carisinyal web banner retina

15 Game Bertema Natal Terbaik dan Terpopuler di Android

Ditulis oleh Linda

Beberapa minggu menjelang Natal, ada berbagai persiapan yang harus Anda lakukan. Mulai dari belanja hadiah-hadiah Natal, membuat hidangan Natal, sampai dengan mendekorasi rumah. Anda membutuhkan aplikasi Natal terbaik yang siap membantu segala kebutuhan Anda dalam mengurus persiapan Natal tersebut.

Namun, di sela-sela membuat persiapan natal Anda bisa refreshing sejenak dengan memainkan beberapa game bertema Natal. Berikut rekomendasinya.

1. Delicious - Christmas Carol

delicious christmas carol_

Delicious - Christmas Carol adalah salah satu game dari serial permainan memasak Delicious World. Di game ini, Anda akan membantu Emily O’ Malley untuk melayani pelanggannya di kafe. Dalam suasana Natal dan bersalju, pelanggan banyak yang datang. Tak hanya memesan makanan, tapi juga syal agar tubuh mereka hangat.

Emily harus menyajikan makanan secepat dan setepat mungkin agar para pelanggannya senang. Tidak perlu bingung, karena di awal permainan akan ada tutorial yang membantu Anda untuk lebih paham kontrol dan cara main game-nya.

Kerennya, game ini dibubuhi dengan alur cerita dari keseharian keluarga Emily, khususnya saat menyambut Natal tiba. Serunya, Emily dan keluarga juga bertemu Santa Claus yang sering memberikan surprise pada anak mereka. 

Overall, game ini sangat menghibur dan menyenangkan. Ada banyak sekali level permainan yang bisa Anda selesaikan, lho. Ingin mencoba?

2. Pinkfong Christmas Fun

pinkfong christmas fun_

Pinkfong Christmas Fun adalah game Natal yang dikembangan dan dirilis oleh The Pinkfong Company. Game ini jadi salah satu seri dari permainan Pinkfong. Tentu, game-nya dirancang untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas. Dan, game ini jadi salah satu yang terbaik di Google PlayStore.

Saat tim Carisinyal coba, ada tiga lagu Natal yang bisa diakses dalam game. Satu di antaranya adalah lagu Jingle Bells. Anak-anak dijamin suka dengan tampilan warna yang bright dan vibrant, serta animasi menarik. Mereka juga bisa ikut menyanyikan lagunya, berkat lirik yang tampil di layar.

Setelah lagu selesai, game ini akan membawa Anda pada lagu selanjutnya. Atau, Anda bisa kembali ke laman utama dan mengajak anak-anak memainkan game interaktif sederhana. Salah satunya adalah membersihkan embun salju dari sebuah snowball

Sayangnya, tak semua game dan lagu Natal bisa diakses gratis. Anda harus membayar sekitar Rp149.000 untuk versi premium dan meng-unlock semua fiturnya.

3. Candy Christmas Match 3

christmas candy 2-side_

Candy Christmas Match 3 adalah game mencocokkan seperti Candy Crush Saga dan Bejeweled. Sesuai namanya, game satu ini juga bertemakan Natal. Anda harus mengumpulkan satu demi satu permen-permen khas Natal. 

Cocokkan permen yang sama dengan satu sama lainnya. Geser permen di papan dari kanan ke kiri, atas ke bawah atau sebaliknya. Satukan permen sebanyak lima buah untuk mendapatkan booster.

Setiap permainan, Anda hanya diberi kesempatan sebanyak kurang dari 20 kali untuk mencocokkan permen. Dan setiap harinya, ada sekitar 20 ‘nyawa’ yang akan diberikan pada Anda. Pemainan ini memiliki level yang cukup banyak. Dan semakin tinggi levelnya, tentu tantangannya semakin sulit juga.

Candy Christmas Match 3 bisa dimainkan dengan gratis. Oleh karena itu, terdapat iklan-iklan yang tampil di dalamnya. Namun, menurut tim Carisinyal, iklannya tak begitu mengganggu.

4. Pony Sisters Christmas

pony sisters christmas_

Pony Sisters Christmas juga merupkaan game bertemakan Natal untuk anak-anak. Game-nya dirilis oleh TutoTOONS yang memang sering memproduksi permainan edukatif. Pony Sisters Christmas punya beberapa jenis mini games yang dapat dimainkan oleh si kecil.

Contohnya seperti menghias pohon natal dan perapian, memberi makan bayi poni, memainkan lagu Natal di piano, sampai memilih baju terbaik untuk perayaan Natal para poninya. 

Ketika tim Carisinyal mencoba permainan ini, baru ada beberapa mini games yang bisa dimainkan. Jika Anda naik level, nanti akan ada bonus permainan lain seperti menyusun puzzle. Untuk bisa membuka semua game-nya Anda harus merogoh kocek sebesar Rp50.000-an.

5. Christmas Fever - Cooking Game

christmas fever_

Christmas Fever - Cooking Game akan membawa Anda untuk mengelola sebuah restoran. Di restoran inilah Anda akan melayani pelanggan. Buatkan mereka roti dengan berbagai topping, atau jus yang segar dan enak. Jangan lupa untuk tetap melayani mereka dengan cepat dan tepat. Jika tidak, para pelanggan akan marah.

Setiap levelnya punya target yang berbeda. Entah itu mendapatkan koin atau kunci untuk membuka level selanjutnya. Agar Anda makin banyak dapat koin, silakan upgrade peralatan yang ada di dapur, ya.

Christmas Fever - Cooking Game bisa dimainkan dengan gratis. Game ini memliki visual dan efek suara yang oke. Ingin mencoba? Silakan unduh Christmas Fever - Cooking Game di Google PlayStore.

6. Christmas Coloring

coloring christmas 1-side_

Christmas Coloring adalah game mewarnai yang ada di Google PlayStore. Tentu saja, objek yang harus Anda warnai berkaitan dengan hari raya Natal. Salah satunya adalah Santa Claus. Anda bisa mewarnai objeknya sesuka hati, lho. Serunya, Christmas Coloring memiliki pilihan cat dengan banyak sekali palet warnanya.

Jika tak ingin mewarnai objek yang sudah ada, Anda bisa memilih blank paper untuk memulai dari nol, ya. Setelah selesai, gambarnya bisa langsung disimpan ke galeri HP. Unduh Christmas Coloring di Google PlayStore.

7. Merge Christmas - Home Design

merge christmas__1

Game satu ini mengharuskan pemain untuk mendekorasi rumah Santa Claus. Pemain akan berperan sebagai Elise, cucu dari sang Santa. Elise harus merenovasi rumah yang kotor dan berantakan. Nah, biasanya dalam game seperti ini Anda harus menyelesaikan mini games.

Mini games dalam Merge Christmas - Home Design ini cukup unik. Anda harus menyatukan item  yang sama. Contohnya, seperti sapu dengan sapu, sabun dengan sabun, sarung tangan dengan sarung tangan, sampai kayu dengan kayu lagi. Setelah semua item selesai didapat, Anda bisa langsung merenovasi rumahnya.

Bagi kami, permainan ini tak mudah. Terlebih, ketika menyatukan item, ada energi yang harus digunakan. Energi ini bisa saja habis jika kita tidak bijak saat menggunakannya. 

8. Fake Call Merry Christmas Game

santa fake call 2-side_

Fake Call Merry Christmas adalah permainan yang cocok untuk seru-seruan. Di sini, Anda bisa ‘menelepon’ Santa Claus dan teman-temannya. Ada Rufus si anjing atau Jerry si tikus juga, lho. Selain ‘menelepon’ ada opsi untuk berkirim pesan dengan mereka.

Sayangnya, khusus Santa Claus, Anda harus punya koin sebanyak 100. Koinnya bisa didapatkan dengan menonton iklan atau memainkan mini games. Salah satu mini game yang ada adalah mencocokkan gambar.

Tim Carisinyal mencoba untuk ‘menelepon’ Santa Claus. Hasilnya, memang Santa tak berkata apa pun melainkan ucapan “Selamat Natal” saja. Begitu pula dengan Rufus. Rufus hanya menggonggong sepanjang telepon. Namun, jika Anda memang memakai game ini untuk seru- seruan, maka Fake Call Merry Christmas Game bisa Anda coba pasang di HP.

9. Yasa Pets Christmas

Yasa Pets Christmas

Di game Yasa Pets Christmas, Anda akan diajak oleh keluarga binatang yang lucu untuk merayakanmalam Natal bersama mereka. Di sana ada banyak hal yang akan dilakukan, seperti membungkus kado, membuka kado, memakan makanan khas Natal dan lainnya.

Namun, sebelum melakukan semua itu, Anda akan diminta untuk berdandan terlebih dahulu. Nantinya, Anda bisa memilih baju natal yang Anda sukai. Lalu, Anda juga boleh memilih aksesoris yang senada dengan pakaian yang dikenakan. Tertarik untuk mencobanya?

10. Farm Snow

Farm Snow

Natal memang identik dengan salju, begitupun dengan game Farm Snow. Ini merupakan salah satu game asyik bertemakan Natal di mana pemainnya akan diminta untuk mengurus sebuah farm saat musim dingin dan bersalju.

Banyak hal yang harus dilakukan, mulai dari mengembangkan desa, membangun bangunan untuk Natal, menanam pepohonan untuk mempercantik desa, hingga membuat berbagai macam mainan untuk persiapan Natal. Selain membangun, pemain juga akan diminta untuk menghias beberapa pohon Natal yang unik. Penasaran ingin main?

11. Christmas Games

christmas games_

Permainan yang dibuat dan dikembangkan oleh developer Kidgames ini menyajikan sebuah game bertemakan natal. Game ini memang diperuntukan untuk anak-anak mulai dari umur 3 tahun. Dalam permainannya, Christmas Games memiliki berbagai konsep permainan.

Pemain bisa bermain puzzle dimana pemain harus menggabungkan potongan-potongan puzzle menjadi sebuah gambar utuh. Tak hanya itu saja, pemain juga bisa mengasah daya ingat dengan bermain memory game. 

12. Christmas Night Celebration Girl Spa & Decor Game

Christmas Night Celebration Girl Spa & Decor Game

Berbeda dengan game yang sebelumnya, di Christmas Night Celebration Girl Spa & Decor Game Anda akan diajak untuk main dandan-dandanan. Jadi, Anda harus mendadani karakter perempuan yang akan menghadiri pesta Natal.

Untuk membuat perempuannya semakin cantik, Anda bisa memukainya dengan memakaikan masker muka dan melakukan spa pada tubuhnya. Setelah itu, Anda bertugas melakukan dekorasi ruangan untuk Natal. Ada banyak aksesoris natal yang bisa digunakan dan aksesorisnya pun punya warna yang cerah-cerah sesuai tema Natal. Penasaran ingin main?

13. Christmas Sweeper 3

Christmas Sweeper 3

Kalau Anda lebih suka bermain game puzzle namun ingin bertemakan natal, maka Anda bisa main game Christmas Sweeper 3. Ini sebuah game puzzle yang cukup seru dan adiktif. Sama seperti game puzzle lainnya di mana Anda harus mengumpulkan minimal 3 gambar yang berhubungan dengan natal, entah itu lonceng, pohon Natal, kue Natal, dan yang lainnya.

Yang unik dari game ini, Anda tidak perlu khawatir dengan nyawa karena pemain bisa memainkan Christmas Sweeper 3 sepuasnya dan kapan pun. Menarik, bukan?

14. Princess Christmas Shopping

Princess Christmas Shopping

Sesuai dengan namanya, game ini mengajak pemainnya untuk berbelanja keperluan Natal. Anda bisa membeli bahan makanan, aksesoris Natal, hingga gaun Natal yang akan Anda kenakan saat malam Natal nanti. Setelah berbelanja, Anda bisa melanjutkannya dengan mendekorasi ruangan natal dan berdadan secantik mungkin untuk pesta Natal. Ingin memainkan game ini? Unduh Princess Christmas Shopping di Google PlayStore.

15. Hidden Object - Christmas Tree

hidden object christmas tree_

Tak ada yang lebih menantang dari mencari benda-benda tersembunyi yang ada di dalam satu gambar. Hidden Object – Christmas Tree adalah permainan mencari objek berdasarkan kata-kata yang disebutkan. Jadi, game ini akan menampilkan beberapa kata mengenai benda yang harus Anda cari. Jika Anda sudah menemukan benda tersebut, langsung klik di bagian benda yang ditemukan.

Permainan yang satu ini membutuhkan ketelitian dan kejelian karena kedua mata kita harus menelusuri gambar tersebut untuk mencari benda berdasarkan kata-kata. Untuk bermain game ini, Anda harus mengerti bahasa Inggris pasif karena kata-kata disebutkan dalam bahasa Inggris.

Bagaimana dengan 15 game bertema Natal di atas? Apakah Anda tertarik untuk memainkan game ini? Yuk, bagikan game Natal yang Anda sukai dengan menulis nama game tersebut di kolom komentar. Usahakan untuk menulis game yang tersedia di PlayStore agar pembaca lain dapat men-download game tersebut secara mudah.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram