carisinyal web banner retina

10 Game Online yang Cocok untuk PC dengan Spesifikasi Ringan

Ditulis oleh Yanyan Andryan - Diperbaharui 11 Mei 2021

Saat ini, berbagai macam game PC menawarkan mekanisme permainan online dengan suguhan kualitas grafis yang jernih dan indah untuk dilihat. Oleh karena itu juga, tak heran jika hampir banyak game PC yang ada sekarang membutuhkan spesifikasi yang tinggi jika ingin memainkannya.

Tapi, bagi yang mempunyai PC atau laptop dengan spesifikasi ringan, kalian masih tetap bisa bermain game-game online seru dengan grafis yang mumpuni maupun bernuansa klasik. Nah, pasti penasaran kan apa saja daftar gamenya? Jadi, langsung saja simak rekomendasinya yang ada di bawah ini ya.

1. Valorant

Valorant

* sumber: www.wired.com

Konsep permainan game ini menyuguhkan duel di antara dua tim yang masing-masing diisi oleh lima pemain. Kalian lalu bisa memilih salah satu karakter agen yang memiliki kemampuan khusus sebelum masuk ke arena pertempuran. Kelima agen dalam satu tim tentunya memiliki skill khusus yang berbeda, dan kalian mesti memanfaatkan kemampuan satu sama lain untuk memenangkan pertandingan.

Nantinya, kedua tim akan dibagi menjadi tim bertahan dan menyerang. Misi tim penyerang adalah meledakkan bom yang disebut Spike di berbagai tempat untuk diledakan. Sedangkan tim bertahan, kalian harus berusaha menjinakkan bom tersebut. Pertempurannya sendiri terdiri dari 25 putaran, dan tim yang berhasil memenangkan 13 putaran awal dinyatakan sebagai pemenangnya.

2. Among Us

Among Us

* sumber: www.nytimes.com

Ini adalah game viral yang pada saat tulisan ini dibuat sedang ramai diperbincangkan di jagat media sosial. Among Us sendiri merupakan sebuah game multiplayer yang dapat dimainkan oleh 4 hingga 10 pemain. Game ini cukup sederhana, dan masing-masing di antara kalian akan berperan sebagai Crewmates serta Impostor.

Permainannya akan berlangsung di pesawat ruang angkasa, markas utama, dan di planet bernama Polus. Misi dari para Crewmates adalah menyelesaikan tugas-tugas yang sudah ditentukan, mulai dari pengisian bahan bakar mesin, merawat sistem pesawat dan pemasangan kabel listrik. Selain itu, mereka juga mesti mengidentifikasi keberadaan Impostor yang menyamar menjadi anggota Crewmates.

Sedangkan untuk Impostor, mereka mempunyai misi yang cukup vital dengan harus membunuh semua anggota Crewmates tanpa diketahui oleh siapa pun. Mereka juga mesti merusak, menyabotase dan mengagalkan semua tugas-tugas yang sedang dikerjakan oleh Crewmates.

3. Star Wars: Empire at War

Star Wars

* sumber: store.steampowered.com

Terdapat tiga mode permainan yang bisa dimainkan dalam game ini, yakni storyline-based Campaign, Galactic Conquest dan Skirmish. Ketiga mode tersebut menawarkan pertempuran epik yang akan terjadi di darat hingga ruang angkasa.

Dalam mode storyline-based Campaign, pemain akan berada diantara timeline film Star Wars Episode III dan IV. Pemain mesti menyelesaikan berbagai macam misi yang berurutan seperti mencuri prototype pesawat X-wing squadron, hingga harus ikut berpartisipasi di Battle of Yavin.

Sedangkan dalam mode Galactic Conquest, pemain dapat memilih untuk mengontrol pasukan Aliansi Pemberontak, Kekaisaran, atau memilih pihak yang netral yaitu faksi Bajak Laut. Ketiganya memiliki misi-misi yang harus dikerjakan sesuai skenario yang dimainkan. Nantinya, pemain harus membunuh Mon Mothma, Kaisar Palpatine, dan menghancurkan atau melindungi Death Star.

Sementara itu untuk mode Skirmish, para pemain akan disuguhkan mode battle RTS klasik dengan pertempuran di daratan dan di angkasa. Dalam pertarungan daratan, pemain harus menghancurkan markas komando musuh. Begitu juga di ruang angkasa, pemain mesti menyerang hingga sampai masuk ke dalam stasiun ruang angkasa milik musuh untuk diledakan.

4. Terraria

Terraria

* sumber: store.steampowered.com

Terraria adalah sebuah game sandbox yang menawarkan visual 2D. Ciri khas permainan ini berfokus pada aspek eksplorasi, crafting, survival, penambangan, pembangunan, hingga pertarungan. Game ini juga bisa dimainkan secara single player maupun multiplayer melalui Online Co-op.

Di awal permainan, para pemain memulainya dengan tingkat kesehatan dan magis yang rendah. Pemain juga bisa meningkatkan level keduanya dengan mencari berbagai macam item, dan sumber daya yang tersedia di area tertentu.

Selain itu, pemain akan menghadapi beragam jenis musuh yang kemunculannya cukup acak. Pemain bisa melawan mereka dengan menggunakan pedang, busur, mantra sihir, dan memanggil bala bantuan. Lalu, ada juga bos-bos yang harus dilawan, dan untuk mengalahkannya para pemain bisa menggunakan skill yang levelnya telah ditingkatkan agar bisa menang secara mudah.

5. Stardew Valley

Stardew Valley

* sumber: www.stardewvalley.net

Di dalam game ini pemain nantinya akan bertindak sebagai petani dan peternak yang mewarisi sebuah ladang di desa Stardew Valley. Pemain selanjutnya mesti menanam, dan merawat berbagai macam tanaman hingga mengurusi hewan ternak. Pemain juga kemudian bisa menambang bebatuan mineral, memproduksi peralatan, serta menjual berbagai macam hasil ladang yang telah ditanam.

Game ini tidak ada tamatnya, dan pemain dapat terlibat dalam kegiatan sosial bersama warga Stardew Valley hingga akhirnya menikah. Stardew Valley dapat dimainkan sampai 4 pemain secara online. Para pemain nantinya bisa saling bekerjasama untuk mengembangkan lahan pertanian dan peternakan agar semakin makmur.

6. Grounded

Grounded

* sumber: venturebeat.com

Grounded adalah game bergaya survival yang bisa dimainkan menggunakan perspektif orang pertama atau ketiga. Karakter yang nantinya akan dimainkan diceritakan mengalami penyusutan badan hingga mengecil seukuran semut. Lalu, pemain harus berjuang bertahan hidup dari serangan serangga, seperti laba-laba, lebah, kecoa dan jenis lainnya yang siap memangsa kapanpun.

Kalian juga akan bertemu dengan para pemain lainnya yang terhubung secara online untuk sama-sama bertahan hidup di halaman belakang rumah. Untuk tetap selamat, pemain bisa mengumpulkan makanan dan air agar tidak kelaparan hingga dehidrasi. Para pemain kemudian mesti memecahkan misteri yang menyebabkan tubuh mereka menyusut menjadi kecil.

7. Grim Dawn

Grim Dawn

* sumber: www.gamespot.com

Bagi yang menyukai genre action role playing game (ARPG), Grim Dawn menjadi salah satu permainan yang patut untuk dicoba. Game ini mempunyai latar di sebuah benua fiksi bernama Cairn yang dulunya makmur di bawah kekuasaan ras manusia. Namun, dua ras dari dimensi berbeda datang menyerbu Cairn dan menyebabkan ras manusia berada dalam kepunahan.

Kalian lalu akan memainkan sebuah karakter yang dirasuki oleh salah satu ras dari dimensi lain tersebut. Karakter yang dimainkan mempunyai kekuatan spesial yang bisa berkembang setiap levelnya. Di game ini juga, kalian bisa bertemu dengan pemain lainnya untuk membentuk sebuah faksi dalam menjalankan berbagai macam misi. Masa depan peradaban manusia kini berada di tangan kalian.

8. Sea of Thieves

Sea of Thieves

* sumber: store.steampowered.com

Sesuai dengan judulnya, kalian nantinya akan bermain sebagai seorang bajak laut yang akan menjelajahi lautan untuk mencari harta karun dan menyelesaikan misi-misi tertentu. Kalian pun akan bertempur dengan kapal bajak laut musuh, dan harus memenangkan pertempuran agar menjadi seorang legenda.

Kalian juga nantinya akan bertemu dengan pemain lainnya, lalu bisa membentuk satu aliansi kuat untuk berpetualang bersama-sama. Tapi, kalian pun bisa bermusuhan dengan mereka untuk mengejar reputasi sebagai legenda bajak laut yang disegani.

9. Endless Legend

Endless Legend

* sumber: www.gamespot.com

Endless Legend adalah game yang menyuguhkan permainan strategi berbasis giliran. Latar permainan game ini berada di sebuah dunia fantasi bernama Auriga. Endless Legend dikembangkan oleh Amplitude Studios, dan dirilis untuk Microsoft Windows serta Mac OS X pada tahun 2014.

Di dalam game ini, kalian sebagai pemain harus menguasai dunia Auriga dengan menggunakan satu dari 14 faksi yang tersedia. Agar rencana dominasi tersebut berhasil, para pemain dapat melakukan diplomasi, peperangan, explorasi tanah jajahan, mendirikan kota-kota baru, hingga mengembangkan teknologi.

10. Farm Together

Farm Together

* sumber: store.steampowered.com

Game ini bisa dimainkan hingga 4 orang secara online, dan kalian dapat berbagi pengalaman bersama-sama dalam mengembangkan lahan pertanian, perkebunan, hingga peternakan. Di sini juga, pemain dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lain, mulai dari mendekorasi rumah tinggal, memasak resep makanan, melukis, serta membuat musik.

Kalian juga dapat menyesuaikan avatar karakter yang digunakan, dan menghiasi lahan pertanian dengan berbagai macam fasilitas yang menarik. Selain itu, kalian bisa mengunjungi lahan pertanian pemain lain, dan memamerkan hasil jerih payah yang sudah ditanam. Farm Together bisa dibilang merupakan salah satu game simulasi pertanian yang lengkap, dan sangat seru untuk dimainkan secara online.

Setelah membaca daftar game pilihan di atas, sekarang kalian tidak usah cemas lagi jika ingin bermain game PC online meski spesifikasi laptop tidak terlalu mendukung. Game yang sudah direkomendasikan tersebut tentunya menyajikan berbagai macam tema permainan yang menarik, dan pastinya akan sangat seru jika dimainkan bersama teman-teman kalian.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram