10 Game Catur Terbaik di PC untuk Mengasah Strategi

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Catur merupakan permainan strategi yang tentunya bisa dimainkan oleh siapa saja. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang pada sebuah papan yang terdiri dari 64 kotak berwarna hitam putih. Namun, untuk memainkannya tidak semudah yang dilihat karena membutuhkan pemahaman dasar tentang catur agar tidak salah langkah dalam menggerakan setiap pion.

Saat ini, bermain catur dapat dimainkan lewat video game baik secara offline maupun online. Di platform Windows (PC), game bertemakan catur tentunya cukup banyak pilihannya untuk kalian unduh dan mainkan. Semuanya tersedia untuk kalian yang memang ingin belajar bermain catur atau sekedar mengasah kemampuan dengan menantang pemain lain.

Carisinyal kali ini akan memberikan daftar rekomendasi game catur yang bisa dimainkan di PC gaming kesayangan kalian masing-masing. Penasaran apa saja? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Chess Ultra (2017)

Chess Ultra

* sumber: www.dualshockers.com

Chess Ultra digadang-gadang menjadi game catur paling menakjubkan yang pernah dibuat. Game ini menghadirkan permainan strategi dengan sentuhan modern, menawarkan pengalaman terbaik lewat visual 4K yang memukau. Selain itu, ada 10 tingkat level kesulitan yang dikontrol oleh AI dan game ini mendukung untuk dimainkan secara VR.

Level kesulitan untuk pemain pemula bekerja sangat baik dan mampu dimainkan sebagai ajang latihan untuk memahami dasar-dasar bermain catur. Naik satu tingkat ke level yang lebih sulit pemain akan dihadapkan pada permainan yang sebenarnya.

Game ini memberikan pengalaman bermain yang kompetitif dengan beragam tingkatan kesulitan yang mampu memberikan tantangan kepada setiap pemain. Dalam mode online, pemain harus berpikir cepat dan taktis karena permainan menggunakan timer sehingga jangan salah strategi jika tidak ingin kalah begitu saja. Unduh gamenya di sini.

2. 3D Chess (2016)

3D Chess

* sumber: store.steampowered.com

Jika kalian cukup tangguh dalam bermain catur, maka cobalah permainan yang satu ini. 3D Chess menawarkan tiga pilihan permainan yang diantaranya adalah melawan sesama pemain, bermain secara online dan uji keberanian dalam chaos mode. Semua pilihan tersebut disajikan untuk kalian yang ingin menguji keterampilan dalam memainkan strategi di papan catur.

Game ini memiliki empat tingkat kesulitan berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pemain. Bermain secara online adalah cara terbaik mengukur skill permainan catur dengan menantang setiap pemain secara global.

Dalam chaos mode, pemain akan dihadapkan pada situasi yang suit karena akan bermain melawan pemain dengan kemampuan yang sulit untuk ditebak. Unduh gamenya di sini.

3. Chess: King of Crowns Chess Online (2018)

King of Crowns Chess Online

* sumber: store.steampowered.com

Game ini mempunyai empat klub catur yang diklasifikasikan sesuai dengan tingkat kemampuan pemain. Saat kalian mendapat skor tertinggi atau lebih sering memenangkan pertandingan, maka kalian bisa bergabung dengan klub yang levelnya lebih bagus. Setiap klub dapat mengikuti turnamen yang diadakan dalam game ini, dan kalian bisa berkesempatan untuk melawan pemain dari klub lain.

Pemain bisa mengatur gaya permainan berdasarkan tingkat kecepatan saat bermain catur. Jika menyukai permainan santai, pemain dapat mengatur ke dalam gaya kasual. Jika cukup mahir dengan permainan gerakan cepat, kalian dapat memilih untuk menggunakan gaya BLITZ.

Semua lawan dalam game ini merupakan pemain asli dan tidak dikendalikan oleh sistem AI. Sistem peringkat dan statistik pun didasarkan pada hasil pertandingan yang nyata. Di sini, kalian akan menemukan pemain sungguhan dari seluruh dunia yang bisa kalian lawan. Unduh gamenya di sini.

4. Viking Chess: Hnefatafl (2020)

Viking Chess Hnefatafl

* sumber: store.steampowered.com

Kalian dapat memainkan game ini secara single player melawan AI atau multiplayer dengan cara online. Ini adalah permainan board game strategi berkonsep catur dengan menggunakan karakter-karakter Viking sebagai pion.

Sebelum masuk dalam game utama, pemain bisa mengikuti tutorial terlebih dahulu agar bisa dengan mudah beradaptasi dalam mekanisme permainan Viking Chess: Hnefatafl.

Game ini memiliki grafik 3D yang jernih dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk memikat setiap pemain. Viking Chess: Hnefatafl telah dirilis pada tanggal 6 Maret 2020 dengan saat ini telah mendapatkan 22 ulasan yang positif. Jika kalian ingin mencoba sensasi bermain catur yang lebih fresh, game yang satu ini tidak ada salahnya untuk dicoba. Unduh gamenya di sini.

5. Tabletop Playground (2020)

Tabletop Playground

* sumber: store.steampowered.com

Melalui penggunaan Unreal Engine 4, sesi permainan dalam game ini sangat impresif dengan mekanisme kontrol yang mudah untuk dikendalikan. Selain itu, ruang permainan didesain dengan visual 3D yang indah dengan detail grafik yang terlihat realistis. Game ini sendiri mendukung untuk dapat dimainkan lewat mekanisme VR.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram