Carisinyal / Buatan Indonesia / 10 Rekomendasi Game Buatan Indonesia yang Layak Dicoba

10 Rekomendasi Game Buatan Indonesia yang Layak Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berada di era digital tentu tidak asing lagi dengan banyaknya game modern yang sering bermunculan. Tidak hanya luar negeri saja, akan tetapi di Indonesia pun demikian. Ya, nampaknya semakin berkembangnya zaman, Indonesia tidak hanya menjadi pasar game buatan luar negeri saja, tetapi juga berusaha menciptakan pasar untuk game buatan dalam negeri.

Beberapa game yang berhasil dibuat oleh pengembang lokal ternyata tidak hanya populer di kalangan masyarakat setempat saja lho. Banyak pula game lokal buatan anak bangsa yang mampu terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan di antara game ini juga ada yang masuk kejuaraan bergengsi.

Memiliki kualitas, gameplay, hingga grafik yang bagus, sepuluh game karya anak bangsa ini wajib kamu mainkan! Hmm, kira-kira game apa saja? Yuk simak artikel di bawah ini.

1. Dread Out

Dread Out

* sumber: store.steampowered.com

Dread Out merupakan game bergenre survival horor buatan Digital Happiness. Tidak hanya pouler di Indonesia, game ini juga berhasil menarik perhatian YouTuber gaming internasional, yaitu PewDiePie. Melalui unggahannya, PewDiePie ikut merasakan ketegangan sampai ketakutan saat memainkan game Dread Out.

Game yang dapat dimainkan di komputer/laptop ini mengajak kamu berpetualang bersama Linda, karakter utama dalam game yang merupakan siswa SMA. Saat memainkannya kamu akan merasakan teror dalam membantu Linda menyelesaikan teka-teki di kota berhantu. Dengan begitu, Linda dapat keluar dari kota hantu tersebut dan mencari teman-temannya.

Karena cukup populer, game Dread Out pun diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. Tayang pada 2019, film Dread Out dibintangi oleh Jefri Nichol, Caitlin Halderman, hingga Marsha Aruan. Jadi, apakah kamu sudah pernah berhasil menyelesaikan tantangan dari game ini?

2. Tebak Gambar

Tebak Gambar

* sumber: makemac.grid.id

Kalau Dread Out penuh tantangan dan bikin tegang, kali ini ada game dari Indonesia yang cukup santai. Apalagi kalau bukan game Tebak Gambar. Memainkan game ini bisa dibilang susah susah gampang, lantaran kamu harus menebak gambar dari clue yang diberikan. Jika jawabanmu benar, maka kamu akan naik level dengan kesulitan yang lebih tentunya.

Nah, enaknya lagi game ini bisa kamu mainkan di ponselmu lho. Kamu hanya perlu mendownloadnya di Play Store atau App Store. Selain itu, game santai ini bisa dimainkan orang-orang dari berbagai kalangan usia. Hayo, siapa nih yang suka menghabiskan waktu memainkan game Tebak Gambar?

3. Tahu Bulat

Tahu Bulat

* sumber: gamebrott.com

Ingat dengan makanan yang populer ini? Tahu bulat! Tidak asing lagi di Indonesia kalau ada sesuatu yang viral pasti akan dibuatkan lagu atau game. Nampaknya, game Tahu Bulat adalah salah satunya.

Cara memainkannya pun mudah banget lho. Kamu hanya perlu mengelola bisnis tahu bulat di atas mobil pick-up. Nah, agar banyak yang membeli, maka kamu perlu meng-upgrade beberapa alat-alat, mobil, hingga resep. Pokoknya jangan sampai kamu bangkrut ya!

4. Bus Simulator Indonesia

Bus Simulator Indonesia

* sumber: play.google.com

Penasaran bagaimana rasanya jadi sopir bus antar kota bahkan antar pulau? Hmm, kayaknya kamu cocok memainkan game buatan anak bangsa yang bernama Bus Simulator Indonesia. Saat memainkan game yang bisa dimainkan di komputer/laptop dan mobile ini, kamu di posisikan sebagai sopir bus.

Mainkan dengan ikuti rute yang tersedia. Kamu juga harus menaikkan dan menurunkan penumpang. Jangan lupa juga walaupun hanya bertindak sebagai sebagai sopir bus di game, kamu tetap harus mematuhi semua rambu-rambu lalu lintas! Sebagai informasi, game ini telah diunduh puluhan juta kali oleh berbagai pengguna dari banyak negara.

5. Sage Fusion

Sage Fusion

* sumber: kidalang.com

Sage Fusion merupakan hasil game gabungan genre Role Playing Game (RPG, antara adventure dan visual novel. Kualitas grafik yang hand drawing membuat kamu yang memainkan game ini bisa merasa sedang melihat komik atau manga.

Game pertarungan ini menceritakan tentang dunia masa depan petualangan Marlon Ziglar, seorang penguasa kaya dan Alvonso, pengawalnya yang harus bertemu klien di Capistad, Planet Galactic Union (sebuah kota di dunia masa depan).

6. Orbiz

Orbiz

* sumber: store.steampowered.com

Masih tentang pertualangan, Indonesia juga punya game bernama Orbiz. Ya, game Orbiz ini berkisah tentang pertarungan dengan zombie. Game yang dapat dimainkan di komputer atau laptop ini menyediakan mode multiplayer. Dengan demikian, kamu bisa memainkannya bersama teman-temanmu.

7. Fallen Legion

Fallen Legion

* sumber: www.fallenlegiongame.com

Fallen Legion adalah game yang bergenre Role Playing Game (RPG). Awal mula game ini bercerita tentang sebuah kerajaan bernama Fenumia yang sedang diambang kehancuran. Saat memainkan game ini kamu akan berperan sebagai Cecille, putri kerajaan yang sedang berjuang mempertahankan tahta.

Cecille harus berjuang sendiri lantaran sang ayah sudah tewas lebih dulu. Lalu, apakah Cecille bisa mengembalikan kejayaan Kerajaan Fenumia ini? Perlu kamu ingat, game Fallen Legion ini hanya dapat dimainkan di Play Station 4 lho. Jadi, jangan coba-coba cari di Play Store atau App Store.

8. Ultra Space Battle Brawl

Ultra Space Battle Brawl

* sumber: store.steampowered.com

Ultra Space Battle Brawl merupakan game yang dikembangkan oleh Mojiken Studio dan diterbitkan oleh Toge Productions. Cara memainkan game ini sama seperti bermain bola tenis.


Kamu bisa menang dalam game ini saat kamu bisa memecahkan kristal lawan secepat mungkin dan menahan bola dari lawan agar tidak memecahkan kristal milikmu.

9. Diponegoro Tower Defense

Diponegoro Tower Defense

* sumber: play.google.com

Siapa sangka kalau sejarah kemerdekaan Indonesia bisa diangkat pula sebagai latar belakang game. Diponegoro Tower Defense ini menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia saat Perang Diponegoro.

Game ini bisa kamu mainkan di ponsel, dan dapat didownload di Play Store. Nah, tugasmu dalam game ini adalah mempertahankan wilayah Jawa saat melawaan penjajah.

Kamu perlu membangun menara dan brigade untuk menahan serangan dari lawan. Jadi, jangan sampai lawanmu berhasil merebut wilayahmu ya. Merdeka!

10. Cute Kill

Cute Kill

* sumber: id.techinasia.com

Cute Kill adalah game yang memiliki karakter utamanya seorang anak perempuan. Namun bukan sekadar anak perempuan biasa, tetapi karakter ini menggendong bayi yang mempunyai senjata.

Di game ini kamu harus menyelamatkan diri dari kejaran zombie yang menakutkan. Selain itu, kamu memiliki misi dan tujuan, yaitu menuju tempat rahasia di mana ayah dan ibumu berada.

Nah, bayi yang digendong tersebut akan terus menembaki para zombie sementara anak perempuan akan terus berlari hingga mencapai garis finish.

Ketika kamu berhasil maka kamu anak naik level. Tentunya setiap naik level maka level kesulitanmu akan bertambah. Jangan lupa upgrade senjata yang kamu pakai ya!

Itulah beberapa game buatan Indonesia yang mendapat popularitas yang tinggi di dalam negeri, bahkan beberapa berhasil merambah pasar internasional. Game karya anak bangsa di atas memiliki platform yang berbeda-beda. Ada yang bisa dimainkan di ponsel, komputer atau laptop, dan ada juga yang hanya bisa dimainkan di konsol.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *