Fitur SmartThings Find di Samsung Galaxy S21 Series untuk Membantu Kehidupan Sehari-hari

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Waktu saya menonton drama Korea  The Penthouse musim pertamanya, perhatian saya bukan cuman cerita dan karakter, tetapi gawai yang selalu mereka pegang. Di drama Korea ini, hampir semua (atau bahkan semua) memakai perangkat Samsung Galaxy (Ada yang seri Flip, Fold, dan Note20 series terbaru).

Di musim keduanya, lagi-lagi saya memperhatikan ponsel yang mereka pakai. Salah satu yang menarik perhatian adalah karakter utama Oh Yoon Hee (diperankan Eugene) yang memegang Samsung Galaxy S21 Plus di Episode  5 (episode 10 versi yang tayang di VIU) .

SmartThings
Sumber: SBS

Di episode tersebut, Oh Yoon Hee mengakses SmartThings di perangkat Samsung Galaxy S21 Plus pada malam hari. Ia mengatur alarm untuk menyala 6 jam kemudian alias di pagi hari.

Ia juga mengatur TV dan filter udara agar menyala secara otomatis lewat pilihan “Awake Smart Device”.

Beberapa menit kemudian, ditampilkan adegan alarm di perangkat Samsung

Adegan pun beralih saat pagi hari, tepatnya pukul 06.30. Alarm ponsel menyala, TV dan filter udara pun menyala secara otomatis.

SmartThings
Sumber: SBS

Adegan tersebut jelas adalah iklan tetapi dengan cara yang halus dan elegan. Tapi, saya tidak akan berkomentar jauh soal promosi iklan lewat drama Korea ini. Saya juga tidak akan bercerita soal cerita The Penthouse di artikel ini.

Fokus saya adalah bahwa perangkat Samsung Galaxy S21 Plus yang digunakan Oh Yoon Hee di adegan tersebut memiliki fitur yang menarik. Fitur tersebut merupakan fitur SmartThings. Fitur ini merupakan sebuah aplikasi yang hadir di perangkat besutan Samsung, terutama Samsung Galaxy.

SmartThings.sebenarnya bukan fitur baru. Fitur ini sudah hadir sejak 2014. Fitur ini memungkinkan para pengguna smartphone Samsung untuk mengendalikan perangkat lain lain karena sudah sering terhubung.

Teknologi ini adalah salah satu cara dari Samsung untuk menunjang kebutuhan Smart Home yang bakal jadi kebutuhan di masa depan.

SmartThings menjadi semakin pintar berkat hadirnya fitur yang dinamakan SmartThings Find. Fitur ini hadir di perangkat flagship terbaru Samsung,  Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Mengenal SmartThings Find

SmartThings Find

Dari namanya, saya selalu berpikir bahwa SmartThings Find bakal mirip dengan fitur Find My Mobile, sebuah fitur khas Samsung untuk menemukan perangkat Smartphone dengan mudah.

Namun, dugaan saya salah. SmartThings Find lebih dari itu.

SmartThings Find pada Galaxy S21 Series 5G merupakan fitur yang dapat membantu para penggunanya agar lebih mudah  menemukan semua perangkat-perangkat Galaxy, dan tidak terbatas hanya untuk mencari smartphone saja.

Fitur ini bekerja untuk mencari perangkat Samsung Galaxy lewat Google Map. Yang menarik, fitur ini mampu melacak perangkat bahkan ketika perangkat tersebut berada di luar jaringan. (offline).

Mengapa bisa? Karena SmartThings Find bekerja dengan memanfaatkan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan Ultra-wideband (UWB). Dengan teknologi ini, pengguna dapat dengan mudah  melacak perangkat Galaxy, mulai dari smartphone, tablet, smartwatch, dan earbuds pengguna yang hilang.

Misalnya, ketika sebuah perangkat mati lebih dari 30 menit, perangkat tersebut akan otomatis mengirimkan sinyal BLE agar dapat diterima perangkat lain.

Dengan teknologi ini, ketika perangkat saya hilang, saya bisa memakai perangkat lain untuk menemukan perangkat yang hilang tersebut dengan cara mem-flag. Cukup menarik bukan?

SmartThings Find Membantu Banyak Orang

Oh Yoon Hee The Penthouse 2 dan Samsung Galaxy S21 Plus
Sumber: SBS

Adegan Oh Yoon Hee di drama Korea Penthouse hanya contoh bagaimana teknologi dapat membantu manusia menjadi lebih mudah. Dan dengan SmartThings Find, banyak orang yang bakal lebih mudah dalam menjalani kehidupan dan produktivitas mereka.

Menurut saya, klaim ini tidak berlebihan. Fitur SmartThings Find ini bukan fitur keren-kerenan dari Samsung tapi bakal sangat menolong berbagai tipe/karakter orang di dunia nyata.

Saya berikan 5 contoh bagaimana SmartThings Find membantu aspek kehidupan manusia sehari-hari.

1. Orang yang Sering Lupa Menaruh Barang

Perkenalkan sebuah aksesoris pendukung SmartThings Find yang dinamakan SmartTag. SmartTag adalah aksesoris berbasis Bluetooth yang dapat ditempelkan pada barang-barang tertentu. Tujuannya agar perangkat Samsung nantinya dapat menemukan barang-barang tersebut.

Contoh paling mudah adalah ketika kehilangan kunci kendaraan. Saya adalah orang yang sering lupa menaruh barang, termasuk kunci kendaraan. Kadang saya suka kesal sendiri karena saya lupa tempat terakhir menaruh kunci tersebut.

Jika kunci tersebut saya pasangkan Galaxy SmartTag, saya tinggal akses SmartThings Find untuk mencari lokasi atau keberadaan kunci tersebut.

SmartThings Find

Seperti yang sudah saya sebut, SmartThings Find memanfaatkan teknologi BLE. Ketika kunci hilang, aksesoris tersebut akan menirimkan sinyal BLE ke perangkat Galaxy terdekat. Sinyal tersebut kemudian dikirimkan ke server SmartThings Find.

Jika sudah, nanti bakal ada notifikasi  dengan tulisan “your Galaxy SmartTag has been spotted by nearby Galaxy device" (Galaxy SmartTag anda telah ditemukan perangkat Galaxy terdekat).

Jangkauan dari SmartTag ini adalah 120 meter. Jangkauannya tergolong cukup luas dan bakal membantu banyak orang yang lupa barang penting mereka. Bukan hanya kunci, tetapi juga barang seperti dompet atau barang lain yang sering lupa simpan, akan dengan mudah ditemukan selama barang tersebut memakai SmartTag.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram