7 Game Berternak dan Berkebun yang Bikin Ketagihan

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Selain untuk melepas penat, bermain game juga bisa menjadi salah satu sarana belajar. Banyak wawasan baru yang tanpa sengaja kita serap, sekalipun kita hanya berniat untuk menikmati gameplay-nya saja.

Misalnya, game yang banyak mengandung cutscene bisa membuatmu pintar bahasa Inggris, game yang berdasarkan cerita nyata bisa membuatmu paham akan sejarah. Lalu, ada game berternak dan berkebun yang akan memberikanmu pengalaman seolah menjadi petani sungguhan.

Apakah kamu tahu? Sekalipun hanya game, ada beberapa manfaat penting dalam permainan berternak dan berkebun yang berguna untuk kehidupan sehari-hari, yakni manajemen waktu dan uang.

Selain itu, kamu jadi tahu nama berbagai macam alat pertanian dalam bahasa Inggris dan apa saja fungsinya. Nah, kalau kamu tertarik mencoba, lebih baik simak beberapa game berternak dan berkebun yang telah Carisinyal sajikan.

1. Stardew Valley

stardew-valley

Stardew Valley adalah salah satu game berternak dan berkebun terbaik yang bisa kamu mainkan pada Windows, Android, dan Nintendo Switch. Game yang dibalut dengan grafis bergaya retro ini pertama kali dirilis pada tahun 2016 untuk platform PC.

Jadi, ceritanya, kamu adalah seorang pegawai kantoran dari sebuah perusahaan korporat. Rutinitas kantor yang itu-itu saja lama-lama membuatmu bosan. Lalu, kamu teringat akan surat peninggalan kakekmu yang tersimpan di laci meja. Sebelum meninggal, beliau berpesan untuk hanya membuka amplopnya ketika kamu sudah merasakan jenuhnya kehidupan kota.

Saat dibuka, kamu baru mengetahui kalau kakekmu pernah merasakan hal yang sama dan beliau memutuskan tinggal di desa untuk menikmati kesehariannya. Di dalam amplop juga terdapat sertifikat rumah di desa tempat kakekmu dulu. Sekarang giliran kamu untuk meneruskan perjuangan beliau supaya ladang yang kini sudah gersang dapat kembali lagi ke masa kejayaannya.

Ada beberapa elemen gameplay menarik yang terdapat pada game ini, seperti menambang, memancing, bercocok tanam, dan sebagainya. Semakin sering kamu melakukan kegiatan, kamu bisa meningkatkan skill dari masing-masing elemen tadi, mirip seperti game RPG.

Kemudian kamu juga akan bertemu dengan berbagai karakter unik di Stardew Valley dengan masing-masing backstory yang menarik. Kamu juga bisa menerima request dari penduduk desa yang akan memberimu hadiah jika kamu melakukan permintaan mereka.

Yang lebih menarik lagi, game ini memiliki fitur multiplayer. Kamu juga bisa mabar dengan teman-temanmu, baik itu kamu yang mengunjungi ladang mereka atau sebaliknya. Kalau kamu jadi host, mereka bisa kamu suruh-suruh untuk membantu panen, memancing, mengumpulkan kayu, dan juga menambang. Kenapa harus sendiri kalau bisa gotong royong?

2. Doraemon Story of Seasons

doraemon-sos

Kalau kamu generasi milenial yang pernah menonton TV waktu kecil, pasti tidak asing dengan tokoh kucing robot yang satu ini. Ya, seri Doraemon juga telah merilis game berternak dan berkebun pada tahun 2019, yang merupakan hasil kerja sama dengan Marvelous Inc. (developer Story of Seasons).

Kamu akan memainkan karakter Nobita yang terjebak di dunia asing bersama teman-temannya – Shizuka, Giant, Suneo, dan tentu saja Doraemon. Game ini terbilang unik, karena kita bisa melihat Nobita yang terkenal malas ini mengeluarkan segala usahanya untuk bercocok tanam.

Misi Nobita adalah mengumpulkan semua gadget Doraemon yang hilang pada saat mereka "tersedot" ke dunia asing. Caranya adalah dengan menghasilkan profit dari kegiatan berkebun dan berternak serta mengambil hati para orang desa yang bersedia menampung Nobita dan kawan-kawan.

Di game ini, kamu bisa memancing, menambang, dan juga menangkap serangga. Akan ada beberapa vendor yang bisa kamu gunakan untuk menunjang aktifitasmu seperti blacksmith, toko hewan, pemahat kayu, dan sebagainya.

Nantinya, kamu juga bisa mengikuti event perlombaan di akhir bulan yang mengharuskanmu membawa hasil panen kualitas terbaik. Kalau menang, kamu akan dapat hadiah dan warga desa lainnya akan semakin menyukaimu.

Tak hanya itu, ada juga beberapa event lain seperti adu ayam, kontes sapi terbaik, lomba memasak, dan masih banyak lagi. Sayangnya, meskipun mayoritas elemen pada game ini mirip dengan Story of Seasons, kamu tidak bisa menikah seperti game-game SoS terdahulunya. Akan tetapi, cerita, gameplay, dan interaksi lucu antar tokohnya lebih dari cukup untuk membuatmu betah bercocok tanam lama-lama.

3. Harvest Moon Back to Nature harvest-moon-back-to-nature-1

Meski tergolong game jadul (dirilis pada tahun 1999 untuk konsol PlayStation 1), Harvest Moon Back to Nature adalah salah satu game berternak dan berkebun legendaris dengan elemen permainan yang otentik.

Bahkan pada standar game jaman sekarang, Harvest Moon Back to Nature tetap mampu menawarkan pengalaman bercocok tanam yang tidak kalah seru dengan game-game terbaru.

Ada dua versi yang dirilis, tergantung mau memainkan laki-laki atau perempuan. Dari segi cerita, kamu akan kembali ke ladang kakekmu yang terlantar. Misi kamu adalah berteman dengan para warga desa dan memulihkan kondisi perkebunan dalam kurun waktu tiga tahun.

Jika setelah tiga tahun kamu tidak berhasil menarik hati warga dan membiarkan perkebunanmu berantakan, kamu pun akan diusir dari pedesaan. Sungguh jahat, tapi ya salah sendiri tidak rajin.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram