carisinyal web banner retina

Ingin Layanan Cloud Storage yang Aman? Ini 7 Pilihannya

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 24 November 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR KUBIKtekno permanen link

Kemajuan teknologi kini mengantar manusia untuk menggunakan sistem komputasi awan atau yang familiar disebut dengan cloud storage.

Sebuah sistem teknologi penyimpanan yang cukup maju dan mudah untuk digunakan, ada yang gratis dan berbayar, seperti yang dikutip dari KubikTekno.com.

Namun masalah keamanan lagi-lagi menjadi pertanyaan bagi para penggunanya. Apakah data yang disimpan tergolong aman? Apakah tidak ada kerusakan penyimpanan akibat penyusupan dari malware?

Segala pertanyaan ini tentu jadi pertimbangkan ketika ingin menggunakan cloud storage.

Apalagi jika kamu berencana untuk menyimpan data sensitif yang penting bagi perusahaan. Tentunya keamanan akan menjadi pertimbangan utama ketika memilih cloud storage.

7 Cloud Storage Terbaik dan Paling Aman untuk Digunakan

Jika dulunya kita mengenal hardisk dan usb sebagai perangkat keras untuk menyimpan data, kini perlahan digantikan posisinya oleh cloud storage. Kini banyak sekali penyedia penyimpanan komputasi awan yang mematok harga murah hingga yang mahal sekalipun.

Jumlah ruang penyimpanan yang ditawarkan juga sangat beragam dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu manfaat yang didapatkan dari sistem ini adalah akses yang lebih cepat untuk semua orang yang memiliki akses di dalamnya.

Ketika harus bekerja jarak jauh, sistem ini akan mempercepat hasil kinerja. Lalu manakah penyedia cloud yang terpercaya keamanannya untuk bisa digunakan? Berikut ini tujuh pilihannya.

1. OneDrive

onedrive (Copy)

Dulunya memiliki nama SkyDrive dan memiliki ruang penyimpanan gratis sebesar 5GB bagi kamu yang tidak ingin berlangganan. Memiliki fitur pemulihan file jadi tak usah khawatir jika tidak sengaja terhapus.

Selain itu Onedrive juga ideal untuk digunakan pada sistem Windows. Bisa dikombinasikan dengan Ms Word, Power Point dan juga Excell. Jadi jika ingin melihat file dari program tersebut bisa langsung membukanya.

Layanan in juga bisa digunakan pada smartphone Android, iOS, hingga Windows Phone. Hampir semua jenis file bisa disimpan dalam storage ini.

2. Google Drive

google drive (Copy)

Sebuah layanan yang disediakan oleh Google, dengan kapasitas penyimpanan gratis mencapai 15 GB. Kapasitas tersebut cukup besar karena bisa digunakan untuk berbagai penyimpanan.

Jika kamu sering menggunakan Google Account maka penyimpanan ini sangat praktis untuk digunakan. Karena memiliki built in office secara khusus yang memudahkanmu untuk mengedit dokumen.

3. Dropbox

dropbox (Copy)

Juga menjadi salah satu layanan cloud storage yang banyak disukai bersaing dengan GDrive. Sangat sering diakses pada jenis platform Windows, Linux, Mac dan lainnya hingga smartphone.

Hanya saja penyimpanan gratisnya adalah 2 GB saja dan semakin besar ukuran file, maka proses upload semakin lama. Dropbox menjadi layanan dengan banyak bonus seperti jika mengaktifkan mode automatic photo maka mendapat tambahan 3 GB.

4. Mega Cloud

mega-cloud (Copy)

Merupakan produk dari negara Selandia Baru yang jadi penyimpanan kelas berat. Tersedia juga aplikasi selulernya yang mempermudah untuk proses unggah file atau foto serta sinkronisasi pada desktop.

Kelebihannya adalah tampilan yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Penawaran biaya langganannya juga sangat murah atau terjangkau. Cukup dengan seret dan lepas jika ingin memindahkan file untuk disimpan.

5. iCloud

icloud (Copy)

Bagi kamu yang menggunakan produk apple maka iCloud adalah sistem cloud yang digunakan. Harganya cukup wajar dan keamanannya sangat ketat. Integrasi pada layanan lainnya juga sangat baik.

Kekurannya hanya terdapat pada penyimpanan gratis terbatas sampai 5 GB saja. Semua dokumen yang dikerjakan melalui iWork Office juga biasanya akan tersimpan langsung di iCloud.

6. NextCloud

next cloud (Copy)

Sistem penyimpanan ini cukup unik, karena kamu tidak akan berlangganan melainkan menciptakan sistem penyimpanan sendiri. Kamu hanya perlu membeli box NextCloud yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

7. Box Cloud

box cloud (Copy)

Jika ingin menggunakan sistem ini secara gratis, hanya tersedia ruang 250MB saja. Namun keamanan dari cloud storage ini cukup terjaga. Anda yang ingin menyimpan data bisnis seperti rancangan usaha atau bisnis semua bisa disimpan dengan aman.

Teknologi komputasi awan sangat membantu semua kebutuhan penyimpanan data. Jika kamu ingin tahu apalagi cloud storage terbaik bisa langsung mencarinya di KubikTekno.com. Beragam informasi mengenai cloud storage dan teknologi bisa didapatkan secara langsung.

Kamu bisa mencari tutorial penggunaan aplikasi, software atau program pada laptop. Semua penjelasan teknologi tersedia dengan sangat lengkap di sini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram