Fitur-Fitur Konektivitas Terbaru di Galaxy S21 Series 5G

Ditulis oleh Listiorini

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Samsung adalah produsen smartphone terbesar sudah sangat mendunia. Bahkan, produsen smartphone asal Negeri Ginseng ini sangat rajin dalam menelurkan berbagai macam HP terbaru. Setiap kali Samsung mengeluarkan HP terbaru, pasti diselipi dengan fitur-fitur yang sangat menarik perhatian.

Nah, kali ini mereka memperkenalkan smartphone di lini seri Galaxy S dengan nama Samsung Galaxy S21 5G. Yap, di sini ada kata “5G” yang artinya HP ini sudah mendukung konektivitas 5G dengan klaim bisa internetan dengan cepat dibandingkan dengan konektivitas pendahulunya. Bahkan 5G ini digadang-gadang bisa menunjang produktivitas yang lebih efektif dan efisien untuk para penggunanya.

Hal tersebut ditegaskan oleh Verry Octavianus selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia yang menyatakan bahwa HP Samsung galaxy S21 Series 5G ini memastikan bisa digunakan oleh pengguna yang relevan dengan kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang.

Bahkan, beliau juga menyebutkan bahwa produknya kali ini adalah sebagai jawaban atas tantantangan-tantangan yang relevan. Salah satunya adalah tentang pentingnya konektivitas bagi para pengguna Samsung di seluruh dunia.

Dari sanalah Samsung membawa teknologi konektivitas yang relevan dengan masa kini dan masa sekarang, yakni dengan menyematkan fitur 5G, WiFi 6E, dan UWB. Lantas sebaik apa fitur-fitur tersebut Ketika dijalankan di Samsung Galaxy S21 Series 5G ini? Berikut penjelasan lebih lengkapnya, silakan baca terus sampai akhir artikelnya, ya!

5G untuk Internet yang Lebih kencang

galaxy s21 ultra desain

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini 5G adalah konektivitas yang diklaim lebih kencang dibandingkan konektivitas para pendahulunya. Dikatakan, koneksi 5G bisa menghasilkan low latency serta bandwidth 100 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan konektivitas 4G. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi semua pihak mengingat sekarang kebutuhan konsumen pun semakin meningkat, terutama dalam berselancar di Internet

Dengan adanya 5G akan membuat para pengguna Samsung Galaxy S21 Series 5G lebih produktif dalam menjalankan pekerjaannya yang serba online. Bukan soal pekerjaan saja, kehadiran 5G juga menguntungkan para content creator yang selalu update di sosmed. Mereka bisa mem-posting konten ke sosmed tanpa harus terkendala dengan internet.

Bahkan, manfaat 5G juga bisa dirasakan untuk para pelajar. Dengan maraknya online learning, pelajar membutuhkan internet yang lancar agar bisa belajar dengan nyaman. Kehadiran 5G inilah yang akan membantu mereka belajar tanpa perlu khawatir dengan koneksi internet yang lamban.

Namun, untuk mendukung 5G lebih efektif dan efisien maka dibutuhkan SoC yang bisa mengimbanginya. Maka dari itu, Samsung galaxy S21 Series 5G sudah ditenagai dengan SoC kompatibel dan cocok untuk menjalankan konektivitas 5G.

WiFi 6E, Konektivitas yang Lebih Baik

Galaxys21+ Budspro Watch Lifestyle Violet 201230074837

Di tahun 2019 lalu, WiFi 6 menjadi generasi WiFi terbaru yang kemudian disebut juga dengan 802.11ax. Digadang-gadang, WiFi 6 memiliki performa yang lebih kencang dan cepat dibandingkan dengan WiFi 5. Rata-rata kecepatan di WiFi 6 sendiri berada di angka 9,6 Gbps. Angka tersebut lebih unggul sekitar 40% jika dibandingkan dengan WiFi 5 yang hanya mentok di angka 6,9 Gbps saja.

Meski dinyatakan lebih baik, namun ternyata WiFi 6 ini punya sedikit permasalahan, yakni kepadatan yang berlebih pada spektrum 2 GHz hingga 5 GHz, sehingga ia pun dinyatakan agak sulit untuk berkembang. Permasalahan tersebut pun akhirnya memunculkan WiFi 6E sebagai solusinya. Di label terbarunya ini, WiFi 6E mampu meningkatkan latensi yang lebih rendah dengan pita yang lebih luas hingga 6 GHz.

Tidak hanya itu saja, konektivitas di WiFi 6E ini jauh lebih unggul, terutama soal internet. Pasalnya, ia menggunakan saluran yang lebih luas dengan kapasitas tambahan. Dengan begitu, kinerja yang dihasilkan oleh jaringan pun lebih kencang dan jangkauan areanya pun lebih lebar meski berada di area jangkauan WiFi yang padat pengguna.

Kelebihan-kelebihan seperti itu dapat dirasakan oleh para pengguna Samsung Galaxy S21 Series 5G yang menghadirkan WiFi 6E sebagai penunjang fitur konektivitasnya. Namun, kelebihannya tidak cukup sampai di sana karena ternyata WiFi 6E di Samsung Galaxy S21 Series 5G sudah didukung dengan yang namanya Intelligent WiFi.

Kehadiran teknologi tersebut diklaim bisa berselancar di internet dengan lebih lancar tanpa hambatan di berbagai situasi. Kelancaran tersebut juga dibantu dengan kehadiran algoritma AI, dimana teknologi tersebut bisa menganalisis dan mempresiksi jalur koneksi pada aplikasi yang sedang digunakan dalam HP-nya. Bahkan, ia juga bisa menganalisis kualitas aplikasi mana saja yang tersambung dengan WiFi. Semua itu dilakukan secara real time.

Kelebihan lainnya dari algoritma AI ini adalah mampu mengatur kualitas WiFi sehingga bisa meningkatkan kinerja internet dan mengurangi lantensi untuk kebutuhan yang lebih mendesak. Misalnya, untuk kebutuhan video call, bermain game online, hingga streaming.

Namun, saat koneksi internet WiFi yang digunakan sedang bermasalah atau diperkirakan buruk maka teknologi dari WiFi 6E ini akan langsung mengalihkan internet ke jaringan seluler dengan cepat. Jadi, pengguna masih bisa melakukan aktivitas internetnya tanpa terhambat dengan perpindahan jaringan yang terlalu lama.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram