Carisinyal / Samsung Galaxy Note20 / Yuk Ketahui Fitur-Fitur Kamera Samsung Galaxy Note20 Ultra Ini!

Yuk Ketahui Fitur-Fitur Kamera Samsung Galaxy Note20 Ultra Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai ponsel flagship, Samsung Galaxy Note20 Ultra hadir dengan berbagai fitur perangkat lunak yang inovatif. Keunggulan-keunggulannya tidak hanya terbatas pada layar dan penggunaan S Pen saja, lho!

Rupanya, kamera dari ponsel Samsung ini juga sanggup membuat siapapun terkesima berkat fitur-fiturnya yang jarang ditemui pada perangkat lain. Sebagai informasi, tersemat konfigurasi triple camera di belakang dengan resolusi 108 MP sebagai kamera utamanya.

Lensa utama ini memiliki ukuran lensa cukup besar, yakni 1/1.33″. Adapun dua lensa lainnya yang terdiri dari sensor ultrawide 12 MP dan juga kamera telefoto (periskop) berkekuatan 12 MP. Sementara itu, di bagian depan terdapat lensa selfie 10 MP dengan focal length 26 mm.

Itu tadi baru penjelasan singkat mengenai spesifikasi kameranya. Berikut adalah fitur-fitur menarik dari kamera Samsung Galaxy Note20 Ultra yang bisa membuat Anda tampil lebih kreatif.

1. Zoom Hibrida Hingga 50X

zoom note20 ultra

* sumber: www.wbmirror.com

Telah disebutkan bahwa Samsung Galaxy Note20 Ultra dibekali dengan lensa periskop beresolusikan 12 MP. Lensa ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar objek secara lossless dengan zoom optik 5x.

Pengambilan gambar secara zoom optik ini akan menghasilkan kualitas gambar yang sama dengan tanpa zoom. Ada pula variasi zoom lainnya secara hibrida yakni 2x, 4x, 10x, 20x, dan yang paling besar adalah 50x.

Ini adalah fitur pemotretan yang sangat berguna saat Anda sedang menikmati sebuah konser ataupun sedang berada di satwa alam liar. Kualitas gambar yang ditangkap dengan zoom hibrida ini juga termasuk yang terbaik di kelasnya, dan sudah termasuk fitur stabilisasi OIS supaya hasil foto tidak begitu mudah blur akibat goyang saat diambil.

2. Menentukan Sumber Arah Suara Mic

Ini dia fitur yang ditunggu-tunggu para vlogger. Fitur perekaman video yang satu ini dapat membantu pengguna agar suara yang terekam pada mic lebih terdengar jelas, yakni dengan memberitahukan ponsel ini di mana letak arah suara berasal.

Fitur ini dinamakan Multi-Source Microphone dan mempergunakan kombinasi dari tiga mic di lokasi yang berbeda – rear (belakang), front (depan), dan omni (segala arah). Apabila Anda memilih mode belakang, maka suara yang lebih terdengar jelas datang dari belakang ponsel.

Sebaliknya, jika Anda ingin supaya pembicaraan Anda terdengar jelas, sebaiknya pilih mode depan. Sedangkan, mode omni menangkap suara yang seimbang dari segala arah.

Tidak hanya itu saja, Anda pun dapat mengsinkronkan earphone Galaxy Buds Live untuk menjadikannya mic agar suara omongan Anda terdengar lebih keras.

Selain menentukan arah sumber suara, fitur ini juga dapat menampilkan audio input level serta memungkinkan Anda untuk mengatur volume suara yang ingin ditangkap oleh mic.

3. Dapat Mengatur Kecepatan Zoom

Salah satu fitur kamera yang jarang ditemukan pada ponsel lain adalah Pro Video Mode, yakni kemampuan mengatur kecepatan zoom dan juga menyetel tingkat kecerahan video.

Anda bisa menentukan sendiri mau secepat apa zoom dilakukan dengan mengaturnya melalui slider. Saat slider dinaikkan sedikit saja, maka kamera pun akan melakukan zoom secara perlahan. Dengan fitur ini, pekerjaan videografer ataupun content creator akan menjadi lebih mudah.

4. Pilih Warna Background untuk Selfie

Di kamera Samsung Galaxy Note20 Ultra, terdapat salah satu mode bernama Single Take. Singkatnya, mode ini bisa mengambil video pendek dengan durasi yang bisa dipilih, yakni 5 detik, 6 detik, 7 detik, dan seterusnya hingga 15 detik.

Fitur Single Take ini sangat berguna jika kerepotan memilih foto selfie dengan angle yang bagus. Setelah merekam, fitur Color Picking Portrait yang ditenagai oleh AI akan menawarkan 14 pilihan foto yang beragam. Anda pun bisa memiilh warna latar belakang yang berbeda-beda seolah sedang melakukan sesi foto di studio.

5. Resolusi Perekaman Hingga 8K

Apakah Anda seorang videografer profesional yang ingin menghasilkan karya beresolusi tinggi? Jika iya, salah sati fitur menarik dari kamera Samsung Galaxy Note20 Ultra ini sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, ada berbagai macam resolusi yang bisa digunakan untuk merekam video, yakni 1080p, 4K, dan bahkan 8K.

Resolusi 8K ini mengusung rasio 16:9 (7680 x 4320 piksel) dan 21:9 (7680 x 3296 piksel), serta berjalan pada kecepatan 24 FPS. Resolusi ini memang cukup jarang untuk ponsel di rentang harga di bawahnya. Hal inilah yang membuat Samsung Galaxy Note20 Ultra tidak hanya cocok untuk pemakaian sehari-hari, tapi juga sebagai alat penunjang profesional seperti pembuatan proyek film pendek dan dokumenter.

6. Mendukung Frame Rate 120 FPS

Yang satu ini juga fitur perekaman yang cukup jarang ditemukan di HP lain. Untuk semakin mendukung laju penyegaran 120 Hz, fitur perekamannya pun sudah mendukung frame rate tinggi, yakni 120 FPS.

Anda pun bisa menikmati hasil video dengan pergerakan yang terasa licin menggunakan layar ponsel yang memiliki laju penyegaran di angka yang sama. Selain itu, mengambil video slow-motion juga bisa menunjukkan detil frame by frame yang sangat baik.

7. Scene Detection dengan Penambahan BGM

Fitur yang satu ini pastinya cocok bagi Anda yang suka menonton video klip musik dan tertarik untuk membuatnya sendiri. Pasalnya, fitur perekaman pada kamera ponsel ini menghadirkan pula scene detection yang bisa menambahkan filter, disesuaikan dengan tone yang ingin dicapai.

Bahkan, Anda pun bisa memilih berbagai hasil yang telah digabungkan dengan background music yang sesuai dengan scene. Fitur BGM Suggestion ini bertujuan untuk membuat video lebih mengesankan. Anda pun bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuatkan video pendek untuk teman yang berulang tahun, membuat video kenang-kenangan, atau membuat video profesional untuk diunggah ke YouTube.

Simpulan

Dari fitur-fitur menarik tadi, terlihat bahwa keunggulan kamera Samsung Galaxy Note20 Ultra yang lebih utama bukanlah terletak pada spesifikasi teknis. Akan tetapi, keunggulan kamera ini sungguh baru terasa saat Anda mulai menggunakan fitur-fiturnya yang terlahir dari dedikasi Samsung dalam mengoptimalkan software-nya.

Dengan Samsung Galaxy Note20 Ultra, kini tidak hanya pelaku content creator profesional yang bisa menghasilkan karya video atau foto yang menakjubkan. Jadi, fitur kamera mana yang menjadi favorit Anda?

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *