Carisinyal / Aplikasi Belajar Bahasa Inggris / 10 Channel YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris, GRATIS!!

10 Channel YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris, GRATIS!!

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Februari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia memang tidak wajib berbicara dalam bahasa Inggris, tapi bahasa ini cukup penting sehingga masuk kurikulum sekolah. Bahkan di taman kanak-kanak pun sudah mulai diajarkan bahasa Inggris sedikit demi sedikit. Tapi, namanya juga bukan bahasa ibu, ada orang yang menganggap belajar bahasa Inggris itu sulit.

Karena mempelajari bahasa Inggris sangat populer di Indonesia, Anda akan melihat banyak tempat kursus berbayar yang mengajarkan bahasa Inggris mulai dari tingkatan anak-anak hingga dewasa.

Padahal, belajar bahasa Inggris juga bisa gratis, loh. Dengan modal kuota, buka YouTube, Anda bisa jadi mahir bahasa Inggris juga. Carisinyal telah mengumpulkan 10 channel YouTube yang mengajarkan bahasa Inggris secara free. Yuk, langsung saja disimak!

1. English Class 101

Channel YouTube untuk belajar bahasa Inggris yang memiliki subsciber terbanyak adalah English Class 101. Hingga kini, pengikutnya ada sudah lebih dari 3 juta orang dari seluruh dunia. Dengan speaker orang berbahasa Inggris asli, tentu akan lebih memudahkan Anda memahami bahasanya.

Tak hanya American English, di sini juga ada British English, jadi Anda bisa membedakan beberapa kata dan logat dari dua dialek yang paling banyak penggunanya di seluruh dunia ini. Bahan ajarannya juga beragam, loh. Ada vocabulary, writing, reading dan juga speaking.

Video belajar English Class 101 tidak boring, jadi Anda tidak akan mati kutu walaupun berjam-jam streaming semua video mereka. EnglishClass101.com menawarkan pengalaman belajar yang unik yang tidak dapat ditemukan di ruang kelas konvensional.

Selain menawarkan pelajaran yang dapat diambil sesuai waktu luang setiap orang, semua konten yang mereka rilis menggunakan guru bahasa Inggris bersertifikat, loh! Jadi, guru-gurunya bukan cuma asal bule, tapi benar-benar yang bisa mengajar.

2. BBC Learning English

Selanjutnya, coba cek BBC Learning English, deh. BBC Learning English merupakan departemen dari BBC World Service yang dikhususkan untuk pengajaran bahasa Inggris. Layanan ini menyediakan sumber daya dan kegiatan belajar bahasa Inggris untuk semua orang dari semua kalangan. Walaupun ada situs YouTube-nya, mereka lebih lengkap lagi di situs webnya, genks!

Sebagai bagian dari BBC World Service, BBC Learning English telah mengajarkan bahasa Inggris kepada audiens global sejak tahun 1943! Bisa dibilang mereka pengajar bahasa Inggris paling tua di dunia. Mereka mengajarkan bahasa Inggris melalui materi audio, video dan teks gratis untuk pelajar dan juga guru di seluruh dunia.

Serunya, di BBC Anda bisa memilih mau belajar full course atau materi pisah yang video-nya pendek-pendek. Ini berarti setiap pelajar bisa memilih cara terbaik untuk belajar, serta bisa disesuaikan dengan waktu luang setiap orang.

3. VOA Learning English

Learning English adalah sumber berita dan informasi multimedia VOA untuk jutaan pelajar bahasa Inggris di seluruh dunia. Pada awalnya, Learning English diluncurkan Voice of America pada tahun 1959 dengan nama Special English. Pada tahun 2014, program ini diperluas untuk mencakup lebih banyak bahan pengajaran bahasa Inggris, dan layanan ini pun berganti nama menjadi Learning English.

Di kelas online gratis VOA, Anda bisa memilih pembelajarannya sesuai kemampuan Anda. Mulai dari Beginning Level, ini adalah program Level 1 dan Level 2 yang dirancang untuk pelajar bahasa Inggris pemula. Diajarkan oleh guru bahasa Inggris Amerika bersertifikat. Tingkat ini berisi video pendek yang menjelaskan kata atau istilah yang digunakan dalam berita.

Lalu level selanjutnya adalah Intermediate Level (tingkat menengah). Di level ini, Anda akan belajar menyerap bahasa Inggris Amerika melalui konten yang diambil dari AS dan berita dunia, Kesehatan dan Gaya Hidup, Sains dan Teknologi, Seni dan Budaya, dan topik lainnya.

Nantinya, peserta didik diharapkan dapat membangun kosakata, memperkuat keterampilan berbicara dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi untuk bekerja, sekolah dan kehidupan sehari-hari.

Terakhir, ada Advanced Level alias tingkat lanjut. Ini tingkatan yang lebih susah lagi tentunya. Materinya pun lebih berat seperti literatur klasik Amerika, mempelajari idiom dan ekspresi, tata bahasa sehari-hari, mengikuti inovasi dan tren di AS dan di seluruh dunia, dan masih banyak lagi. Semua ini bisa Anda akses di radio, TV satelit dan YouTube VOA di youtube.com/voalearningenglish.

4. Oxford Online English

Oxford Online English memiliki jumlah subscriber yang cukup banyak juga, yaitu mencapai 1.5 juta. Di sini, para subscriber bisa belajar spoken English untuk melancarkan dan meningkatkan kepercayaan diri Anda berbicara dalam bahasa Inggris. Business English untuk belajar menggunakan bahasa Inggris bisnis secara profesional.

IELTS preparation untuk mendapatkan skor yang diidam-idamkan. English writing untuk belajar menulis dengan jelas dan akurat. English grammar untuk belajar menggunakan struktur bahasa Inggris dengan benar. Dan terakhir ada English pronunciation supaya Anda bisa berbicara dengan jelas dan natural.

5. Learn English With TV Series


Memang tak ada yang lebih menyenangkan selain belajar bahasa Inggris dari lagu dan film! Learn English With TV Series menjawab keinginan kita semua. Apakah Anda siap untuk belajar bahasa Inggris sambil bersenang-senang dengan “Learn English With TV Series”?

YouTube channel yang memiliki subscriber jutaan orang ini akan melatih dan meningkatkan pemahaman listening comprehension Anda melalui acara TV, film dan acara bincang favorit Anda. Segera subscribe untuk belajar memahami native bahasa Inggris tanpa tersesat, tanpa ketinggalan lelucon. Say bye-bye to subtitle!

6. Speak English with Vanessa

Belajar berbicara bahasa Inggris dengan Vanessa akan menjadi pengalaman yang luar biasa untuk Anda. Vanessa mulai mengajar bahasa Inggris sebagai guru full time ketika dia tinggal di Korea.

Tetapi, ketika Vanessa pindah kembali ke Amerika Serikat, dia menemukan bahwa tidak ada banyak lowongan pekerjaan untuk orang dewasa yang ingin belajar bahasa Inggris. Jadi, dia menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri via YouTube.

Terbukti, channel Speak English with Vanessa menjadi hits besar! Dia memiliki subscriber cukup banyak yang terhitung jutaan subscriber! Vanessa akan membantu Anda berbahasa Inggris secara alami, percaya diri dan lebih lancar. Anda bisa mengikuti pelajaran YouTube gratis setiap hari Jumat.

7. Kendra’s Language School

Kendra’s Language School memiliki jutaan subscriber. Tak hanya bahasa Inggris, Kendra juga jago dalam beberapa bahasa lainnya. Apakah Anda ingin dapat berbicara bahasa asing dengan lancar? Jika demikian, coba ikuti akun YouTube-nya dan kepoin sekarang juga. Jika Anda berlatih berulang kali, frasa dan kosakata yang Anda ingat akan keluar dari mulut Anda secara alami.

8. Daily English Conversation

Daily English Conversation adalah channel YouTube gratis untuk orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris. Dengan channel ini, Anda akan mempelajari cara belajar bahasa Inggris dengan mudah. Anda juga akan mendapatkan ‘kelas praktik’ berbahasa Inggris, tenses dalam tata bahasa Inggris dengan contoh-contoh, dan masih banyak lagi.

Anda akan menemukan video kosakata bahasa Inggris, tata bahasa Inggris, latihan bahasa Inggris dan pelajaran bahasa Inggris lainnya, GRATIS! Yuk, subscribe Daily English Conversation sekarang juga. Ribuan video bahasa Inggris menunggu Anda!

9. Shaw English Online

Shaw English Online dibuat oleh Robin Shaw. Dia adalah orang Kanada yang tinggal di Korea, tetapi senang bepergian ke banyak negara dan bertemu siswa-siswi. Dia telah menjadi guru bahasa Inggris selama hampir 20 tahun, dan murid-muridnya tersebar di seluruh penjuru dunia.

Channel YouTube ini adalah tempat kursus tata bahasa Inggris yang bagus dan gratis pula. Di sini ada beberapa guru, contohnya Esther dari California. Video-video Esther merupakan pilihan terbaik untuk siswa pemula.

Esther mengajarkan article, kata ganti, kata depan, kata sifat, dan lain-lainnya yang termasuk dasar bahasa Inggris. Video Estger sangat cocok untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan berbicara, mendengar, menulis dan membaca dalam Bahasa Inggris. Tonton juga video-video lainnya supaya kemampuan bahasa Inggris Anda lebih jadi lebih luas lagi.

10. English Singsing

Terakhir, ada channel English Singsing dengan 1.3 juta subscriber. Ini adalah saluran di mana anak-anak di seluruh dunia dapat dengan gembira bermain dan belajar bahasa Inggris. Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak ingin melihat sesuatu secara langsung, berpikir sendiri, aktif dan dinamis. Channel ini memberikan kesenangan dan berbagai konten yang sesuai dengan karakteristik anak-anak.

Mereka membuat video dalam berbagai bentuk seperti Lagu Anak, Dialog, Lagu, Rap, Cerita, Fonika, dll. Jika anak-anak Anda rutin menonton video-video dari channel ini, maka mereka akan menjadi terbiasa dengan bahasa Inggris. English Singsing selalu meng-upload video baru setiap minggu. Yuk, subscribe sekarang juga!

Ada banyak channel bermanfaat di YouTube, beberapa di antaranya bahkan bisa mengedukasi penontonnya seperti kesepuluh channel yang sudah kami sebutkan tadi. Nah, apakah kamu pernah menonton salah satu tayangan channel tersebut?

Atau, jika Anda ingin channel yang menghibur, kami juga merangkum beberapa Channel Food Vlogger serta Channel Gamers terkenal di Indonesia. Yuk tonton semuanya!

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Mau kursus bahasa inggris,

  2. Mau kursus bahasa inggris dengan lengkap,benar,dan jelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *