carisinyal web banner retina

Fitur-Fitur ‘Tongkat Sihir’ S Pen untuk Kehidupan Kamu Sehari-Hari

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Pada tanggal 18 Agustus 2020 silam, Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra resmi diluncurkan di Indonesia. Kedua tipe Samsung Note terbaru ini punya performa yang tangguh, baterai besar, layar yang memukau, dan tidak lupa S Pen yang lebih canggih dibandingkan dengan S Pen di series Galaxy Note sebelumnya.

S Pen dari Samsung kali ini membawa banyak fitur dan spesifikasi yang lebih baik. Samsung juga mengklaim, S Pen kali ini lebih responsif berkat latency yang lebih rendah, hanya 9ms. Dengan begitu, S Pen di Galaxy Note20 series bisa merespon pergerakan dengan cepat dan singkat, tidak ada lagging saat mengetuk layar menggunakan pen.

Bahkan, Samsung juga menyebut S Pen-nya ini punya jeda yang tidak terasa karena saking responsifnya. Konsep Power to Work ini membuat pengguna lebih nyaman menggunakan S Pen untuk menulis, menggambar, dan bekerja. Jadi, memang S Pen ini dirancang sedemikian rupa untuk menjaga produktivitas penggunanya yang lebih gesit dan lebih mudah.

Selain mengembangkan tingkat responsivitas di S Pen, Samsung juga memberikan beragam fitur unggulan. Fitur-fitur ini yang akan membuat pengguna lebih nyaman saat bekerja. Tidak hanya untuk bekerja di rumah saja, S Pen ini juga sangat cocok digunakan untuk yang aktif bekerja di luar ruangan. 

Peningkatan performa dan fitur ini diakui sendiri oleh Taufiqul Furqan selaku Product Manager Samsung Electronics Indonesia yang menyebutkan, “Pada Samsung Galaxy Note20 ini kami telah memberikan peningkatan pada performa dan fitur dari S Pen sendiri." Untuk membuktikan sehebat apa fitur yang ada di S Pen, mari simak ulasannya di sini.

1. Air Action

Air Action

ni adalah salah satu fitur yang menarik. Di fitur Air Action memungkinkan penggunanya bisa mengontrol HP menggunakan S Pen tanpa perlu menyentuh layar. Jadi, sensor dari Air Action ini dibuat berdasarkan sensor Gyroscope sehingga bisa mengklik atau mengotrol apapun yang dilakukan di HP tanpa perlu bersentuhan dengan layar. Tinggal arahkan S Pen saja.

Yang lebih mengesankan, AI dari S Pen di Galaxy Note20 series punya peningkatan yang sangat signifikan. Jadi, sudah bisa dipastikan kalau menggunakan Air Action tidak akan mengalami hambatan dan pengontrolannya pun lebih akurat.

2. Beberapa Navigasi Baru

Beberapa Navigasi Baru

S Pen tidak hanya untuk sekedar tulis menulis atau mengontrol aplikasi tanpa menyentuh layar saja. S Pen bisa melakukannya lebih dari itu dengan berbagai navigasi yang sangat membantu para pengguna Galaxy Note20 Series.

Memang, sebelum adanya Note20 Series, setiap Samsung Pen sudah dibekali dengan sistem navigasi standar. Tapi kali ini, Samsung memberikan navigasi yang baru, di antaranya adalah Smart Select, Screen Writer, Back, Recent App, Home, dan Screen Capture

3. Anywhere Action

S Notes Memudahkan Bekerja di Era #NewNormal

Satu lagi fitur baru yang menarik di S Pen yang disebut sebagai Anywhere Action. Sesuai dengan namanya, S Pen ini bisa digunakan dalam kondisi apapun, tidak harus di atas layar HP saja tapi bisa juga untuk mengontrol di perangkat lain, salah satunya Smart TV. Bahkan dengan S Pen, pengguna bisa menyimpan data ke dalam dua format, yakni Word dan PDF secara langsung.

Berkat kerjasama yang dibangun oleh Samsung dan Microsoft, membuat pengguna Galaxy Note 20 Series semakin mudah karena bisa langsung mengedit dokumen Word atau PDF secara langsung. Cukup sentuh dan klik di S Pen maka semuanya bisa dikendalikan dengan sempurna.

Ingin melakukan presentasi dengan dokumen tadi? Gampang, langsung sambungkan Galaxy Note 20 Series ke Smart TV dan pengguna bisa mengontrolnya dari jarak jauh dengan menggunakan S Pen.

4. Audio dan Text Synchronization

Audio dan Text Synchronization

Galaxy Note series memang selalu menghadirkan fitur voice note, tapi untuk kali ini fitur tersebut terasa lebih spesial karena voice note bisa digunakan secara bersamaan dengan aplikasi catatan. Untuk mengaktifkan voice note dan menulis catatan secara bersamaan, pengguna bisa melakukannya hanya dengan menggunakan S Pen.

Tentu saja hasil catatan yang ditampilkan bisa lebih lengkap, karena jika ada catatan yang terlewat, bisa klik salah satu teks tersebut menggunakan S Pen. Secara otomatis, hasil rekaman akan langsung disinkronkan dengan catatan kamu sebelumnya sehingga hasil catatannya lebih rapi dan detail.

5. Air Command

Air Command

Air Command merupakan fitur yang cukup fungsional dari S Pen. Dengan fitur ini, pengguna bisa menampilkan ikon kecil di layar untuk mengontrol Galaxy Note agar lebih mudah saat menggunakan S Pen. Fitur Air Command ini secara otomatis akan muncul dengan sendirinya ketika S Pen diaktifkan dengan cara klik pada tombol S Pen.

Namun, jika Air Command tidak muncul di layar saat S Pen aktif, berarti pengguna harus mengaturnya terlebih dahulu. Untuk melakukan mengaktifkannya sangat mudah.

Pertama, masuk ke menu setting. Lalu, pilihlah opsi Advanced Features. Kemudian, klik pada fitur Air Command. Terakhir, klik Floating icon. Selesai, silahkan nikmati kemudahan bekerja menggunakan S Pen dari Galaxy Note20 series!

Lantas apa saja isi dari Air Command? Ada banyak dan pengguna bisa memilih aplikasi apapun yang akan muncul di Air Command. Untuk mengaturnya bisa langsung klik di ikon Air Command dan klik pada bagian Add Shortcuts. Selanjutnya, pilihlah aplikasi yang ingin dimunculkan pada fitur Air Command ini.

Nah, kalau pengguna tidak ingin menampilkan Air Command di layar, cukup drag and drop pada ikon Air Command. Lalu, arahkan ke simbol “tempat sampah” di bagian atas dan selesai, kini Air Command tidak akan muncul di layar.

6. Remote Control

Remote Control

Selain untuk menampilkan dan memudahkan pengguna dengan fitur Air Command, S Pen juga bisa difungsikan sebagai Remote Control. Dengan S Pen, penggunanya bisa melakukan foto jarak jauh tanpa harus mengklik di layar HP. Cukup klik pada tombol S Pen dan sudah bisa memotret foto dengan baik.

Tidak hanya itu saja, S Pen juga bisa terhubung dengan materi presentasi yang ada di Power Point. Jadi, penggunanya tidak perlu repot menekan layar, kontrol presentasi dari jarak jauh dengan klik di tombol S Pen. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengatur setiap folder yang ada di HP, baik itu folder foto, video, maupun catatan.

7. Folder dan Auto Synchronize

Auto Synchronize

S Pen memang sangat memudahkan penggunanya dalam mengontrol setiap pergerakan di Galaxy Note20 series. Maka dari itu, Samsung kini menghadirkan sebuah fitur terbaru namanya Folder. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengatur setiap catatan untuk dirapikan ke dalam folder tertentu dengan menggunakan S Pen, cukup drag and drop saja.

Lalu, ada juga fitur yang disebut dengan Auto Synchronize. Dengan fitur ini, setiap data yang ada di Note20 Series bisa langsung tersinkronisasi di setiap perangkat para penggunanya, seperti laptop, Smart TV, dan lainnya.

Tidak heran jika S Pen disebut sebagai ‘tongkat sihir’. Dengan satu pen saja, pengguna Note20 series sudah bisa melakukan banyak hal. Ada yang bisa memotret dari jarak jauh, mengklik tanpa menyentuh layar, hingga melakukan screen capture dengan satu kali klik di S Pen semuanya bisa terintegrasi dengan sempurna!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram