Daftar Versi OS Android Lengkap dari yang Terbaru Sampai yang Lama

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Jika ditanyakan sistem operasi (operation system/OS) apa yang tersukses saat ini, jawabannya adalah Android. OS Android merupakan sebuah sistem operasi berbasis Linux yang populer. Sistem operasiang banyak dipakai oleh banyak orang di Indonesia. Jumlahnya mungkin bisa melebihi pengguna OS Windows resmi.

Populernya Android tidak lepas dari sistem operasinya yang bersifat terbuka alias open source. Dengan sistem operasi yang terbuka, memungkinkan pihak lain untuk melakukan perubahan atau custom. Karena hal ini, OS Android memiliki beberapa tampilan UI yang berbeda-beda.

Beberapa MIUI yang terkenal diantaranya Xiaomi dengan MIUI, Samsung dengan OneUI, ASUS dengan ZenUI, dan masih banyak lagi. Semua UI (user interface) tersebut pada dasarnya menggunakan OS Android yang kemudian diubahsesuiakan oleh produsen ponsel.

Sejak kelahirannya, OS Android tadinya dipandang sebelah mata. Tidak banyak vendor yang memakai Android sebagai sistem operasi. Hal ini karena dominasi BlackBerry dan Apple. Namun, seiring berkembangnya ekosistem Google Play, toko aplikasi yang ada di Android, popularitas Android pun meningkat. Berkat hal tersebut,Android menjadi sistem operasi terbesar, mengalahkan sistem operasi lainnya.

Populernya Android saat ini juga tidak lepas dari peran Google, pemilik OS Android. Google selalu menghadirkan fitur menarik di Android. Namun, fitur-fitur tersebut tidak hadir sekaligu, melakukan dengan beberapa pembaruan versi Android.

Sistm operasi Android terus bertambah versinya. Tiap tahun, biasanya Google memperkenalkan satu versi pembaruan Android lewat angka. Lalu, apa saja versi Android tersebut? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Android 13

android 13

Pengembangan Android 13 dimulai sejak Februari 2022. Versi Betanya keluar pada April 2022. Versi final dari sistem operasi ini hadir pada Agustus 2022. Sistem operasi yang punya kode makanan Tiramisu ini bakal hadir pertama kali di Google Pixel generasi ke 7 atau Google Pixel 7 series.

Di Android 13, beberapa hal ditingkatkan atau disesuaikan. Contohnya adalah hadirnya fitur memilih warna palet untuk tampilan sesuai warna dominan wallpaper. Selain itu, ada juga fitur Bed Time Mode. Fitur ini membuat Anda sebagai pengguna dapat mengganti tema dan warna aplikasi menyesuaikan tone warna wallpaper yang digunakan.

Android 13 juga hadirkan fitur Panlingual. Sederhannya, fitur ini membebaskan pengguna memakai bahasa yang berbeda di tiap aplikasi. Umumnya, beberapa aplikasi punya pengaturan ini. Nah, lewat Android 13, ada fitur yang bisa mengatur aplikasi tertentu memakai bahasa A sementara aplikasi lainnya memakai bahasa B.

Android 13 juga hadirkan akses izin notifikasi. Google menyebutnya sebagai “Post Notifications”. Dengan fitur ini, para pengguna dapat memilih apakah mereka ingin mengizinkan aplikasi mengirim notifikasi ke perangkat mereka secara runtime, selayaknya izin akses lokasi.

Beberapa perubahan lain adalah hadirnya audio Bluetooth Low Energy atau LE Audio pada Android 13, desain Material You yang lebih baru, dan juga fitur untuk menghemat konsumsi baterai. Fitur penghemat konsumsi baterai ini disebut The Android Resource Economy atau TARE.

2. Android 12

android 12

Android sudah tidak lagi gunakan nama dessert di materi pemasarannya sejak Android 10. Namun Google memilih jenis makanan manis Snow Cone sebagai penamaan Android 12 secara internal. Versi sistem operasi ini dihadirkan pada 2022, pertama kali digunakan pada Google Pixel 6 dan varian Pro-nya.

Ini merupakan kali pertama Android menerapkan fitur kustomasi yang dapat menyesuaikan tampilan warna antarmuka dengan wallpaper yang digunakan. Foto atau gambar apapun yang Anda setel sebagai wallpaper, fitur bernama "Material You" akan secara otomatis menyelaraskan warna ikon di antarmuka dan widget.

Android 12 juga kini menyediakan fitur pengambilan scrolling screenshot secara natif tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga ataupun campur tangan dari modifikasi brand smartphone.

Dari sisi keamanannya, pengguna juga semakin mudah mengetahui aplikasi mana saja yang mengakses mikrofon ataupun kamera. Setiap ada aplikasi yang sedang menggunakannya, Android 12 akan menampilkan indikator di samping status baterai.

Jika indikator secara real-time tidak cukup bagi Anda, tersedia juga fitur Privacy Dashboard yang menampilkan aplikasi mana saja yang mengakses lokasi, kamera, mikrofon, dll selama 24 jam ke belakang.

Apakah Anda senantiasa mengaktifkan mode Auto Rotate? Tentu menyebalkan saat ponsel tiba-tiba mengusung mode lanskap saat menggunakan HP sambil berbaring miring.

Oleh karena itu, kini Android 12 memanfaatkan kamera selfie untuk mengetahui posisi wajah. Meski pengguna sambil berbaring menghadap samping, Auto Rotate tetap akan mempertahankan posisi potret.

Android 12 juga akan semakin memudahkan pengguna untuk membagikan password WiFi. Meski Anda lupa kata sandi WiFi di rumah, Anda tetap bisa membagikannya ke teman melalui share kode QR. Teman hanya perlu memindainya dan voila, ia bisa terhubung dengan WiFi.

3. Android 11

android 11

Google merilis OS Android 11 pada 2020. Sistem operas ini menghadirkan berbagai fitur menarik seperti seperti Bubbles, Conversation Notifications, Voice Access, Media Control, Device Control, One Time Permission, Background Location, Permission Auto-reset, Scoped Storage, dan sejumlah pemolesan di sisi desain.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram