Carisinyal / Aplikasi / EaseUS Todo Backup, Solusi Backup Data dengan Cepat dan Mudah

EaseUS Todo Backup, Solusi Backup Data dengan Cepat dan Mudah

Mungkin sebagian besar dari Anda pernah merasakan kesalnya ketika kehilangan data-data yang penting di laptop, entah itu berupa foto, dokumen, bahkan software. Apalagi jika data penting tersebut belum di-backup ke mana pun. Jadi, Anda tidak bisa mengembalikan data-data penting karena tidak ada backup data tersebut.

Maka dari itu, Anda harus rajin melakukan backup data agar Anda tidak perlu khawatir kehilangan data yang penting di laptop. Backup data tersebut bisa dilakukan dengan cara manual namun tentunya akan memakan waktu yang lama. Jika ingin cepat dan mudah maka Anda bisa menggunakan aplikasi khusus untuk backup data.

Aplikasi untuk backup data yang kami rekomendasikan adalah EaseUs Todo Backup. Aplikasi ini siap melindungi dan melakukan backup untuk semua data yang ada di laptop Anda lho. Ingin tahu keunggulannya lebih lengkap mengenai aplikasi EaseUs Todo Backup ini? Baca terus ulasannya sampai akhir, ya!

Apa Itu EaseUS Todo Backup?

easeus todo backup

EaseUS Todo Backup adalah sebuah aplikasi yang membuat setiap penggunanya bisa bernafas lega karena semua data yang ada di laptop bisa disimpan dengan aman. Dengan kata lain, EaseUS Todo Backup ini berfungsi untuk menyimpan data sehingga Anda punya data cadangan selain di laptop.

Selain itu, EaseUS Todo Backup juga sangat mudah digunakan oleh siapapun dan tidak perlu seorang ahli IT untuk menggunakan aplikasi ini. Anda hanya perlu melakukan beberapa klik saja untuk melindungi data-data penting Anda. Jika data tersebut hilang maka Anda tidak perlu khawatir karena ada data cadangan.

Fitur Unggulan EaseUS Todo Backup

Bukan hanya mudah digunakan, EaseUS Todo Backup juga punya 3 fitur utama yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya. Ketiga fitur ini akan sangat membantu Anda dalam melindungi bahkan menyimpan setiap data dan file yang ada di laptop, berikut 3 fiturnya:

1. Backup

backup

Ya, seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa memang EaseUS Todo Backup merupakan aplikasi yang mampu melakukan backup dari segala jenis data di laptop. Bahkan, backup yang dilakukan oleh aplikasi ini sangat lengkap mencakup backup sistem, data hardisk baik di HDD ataupun SSD, flashdisk, SD Card, bahkan bisa juga untuk mem-backup data yang ada di hard drive external.

EaseUS Todo Backup paham bahwa akan lebih mudah jika penggunanya dapat merapihkan setiap data dan file yang akan di-backup, maka dari itulah aplikasi ini juga punya fitur di mana Anda bisa membuat folder-folder untuk setiap data dan file yang akan Anda backup. Dengan kehadiran fitur tersebut, tentunya akan memudahkan pengguna saat akan mengembalikan file dan juga lebih rapi.

Istimewanya lagi, Anda juga bisa melakukan backup data atau file dengan membaginya di beberapa partisi. Jadi, Anda bisa melakukan backup di satu partisi dengan berbagai macam folder, atau lebih dari 1 partisi. Sangat lengkap, bukan?

2. Clone

Clone

Nah, ini adalah salah satu keunggulan ketika Anda menggunakan aplikasi EaseUS Todo Backup, Clone. Apa maksudnya? Artinya, dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan cloning atau memindahkan dan mentransfer data ke hard drive lain dengan mudah, aman, dan cepat.

Misalnya Anda ingin memindahkan data-data penting dari HDD ke SSD maka Anda tidak butuh aplikasi lain karena EaseUS Todo Backup punya fiturnya. Bukan hanya sekedar memindahkan data saja, sebab di aplikasi ini juga bisa memindahkan atau mentransfer sistem lho.

Jadi, Anda bisa membuat copy OS yang sama persis ke HDD, SSD, dan hard drive lainnya dengan memanfaatkan EaseUS Todo Backup. Uniknya lagi Anda bisa mengkloning setiap partisi dan folder yang sudah Anda buat untuk backup data. Dengan fitur tersebut, Anda tidak perlu khawatir untuk kehilangan data. Bagus, kan?

3. Mengembalikan Data yang Hilang dengan Cepat

Mengembalikan Data yang Hilang dengan Cepat

Kecepatan dalam melakukan backup data juga ditujukan sebagai salah satu keunggulan utama dari EaseUS Todo Backup. Ya, aplikasi ini menjamin penggunanya tidak akan menemukan masalah lelet saat sedang melakukan pemindahan data ataupun backup data ke hard driver manapun.

Selain bisa melakukan backup dengan cepat, EaseUS Todo Backup juga menajmin kecepatan pada saat proses restore data alias mengembalikan data yang sudah dibackup sebelumnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir masalah lemot karena EsaeUS Todo Backup paham akan kebutuhan dan keinginan para konsumennya. Maka dari itulah, fitur mengembalikan dan memindahkan data dengan cepat pun dipasang pada aplikasi ini.

Cara Melakukan Backup di EaseUS Todo Backup

Tidak sulit menggunakan EaseUS Todo Backup karena langkah-langkahnya sangat simpel dan tidak berbelit. Anda hanya perlu mengikuti beberapa cara berikut ini untuk keperluan backup data di laptop Anda:

  • Disk/Partition Backup

Disk Partition Backup

Bagi Anda yang ingin melakukan backup data yang ada di Disk / Partition laptop, maka Anda hanya perlu memilih opsi Disk Backup. Kemudian, Anda bisa langsung klik setiap data yang ingin Anda backup. Setelah itu, barulah tentukan letak data yang di-backup. Misalnya, Anda ingin melakukan backup dari HDD ke External Disk, maka pilihlah destination ke External Disk.

Dan jangan lupakan untuk memilih tipe backup-nya, seperti full backup, incremental backup, differential backup, atau schedule backup. Anda juga bisa mengubah nama data yang akan di-backup pada bagian Plan Name. Jika dirasa sudah selesai maka bisa langsung klik Proceed.

  • File Backup

File Backup

Mungkin ada beberapa orang yang hanya ingin melakukan backup pada file tertentu saja dan tentu saja aplikasi ini bisa melakukan hal tersebut. Caranya mudah, Anda hanya perlu pilih menu File Backup. Sesudahnya, Anda bisa langsung pilih file yang ingin Anda backup dan jangan lupa tentukan tempat backup file-nya.

Anda juga bisa mengubah nama dari file yang Anda backup tadi di bagian Plan Name. Terakhir, Anda bisa langsung mengklik Proceed dan tunggulah beberapa saat sampai file Anda selesai di-backup. Bagaimana, hanya beberapa kali klik dan sangat mudah, kan?

  • System Backup

System Backup

Sama mudahnya dengan melakukan backup pada Disk dan File, untuk melakukan System Backup maka Anda hanya perlu mengklik menu System Backup. Lalu, pilihlah setiap sistem yang ingin Anda backup dan tentukan juga destinasi backup-nya. Jika sudah selesai maka langsung klik Proceed yang ada di bagian bawah.

  • EMail Backup

Mail Backup

Mungkin untuk beberapa orang punya e-mail yang penting dan butuh di-backup agar mudah dikembalikan jika terjadi kehilangan e-mail. Nah, untuk melakukan backup pada e-mail maka Anda bisa klik menu EMail Backup dan langsung pilih setiap e-mail yang ingin di-backup. Kemudian, tentukan destinasi atau tempat backup­-nya. Di akhir, Anda bisa klik Proceed.

Begitulah kemudahan yang ditawarkan oleh EaseUS Todo Backup. Anda bisa melakukan backup bahkan cloning dengan mudah, cepat, dan pastinya aman. Jika Anda tertarik untuk memiliki aplikasinya maka bisa langsung kunjungi link ini untuk mendapatkan aplikasinya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment