Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Beberapa fitur lainnya yang hadir di iOS 4 adalah FaceTime yang kini memiliki kemampuan untuk video calling menggunakan wifi. Fitur lainnya yaitu sinkronisasi iBooks dengan iTunes, peningkatan kemampuan kamera seperti hadirnya  landscape mode dan kemampuan 5x digital zoom. Fitur autofocus dengan cara tap saat rekaman video juga sudah hadir di iOS 4.

5. iOS 5

iOS 5
*

21 Juni 2011, Apple memperkenalkan iOS 5. Sistem operasi ini dihadirkan bersamaan dengan hadirnya iPhone 4S. Di versi ini, iOS menghadirkan beberapa fitur penting yang kemudian jadi identitas dari sistem operasi besutan Apple ini. Beberapa fitur yang dihadirkan di iOS 5 adalah sebagai berikut.

  • Notifications Center, hadirnya notifikasi satu pusat yang bisa muncul di saat ponsel dalam keadaan "lock screen". Fitur ini masih banyak dipertahankan dan diadopsi oleh UI lain di Android.
  • iMessages, fitur  pesan khusus di iOS yang memungkinkan pengguna bisa mengirimkan teks, foto, gambar GIF, video, kontak, dan lokasi. Fitur lainnya adalah dukungan pesan ke grup, fitur pemberitahuan pesan terkirim, dan pesan terbaca. Selain itu, iMessages juga dapat dibaca dari perangkat Apple lain dengan menggunakan satu identitas Apple ID.
  • iCloud, fitur penyimpanan awan dari Apple ini hadir pertama kali di iOS 5. Fitur ini menawarkan semua kontak, foto, aplikasi, catatan dan lainnya dapat memiliki cadangan data alias tersimpan di penyimpanan awan (iCloud backup data).
  • Game Center, fitur ini adalah fitur yang berfungsi untuk kebutuhan bermain gim di iOS. Selain notifcations center, iOS 5 juga sudah memiliki fitur Game Center yang di dalamnya memiliki beberapa fitur menarik. Contohnya seperti rekomendasi gim, profil yang dapat dimunculkan ke publik atau pribadi, pembelian gim, dan juga jumlah poin yang didapatkan dari sebuah gim.

Selain fitur-fitur utama tersebut, iOS 5 juga menghadirkan berbagai fitur menarik lainnya seperti peningkatan fitur di kamera, integrasi dengan aplikasi Twitter, penambahan berbagai fitur di Music, sampai fitur untuk mengaktivasi iPhone-nya tanpa memakai laptop/komputer. Tidak hanya itu, Apple juga memperkenalkan Siri, asisten pintar milik Apple di IOS 5.

6. iOS 6

iPhone 5 iOS 6
*

Setahun setelah iOS 5 rilis, tepatnya pada 11 Juni 2012, Apple memperkenalkan iOS 6. Kehadiran iOS 6 disertai dengan diperkenalkannya perangkat yang mengusung iOS  6, yakni iPhone 5, iPod Touch generasi kelima, dan iPad 4. Selain itu, iOS 6 ini juga hadir sebagai pembaruan untuk perangkat Apple generasi sebelumnya seperti iPhone 4, iPhone 3S, iPod Touch, iPad 3 dan IPad Mini generasi pertama.

Pada iOS 6 ini, tidak ada fitur yang benar-benar baru. Fitur yang ada hanya berupa peningkatan dari aplikasi yang sudah ada seperti peningkatan pada kamera, Facetime, tampilan desain yang berbeda untuk beberapa aplikasi, dan juga perubahan menu "setting".

Fitur yang paling jadi sorotan dan benar-benar baru adalah Apple Maps. Kehadiran aplikasi ini sebagai pengganti Google Maps, aplikasi peta sejuta umat. Sayangnya kehadiran Apple Maps tidak disambut baik, terlebih karena performanya tidak lebih baik dari Google Maps.

7. iOS 7

iphone 5s
*

10 Juni 2013, Apple mengumumkan kehadiran iOS 7. Sistem operasi ini dihadirkan bersamaan dengan perangkat iPhone 5C dan iPhone 5S. Beberapa perangkat generasi sebelumnya juga mendapatkan pembaruan iOS 7. Sayangnya, iPhone 3GS ke bawah sudah tidak mendapat dukungan pembaruan iOS lagi.

Pembaruan dari iOS 6 ke iOS 7 cukup besar dari sisi desain tetapi tidak dari sisi fitur. Bisa dibilang, iOS 7 ini adalah pembaruan iOS yang menitikberatkan pada tampilan desain. Hal ini terlihat dari tampilan antarmuka iOS 7 yang hadir dengan flat design dan menggunakan font System Helvetica Neue Regular.

Selain desain, hal mencolok dari iOS 7 hadirnya Touch ID yang diperkenalkan di perangkat iPhone 5S. Sementara untuk fitur tambahan atau perbaikan terjadi pada aplikasi semacam AirDrop, Control Center, Safari, Siri, Facetime, Apple Maps, App Store, dan beberapa pembaruan di aplikasi lain. Karena hadir dengan desain yang berbeda, Home Screen di ponsel ini juga tampak berbeda alias memiliki tampilan serupa flat design. 

8. iOS 8

iphone 6
*

Pada 2 Juni 2014, Apple mengumumkan kehadiran iOS 8. Sistem operasi ini baru bisa dinikmati pada 17 September 2014 saat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus diperkenalkan. Artinya, kedua ponsel ini sudah hadir dengan iOS 8. Selain itu, iOS 8 juga hadir ke perangkat iPhone generasi sebelumnya dan juga perangkat iPod Touch generasi keenam, iPad 3, iPad Air 2 dan iPad Mini. Sayangnya, iPhone 4 sudah tidak mendapat pembaruan ini.

Desain iOS 8 masih mempertahankan konsep flat design iOS 7. Hanya saja kali ini desain antarmukanya terlihat lebih flat dibandingkan antarmuka yang ada di iOS 7. Selain tampilan desain yang lebih flat, iOS 8 hadir dengan beberapa fitur menarik seperti iCloud Drive dan hadirnya aplikasi untuk berbagai konten dengan keluarga alias family sharing. 

Selain itu, iOS 8 juga hadir dengan sistem pengetikan yang lebih cepat lewat fitur Quicktype, aktivasi Siri dengan hanya memakai suara saja, dan juga kemampuan pesan yang lebih ditingkatkan fiturnya. Yang menarik, iOS 8 menghadirkan aplikasi kesehatan bernama Health. Fitur Health ini punya kemampuan untuk membantu membaca kesehatan tubuh seperti membaca detak jantung, kalori, gula darah, kolesterol, dan lainnya.

9. iOS 9

iphone 6s

Juni 2015, Apple mengumumkan kehadiran iOS 9. Sistem operasi ini dirilis pada 16 September 2015 bersamaan dengan perangkat iPhone 6S, iPhone 6S Plus dan iPad Mini 4. Sistem operasi ini juga mendukung perangkat iPhone lama sampai generasi iPhone 4S.

Sistem operasi yang hadir dengan kode nama Monarch ini sendiri hadir dengan tampilan desain yang tidak terlalu jauh berbeda dengan iOS 8. Tampilan desainnya memang tidak berubah drastis. Hal yang ditonjolkan dari iOS 9 adalah penambahan fitur dan hadirnya aplikasi baru.

Fitur-fitur yang ditambahkan di iOS 9 diantaranya adalah Siri yang kini hadir dengan antarmuka yang lebih berwarna, mirip dengan Apple Watch. Siri juga kini bisa bicara menggunakan aksen bahasa Inggris dari daerah tertentu. Selain itu, Touch ID kini lebih aman dengan sistem kode sandi 6 digit. Sebelumnya, Touch ID memiliki sistem kode sandi 4 digit saja. Tidak hanya itu, iOS 9 juga memperkenalkan sistem 3D Touch.

«1 2 34»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram