Carisinyal / Game Konsol / 10 Game Nintendo Switch Terbaik yang Paling Bikin Ketagihan

10 Game Nintendo Switch Terbaik yang Paling Bikin Ketagihan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nintendo selalu menawarkan produk dengan inovasi yang unik – baik itu konsol maupun game eksklusifnya. Banyak franchise game ternama yang terlahir dari konsol-konsol Nintendo, seperti The Legend of Zelda, Mario, Pokemon, dan masih banyak lagi.

Sekarang, kamu bisa menikmati serunya bermain game-game tadi pada konsol Nintendo Switch – sebuah konsol hybrid yang memungkinkan kamu untuk bermain di rumah atau saat berpergian.

Selain franchise raksasa yang disebutkan tadi, masih banyak game best-selling yang bisa dinikmati. Bagi kamu yang sudah memiliki konsol ini, atau sedang berniat membelinya, tidak ada salahnya mengetahui game-game terbaik Nintendo Switch yang bisa dimainkan. Simak daftar berikut ini.

1. The Legend of Zelda: Breath of The Wild

the-legend-of-zelda-breath-of-the-wild-game-nintendo-switch-terbaik

Siapapun yang menyenangi game retro pasti tahu tentang tokoh prajurit elf dengan baju hijaunya yang ikonik, yakni Link. The Legend of Zelda merupakan sebuah pioneer di genre petualangan sejak kemunculannya pertama kali di tahun 1986 pada konsol NES (Nintendo Entertainment System).

Kali ini, The Legend of Zelda: Breath of Wild menawarkan suatu hal yang berbeda. Kamu benar-benar akan merasakan pengalaman open-world sungguhan dengan grafis pemandangan yang sangat memukau.

Di game ini, Link dibuat tertidur lelap selama 100 tahun demi melindungi dirinya dari serangan Ganon yang saat itu berhasil menguasai Hyrule Kingdom.

Selama masa hibernasi Link, Zelda yang merupakan putri kerajaan berusaha mengusir Calamity Ganon – menunggu hingga saatnya Link terbangun dan merebut kembali Hyrule Kingdom dari genggaman musuh.

Kamu bisa mengupgrade stamina dan nyawa dengan mengumpulkan orbsOrbs ini bisa didapatkan dengan menyelesaikan puzzle pada setiap shrine yang tersebar di berbagai area. Kamu tidak perlu menyelesaikan semua shrine yang ada, tapi semakin banyak yang kamu selesaikan, semakin mudah pertempuran yang kamu hadapi saat melawan Ganon.

Terdapat juga beberapa mekanisme asik seperti memasak dan crafting. Kamu bisa berburu hewan seperti rusa, mengumpulkan berbagai bahan seperti jamur, ikan, dan serangga untuk menghasilkan berbagai menu masakan atau potions. Uniknya, kamu bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang ada untuk menghasilkan makanan dengan efek yang beragam – memperkuat defense, attack, atau nyawa tambahan.

Untuk crafting, semakin kuat armor yang dibuat, semakin langka bahan-bahannya. Salah satu cara untuk mendapatkan armor terbaik di game ini adalah dengan mengumpulkan loot dari monster berbahaya seperti Lynel – makhluk bertangan dua dan berkaki empat yang mampu menghilangkan sebagian besar nyawamu dengan sekali serangan.

Gameplay yang menarik, area open-world yang luas, puzzle yang menantang – semua ini dikemas dengan baik untuk menghasilkan salah satu game The Legend of Zelda terbaik sepanjang sejarah.

2. Super Mario Odyssey

super-mario-odyssey-game-nintendo-switch-terbaik

Game platformer memiliki tantangan tersendiri. Itulah salah satu alasan mengapa franchise Mario sangat digemari. Pada game Nintendo Switch terbaik ini, lagi-lagi Mario harus berkutat dengan musuh kura-kura jahat bernama Bowser.

Bersama dengan Cappy (karakter topi yang membuat Mario memiliki kemampuan unik), Mario harus menyelamatkan putri kerajaan Peach dari genggaman Bowser yang ingin menikahinya.

Mario bisa “merasuki” berbagai objek dan musuh yang ia temui dengan melemparkan Cappy. Berbagai puzzle dan rintangan pada game platform 3D ini bisa diselesaikan dengan memanfaatkan kekuatan musuh yang beragam.

Jelajahilah berbagai area dengan tema yang unik, cari seluruh sudut untuk mendapatkan power moons (item yang perlu dikoleksi untuk menuju area selanjutnya), dan nikmati serangkaian mini-quest yang menantang.

3. Super Smash Bros. Ultimate

super-smash-bros-ultimate-game-nintendo-switch-terbaik

Seri permainan Super Smash Bros. adalah game bergenre fighting yang mengambil karakter dari berbagai franchise game lain, seperti sebuah crossover. Setiap game yang dirilis memiliki koleksi karakter lebih banyak dengan gameplay yang sedikit berbeda.

Ada berbagai karakter populer yang bisa dimainkan seperti Mario, Link, Kirby, Pikachu, Mewtwo, Snake (Metal Gear Solid), dan masih banyak lagi. Setidaknya ada 74 karakter yang bisa dimainkan dan masing-masing franchise memiliki stage dengan OST-nya sendiri.


Game ini sangat cocok dimainkan saat kumpul-kumpul atau pesta, karena bisa dimainkan oleh 8 orang sekaligus dalam sekali waktu. Ada juga mode turnamen supaya bisa dimainkan hingga puluhan orang dengan cara tukar-tukaran joy-con.

Sungguh game fighting yang menarik, bukan? Wajar saja, karena Super Smash Bros. Ultimate bahkan resmi menjadi game fighting dengan tingkat penjualan tertinggi dalam sejarah, yakni sebanyak 17 juta kali penjualan.

4. Mario Kart 8 Deluxe

mario-kart-8-deluxe-game-nintendo-switch-terbaik

Mengusung nama Mario pada judulnya, game balap ini sudah pasti menjadi incaran penggemar game di seluruh dunia. Mario Kart 8 Deluxe merupakan permainan kart racing di mana kamu bisa menghambat laju mobil lawan atau mempercepat lajumu menggunakan item.

Varian karakter yang bisa dimainkan turut menjadi daya jual pada game ini. Terdapat sekitar 42 karakter – jumlah ini merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan game-game Mario Kart sebelumnya. Berbagai karakter dari franchise seperti The Legend of Zelda, Splatoon, dan Animal Crossing juga turut hadir memeriahkan game Nintendo Switch terbaik yang satu ini.

Game ini memiliki track yang beragam juga, yakni sebanyak 48 track dan juga menghadirkan latar ikonik dari seri The Legend of Zelda seperti Hyrule Circuit.

Meski sangat layak dimainkan secara single-player, kamu memiliki banyak opsi untuk bermain dengan teman. Ada wireless play di mana kamu bisa bermain secara lokal dengan orang lain. Kamu juga bisa bermain secara online dengan 12 orang lainnya.

Ingin bermain dengan teman tapi cuman ada satu konsol? Bisa, kok! Tinggal copot saja kedua joy-connya dan simpan konsol di atas meja. Pokoknya, game ini memang memfokuskan multiplayer sebagai sajian utamanya.

5. Luigi’s Mansion 3

luigis-mandion-game-nintendo-switch-terbaik

Setelah sebelumnya “menghantui” konsol GameCube dan Nintendo 3DS, kini hadir seri ketiga dari Luigi’s Mansion untuk Nintendo Switch. Masih mengusung genre platformer seperti Mario, game ini mengharuskan kamu menjelajahi berbagai area dengan masing-masing puzzle yang harus diselesaikan.

Area-area ini terbagi menjadi beberapa lantai, dan Luigi harus menggenapkan keberanian untuk menyelamatkan Mario dan kawan-kawan yang dijebak ke dalam bingkai lukisan oleh King Boo.

Kamu akan dipersenjatai dengan alat seperti vacuum cleaner yang bisa menyedot hantu-hantu yang bertebaran di seluruh hotel. Namun sebelumnya kamu juga harus menyalakan lampu senter di waktu yang tepat hingga mereka terkejut, barulah hantu-hantu tersebut bisa ditangkap.

Pada game ini, terdapat juga “tokoh” bernama Gooigi, yakni versi Luigi yang terbuat dari bahan pekat – ia dapat menembus jeruji dan memasuki pipa-pipa sempit. Kehadiran Gooigi sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai puzzle sulit atau untuk menjangkau area yang tidak bisa dimasuki Luigi.

6. Pokemon Let’s Go Pikachu & Eevee

pokemon-lets-go-game-nintendo-switch-terbaik

Rasanya tidak lazim kalau tidak ada game Pokemon pada konsol Nintendo. Meski bukan lanjutan game utama dari Pokemon, Let’s Go Pikachu & Eevee ini mampu menghadirkan grafis terbaru dengan beberapa mekanisme unik.

Game yang merupakan remake dari Pokemon Yellow ini mengikuti cerita dari animenya. Beberapa tokoh familiar seperti James, Jessie, dan Meowth turut hadir sebagai Tim Roket yang selalu berusaha menyulitkan protagonis.

Pokemon Let’s Go hadir dengan dua versi yang berbeda – perbedaan ini terletak pada Pokemon awal yang akan kamu dapatkan saat pertama kali menjadi trainer, yakni Pikachu atau Eevee. Selain itu, beberapa Pokemon yang bisa kamu temui pada game ini juga berbeda pada masing-masing versi.

Kalau dari segi gameplay, kedua versi ini mengusung cara bermain yang sama dengan Pokemon Go pada HP. Kamu tidak dapat bertarung melawan Pokemon liar – yang bisa kamu lakukan hanya menangkapnya menggunakan Pokeball.

Jika kamu menangkap jenis Pokemon yang sama berulang-ulang, jumlah Pokemon yang kelebihan ini bisa diubah menjadi item yang bisa memperkuat Pokemon kamu (dengan jenis yang sama).

Meski begitu, kamu masih bisa melakukan Pokemon Battle dengan gym leader, elite four, champion, dan berbagai Pokemon Trainer lainnya yang bersebaran sepanjang perjalanan.

Terdapat tiga cara bermain yang berbeda sesuai dengan kontroler yang digunakan. Misalnya, kalau kamu bermain di TV atau menaruh konsol di atas meja, kamu bisa melempar Pokeball dengan mengayunkan joy-con. Dalam mode handheld, kamu harus menyesuaikan posisi Pokemon agar tetap ditengah sebelum kamu menangkapnya, mirip Pokemon Go yang menggunakan sensor gyro.

Game ini juga menyediakan mode multiplayer, di mana kamu dan temanmu bisa menangkap Pokemon yang sama bersamaan. Kalau kalian mengayunkan joy-con pada waktu yang sama, kamu akan mendapatkan bonus sinkronisasi (tambahan EXP).

Pokemon Let’s Go adalah game yang cocok dimainkan untuk bersantai – menaikkan level Pokemon pada game ini cukup mudah. Apalagi kalau kamu penggemar konsep monster-collecting, menangkap Pokemon terus-menerus akan menjadi sebuah pengalaman bermain yang menyenangkan.

7. Pokemon Sword and Shield

pokemon-sword-shield-game-nintendo-switch-terbaik

Setelah merilis game Pokemon generasi ketujuh pada Nintendo 3DS, kini hadir Pokemon Sword and Shield yang menawarkan 86 Pokemon baru yang merupakan generasi kedelapan.

Meski mengusung formula Pokemon yang sama (menangkap Pokemon dan melakukan battle), Pokemon Sword and Shield masih mampu menawarkan pengalaman bermain yang fresh.

Contohnya saja seperti fitur Dynamax – kamu bisa membuat Pokemon-mu menjadi raksasa dan bertarung dengan gerakan-gerakan yang baru bernama Max Moves, meski hanya pada Gym Battle. Lalu, ada juga Gigantimax yang sedikit berbeda dengan Dynamax. Keduanya membuat Pokemon menjadi besar dan menjadikannya lebih kuat, tapi Gigantimax juga dapat mengubah penampilan dari Pokemon.

Terdapat juga fitur camping yang bisa dimanfaatkan untuk bonding dengan Pokemonmu. Kamu bisa mengajak mereka bermain dan berlatih saat camping untuk meningkatkan EXP.

Setidaknya ada 400 Pokemon yang bisa kamu koleksi pada game ini. Bagi kamu yang completionist, pasti akan betah memainkannya lama-lama meski sudah menamatkan alur ceritanya yang memang lumayan singkat.

8. Fire Emblem: Three Houses

fire-emblem-three-houses-game-nintendo-switch-terbaik

Kabar baik bagi penggemar seri Fire Emblem – pengembang Intelligent System juga telah menghadirkan game RPG dan strategi ini di Nintendo Switch!

Game yang merupakan keluaran tahun 2019 ini mengisahkan tentang sebuah sekolah yang dihadiri oleh murid-murid dari tiga kerajaan yang berbeda – Golden Deer, Black Eager, dan Blue Lion.

Masing-masing kerajaan memiliki karakter dengan sifat, kepribadian, dan kemampuan yang unik. Kamu akan memerankan Byleth, seorang mercenary yang ditunjuk menjadi profesor setelah menyelamatkan tiga ketua dari masing-masing keturunan raja.

Kemampuan bertarung murid-muridmu sangat bergantung dari cara mengajar. Kamu bisa menentukan senjata apa yang mereka pelajari dan kelas apa yang akan mereka ambil. Jika kamu mengajarkan subjek yang mereka senangi, kemampuan mereka akan berkembang lebih pesat.

Saat memilih salah satu dari tiga kerajaan, kamu tidak bisa memainkan karakter dari kerajaan lain. Tapi jangan kuatir, kamu juga bisa merekrut karakter dengan cara mendekatkan diri pada mereka – memberi hadiah, pelajari skill yang mereka inginkan, dll. Bisa dibilang, konsep guru dan murid yang diusung pada game ini merupakan yang terunik dari sepanjang sejarah seri Fire Emblem.

9. Animal Crossing: New Horizon

animal-crossing-new-horizons-game-nintendo-switch-terbaik

Apa kamu menyukai permainan sejenis The Sims atau Harvest Moon? Kemungkinan, kamu akan menyukai game yang satu ini. Animal Crossing: New Horizon merupakan game yang membuat rileks saat dimainkan. Ceritanya, kamu memutuskan untuk pergi ke sebuah pulau yang sepi.

Di sini, kamu diberikan kebebasan untuk melakukan berbagai aktivitas yang kamu mau, seperti berteman dengan hewan-hewan lokal, memancing, menangkap serangga, dan masih banyak lagi.

Saat pertama kali datang ke pulau tersebut, kamu harus memilih wilayah yang cocok untuk membuat tenda. Misi utama kamu adalah meng-upgrade rumah kamu sampai yang paling atas dan melunasi hutang.

Atmosfir pada Animal Crossing: New Horizon sangat menenangkan dengan kualitas grafis yang unik dan desain karakter yang menarik. Selain itu, waktu yang berjalan di game ini mengikuti waktu di dunia nyata. Hal ini semakin memberikan kesan bahwa karakter yang dimainkan seolah tumbuh bersama pemain.

10. Astral Chain

astral-chain-game-nintendo-switch-terbaik

Ingin bermain game yang penuh dengan aksi menegangkan? Astral Chain lah jawabannya. Satu keunggulan utama dari game ini adalah mekanisme combat-nya. Astral Chain adalah salah satu game Nintendo Switch besutan PlatinumGames yang juga telah melahirkan game-game action terbaik sepanjang masa – Bayonetta dan NieR:Automata.

Bagi yang pernah memainkan dua game ini, pasti combat-nya tidak terasa asing. Meski mengusung mekanisme pertempuran serupa, bukan berarti game ini tidak dapat menawarkan sesuatu yang unik.

Kamu akan memerankan seorang polisi bernama Akira, bisa tokoh laki-laki atau perempuan, yang harus menyelamatkan dunia dari serangan alien. Nah, beberapa alien yang berhasil ditangkap bisa dijadikan “senjata” untuk membantumu menjalankan misi-misi kepolisian seperti menangkap penjahat, menyelesaikan misteri, dan melawan alien lainnya.

Uniknya, kamu bisa mengontrol Akira dan senjata ini pada waktu yang bersamaan. Awalnya mungkin terasa kagok mengendalikan dua karakter sekaligus, tapi kalau sudah terbiasa, mustahil untuk tidak ketagihan dengan game ini.

Nah, setelah mengetahui 10 game terbaik Nintendo Switch yang bisa dimainkan, tidak menyesal kan telah membeli konsol ini? Atau, apa kamu sedang memikirkan untuk membelinya? Kalau kamu menyukai konsol dan game Nintendo yang terdahulu, game-game tadi dijamin tidak akan membuatmu menyesal. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *