carisinyal web banner retina

Kelebihan & Kekurangan Evercoss Winner Y Ultra

Fast is fun adalah slogan dari smartphone yang baru dirilis oleh vendor lokal, Evercoss. Ya, Evercoss Winner Y Ultra merupakan sebuah smartphone yang sudah mengusung Android Lollipop dan digadang-gadang memiliki performa yang cepat.

Salah satu yang paling ditonjolkan oleh smartphone ini adalah kapasitas RAM 2GB-nya. RAM sebesar itu biasanya hanya terdapat pada ponsel kelas menengah ke bawah. Namun kini, dengan merogoh kocek satu jutaan Anda sudah bisa mendapatkannya.

Spesifikasi yang wah ditambah dengan harga yang murah tentu menjadi daya tarik nomor satu bagi para konsumen. Penasaran secepat apakah kinerja yang ditawarkan oleh smartphone ini? Mari cari tahu di review Evercoss Winner Y Ultra berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 5 inch, 480 x 854 pixels (196 ppi)
  • Memori internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 32 GB
  • CPU: Quad Core 1.3 GHz
  • Sistem Operasi: Android OS v5.1 (Lollipop)
  • Kamera utama: 8 MP, 3264 x 2448 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, Geo-tagging, face detection, digital zoom, touch focus, auto focus, panorama, HDR
  • Kamera depan: 2 MP
  • Baterai: Li-ion 2100 mAh

Desain

Smartphone baru dari Evercoss ini memiliki keempat sudut yang melengkung. Bentuk dari sudut smartphone inilah yang membuatnya terlihat elegan. Dilihat secara sekilas, Winner Y Ultra hampir serupa dengan Samsung Galaxy Ace 3.

review evercoss winner y ultra

Winner Y Ultra memiliki panjang 145 mm, lebar 71 mm, dan tebal 9 mm. Ponsel cerdas ini tergolong tipis. Ada 3 varian warna yang ditawarkan Evercoss Winner Y Ultra, antara lain adalah abu-abu, putih, dan hitam.

Layar

Evercoss Winner Y Ultra menggunakan layar berukuran 5 inch yang menggunakan teknologi IPS dengan 16 juta warna. Sayangnya, resolusi yang dimiliki smartphone ini termasuk rendah, yakni 480 x 854 piksel dengan kerapatan layar 196 ppi. Jadi, Anda jangan berharap memperoleh layar yang cerah dan tajam layaknya smartphone high-end.

Akan tetapi, Evercoss menjamin bahwa layar Winner Y Ultra cukup responsif karena sudah dilengkapi dengan gesture smart access. Fitur tersebut memudahkan Anda untuk mengakses berbagai aplikasi melalui satu sentuhan.

Prosesor

kelebihan dan kekurangan Evercoss Winner Y Ultra

Tidak disebutkan secara lengkap mengenai chipset dan GPU yang digunakan oleh ponsel dengan harga ekonomis ini. Namun diperkirakan ponsel ini menggunakan chipset MediaTek MT6582. Untuk CPU-nya , Evercoss Winner Y Ultra menggunakan prosesor Quad Core dengan clock speed 1.3 GHz.

Dengan prosesor inilah, Evercoss mengklaim bahwa smartphone ini memiliki performa yang cepat dan lumayan tangguh. Prosesor ini mampu mengimbangi aktivitas bekerja dan bermain menggunakan Winner Y Ultra ini.

Memori

Nah, untuk ukuran smartphone lokal dengan harga terjangkau, Evercoss berani memberikan kapasitas memori internal dan RAM yang mumpuni pada Winner Y Ultra. Memori internal ponsel pintar ini memiliki kapasitas 16 GB. Ukuran ini standar dan cukup besar untuk menampung berbagai aplikasi favorit Anda.

Tak puas dengan kapasitas memori internal yang ditawarkan, Anda bisa memasang memori eksternal hingga 32 GB di smartphone ini. Winner Y Ultra juga menawarkan ukuran RAM yang efisien, yakni 2 GB. RAM inilah yang membuat Winner Y Ultra minim lag dan tidak lemot.

Kamera

Kualitas kamera yang dimiliki Winner Y Ultra sudah sangat baik, mengingat ini adalah smartphone dengan harga yang ramah dengan isi dompet. Smartphone ini dibekali dengan kamera belakang beresolusi 8 MP. Kamera itu juga sudah dilengkapi LED Flash dan beberapa fitur standar, seperti geo-tagging, face detection, digital zoom, touch focus, autofocus, panorama, dan HDR.

Kamera Winner Y Ultra juga mampu untuk merekam video. Selain itu, terdapat pula kamera depan berukuran 2 MP pada smartphone ini. Kamera depan Winner Y Ultra cukup tajam untuk mengambil foto selfie dan groupie.

Konektivitas

Apakah Evercoss Winner Y Ultra termasuk salah satu smartphone murah yang sudah menggunakan jaringan 4G LTE? Tidak. Sangat disayangkan ponsel ini belum kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Sementara ada banyak kompetitor Evercoss yang menawarkan smartphone murah yang sudah bisa terkoneksi dengan jaringan 4G LTE. Jadi, Anda hanya bisa menggunakan ponsel Dual SIM (GSM-GSM) ini pada jaringan 2G dan 3G.

Akan tetapi, Anda jangan berkecil hati, karena Winner Y Ultra sudah dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n. Di samping itu, smartphone ini juga sudah dibekali dengan Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0 untuk keperluan mentransfer data antar perangkat.

Baterai


Evercoss sepertinya ingin merancang Winner Y Ultra sebagai ponsel murah dengan berbagai sektor yang cukup ekonomis. Pasalnya, Winner Y Ultra menggunakan baterai Li-ion dengan kapasitas 2100 mAh yang kurang cocok untuk ponsel dengan layar 5 inci.

Ukuran baterai smartphone ini sangat kecil, sehingga smartphone tidak bisa menyala dalam jangka waktu panjang. Selain itu, Anda jangan berharap bahwa smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging, karena fitur tersebut belum bisa Anda temukan di Winner Y Ultra.

Fitur

Evercoss Winner Y Ultra sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop v.5.1. Dengan sistem operasi ini Evercoss menjamin Winner Y Ultra memiliki performa stabil dan siap membantu Anda dalam kegiatan belajar dan bermain game.

Tak hanya itu saja, smartphone ini juga memiliki fitur privacy lock, dimana fitur ini akan mengunci beberapa aplikasi yang Anda pilih. Jadi, orang lain yang tidak mengetahui password Anda tidak bisa mengakses aplikasi yang dikunci tersebut.

Adapun Winner Y Ultra memiliki fitur Radio FM dan RDS. Anda tak perlu lagi mengunduh aplikasi siaran radio ketika ingin mendengarkan radio. Untuk menunjukkan arah saat berpergian, Anda bisa menggunakan fitur GPS built-in dan A-GPS.

Harga

Anda tentu bisa menebak harga ponsel ini pasti di bawah 2 juta rupiah, bukan? Ya, Evercoss Winner Y Ultra termasuk dalam kelas smartphone low-end. Untuk membawa pulang ponsel pintar ini, Anda hanya menyediakan 1 juta rupiah saja. Harga ini sangat pantas untuk spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh smartphone ini.

Pada akhirnya, kita tiba di penghujung dari review Evercoss Winner Y Ultra. Kesimpulan dari Carisinyal adalah Winner Y Ultra memiliki spesifikasi dan fitur yang cukup lumayan untuk ponsel kelas menengah ke bawah. Jika Anda ingin memiliki smartphone Android Lollipop dengan harga murah, Evercoss Winner Y Ultra merupakan pilihan yang tepat.

Kelebihan Evercoss Winner Y Ultra:
- Memori internal 16 GB
- RAM 2GB
- Kamera depan 8 MP

Kekurangan Evercoss Winner Y Ultra:
- Tidak mendukung jaringan 4G LTE
- Kapasitas baterai kecil

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram