carisinyal web banner retina

3 Chromebook dari ASUS yang Optimal untuk Belajar dan Bekerja

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 26 Agustus 2021

Pada 22 Agustus 2021, ASUS Indonesia hadirkan perangkat menarik yang berbeda dari biasanya. Perangkat tersebut adalah sebuah perangkat yang dinamakan Chromebook. Ini adalah sebuah laptop yang berbeda dari Windows. 

Mengapa berbeda? Karena Chromebook adalah laptop yang menawarkan Chrome OS, sebuah sistem operasi besutan Google yang dioptimalisasi untuk memakai Google Chrome secara maksimal. Selain itu, Chrome OS juga memungkinkan penggunanya bisa mengakses aplikasi Android. 

Untuk mengetahui lebih jauh soal perbedaan laptop Windows dan Chromebook, silakan cek artikel “Perbedaan Chromebook dan Laptop Windows”. 

Balik lagi ke soal Chromebook besutan ASUS. Kehadiran Chromebook didasari karena sebenarnya perangkat Chromebook sedang naik daun, apalagi untuk pembelajaran. Bahkan, di beberapa negara maju, penjualan Chromebook di atas MacBook. 

Karena hal itu, ASUS Indonesia tidak segan-segan hadirkan tiga Chromebook yang siap “meluncur’ di pasaran. Ketiga Chromebook yang diluncurkan tersebut sebagai berikut. 

1. ASUS Chromebook C214 

ASUS Chromebook C214

Chromebook di Indonesia sedang naik daun. Perbincangan perangkat ini didasari karena adanya  program pemerintah mengadakan perangkat Chromebook untuk pendidikan. Karena itu, ASUS pun juga membuat perangkat Chromebook tersendiri dengan target pasar dunia pendidikan, terutama pelajar. 

Chromebook yang dimaksud adalah ASUS Chromebook C214. Laptop yang satu ini merupakan laptop Chromebook terjangkau yang dikhususkan untuk kebutuhan belajar anak-anak. Dengan menawarkan Chrome OS, laptop ini agar pelajar lebih mudah mengakses layanan untuk pendidikan. Contohnya seperti Google Classroom. 

Tidak sekadar menawarkan sistem operasi yang optimal untuk belajar,  ASUS Chromebook C214 juga dihadirkan dengan berbagai keunggulan agar lebih mudah digunakan anak-anak. Salah satunya desainnya yang ringkas dan ringan sehingga mudah masuk tas sekolah. 

Selain itu, ASUS Chromebook C214 juga punya sertifikasi tahan banting. Hal ini dimaksudkan agar Chromebook punya daya tahan baik meskipun terbentur karena anak tidak sengaja menjatuhkan perangkat ini. Ada juga pelindung karet yang melapisi perangkat ini agar semakin kokoh. 

ASUS Chromebook C214 hadir dengan layar 11 inci dengan teknologi 10 titik sentuh. Layarnya juga bisa diputar 360 derajat sehingga membuat perangkat ini bisa dijadikan perangkat tablet. Terlebih adanya dukungan sistem operasi Android, membuat perangkat ini fleksibel dan praktis. 

Yang menarik, laptop yang dibanderol Rp5 jutaan ini juga hadir dengan fitur gratis berlangganan layanan Google One selama satu tahun. Layanan tersebut termasuk penyimpanan awan (cloud storage) hingga 100GB. Tertarik? Sebelum beli perangkat ini, silakan cek ulasan kami tentang laptop ini pada artikel “Review ASUS Chromebook C214”. 

2. ASUS Chromebook Flip C434 

ASUS Chromebook Flip C434 

Jika ASUS Chromebook C214 dikhususkan untuk pendidikan, ada pula ASUS Chromebook Flip C434 yang dihadirkan ASUS sebagai Chromebook premium yang optimal digunakan bekerja. Dikatakan premium karena desain bodi laptop ini berbahan logam yang ringan dan kokoh. 

Seperti namanya, ASUS Chromebook Flip C434 juga dapat diputar dan membuat perangkat ini bisa dijadikan tablet. Layar laptop ini juga terkesan lebih premium karena punya bezel yang lebih tipis jika dibandingkan ASUS Chromebook C214. 


Selain itu,  ASUS Chromebook C214 punya keyboard dengan travel 1,4mm pada setiap tombolnya, sehingga memastikan kenyamanan saat mengetik. Tidak hanya itu, keyboard ASUS Chromebook Flip C434 juga dilengkapi dengan fitur LED backlit yang memungkinkan penggunanya untuk tetap dapat mengetik di kondisi yang kurang cahaya. Sehingga pengalaman mengetik menjadi lebih nyaman. 

ASUS juga mengklaim jika Chromebook Flip C434 ini punya daya tahan baterai yang baik. Daya tahannya bisa mencapai 10 jam pemakaian. Hal ini membuat laptop cocok untuk digunakan bekerja dan penggunanya tidak perlu bergantung pada charger. Tertarik? Informasi soal Chromebook ini bisa disimak pada link berikut ini

3. ASUS Chromebook Flip C436

ASUS Chromebook Flip C436

Jika ingin Chromebook yang lebih premium dengan kemampuan kencang, maka ada ASUS Chromebook Flip C436. Perangkat yang satu ini dihadirkan ASUS sebagai perangkat yang cocok untuk mereka yang punya mobilitas tinggi. 

Pasalnya, perangkat ini dibuat dengan desain simpel, elegan, dan ringan. DImensi bodi laptop ini terasa seperti dimensi bodi layar laptop ukuran 13 inci. Padahal, laptop ini punya layar 14 inci Full HD. 

Tidak tanggung-tanggung, layar Full HD di laptop ini sudah punya olor gamut 100% sRGB sehingga cocok untuk hiburan bahkan untuk kegiatan content creation seperti photo maupun video editing. Tampilan visual ASUS Chromebook Flip C436 juga sangat immersive berkat screen-to-body ratio hingga 85%, membuat sesi menikmati hiburan digital menjadi semakin menyenangkan.

Yang menarik, ASUS Chromebook Flip C436 ini adalah perangkat yang dirancang khusus oleh ASUS bersama Intel. Kedua perusahaan tersebut mencoba hadirkan perangkat laptop yang ringan dan  standar sebagai laptop ultra-portable yang responsif dan memiliki daya tahan baterai panjang. 

Selain itu, spesifikasi yang ditawarkan laptop ini tergolong kencang. Laptop ini hadir dengan prosesor Intel Core generasi ke-10 serta didukung oleh memori 8GB RAM dan penyimpanan berupa M.2 SSD sebesar 256GB.

ASUS Chromebook


Sebagai informasi, ASUS Chromebook C214 dikhususkan untuk pendidikan, ditenagai dengan Intel Celeron N4000 series dan RAM 4 GB. Meski prosesornya cukup rendah, tetapi kemampuan  ASUS Chromebook C214 tergolong mumpuni dan optimal untuk membuka berbagai aplikasi dan tab browser yang banyak. 

Jika dengan  Intel Celeron N4000 series lebih optimal, tentu ASUS Chromebook Flip C436 yang ditenagai Intel Core generasi ke-10 punya kemampuan yang lebih baik. Ingin tahu soal spesifikasi lengkap Chromebook Flip C436 ini? Silakan kunjungi link berikut ini

Ketiga Chromebook yang dihadirkan ASUS Indonesia tersebut dirancang untuk membuat penggunanya dapat produktif sepanjang hari. Sistem operasi Chrome OS yang sangat mudah digunakan dan telah didukung oleh banyak aplikasi melalui Google Play Store juga membuat tiga Chromebook terbaru tersebut optimal untuk belajar dan bekerja. 

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram