carisinyal web banner retina

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Kendati Windows dan Mac sudah hadir dengan font manager bawaan, terkadang seorang desainer memerlukan fungsi yang lebih advanced lagi untuk kemudahan mengerjakan proyek.

Font manager bawaan cenderung hanya bisa melakukan sedikit preview dan juga menawarkan fitur penginstalan. Tapi bagaimana kalau kamu butuh fitur lebih seperti pencarian, pengorganisasian, dan integrasi dengan aplikasi desain?

Untuk fitur-fitur tersebut, kamu harus gunakan aplikasi font manager pihak ketiga yang punya fungsionalitas lebih baik dan kegunaan yang beragam. Masalahnya, saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi font manager yang bisa dipilih, sulit untuk mengetahui mana yang bagus dan cocok untuk kamu.

Itu mengapa, Carisinyal akan memberikan rekomendasi 10 font manager terbaik yang tidak hanya akan membuat hidupmu lebih praktis, tapi juga akan mempermudahmu dalam menentukan font yang cocok untuk proyekmu. Mau tahu apa saja? Yuk, langsung disimak yang berikut ini!

1. FontBase

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini! 1

Salah satu font manager terbaik yang bisa didapatkan pada semua platform adalah FontBase. Dengan aplikasi ini kamu bisa meng-handle seluruh koleksi font yang kamu punya dengan cara yang menyenangkan.

Hadir dengan user interface yang indah, FontBase tak hanya nyaman digunakan tapi juga memiliki fitur berguna seperti pencarian font dari perpustakaan yang sangat lengkap, dukungan integrasi dengan Google Font, dan juga kemampuan bereksperimen dengan font style tertentu (Heading 1, Heading 2, dan sebagainya).

FontBase juga memungkinkan pengguna untuk mengaktivtasi font tanpa harus menginstalnya. Font yang diaktifkan langsung dapat digunakan pada beragam aplikasi lain, seperti Adobe Photoshop, Microsoft Word, dan sebagainya.

Jika kamu memiliki lisensi berbayarnya, kamu pun dapat menikmati fitur Auto Activation. Fitur ini akan mendeteksi font-font yang hilang saat membuka file PSD di Photoshop, dan langsung mengaktifkan font tersebut secara otomatis.

Aplikasi font manager ini tersedia untuk platform MacOS, Windows, dan juga Linux. Kunjungi laman unduhannya di sini dan raup berbagai fitur menariknya!

2. FontSuit

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini! 3

Dari segi antarmuka, mungkin FontSuit tidak seindah dan senyaman FontBase. Lalu, FontSuit juga hanya mendukung sistem operasi Windows saja. Akan tetapi, ukurannya yang ringan dan tidak makan banyak resource membuat proses me-manage font jadi terasa begitu cepat sekalipun pada PC berprosesor Intel Pentium sekalipun.

Kamu bisa melakukan preview terhadap font sekalipun belum diinstal. Jenis-jenis font yang di-support juga merupakan jenis paling populer di Windows seperti TrueType, OpenType, dan juga Adobe Type 1.

Menariknya lagi, pengguna hanya perlu melakukan drag and drop terhadap font yang ingin dieksperimenkan untuk membuat font sets. Nantinya, font set ini akan memudahkan pengguna untuk mencari koleksi font yang dibutuhkan saat hendak membuat sebuah proyek.

FontSuit Lite sendiri dapat diunduh secara gratis, memiliki semua fitur yang dimiliki versi berbayar kecuali dukungan terhadap tipe font Postscript dan OpenType. Tertarik memiliki aplikasi ini? Kunjungi laman unduhannya di sini.

3. FontStand Agent

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini! 5

Bingung saat harus mencari font berkualitas terbaik? Gunakan saja aplikasi FontStand yang akan memungkinkan kamu untuk mencoba font-font premium dan berkelas secara gratis, juga untuk menyewanya dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang harus membelinya.

Mencari-cari dan memilih-milih font juga cukup menyenangkan, lho. Antarmukanya mirip-mirip dengan marketplace sehingga navigasinya pun tidak begitu ribet. Kalau mencari font dengan kebutuhan yang spesifik, tinggal atur-atur saja filternya dari segi ukuran x-height, dukungan bahasa, tipe font Serif/Sans/Slab/Display/Script, dan sebagainya.

Untuk dapat meng-gauge inspirasi pengguna, FontStand Agent juga menampilkan koleksi-koleksi font yang telah terkurasi dan pengguna juga dapat mencari font berdasarkan Foundries bergengsi seperti Feliciano, LudwigType, The Pyte, dan masih banyak lagi. Kamu bisa klik link ini untuk mengunduhnya.

4. Right Font

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini! 7

Selanjutnya adalah Right Font, sebuah aplikasi manage font yang tersedia untuk Mac yang bisa memudahkan pengguna dalam menginstal, mengorganisir, dan juga mengsinkronkan koleksi font dengan perangkat lain.

Semua hal di aplikasi ini bisa dilakukan dengan hanya seklik saja, termasuk saat mengaktifkan ataupun menonaktifkan font untuk sementara. Right Font juga cocok untuk keperluan kolaborasi tim berkat kehadiran fitur Font Library, yakni layanan yang dapat mensinkronkan semua font melalui cloud service seperti Google Drive dan Dropbox.

Lebih menariknya lagi, pengguna juga disuguhkan App Integration agar dapat mengaplikasikan font dalam sekali klik, saat sedang mengetik pada aplikasi profesional seperti Sketch, Adobe Creative Cloud, Affinity Designer, dan sebagainya.

5. MainType

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini! 9

Pada dasarnya, semua jenis font punya karakteristik tersendiri. Ada font yang bergaya modern, ada yang bersifat elegan, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya kamu memiliki font manager yang dapat mengelompokkan font berdasarkan karakteristik tersebut.

Dengan MainType, kamu bisa lakukan hal tersebut. Kini, setiap kamu butuh font yang cocok untuk proyekmu, tidak perlu lagi sibuk mencari-cari. MainType adalah tool yang powerful dan tetap ringan dalam penggunaannya.

MainType juga merupakan aplikasi yang bisa diandalkan untuk mendapatkan simbol-simbol unicode, cocok untuk pengguna laptop dengan keyboard yang tidak memiliki NumberPad. Selain itu juga, aplikasi ini hadir dengan layout customization memungkinkanmu untuk atur tata letak sesuai selera dan kebutuhan.

Tersedia secara gratis, MainType bisa diunduh untuk platform Windows. Dan pastinya, masih banyak fitur-fitur berguna lainnya yang tak bisa kami sebutkan di sini. Klik tautan ini untuk mengunduhnya!

6. NexusFont

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini! 11

Jika kamu menginginkan font manager dengan antarmuka yang straightforward dan fungsi-fungsi yang lebih sederhana, NexusFont bisa kamu pilih. Aplikasi ini berguna untuk sekadar melihat font yang terinstal, membandingkan antar font, juga mendapatkan informasi menyeluruh pada font.

Saking ringannya, NexusFont hanya memiliki ukuran di bawah 5 MB saja, dijamin tak akan membuat laptop penuh ataupun mengambil banyak daya CPU dan RAM. Bila kamu tidak memiliki izin instal pada laptop, NexusFont juga tersedia secara versi portabelnya tanpa harus diinstal.

Satu hal lagi, NexusFont juga punya fitur-fitur lain seperti mencetak perbandingan font, memberikan preview pada font dengan custom text, mengakses peta karakter, dan masih banyak lagi. Xiles.app sebagai developer-nya juga hadirkan beberapa aplikasi lain seperti file manager dan image viewer. Klik di sini untuk mencicipinya.

7. Flipping Typical

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini! 13

Terkadang, sulit untuk menentukan cocok atau tidaknya font pada desain yang kamu buat tanpa melihat preview terlebih dahulu. Kalau sekadar untuk melihat preview, sebenarnya kamu tidak perlu instal aplikasi apapun karena Flipping Typical sudah tersedia pada web browser.

Fungsi dari font manager ini hanya satu, yakni untuk mendeteksi semua font yang terinstal di komputer dan menampilkan semua preview-nya sekaligus, menggunakan teks apapun yang kamu inginkan.

Cara menggunakannya sangat mudah. Kamu bisa ketikkan nama font pada search bar hitam untuk menemukan font, lalu ubah isian kolom di bawahnya dengan teks kustom. Kamu pun bisa menekan tombol Ctrl B dan I untuk bold dan italic. Cukup kunjungi FlippingTypical.com dan kamu sudah bisa rasakan fitur sederhana namun tetap berguna ini.

8. Typograf

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini! 15

Aplikasi mungil bernama Typograf juga tidak menawarkan fitur yang terlalu flashy atau unik. Akan tetapi, Typograf bisa jadi yang kamu butuhkan selama ini. Sebagai seorang desainer, kamu perlu mencari tahu font lain yang punya kemiripan dengan font tertentu, agar desain bisa lebih variatif namun tetap dengan gaya yang konsisten.

Typograf memungkinkanmu untuk membandingkan font dari segi font class, metrik, dan juga panose. Dengan begini, kamu dijamin tidak akan kehilangan akal dalam hadirkan gaya visual yang diinginkan klien, terlebih jika klien kamu ingin hasil desainnya mirip dengan referensi yang mereka punya.

Ada juga fitur-fitur mendasar lainnya, seperti pengelompokan font, kemampuan mengarsip font dari hardisk eksternal ke dalam database, dan tampilan charset secara lengkap yang masing-masingnya bisa disalin ke clipboard. Tertarik? Kamu bisa langsung unduh dan instal Typograf melalui link ini.

9. SuitCase Fusion

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini! 17

Supaya proses kreasimu bisa berjalan terus tanpa terganggu, SuitCase Fusion hadir sebagai sarana font management yang apik dan praktis. Daripada harus capek-capek mencari font yang telah kamu unduh, SuitCase Fusion mampu mengumpulkan semua font pada satu lokasi terpadu.

Berkat SuitCase Fusion pula, kamu tidak perlu lagi khawatir soal isu missing font pada aplikasi desain seperti Adobe Photoshop dll, karena aplikasi ini akan otomatis menginstal font yang hilang tersebut.

Desainer harus senantiasa mencarikan font baru agar desainnya selalu terlihat fresh dan sesuai niche. Oleh karena itu, SuitCase Fusion menawarkan sistem pencarian yang cepat pada librari Google Font. Ada setidaknya 3.000 koleksi font yang open source sehingga kamu bisa pergunakan font berkualitas secara gratis sekalipun untuk penggunaan komersil.

SuitCase Fusion merupakan aplikasi font yang terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi desain profesional, sehingga tak perlu lagi bingung saat berpindah-pindah antara Adobe Creative Cloud dan Sketch, librari font dijamin akan tersinkronkan.

Kamu bisa dapatkan SuitCase Fusion secara free trial secara 15 hari, atau berlangganan tahunan sebesar $84 per tahun. Klik di sini untuk kunjungi laman produknya, ya!

10. Font Expert

Supaya Terorganisir, Gunakan 10 Font Manager Terbaik Ini! 19

Jika opsi-opsi font manager di atas kurang membuatmu tertarik, mungkin Font Experrt bisa jadi pilihan yang tepat. Seperti aplikasi lainnya, Font Expert hadirkan antarmuka organisasi font yang cukup handal untuk memudahkan desainer.

Kamu bisa menyeleksi dua font berbeda untuk membandingkannya, juga untuk mengaktifkannya sementara pada aplikasi desain. Jika ingin memasukkan file atau folder yang berisikan font dari Windows Explorer, tinggal lakukan drag and drop ke dalam aplikasi untuk memindahkannya pada satu lokasi sentral.

Ini adalah cara yang tepat jika kamu tidak ingin memilih font secara native dari aplikasi desain. Pasalnya, seringkali fitur pemilihan font pada aplikasi desain tidak sebaik Font Expert dalam hal menampilkan preview.

Berkat Font Expert, kamu bisa memiliki work flow yang lebih lancar, serta lebih mampu memiliki gambaran yang tepat mengenai kecocokkan font pada proyek yang sedang dikerjakan. Font Expert bisa kamu nikmati untuk platform Windows dan Mac secara free trial 30 hari, klik di sini. Jika ingin membelinya, kamu harus keluarkan dana sebesar $49.

Oke, font manager terbaik sudah kamu ketahui dengan membaca daftar di atas. Kini waktunya kamu menentukan aplikasi mana yang sekiranya cocok untuk kebutuhanmu. Beberapa hanya menawarkan fungsi dasar, namun menyuguhkan ukuran yang sungguh ringan. Bahkan, ada juga yang suguhkan versi portabel agar tidak perlu diinstal.

Ada pula yang fungsinya sungguh banyak, hingga menawarkan integrasi dengan aplikasi desain kreatif untuk pengaktifan font otomatis. Nah, jadi aplikasi font manager terbaik mana yang menarik perhatianmu? Selamat mencoba, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram