CleanMyMac X, Aplikasi untuk Melindungi dan Mengoptimalkan Mac

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK

Salah satu hal yang yang sering disepelekan ketika memakai perangkat komputer adalah aktivasi internet yang kadang sembarangan. Contohnya adalah dengan mengunjungi situs tertentu yang menghasilkan pop-up yang bisa berakibat munculnya malware, virus, atau file lain yang membahayakan komputer.

Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk pengguna komputer berbasis Windows. Komputer dengan sistem operasi MacOS juga cukup rentan diserang berbagai file jahat. Karena itu, sebuah antivirus sangat dibutuhkan di sebuah perangkat komputer.

Antivirus ini ibarat pelindung pertama yang bisa menghadang berbagai serangan jahat dari luar. Karena itu, penggunaan antivirus masih sangat disarankan, terutama untuk pengguna yang kadang tidak sadar berinternet ke situs-situs yang bisa menimbulkan masalah di komputer.

Untuk melindungi komputer, antivirus saja sebenarnya tidak cukup. Agar performa komputer bisa lebih optimal dan lebih baik, sebuah aplikasi untuk membersihkan “sampah data” sangat dibutuhkan. Terlebih aplikasi semacam ini dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat menjadi sedikit lebih baik.

Bayangkan, sebuah rumah, yang jarang dibersihkan. Di halaman ada banyak daun berserakan dan lantai rumah menyisakan jejak kaki. Sementara debu-debu menempel di dinding. Rumah semacam itu juga rentan mengundang hewan-hewan datang seperti kecoa, tikus, atau kucing liar.

Nah, bayangkan komputer tersebut sebagai rumah, hewan liar seperti virus, dan daun serta kotoran itu adalah file sampah yang perlu dibersihkan. Nah, untuk membersihkannya jelas membutuhkan aplikasi semacam antivirus dan pembersih junk file. Menginstal kedua tipe aplikasi jelas sangat disarankan tetapi tentu merepotkan.

Daripada menginstal dua jenis aplikasi, mengapa tidak menginstal satu jenis aplikasi saja dengan kemampuan atau fitur yang bisa melakukan banyak hal? Tentu cara ini lebih praktis dan tidak ribet. Karena itu, ada aplikasi bernama CleanMyMac X.

CleanMyMac X

Seperti namanya, CleanMyMac X adalah aplikasi yang bertugas untuk ‘membersihkan” perangkat Mac. Aplikasi ini cocok dipilih untuk Anda pengguna MacOS yang membutuhkan sebuah all-in-one package untuk mengoptimalkan perangkat Mac Anda.

CleanMyMac X adalah aplikasi yang dikembangkan Macpaw. Aplikasi ini sudah berumur 10 tahun dan sudah jadi andalan dalam mengoptimalkan perangkat Mac. Nama awalnya adalah CleanMyMac tetapi kini dalam rangka 10 tahun kehadirannya, namanya menjadi CleanMyMac X.

Tidak sekadar pergantian nama saja tetapi juga aplikasi ini menghadirkan berbagai fitur yang membuatnya andal untuk digunakan di perangkat Mac. Apa saja keunggulan dari CleanMyMac X ini? Berikut keunggulannya.

1. Cleanup

CleanMyMac X

Fitur utama yang ditawarkan oleh CleanMyMac X adalah Cleanup. Fitur ini bertugas untuk membersihkan data-data yang tidak penting. Contohnya adalah system junk yang terdiri dari log dan old cache files, data aplikasi yang rusak, data yang sudah tidak digunakan, dan lainnya.

Cleanup juga dapat membersihkan sampah foto dan iTunes. Tentu yang dihapus bukanlah foto utama tetapi sampah foto seperti cache contohnya. Fitur ini juga mampu membersihkan lampiran dari aplikasi Mail yang sudah dilihat. Pasalnya, lampiran yang dilihat dari aplikasi Mail biasanya akan tersimpan di Mac.

Jika terlalu banyak, jelas akan jadi sampah menumpuk yang perlu dibersihkan. Apalagi jika lampiran tersebut berupa PDF atau gambar dengan kualitas tinggi.

Cleanup juga dapat membantu membersihkan data yang ada di Trash. Sebagai informasi, data yang dihapus di Mac tidak sepenuhnya terhapus. Data tersebut akan masuk ke Trash dan masih memakai storage. Untuk benar-benar menghapus data tersebut, Trash perlu dibersihkan. Nah, Cleanup ini membantu membersihkan data atau file yang ada di Trash.

2. Proteksi dari Malware dan Tracking

CleanMyMac X

CleanMyMac X punya fitur Protection. Fitur ini dapat membantu perangkat Mac Anda untuk terhindar dari malware. Pasalnya, di Protection ada fitur Malware Removal yang bakal membantu menghapus malware, virus, adware, dan lainnya di perangkat Mac.

Perlu penjadwalan rutin untuk terus mengecek Mac Anda agar bebas dari berbagai virus dan malware. Tidak usah takut dengan kemampuan proteksi aplikasi ini karena database aplikasi ini akan diperbarui secara berkala.

Protection juga menyediakan fitur yang fokus pada privasi pengguna. Contohnya adalah dengan melindungi pengguna dari pelacakan pihak lain ketika pengguna berselancar di internet. Fitur ini bakal berfungsi menghapus riwayat selancar di internet, cookies, riwayat chat, unduhan, dan lainnya. Sebuah fitur yang sangat berguna untuk terhindar dari iklan yang tidak diinginkan.

3. Meningkatkan Performa Perangkat

CleanMyMac X

CleanMyMac X memiliki fitur yang dapat meningkatkan performa Mac yang disebut Speed. Fitur tersebut contohnya untuk mempercepat booting Mac, mengatur fungsi dari aplikasi tertentu, atau juga untuk menghentikan aplikasi yang tidak merespon atau tidak berjalan dengan baik agar tidak mengambil resource terlalu banyak.

CleanMyMac X juga dapat memiliki fitur maintenance. Fitur ini berfungsi untuk optimalisasi dan diagnosis berkala jika ada beberapa hal yang menghambat performa Mac. Contohnya adalah dengan mengosongkan penggunaan RAM, melakukan flush DNS saat ada masalah koneksi jaringan, dan lainnya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram