carisinyal web banner retina

10 Merk Cooler Terbaik untuk Mendinginkan HP

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Kenyamanan bermain game tidak hanya didapatkan dari performanya yang melambung tinggi saja. Ketahanan performa juga jadi salah satu hal penting, apalagi untuk Anda yang sering bermain game dalam waktu lama. Selain itu, ada optimalisasi suhu yang juga kadang mengganggu kenyamanan aktivitas bermain game.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi keadaan suhu HP yang panas akibat bermain game dalam waktu lama adalah menggunakan cooler atau kipas HP. Seiring perkembangannya Cooler HP kini sudah makin canggih dengan bentuknya yang lebih kompak atau sistem connecting-nya yang lebih praktis, misalnya wireless.

Nah, agar aktivitas gaming Anda bisa lebih nyaman bahkan untuk waktu yang lama. Berikut adalah beberapa cooler atau kipas HP yang bisa Anda pakai. Silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

1. BLACK SHARK Magnetic Cooler 3 Pro

BLACK SHARK Magnetic Cooler 3 Pro
Cek Harga Produk Ini:

Cooler HP pertama yang bisa Anda gunakan adalah BLACK SHARK Magnetic Cooler 3 Pro. Sesuai dengan namanya, cooler ini bisa menempel dengan mudah di bodi HP karena sudah menggunakan sistem magnetik. Namun, Anda tetap membutuhkan kabel yang terhubung untuk mengaktifkannya.

Menariknya, tampilan desain BLACK SHARK Magnetic Cooler 3 Pro ini terlihat futuristik. Terdapat RGB Light Effect ala gaming yang bisa diatur warnanya sesuai keinginan.

Tidak hanya menarik dari tampilan, kemampuan dalam mendinginkan suhu HP-nya benar-benar memukau. Ia memiliki kecepatan pendinginan hingga 20 W. Dengan kata lain, tak butuh waktu lama untuk membuat HP dingin sejak pengaktifannya.

Berkat kombinasi kipas, TEC, dan Conductive plate-nya yang besar, perangkat ini bisa menurunkan suhu hingga 10 derajat. BLACK SHARK Magnetic Cooler 3 Pro juga bisa mempertahankan suhu HP di angka 35 derajat. Angka ini sudah sangat nyaman untuk digunakan bermain game dalam waktu yang lama.

2. iQOO Cooling Back Clip Pro

iQOO Cooling Back Clip Pro
Cek Harga Produk Ini:

Salah satu brand HP yang cukup populer di Indonesia juga memiliki produk Cooler HP yang menarik yaitu IQOO Cooling Back Clip Pro. Perangkat ini menggunakan klip atau dijepitkan ke HP menggunakan klip agar menempel. Namun, tenang saja, iQOO sudah mendesain penjepitnya agar tidak menyentuh tombol di HP.

Untuk mengaktifkannya, iQOO Cooling Back Clip Pro tetap membutuhkan kabel yang terhubung. Terdapat beberapa hal yang membuatnya menarik. Misalnya desainnya yang ringkas dan tidak mengganggu. Tampilan lampu Halo Dinamis yang dimilikinya juga bisa diatur warnanya sesuai keinginan Anda.

iQOO Cooling Back Clip Pro menggunakan sistem saluran pendingin baru dengan bilah kipas berjumlah tujuh. Hal ini membuat kecepatan pendinginannya cukup baik yaitu dalam hitungan detik saja. Anda juga bisa memantaunya melalui monitor suhu LED yang akan menampilkan suhu permukaan pendinginan secara real time.

Satu hal yang juga membuat perangkat ini nyaman digunakan adalah suara kipasnya yang tidak terlalu berisik. Fitur Snow Whisper mode-nya membuat tingkat kebisingannya berada di bawah 27dB(A). Anda tetap bisa mengobrol atau berdiskusi dengan suara yang jelas saat berada di dalam game.

3. Plextone EX1 Pro

Plextone EX1 Pro
Cek Harga Produk Ini:

Plextone EX1 Pro pada dasarnya sudah bisa menempel di HP dengan mudah karena menggunakan sistem magnetik yang kuat. Namun, Plextone juga menyediakan klip khusus secara gratis agar bisa digunakan untuk semua jenis HP. Sedangkan untuk menyalakannya, Anda tetap harus menghubungkannya menggunakan kabel.

Perangkat ini memiliki ukuran sistem pendingin yang cukup besar yaitu sekitar 40x40 mm. Tidak hanya untuk HP, Anda juga bisa menggunakannya untuk tablet dengan ukurannya. Kekuatan pendinginnya sudah sangat baik, apalagi soal kecepatannya yang bisa langsung dirasakan. Menurut klaimnya, perangkat ini bisa menurunkan suhu hingga 5 derajat agar HP tetap dingin.

Plextone EX1 Pro memiliki tujuh bilah kipas di dalamnya yang bisa berputar tanpa mengeluarkan suara berisik. Anda tetap bisa mengobrol atau berdiskusi di dalam game dengan nyaman tanpa ada gangguan.

Soal tampilannya tidak usah ditanyakan, Plextone EX1 Pro memiliki bentuk bulat seperti sebuah arc reactor milik Iron-Man. Selain itu, terdapat RGB ambient lighting effect yang membuat tampilannya terlihat lebih menarik.

4. GAMEN Fan Cooler Siberia

GAMEN Fan Cooler Siberia
Cek Harga Produk Ini:

GAMEN Fan Cooler Siberia menjadi salah satu cooler HP dengan sistem klip atau dijepitkan ke HP. Sedangkan untuk mengaktifkannya masih membutuhkan kabel yang terhubung. Meski ukuran bodinya cukup besar yaitu 64-89 mm, klipnya ini tidak akan menghalangi bagian layar HP.

Ukurannya yang cukup besar ini juga menjadi salah satu keunggulannya. Hal ini berpengaruh pada kemampuannya dalam mengoptimalkan suhu HP untuk pemakaian lebih lama. Suhu yang bisa dipertahankan olehnya berada di angka 15 derajat.

Menariknya, GAMEN Fan Cooler Siberia ini menawarkan tiga tingkatan atau level pendingin. Urutannya yaitu level 1, level 2, dan level 3 sesuai dengan tingkat kedinginan yang dihasilkan. Saat digunakan, suara yang dihasilkannya juga tidak terlalu berisik. Jadi, Anda tetap bisa mengobrol atau berdiskusi dengan nyaman di dalam game.

5. MEMO DLA5

MEMO DLA5
Cek Harga Produk Ini:

MEMO DLA5 bisa dibilang menjadi cooler HP yang paling anti riber saat digunakan. Pasalnya, perangkat ini tidak membutuhkan kabel yang terhubung alias bisa wireless. Sedangkan untuk sistem penjepitnya masih menggunakan klip yang tidak menghalangi layar.

Di dalamnya terdapat baterai besar dengan kapasitas 1200 mAh yang awet. Anda bisa menggunakannya hingga 2 jam saat daya dalam keadaan penuh. Menariknya, proses pengisian dayanya pun tidak terlalu lama yaitu hanya butuh beberapa menit saja untuk bisa digunakan kembali.

Ukuran dari MEMO DLA5 ini cukup luas dengan area penjepit tunggal sekitar 70,5 mm sampai 105 mm. Sedangkan untuk permukaan pendinginnya memiliki luas 3015 mm kuadrat. Tidak heran jika HP bisa berada dalam keadaan dingin dan meningkatkan masa pakai baterai saat digunakan dalam waktu lama.

MEMO DLA5 menggunakan kipas yang sangat ringan dan berputar dengan kecepatan tinggi. Hal inilah yang membuatnya tidak menimbulkan suara yang bising. Suara Anda tetap terdengar jelas oleh teman Anda saat berdiskusi di dalam game.

6. NETPAC X65

NETPAC X65
Cek Harga Produk Ini:

NETPAC X65 memiliki dua mode dalam pemasangannya yaitu menggunakan sistem magnetik dan klip. Hal ini membuatnya kompatibel dengan semua jenis HP. Saat digunakan, Anda tetap butuh kabel yang terhubung karena belum bisa wireless. Namun, tenang saja, ukurannya ini cukup ringkas dan tidak mengganggu.

Kemampuannya NETPAC X65 sudah sangat baik saat mendinginkan HP secara menyeluruh. Di dalamnya sudah menggunakan pendingin semikonduktor yang bisa menurunkan suhu hingga 33 derajat. Menariknya, Anda bisa mengatur tingkat kedinginannya ini dengan tiga mode kecepatan hingga 24 W.

NETPAC X65 menggunakan bantalan hidrolik dengan diameter yang cukup besar. Hal ini berfungsi untuk meredam suara yang dihasilkan agar tetap senyap dan tidak bising. Perangkat ini juga menawarkan lampu RGB yang bisa diatur warnanya sesuai keinginan Anda.

7. KIVEE Fan Cooler X9

KIVEE Fan Cooler X9
Cek Harga Produk Ini:

KIVEE Fan Cooler X9 menawarkan kenyamanan pemakaian yang cukup lama. Pasalnya, perangkat ini memiliki antarmuka atau port USB ganda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan pendingin sambil mengisi daya HP. Aktivitas seperti bermain game bisa jadi lebih lama dan tentunya tetap dingin.

KIVEE Fan Cooler X9 menggunakan sistem pendingin semikonduktor kelas penerbangan. Area pendinginnya ini cukup luas dengan jumlah kipas tujuh yang berputar dalam kecepatan tinggi. Dalam waktu yang singkat, perangkat ini bisa menurunkan suhu hingga 3 derajat dan menjaganya agar tetap stabil.

Dengan kecepatan yang dimilikinya, suara kipas yang dihasilkannya ini tidak terlalu bising. Hak ini membuat Anda tetap bisa berkomunikasi dengan lancar saat di dalam game.

Menariknya, KIVEE Fan Cooler X9 memiliki tampilan LED yang bisa digunakan untuk memantau suhu secara real-time. Tampilannya ini cukup serasi dengan desain menyerupai bentuk salju dengan lampu RGB warna-warni.

8. YLV Fan Cooler X9

YLV Fan Cooler X9
Cek Harga Produk Ini:

YLV Fan Cooler X9 memiliki tampilan desain yang mirip dengan KIVEE Fan Cooler X9. Bagian belakangnya memiliki desain seperti sebuah salju dengan warna-warni menarik dari lampu RGB. Selain itu, perangkat ini juga memiliki tampilan LED untuk menunjukkan indikator suhu yang dihasilkannya secara real-time.

YLV Fan Cooler X9 juga memiliki antarmuka atau port ganda untuk menunjang aktivitas yang lebih lama. Pasalnya, Anda bisa mendinginkan HP menggunakan pendingin ini sambil mengisi dayanya sekaligus. Aktivitas seperti bermain game, live streaming, atau merekam video bisa jadi lebih lama dengan suhu tetap terjaga.

Untuk sistem yang digunakannya, YLV Fan Cooler X9 menggunakan semikonduktor kelas penerbangan. Area pendinginnya cukup luas untuk menyebarkan suhu dingin ke seluruh bodi HP. Putaran tujuh bilah kipas di dalamnya juga sangat kencang dan lembut sehingga suara yang dihasilkannya tidak terlalu berisik.

9. KUCUU Radiator Fan Cooler

KUCUU Radiator Fan Cooler
Cek Harga Produk Ini:

Jika Anda mencari Fan Cooler yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana, KUCUU Radiator Fan Cooler bisa jadi pilihan yang bagus. Pasalnya, ukurannya ini cukup ringkas berbentuk lingkaran. Perangkat ini juga sudah menggunakan sistem magnetik jadi mudah untuk digunakan. Anda juga bisa memasangkan klip agar bisa digunakan oleh semua jenis HP.

KUCUU Radiator Fan Cooler menggunakan sistem pembuangan panas semikonduktor. Perangkat ini mengandalkan kombinasi bilah pendingin semikonduktor, bilah aluminium pendingin, dan teknologi yang mampu membuat HP dingin dalam sekejap.

Menariknya, di bagian depannya ini memiliki tampilan LED sebagai indikator suhu yang bisa dipantau secara real-time. Anda juga bisa mengatur kecepatan pendinginannya dalam tiga level atau tingkatan. KUCUU Radiator Fan Cooler juga memiliki suara yang cukup kedap bahkan tanpa getaran sehingga tetap nyaman digunakan dalam waktu lama.

10. YiTai CF02

YiTai CF02
Cek Harga Produk Ini:

YiTai CF02 memiliki desain portabel karena ukurannya yang kecil. Meski begitu, material yang digunakannya berasal dari logam sehingga memiliki build quality yang cukup bagus. Untuk memasangnya, Anda hanya perlu menjepitkannya menggunakan klip dan menghubungkannya dengan kabel.

Kemampuannya dalam menguras panas HP ini cukup menarik. Hanya butuh beberapa detik saja, suhu HP bisa turun ke angka sekitar 25 derajat saja. Hal ini membuat performa yang dihasilkan jadi lebih optimal dan bisa bertahan lebih lama.

Menariknya, meski kecepatan kipas yang dimiliki YiTai CF02 sangat kencang. Tidak ada suara bising yang dihasilkannya, termasuk getaran yang dihasilkan saat mencapai putaran maksimal.Nah, itulah beberapa Cooler HP yang bisa Anda gunakan untuk menjaga suhu HP tetap dingin.

Penggunaan Cooler ini cocok untuk Anda yang suka bermain game, live streaming, atau sekadar merekam dan mengedit video. Selain membuat HP dingin, performa yang dihasilkan juga jadi lebih optimal dan bisa bertahan dalam waktu lama. Sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram