carisinyal web banner retina

Yuk Download dan Instal Windows 10 Terbaru

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Tepat pada tanggal 30 September 2014 yang lalu Microsoft mengumumkan sistem operasi terbarunya yang diberi nama Windows 10. Meskipun baru sekedar pengumuman, namun sistem operasi penerus Windows 8 ini digadang akan menjadi OS terbaik. Menariknya, kita sudah bisa download dan juga instal Windows 10 saat ini secara gratis.

Tentu saja, Windows 10 yang bisa diunduh saat ini hanyalah versi technical preview yang masih memiliki banyak bug. Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai cara mengunduh dan menginstalnya, mari kita bahas terlebih dahulu beberapa fakta menarik mengenai sistem operasi ini.

Mengapa Bukan Windows 9?

Sebelum resmi diumumkan, hampir semua orang menyangka jika Microsoft akan memberikan nama Windows 9 mengingat sebelumnya mereka memiliki Windows 7 dan Windows 8. Alih-alih mengusung nama tersebut, Microsoft malah melabeli sistem operasi terbaru mereka sebagai Windows 10.

Beberapa pihak menganggap jika Microsoft ingin memberikan kesan bahwa Windows 10 ini jauh lebih baik dari Windows 8 melalui lompatan angka ini. Ada juga yang menganggap jika nama Windows 9 akan terkesan berada satu langkah di belakang Mac OS X milik Apple.

Namun alasan yang paling masuk akal adalah karena adanya masalah kompabilitas yang akan ditimbulkan. Seperti dikutip dari CNet, Microsoft sebelumnya telah memiliki dua OS berawalan 9 yakni Windows 95 dan Windows 98.

Jika OS terbarunya diberi nama Windows 9, maka dikhawatirkan akan terjadi kesalahan dalam membaca algoritma pada sistem. Akibatnya beberapa aplikasi akan mengalami masalah kompabilitas sehingga akan berjalan kurang maksimal atau bahkan tidak bisa digunakan.

Fitur Windows 10

Kurang berhasilnya Windows 8 dalam menarik minat pengguna membuat Microsoft harus merombak habis-habisan berbagai fitur pada Windows 10. Meskipun baru tahap permulaan, namun Microsoft sudah membocorkan beberapa fitur unggulan yang dibenamkan pada Windows 10 ini.

1. Multiplatform

instal Windows 10 multiplatform

Windows 10 didesain untuk dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat, dari mulai desktop, laptop, tablet, phablet, hingga smartphone. Sistem operasi ini dapat digunakan pada berbagai macam ukuran layar, dari yang paling besar hingga paling kecil sekalipun.

Kehadiran sistem operasi ini juga secara otomatis menghapus OS Windows Phone. Pasalnya, sistem operasi untuk smartphone tersebut juga akan mengusung nama ‘Windows 10’ alih-alih ‘Windows Phone 10’. Sayangnya belum diketahui apakah aplikasi untuk PC dapat digunakan pada smartphone atau sebaliknya.

2. Start Menu hadir kembali

instal Windows 10 start menu

Salah satu yang paling mengecewakan dari Windows 8 adalah hilangnya Start Menu. Meskipun pada Windows 8.1 sudah dikembalikan, namun tombol tersebut hanyalah shortcut menuju Metro Menu dan bukan Start Menu seperti yang terdapat pada berbagai versi Windows sebelumnya.

Kini, Microsoft mengumumkan bahwa Start Menu yang sesungguhnya akan kembali hadir di Windows 10. Menariknya, Start Menu ini akan menggabungkan gaya klasik pada Windows 7 dan juga gaya modern yang terdapat pada Windows 8.

Pada bagian sebelah kiri ditampilkan Start Menu dengan gaya klasik khas Windows 7 sedangkan di bagian kanan ditampilkan gaya modern berupa “live tiles”. Live tiles  tersebut dapat diubah sesuka hati dan juga dapat dipindahkan agar membuat tampilannya lebih cantik lagi.

3. Semua aplikasi berjalan di desktop

Pada Windows 8, aplikasi Metro akan dibuka dengan tampilan layar penuh modern sedangkan aplikasi biasa akan dibuka pada tampilan desktop seperti biasa. Nah, hal tersebut tidak akan terjadi lagi di Windows 10 karena semua jenis aplikasi akan berjalan dengan tampilan desktop atau tampilan modern sesuai dengan pilihan Anda.

Dikutip dari PCWorld, semua aplikasi Metro dapat diperkecil, diperbesar, atau dipindahkan seperti layaknya aplikasi desktop. Sebaliknya, aplikasi desktop juga dapat dibuat fullscreen alias memenuhi layar seperti layaknya aplikasi Metro.

4. Virtual Desktop

instal Windows 10 virtual desktop

Fitur lainnya yang akan Anda temui setelah download dan instal Windows 10 adalah virtual desktop. Meskipun Microsoft belum menentukan nama resmi dari fitur ini, namun cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan multiple desktop pada Linux dan Expose pada Mac OS X.


Dengan fitur ini Anda dapat membuat beberap desktop virtual dan berpindah dari satu ke yang lainnya dengan mudah. Fitur ini sangat membantu bagi Anda yang sering membuka banyak program secara sekaligus. Microsoft mengatakan jika semua program pada desktop virtual akan berjalan di background sehingga mungkin Anda membutuhkan kapasitas RAM yang besar untuk menopangnya.

5. Dukungan layar sentuh yang lebih baik

Windows 8 banyak dikritik karena kurang bisa mengintegrasikan layar sentuh, mouse, serta keyboard dengan baik. Maka dari itu pada Windows 10 ini Microsoft menghadirkan fitur bernama ‘Continuum’ yang akan mengintegrasikan ketiga elemen tersebut menjadi lebih baik lagi.

Continuum akan secara otomatis mengubah tampilan serta fungsi Windows 10 berdasarkan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna. Sebagai contoh, jika kita melepas keyboard eksternal dari tablet Windows 10, maka tampilan tablet tersebut akan langsung menyesuaikan agar dapat digunakan oleh layar sentuh seperti ikonnya akan menjadi lebih besar dan lainnya.

Tanggal Perilisan

Windows 10 kemungkinan besar akan dirilis ke publik pada pertengahan tahun 2015 atau lebih tepatnya setelah Microsoft’s Build conference pada bulan April mendatang. Saat ini Microsoft sendiri telah merilis versi “technical preview” yang dapat diunduh secara gratis untuk keperluan pengembangan dan perbaikan fitur.

[youtube youtubeurl="84NI5fjTfpQ" ][/youtube]

Harga Windows 10

Hingga saat ini Microsoft belum memberikan rilis resmi mengenai harga Windows 10 dan apa saja versi yang akan dirilisnya. Namun banyak pihak yang memprediksi jika sistem operasi ini akan diberikan secara gratis terutama untuk pengguna Windows 8 dan 8.1 atau bahkan bisa juga untuk pengguna Windows 7.

Pemberian Windows 10 secara gratis ini memang dirasa sangat diperlukan untuk ‘menggoda’ para pengguna setia Windows 7 yang enggan berpindah ke Windows 8. Dengan berkurangnya pengguna Windows 7 maka Microsoft dapat lebih fokus pada pengembangan fitur pada Windows 10 ini.

Download dan Instal Windows 10

Jika Anda sudah tidak sabar untuk mencoba Windows 10 ini, Anda dapat mengunduh versi Technical Preview-nya secara gratis. Namun ingat, versi ini merupakan versi awal yang masih ‘mentah’ sehingga Anda akan menemukan banyak bugs di dalamnya. Pastikan Anda mencoba versi ini pada PC atau laptop cadangan dan jangan digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk menggunakan Windows 10 Technical Preview ini Anda harus memiliki akun Microsoft. Resolusi layar minimal 1024 x 768 jika ingin mengakses Windows Store dan menggunakan aplikasinya. Spesifikasi komputer yang diperlukan sebagian besar sama seperti Windows 8, dengan komponen yang utamanya adalah:

  • Processor: Minimal 1GHz serta mendukung PAE, NX, dan SSE2
  • RAM: 1GB (32-bit) atau 2GB (64-bit)
  • Hard disk space: 16GB
  • Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device dengan WDDM driver

Jika sudah memenuhi kriteria tersebut, Anda dapat mengunjungi alamat ini untuk mendaftarkan diri di program Windows Insider. Setelah itu Anda dapat langsung mengunduh dan instal Windows 10 di PC atau laptop Anda. Selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram