Elektronik

Bisa Dipakai Cek Saldo Kartu Uang Elektronik

Dewasa ini, sejumlah alat transportasi umum seperti TransJakarta dan MRT sudah mengharuskan penumpangnya untuk membayar dengan kartu uang elektronik  yang diterbitkan oleh sejumlah bank. Bahkan, hampir semua pintu tol di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, sudah menerapkan sistem pembayaran cashless dengan kartu uang elektronik (e-toll card).

Untuk mengecek saldo kartu uang elektronik, kamu bisa mengecek langsung di mesin ATM bank penerbit kartu atau dengan mengandalkan NFC di ponsel Samsungmu. Cukup dekatkan chip kartu ke bagian belakang ponsel (letak sensor NFC), lalu cek saldo yang tersisa di kartu uang elektronikmu.

Dengan adanya fitur NFC, kamu nggak perlu pusing mencari ATM terdekat untuk mengecek saldo kartu uang elektronik. Kalau saldonya habis, sejumlah bank juga menyediakan aplikasi mobile yang memungkinkanmu mengisi saldo kartu uang elektronik dari aplikasi tersebut. Caranya juga sama, yakni mengandalkan NFC di smartphone-mu.

Menghubungkan Dua Perangkat Secara Lebih Mudah

Menghubungkan Dua Perangkat Secara Lebih Mudah

Masih bingung mencari kabel data untuk menghubungkan dua perangkat gadget? Come on! Kamu sudah tidak membutuhkan kabel data jika perangkat yang ingin dihubungkan memiliki fitur NFC. Bukan cuma antar smartphone saja, fitur NFC ini bisa dipakai untuk menghubungkan smartphone dengan kamera, perangkat audio, atau printer.

Saat ini, sudah banyak kamera DSLR atau mirorrless yang sudah dibekali dengan NFC. Nah, kalau kamu ingin menghubungkan kamera dengan ponsel Samsungmu, cukup aktifkan fitur NFC pada kedua perangkat, lalu dekatkan dua perangkat tersebut. Setelah sukses “paired”, maka kamu bisa langsung mentransfer foto dari kamera ke ponsel dengan bantuan WiFi.

Mengapa masih pakai WiFi atau bluetooth? NFC hanya memudahkanmu untuk pairing dua perangkat. Ketika hendak mentransfer data atau memungkinkan perangkat audio memutar musik dari smartphone-mu, kamu tetap harus menggunakan bluetooth atau WiFi. Singkatnya, keberadaan NFC ini hanya untuk mengurangi kerepotan pairing dua perangkat.

Pembayaran Non-Tunai yang Mudah dan Aman

Pembayaran Non-Tunai yang Mudah dan Aman

Dari sekian banyak manfaat yang ditawarkan NFC, salah satu yang paling disukai oleh masyarakat adalah kemampuannya sebagai alat pembayaran cashless alias non-tunai. Lupakan kebiasaan membawa uang tunai dan kartu ATM/kredit dalam jumlah banyak. NFC bisa menjadi alat pembayaran yang mudah. Ya, semudah membalikkan telapak tangan!

Pertama, kamu dapat menyimpan informasi kartu kreditmu dengan aman di aplikasi seperti Samsung Pay atau PayPal. Ketika hendak melakukan pembayaran, dekatkan smartphone yang NFC-nya sudah diaktifkan ke terminal pembayaran. Dengan memakai NFC, kamu tidak perlu memverifikasi pembayaran kartu kredit dengan PIN atau tanda tangan.

Apakah mengandalkan NFC sebagai alat pembayaran dijamin aman? Tentu saja. Setelah menyimpan informasi kartu kredit di Samsung Pay atau PayPal, kamu tetap harus membuka aplikasinya terlebih dahulu, baru kamu bisa menggunakan NFC itu saat aplikasinya aktif.

Tak hanya itu saja, untuk menjamin keamanan NFC, kamu hanya bisa memakai NFC ketika smartphone-mu berada dalam jarak dekat dengan terminal pembayaran (di bawah jarak 4cm). Dengan begitu, pembobol akan kesulitan karena mereka harus berada dengan jarak sangat dekat denganmu saat berniat jahat membajak transaksi.

Menyimpan informasi kartu kredit di aplikasi payment dan membayar menggunakan NFC tentu lebih aman ketimbang membayar dengan kartu kredit yang pada bagian belakangnya terdapat 3 angka rahasia (Card Verification Code / CVC). Bahkan, petugas yang menerima pembayaranmu tetap bisa melihat angka CVC di kartu kredit jika kamu menyerahkan kartumu kepada mereka saat hendak membayar.

Untuk melengkapi keamanan pembayaran dengan NFC, beberapa smartphone brand – khususnya Samsung – juga memberi persyaratan validasi sidik jari (fingerprint) atau PIN sebagai keamanan lapisan terakhir.

Yuk, go cashless dengan NFC! Kalau saat ini ponselmu belum menawarkan fitur NFC, ini adalah saat yang tepat untuk upgrade ke ponsel yang sudah menyediakan NFC. Nggak perlu beli yang mahal. Dengan dana 2-4 jutaan kamu sudah bisa membawa pulang smartphone keren Samsung Galaxy A21 dan Galaxy A31. Pastinya kedua ponsel ini sudah menyediakan fitur NFC yang bisa langsung kamu pakai sebagai alat pembayaran cashless.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram