Daftar Keunggulan dan Kelemahan Coolpad Soar

Ditulis oleh Linda

Masih membahas smartphone produksi dari vendor asal Tiongkok, Coolpad. Kali ini Carisinyal akan membahas Coolpad Soar yang spesifikasinya lebih unggul dibanding Coolpad Star yang kurang begitu memuaskan pada ulasan di artikel sebelumnya.

Karena spesifikasinya lebih baik, maka harga yang dibandrol untuk Coolpad Soar juga lebih mahal. Nah, apakah harga yang ditawarkan sebanding dengan spesifikasi yang dimiliki smartphone ini? Yuk, simak review Coolpad Soar berikut ini!

Spesifikasi

  • Layar: AMOLED 5.2 inch, 1080 x 1920 pixels (424 ppi)
  • Memori internal: 16 GB, 2 GB RAM (@933 MHz)
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 32 GB
  • Chipset: MediaTek MT6595M
  • CPU: Octa Core 2 GHz, Cortex-A17 + Cortex-A7
  • GPU: PowerVR G6200 (Rouge 2 cluster) @ 450 MHz
  • Sistem Operasi: Android OS v4.4.2 (KitKat)
  • Kamera utama: 13 MP, 4160 x 3120 pixels
  • Fitur kamera: dual-LED flash (dual-tone), Sony Exmor RS IMX214 sensor, Aperture F/1.8, 6-element lens, geo-tagging, face detection, digital zoom, auto focus, touch focus, panorama, HDR
  • Kamera depan: 8 MP, fixedfocus
  • Baterai: Li-Polimer 2700 mAh

Desain

Berbeda dengan desain Coolpad Star yang cenderung standar dan kurang spesial, Soar F101 ini memiliki desain yang elegan. Hal ini disebabkan oleh material aluminium alloy yang membalut smartphone ini. Coolpad Soar memiliki panjang 146.6 mm, lebar 73.6 mm, dan ketebalan 6.5 mm. Bobot smartphone ini adalah 131 gram.

review coolpad soar

Ponsel cerdas ini tersedia dalam 2 varian warna ekslusif, gold dan putih. Dua varian warna ini mengingatkan kita pada warna-warna iPhone 6. Overall, desain Coolpad Soar cukup elegan, eye-catching, dan premium.

Layar

Layar berukuran 5,2 inch Coolpad Soar mengusung teknologi panel Super AMOLED dengan 16 juta warna. Layar Full HD tersebut memiliki resolusi 1080 x 1920 piksel dengan tingkat kerapatan layar 424 ppi. Nah, layar Coolpad Soar yang sangat jernih dan tajam ini juga didukung dengan interface CoolLife UI 6.0.

Tak cukup sampai disitu, Coolpad juga menyematkan proteksi layar dari Corning Gorilla Glass 3 pada layar Soar F101. Proteksi tersebut melindungi layar dari berbagai gesekan dan goresan. Smartphone ini juga mampu terlindung dari splash atau percikan air di saat kehujanan. Hebat sekali, bukan?

Prosesor

kelebihan dan kekurangan coolpad soar

Saatnya membedah dapur pacu Coolpad Soar. Konon, smartphone ini memiliki sektor dapur pacu yang sangat tangguh. Hal tersebut benar adanya melihat prosesor yang digunakan Soar F101 adalah MediaTek MT6595M dengan CPU Octa Core 2 GHz Cortex-A17 + Cortex-A7. Prosesor ini sangat kuat untuk menjalankan berbagai aktivitas multitasking berat dan membuka beberapa aplikasi berkapasitas besar.

Ketangguhan prosesor tersebut juga didukung dengan tampilan grafis yang menawan. Coolpad mempercayakan tampilan grafis Soar F101 pada GPU PowerVR G6200 (Rouge 2 Cluster). Dengan kartu grafis tersebut Anda bisa memainkan game HD dengan tampilan grafis yang cukup baik.

Memori

Coolpad Soar memiliki RAM berkapasitas 2 GB. Ukuran RAM tersebut cukup mumpuni untuk mengimbangi performa prosesor yang diusung Coolpad Soar. Alhasil, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas multitasking dengan smartphone ini tanpa mengalami lag.

Memori internal yang disematkan pada smartphone ini cukup besar, yakni 16 GB. Dengan ukuran memori tersebut Anda bisa menyimpan beberapa aplikasi favorit. Coolpad Soar juga dibekali dengan slot microSD untuk mengupgrade memori eksternal hingga 32 GB.

Sayangnya, slot microSD tersebut menjadi satu dengan slot SIM2. Jadi, Anda harus memilih ingin menggunakan dua nomor GSM aktif atau hanya menggunakan satu nomor GSM bersama dengan memori eksternal hingga 32 GB.

Kamera

Kamera juga merupakan elemen penting yang menjadi pertimbangan ketika hendak membeli smartphone impian. Coolpad Soar memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP. Kamera Soar F101 juga dilengkapi dengan Dual-LED Flash.

Fitur yang disematkan pada kamera smartphone ini cukup ‘menjual’, seperti Sony Exmor RS IMX214 Sensor, Aperture F/1, 6 elemen lensa, geo-tagging, face detection, digital zoom, auto focus, touch focus, panorama, dan HDR.

Yang menarik dari kamera Coolpad Soar adalah kemampuannya untuk merekam video hingga resolusi 2160 pada 30fps dan 1080p pada 60fps. Ukuran kamera depan Coolpad Soar juga cukup baik, yakni 8 MP. Kamera depan yang sangat jernih dan tajam ini juga diperkaya dengan fitur fixedfocus.

Konektivitas

Jika Coolpad Star saja sudah kompatibel pada jaringan 4G LTE, Coolpad Soar yang unggul dalam segala segmen tentu juga sudah bisa digunakan pada jaringan internet super cepat tersebut. Ya, Anda bisa menikmati kecepatan download hingga 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps ketika menggunakan jaringan 4G LTE pada smartphone ini.

Tak hanya itu saja, smartphone Dual-SIM ini juga bisa digunakan pada konektivitas 2G, 3G, dan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac. Kualitas Wi-Fi ini sudah cukup baik dibanding kualitas Wi-Fi yang dimiliki Coolpad Star. Untuk bertukar file antar perangkat, Anda bisa menggunakan Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0.

Baterai

Vendor yang berasal dari negeri tirai bambu ini menyematkan baterai Li-ion 2700 mAh pada Coolpad Soar. Kapasitas baterai ini kurang besar untuk memberi daya pada smartphone yang menggunakan prosesor Octa Core dan layar Full HD.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram