Carisinyal / Tips Aplikasi Fotografi / Cara Membuat Foto Selfie Unik dengan Aplikasi B612

Cara Membuat Foto Selfie Unik dengan Aplikasi B612

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 November 2018

Berfoto selfie saat ini sudah menjadi aktivitas wajib bagi para kawula muda. Dengan semakin canggihnya kamera smartphone saat ini, mereka dapat mengambil foto selfie yang sangat baik kapan saja. Jika kurang puas, maka hasil foto selfie tersebut dapat diedit terlebih dahulu dengan aplikasi khusus.

Saat ini terdapat banyak aplikasi foto editing yang tersedia untuk smartphone. Banyak yang menyediakan fitur editing lengkap seperti Photoshop, dan tidak sedikit juga yang hanya mengandalkan proses editing cepat dan sederhana saja.

Lantas bagaimana jika aktifitas foto selfie dan editing tersebut dapat dilakukan secara sekaligus dalam satu aplikasi? Nah, hal itulah yang coba ditawarkan oleh aplikasi B612. Aplikasi buatan LINE Corporation ini menawarkan solusi mudah berfoto selfie sekaligus editing hanya dalam satu aplikasi saja.

Dengan moto “selfie from the heart”, B612 benar-benar akan memanjakan Anda dengan fitur-fitur foto selfie-nya. Anda dapat mengambil foto selfie dan kemudian memberikan efek filter atau menjadikannya sebuah foto collage.

Anda juga dapat merekam video pendek selama beberapa detik. Tentunya, hasil foto dan video tersebut dapat langsung Anda bagikan ke berbagai media sosial. Bagi Anda yang masih kesulitan menggunakan aplikasi ini, berikut Carisinyal akan mengulas beberapa tips dan triknya.

Cara Mengambil Foto Selfie

foto selfie aplikasi b612

Mengambil foto selfie dengan aplikasi kamera B612 sangatlah mudah dan hanya memerlukan beberapa langkah saja. Pertama-tama silahkan buka aplikasinya hingga muncul halaman utama yang menampilkan view dari kamera depan di bagian atas dan beberapa tombol pengaturan di bawahnya.

Silahkan pilih filter yang akan Anda gunakan dengan mengklik tombol berbentuk tiga bulatan di sebelah kanan bawah. Terdapat puluhan filter yang dapat Anda pilih di sana seperti morning, flower, young, sun, butterfly, venus, dan lainnya.

Jika bingung menentukan filter yang cocok, Anda dapat memilihnya secara acak dengan cara mengklik tombol berbentuk dua tanda panah bersilangan di bagian bawah atau dengan menyapukan layar ke sebelah kanan dan kiri. Trik tersebut akan memindahkan antara satu filter dengan yang lainnya secara cepat.

Jika sudah ada filter yang terpilih, Anda hanya tinggal memasang pose yang bagus lalu sentuh layar smartphone Anda. Tidak usah khawatir orang-orang di sekitar Anda akan terganggu dan melihat ke arah Anda karena aplikasi ini tidak akan mengeluarkan suara ketika mengambil foto.

Setelah foto tersebut diambil, Anda akan langsung disuguhkan dengan preview-nya. Jika puas dengan hasilnya, Anda dapat langsung menyimpan foto tersebut atau membagikannya ke LINE, Instagram, WhatsApp, Path, Facebook Messenger, dan media sosial lainnya.

Jika Anda tidak puas dengan hasil fotonya dan ingin mengambil foto selfie yang baru lagi, silahkan ketuk dua kali pada preview foto tersebut. Dengan begitu, foto yang tadi diambil akan langsung dihapus dan Anda dapat mengambil foto kembali.

Cara Membuat Foto Klasik Hitam Putih

cara membuat foto hitam putih

Ingin bergaya ala selebgram dengan foto klasik hitam putih yang aesthetic? Nah, Anda tidak perlu pusing untuk mengedit foto agar terlihat keren dan kekinian. Pasalnya, kamera B612 ini menyediakan fitur dimaan Anda bisa mendapatkan hasil foto yang klasik namun kekinian.

Caranya sangat mudah. Anda tidak perlu mengedit backgroud agar menjadi hitam. Pertama, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi B612. Kemudian pilihlah fitur filter yang ada di bagian kanan bawah. untuk memberikan efek hitam putih yang klasik, Anda bisa memilih “Apple.” Nah, kalau sudha begitu Anda bisa langsung menjepret foto. Mudah bukan?

Cara Membuat Foto Collage

Selain membuat foto selfie dengan bentuk persegi seperti biasa, Anda juga dapat membuat foto selfie menjadi sebuah kolase secara langsung. Caranya, silahkan klik tombol berbentuk kotak yang ada di bagian atas. Tepatnya fitur dengan simbol kotak.

Cara Membuat Foto Collage 1

Di sana Anda akan menemukan berbagai pilihan frame kolase yang dapat dikreasikan dengan foto selfie yang Anda ambil. Ada frame dengan dimensi 1:1, ada frame dengan dua blok persegi, ada yang memiliki 5 blok persegi panjang, dan masih banyak lagi.

Untuk membuatnya, Anda hanya tinggal menyentuh layar untuk mengisi berbagai blok tersebut. Anda akan melihat sebuah indikator di layar yang menunjukan blok mana yang akan diisi oleh foto selfie yang Anda ambil tersebut.

foto collage b612

Setelah selesai, maka Anda dapat menyimpan atau membagikannya ke sosial media. Anda juga dapat menghapus dan mengambil foto yang baru dengan cara mengetuk dua kali pada preview dari foto kolase tersebut.

Cara Memotret Dengan Timer

timer b612

Jika Anda ingin memotret dengan menggunakan timer maka aplikasi kamera B612 juga sudah menyediakannya. Fitur ini sangat cocok apabila Anda ingin membuat foto selfie bersama teman Anda pada jarak tertentu dari smartphone.

Caranya, silahkan klik tombol kotak di sebelah kiri bawah dari layar utama hingga terbuka pilihan frame kolase seperti di atas. Pada ujung kiri dari daftar frame tersebut Anda akan melihat ikon berbentuk jam. Silahkan klik ikon tersebut untuk merubah timernya menjadi 2 atau 5 detik.

Setelah memilih waktunya, silahkan sentuh layar untuk memulai waktu hitung mundur. Foto selfie kemudian akan secara otomatis diambil ketika waktu hitung mundurnya selesai. Setelah itu Anda dapat langsung menyimpan atau membagikan foto tersebut.

Cara Membuat Video Selfie

video selfie b612 kamera belakang

Selain dapat memotret foto selfie, aplikasi B612 juga dapat merekam video selfie dengan durasi yang singkat. Caranya Anda hanya tinggal menekan dan menahan layar smartphone Anda selama beberapa detik. Tahanlah hingga indikator pada bagian atas layar menjadi penuh.

Aplikasi ini dapat mengambil video dengan durasi 3 dan 6 menit. Untuk mengubah durasinya tersebut Anda hanya tinggal menyapukan layar dari bawah ke atas hingga muncul menu pengaturan. Di sana, silahkan ubah mode perekaman videonya menjadi 3 atau 6 detik.

Cara Mengilangkan Watermark

watermark b612

Setiap foto atau video yang Anda ambil dengan aplikasi ini akan secara otomatis ditambahkan watermark alias tulisan “B612” di pojok kanan bawah. Jika tulisan tersebut dirasa mengganggu, maka Anda juga dapat menghilangkannya.

Caranya cukup mudah, silahkan sapukan layar dari bawah ke atas hingga muncul menu pengaturan. Di sana silahkan nonaktifkan opsi “B612 Mark”. Kini foto selfie yang Anda ambil tidak akan lagi memunculkan tulisan di pojok kanan bawahnya.

Cara Memotret Dengan Kamera Belakang

Cara Memotret Dengan Kamera Belakang

Secara default B612 akan menggunakan kamera depan untuk mengambil foto selfie. Namun sayangnya, tidak semua smartphone dibekali dengan kamera depan. Selain itu, kualitas foto dari kamera depan juga biasanya kurang baik dibandingkan dengan kamera belakang.

Untungnya, aplikasi ini juga dapat menggunakan kamera belakang untuk mengambil foto dan video. Caranya mudah, Anda cukup klik tombol untuk memutarkan kamera di samping simbol foto kolase. Aplikasi ini akan langsung merubah kamera dari depan ke belakang dan bisa langsung digunakan untuk mengambil foto atau video.

Cara Memotret dengan Menambahkan Stiker

Selain beberaapa tutorial di atas, B612 juga memiliki fitur dimana pengguna bisa menempelkan stiker yang lucu juga kekinian pada saat berfoto. Banyak pilihan stiker yang ditawarkan dan disediakan oleh B612. Namun, sebelum Anda menggunakannya, Anda bisa mengunduh stiker-stiker tersebut.

Cara Memotret dengan Menambahkan Stiker 1

Cara memotret dengan menambahkan stiker sangat mudah. Pertama Anda masuk ke dalam aplikasi B612. Kemudian Anda pilihlah fitur stiker dengan simbol “emoticon senyum” di bagian kiri pojok bawah.

Cara Memotret dengan Menambahkan Stiker 2

Setelahnya akan muncul berbagai macam stiker yang unik dan menarik. Anda hanya perlu klik salah satunya yang menurut Anda bagus. Kemudian, Anda bisa langsung memotretnya. Mudah bukan?

Cara Memotret dengan Menambahkan Efek Cantik

Tidak hanya menyediakan stiker yang lucu dan unik, B612 juga memiliki fitur dimana Anda bisa memberikan efek-efek yang cantik. Efek-efek yang disediakan oleh B612 ini sangat kekinian dan hits untuk di jaman modern seperti ini. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

Cara Memotret dengan Menambahkan Efek Cantik 1

Pertama Anda hanya perlu membuka aplikasi B612. Kemudian Anda bisa klik simbol “bintang” yang berada di samping simbol stiker.

Cara Memotret dengan Menambahkan Efek Cantik 2

Setelah itu, Anda pilihlah salah satu efek yang diinginkan. Secara otomatis efek tersebut akan muncul pada layar kamera dan langsung potret diri Anda. Mudah bukan?

Pengaturan Lainnya

Terdapat berbagai opsi pengaturan lainnya yang bisa Anda atur dan sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mengakses pengaturannya cukup dengan menyapu layar dari bawah ke atas seperti cara sebelumnya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda atur:

  • Location Info, untuk menampilkan ifo lokasi pemotretan pada properti foto
  • Anti Shake, untuk menghindari getaran saat memotret sehingga menghasilkan foto yang kabur
  • Share Message, untuk memberikan quote dari buku “The Little Princess” ketika membagikan foto atau video di media sosial
  • Auto Save, untuk menyimpan foto secara otomatis ketika sudah diambil
  • Mirror Mode, untuk menampilkan efek cermin saat mengambil foto
  • Adjust Exposure, untuk mengaktifkan pengaturan exposure secara manual

Nah itulah berbagai macam tips dan trik untuk membuat foto selfie terbaik dengan aplikasi B612. Bagi Anda yang belum memilikinya silahkan download secara gratis melalui Google Play Store di sini. Namun ingat, aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh perang dengan sistem operasi Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich ke atas.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar