Carisinyal / 8 Fitur Whatsapp yang Perlu Diketahui Para Penggunanya

8 Fitur Whatsapp yang Perlu Diketahui Para Penggunanya

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Desember 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Whatsapp. Kini, hampir semua pengguna smartphone pasti punya Whatsapp, bukan hanya sekedar untuk komunikasi tapi untuk berbagi informasi, baik berupa teks, gambar, video, maupun suara.

Tapi ternyata Whatsapp bukan hanya sekedar mengirim pesan teks, gambar, dan video saja lho. Pasalnya, Whatsapp sendiri selalu update beberapa fitur yang menarik dan mungkin tidak banyak orang yang tahu. Kira-kira, apa saja fiturnya, ya? Yuk, simak ulasannya selengkapnya berikut ini!

1. Menyembunyikan “Last Seen” atau “Terakhir Dilihat”

Menyembunyikan “Last Seen” atau “Terakhir Dilihat”

Whatsapp punya fitur dimana penggunanya bisa melihat kapan lawan chatting-nya terakhir kali membuka aplikasi Whatsapp. Nah, fitur tersebut bisa disebut dengan “Last Seen” atau “Terakhir Dilihat”. Untuk mengetahuinya, Anda hanya perlu membuka obrolan dengan lawan chatting Anda dan lihat di bagian atas dengan tulisan “Last Seen” atau “Terakhir Dilihat”.

Biasanya, “Last Seen” akan menunjukan jam dan tanggal/hari terakhir kali lawan chatting Anda membuka Whatsapp. Namun, jika Anda tidak ingin “Last Seen” terlihat maka Anda bisa menonaktifkan fitur tersebut dengan cara: Setting > Privacy > Last Seen > pilih antara Everyone/My contacts/Nobody.

2. Mematikan Download Otomatis Whatsapp

Mematikan Download Otomatis Whatsapp

Kalau Anda ingin menghemat kuota, cobalah untuk mematikan fitur Automatically Download yang ada di Whatsapp. Fitur tersebut berfungsi untuk mengunduh semua media yang masuk secara otomatis, baik itu berupa gambar, video, maupun suara.

Nah, karena semua medianya terunduh secara otomatis maka kuota Anda pun akan tersedot selama mengunduhnya. Kalau Anda tidak mau hal seperti ini terjadi, solusinya adalah Anda matikan fitur download otomatisnya. Dengan begitu, Anda bisa memilih media mana saja yang ingin diunduh. Cara mematikan fitur ini pernah diulas di leskompi.com.

Perlu diketahui juga bahwa leskompi ini selalu update soal tips dan trik terbaru seputar gadget. Jadi, di website tersebut Anda bisa menemukan solusi-solusi untuk permasalahan pada Android maupun iOS. Selain itu, leskompi juga punya berbagai macam artikel tips dan trik seputar laptop, Xiaomi, hingga Windows.

3. Custom Notification

Custom Notification

Fitur Whatsapp lainnya yang mungkin jarang digunakan oleh penggunanya adalah Custom Notification. Fitur yang satu ini berfungsi sebagai pembeda suara notifikasi untuk kontak-kontak Whatsapp tertentu. Misalnya, Anda ingin nada dering yang berbeda untuk gebetan maka andalkan fitur custom notification ini.

Nah, cara menggunakan fiturnya cukup mudah. Pertama, Anda buka profil kontak yang ingin Anda bedakan nada deringnya. Kedua, klik bagian Custom notifications atau Gunakan Notifikasi Khusus. Setelah itu, pilih nada dering sesuai dengan keinginan Anda. Selesai, sangat mudah, kan?

4. Tanda Bintang

Tanda Bintang

Whatsapp juga punya fitur Favorite atau dikenal juga sebagai “tanda bintang”. Kalau fitur ini bertujuan untuk menandakan obrolan penting dengan lawan chatting Anda.

Misalnya, lawan chatting Anda mengirimkan alamat lewat Whatsapp dan Anda tidak ingin chat tersebut hilang maka gunakanlah fitur tanda bintang ini. Jadi, kalau Anda menandakan beberapa chat Whatsapp dengan tanda bintang, secara otomatis Whatsapp akan menyimpannya untuk Anda.

Jika Anda ingin melihat ulang chat penting yang sudah ditandai bintang maka Anda hanya perlu masuk ke obrolan dengan lawan chatting dan klik simbol titik tiga di bagian kanan atas. Terakhir, pilihlah Starred Message dan semua pesan penting yang sudah ditandai akan muncul sendirinya.

5. Fitur Pencarian/Search

Fitur Pencarian Search

Kalau sebelumnya tanda bintang untuk menandai pesan penting, bagaimana jika Anda lupa untuk menandai pesan penting? Apakah sudah tidak bisa mencari pesan penting tersebut? Tentu saja masih bisa dicari dengan fitur pencarian atau search. Misalnya, Anda membutuhkan alamat dari lawan chatting Anda, nah Anda hanya perlu mencarinya dengan fitur search.

Caranya mudah, Anda buka obrolan dengan lawan chatting. Lalu, klik simbol titik tiga di bagian pojok kanan atas. Kemudian, pilihlah search. Setelah itu, ketikan kata-kata yang berhubungan dengan alamat yang ingin Anda cari di obrolan tersebut, misalnya ketikan “Alamat” maka Whatsapp akan memunculkan semua kata “Alamat” pada obrolan Anda dengan lawan chatting.

6. Membuat Huruf Tebal, Cetak Miring dan Coret

Membuat Huruf Tebal, Cetak Miring dan Coret

Biasanya, teks dengan huruf tebal dan cetak miring hanya ditemukan di Word. Nah, sekarang Anda bisa menemukannya juga di Whatsapp. Dengan kehadiran fitur ini, mungkin Anda bisa menebalkan, memiringkan, dan mencoret beberapa kata penting saat melakukan chatting di Whatsapp.

Untuk bisa menggunakan fiturnya juga sangat mudah. Saat Anda ingin menebalkan kata-kata di chatting Whatsapp, Anda perlu memulainya dengan mengetik tanda (*) dan akhiri juga tanda (*), contoh: *halo*. Kalau untuk cetak miring, bisa dimulai dengan tanda (_) dan di akhiri juga tanda (_), contoh: _halo_.

Selain cetak miring dan huruf tebal, Anda juga bisa mencoret kata-kata di chatting Whatsapp. Caranya, Anda hanya perlu mengawali dan mengakhiri kata-katanya dengan simbol (~), contoh: ~halo~.

Nah, kalau Anda ingin menebalkan, menyetak miring, sekaligus mencoret kata-kata tertentu, gunakan ketiga simbolnya secara bersamaan di bagian awal dan akhir, contoh: _~*halo*~_

7. Live Location

Live Location

Satu lagi fitur yang mungkin jarang digunakan oleh pengguna Whatsapp, yakni Live Location. Fitur ini bertujuan untuk mengetahui lokasi terkini dari lawan chatting Anda. Meskipun lawan chatting Anda berpindah lokasi, Anda masih bisa melacaknya dengan fitur ini. Bukan hanya melacak lokasi lawan chatting, tapi Anda juga bisa mengirimkan lokasi Anda sendiri ke lawan bicara Anda.

Untuk mengirimkan lokasi Anda ke teman Whatsapp caranya sangat mudah. Pertama, Anda buka chatting dengan teman yang ingin Anda kirimkan lokasi. Lalu, klik simbol attach. Kemudian, Anda pilihlah fitur location dan langsung klik Live Location. Jangan lupa untuk pilih durasi berapa lama lokasinya bisa dilacak oleh teman Whatsapp Anda, 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.

8. Centang Biru

Centang Biru

Centang biru di Whatsapp adalah fitur dimana Anda bisa mengetahui chat sudah dibaca atau belum oleh lawan chatting Anda. Tapi, ketika centang biru tersebut aktif, artinya semua teman Whatsapp Anda juga bisa memantau chat yang sudah dibaca atau belum dari Anda.

Nah, kalau Anda tidak ingin teman Whatsapp mengetahui hal tersebut, Anda bisa mematikan fitur centang biru ini. Caranya sangat mudah: Setting > Account > Privacy > Read Receipts (geser simbol bulat ke kiri). Simpel banget, kan?

Nah, itu dia beberapa fitur dasar di Whatsapp yang perlu diketahui para penggunanya. Semua fitur ini punya fungsinya sendiri dan bisa diatur oleh pengguna Whatsapp sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tahu fitur unik lainnya yang ada di Whatsapp? Yuk, tuliskan di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *