Carisinyal / Game PC / 10 Game Bertemakan Open World Terbaik di PC dan Laptop

10 Game Bertemakan Open World Terbaik di PC dan Laptop

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Konsep open world pada sebuah video game tentunya menjadi genre yang sangat diminati oleh banyak pemain. Dalam permainan ini, para pemain mempunyai kebebasan untuk mengeksplorasi dunia virtual atau peta yang terdapat di game. Dengan keleluasaan seperti itu, pemain pastinya merasa betah untuk memainkan jenis game ini.

Para pengembang permainan tentunya menyadari akan pentingnya konsep open world pada sebuah game. Mereka lantas memproduksi permainan tersebut ke berbagai konsol video game, seperti PlayStation, Xbox, Nintendo dan bahkan platform PC sekalipun.

Dalam ulasan kali ini, Carisinyal akan merangkum 10 game berkonsep open world yang bisa dimainkan di platform PC. Kira-kira apa saja daftar pilihannya? Jangan sampai melewatkan pembahasannya di bawah ini ya.

1. Far Cry 5 (2018)

Far Cry 5

* sumber: dvdcover.com

Game ini berlangsung di sebuah wilayah fiksi di Amerika Serikat bernama Hope County. Jalan ceritanya berkisar pada proyek Eden’s Gate yang dipimpin oleh seorang karismatik bernama Joseph Seed. Proyek tersebut adalah sebuah kelompok pemujaan hari akhir yang berhasil mengendalikan seluruh Hope County.

Di sini, para pemain akan mengendalikan seorang wakil sheriff yang tidak disebutkan namanya yang tengah terperangkap di Hope County. Ia kemudian harus bekerja sama dengan kelompok pemberontak untuk membebaskan wilayah tersebut dari pengaruh proyek Eden’s Gate.

Gameplay berfokus pada pertempuran dan eksplorasi dan pemain bertempur melawan tentara musuh serta satwa liar berbahaya menggunakan beragam senjata. Game ini menampilkan banyak elemen, seperti jalan cerita bercabang, misi sampingan, peta yang luas, dan competitive multiplayer mode.

2. Saints Row IV (2013)

Saints Row IV

* sumber: www.covercentury.com

Mirip dengan seri terdahulunya, game Saints Row IV ini tetap mengandalkan genre aksi lewat konsep permainan open world. Game ini masih membawa mekanisme third-person shooter di mana para pemain mempunyai kebebasan untuk menjelajahi dunia yang menjadi latar di permainan ini.

Sembari mengeksplorasi dunia virtual yang ada di game ini, pemain bisa menyelesaikan misi utama dan beberapa misi sampingan lainnya. Para pemain nantinya akan terlibat dalam kegiatan pertarungan tembak menembak, balapan serta melawan kerumunan zombie.

Dalam game ini, karakter yang dapat dimainkan adalah seorang pemimpin kelompok 3rd Street Saints. Mereka merupakan geng jalanan yang telah menjadi organisasi paling kuat dan populer di dunia. Karakter tersebut nantinya akan menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat dan menerima kekuatan super power untuk melawan invasi alien.

3. No Man’s Sky Beyond (2019)

No Man’s Sky Beyond

* sumber: www.gamesradar.com

No Man’s Sky adalah sebuah permainan yang dapat dimainkan dari sudut pandang orang pertama (first person shooter) atau orang ketiga (third person shooter). Di game ini, para pemain dapat terlibat dalam empat kegiatan utama, yakni eksplorasi, bertahan hidup, pertempuran, dan perdagangan.

Dalam game ini, pemain akan berperan menjadi alien humanoid yang dikenal sebagai seorang penjelajah planet di alam semesta yang belum diketahui. Pada awalnya, pemain akan berada di sebuah planet di dekat pesawat ruang angkasa yang jatuh di tepi galaksi. Selanjutnya, pemain diharuskan bertahan hidup dengan mengeksplorasi planet tersebut untuk mengumpulkan sumber daya yang tersedia.

Selain aktivitas tersebut, pemain juga harus berhati-hati karena tak jarang makhluk luar angkasa seketika akan menyerang kapan saja. Nantinya, pemain bisa terlibat dalam pertempuran ruang angkasa dengan sekelompok fraksi alien, dan bahkan bisa membuat lompatan hyperspace untuk menuju galaksi lain.

4. Grand Theft Auto V (2013)

Grand Theft Auto V

* sumber: info-game9.blogspot.com

Grand Theft Auto V merupakan sebuah game aksi petualangan yang tentunya sudah banyak dikenal oleh para gamer. Dalam seri kelima ini, para pemain dapat memainkannya dari sudut pandang orang ketiga atau orang pertama.

Di permainan ini, pemain akan menyelesaikan misi dari skenario yang telah ditentukan pada jalan cerita game Grand Theft Auto V. Di luar menuntaskan misi-misi tersebut, pemain dapat dengan bebas berkeliaran di dunia yang telah disediakan dalam game ini. Pemain bisa menelusuri daerah pedesaan San Andreas, termasuk Blaine County, dan kota fiksi Los Santos.

Dalam menghadapi para musuh, pemain dapat menggunakan serangan jarak dekat, beragam senjata api dan bahan peledak. Selain itu, karakter yang dimainkan nantinya bisa berlari, melompat, berenang, memukul, dan menggunakan kendaraan untuk menjelajahi peta di game ini.

5. Borderlands 3 (2019)

Borderlands 3

* sumber: www.forbes.com

Borderlands 3 adalah sebuah game first-person loot shooter yang dapat dimainkan secara single player maupun membentuk kelompok hingga empat orang. Di dalam game ini, pemain dapat membuat karakter dari salah satu empat kelas yang tersedia. Selanjutnya, para pemain dapat mengambil berbagai misi yang akan diberikan oleh karakter yang tidak dapat dimainkan.

Selain itu, para pemain juga bisa mendapatkan item dengan mengalahkan musuh di sepanjang permainan. Saat pemain ingin menaikan level karakter yang dimainkan, mereka bisa menggunakan skill points untuk diaplikasikan ke dalam pohon keterampilan.


Setelah dirilis, Borderlands 3 menerima ulasan yang umumnya positif, meskipun ada beberapa yang mengkritiknya karena kurang inovasi. Penjualan awal game ini adalah yang tertinggi dari seri Borderlands dengan menjual lebih dari 5 juta copy dalam lima hari.

6. Final Fantasy XV (2016)

Final Fantasy XV

* sumber: techristic.com

Latar permainan ini berada di sebuah dunia fiksi bernama Eos. Diceritakan bahwa seluruh dunia berada di bawah dominasi Kerajaan Niflheim. Mereka berusaha mengambil dan mengendalikan kristal magis yang dilindungi oleh Kerajaan Lucis. Akhirnya, saat tengah melakukan negosiasi damai, Niflheim menyerang ibu kota dan berhasil mencuri kristal tersebut.

Sementara itu, Noctis Lucis pewaris takhta Lucian mulai berpetualang untuk menyelamatkan kristal magis dan mengalahkan Niflheim. Ia kemudian berusaha menggunakan kekuatan kristal tersebut untuk digunakan dalam menyelamatkan Eos dari kegelapan abadi.

Final Fantasy XV adalah sebuah permainan open world action role-playing game di mana para pemain akan mengendalikan Noctis Lucis. Selama perjalanannya dalam melintasi dunia Eos, ia ditemani oleh tiga temannya, yakni Gladiolus, Ignis dan Prompto.

7. Mad Max (2015)

Mad Max

* sumber: www.pakgamers.com

Di sini, para pemain mengendalikan karakter Max Rockatansky yang sedang membangun sebuah kendaraan bernama Magnum Opus. Mobil tempur tersebut nantinya dapat digunakan untuk melakukan pertarungan dengan sekelompok perampok yang dipimpin oleh oleh Scabrous Scrotus.

Game ini berfokus pada pertempuran kendaraan, di mana para pemain dapat menggunakan senjata dan peningkatan armor pada mobil untuk digunakan saat melawan musuh. Mad Max mempunyai latar di gurun tandus pasca apokaliptik, dan pemain dapat mengeksplor wilayah tersebut mulai dari gurun, ngarai, dan gua.

Selama permainan berlangsung, Max akan ditemani oleh asistennya yang bernama Chumbucket. Mobil Magnum Opus pun dapat dipasang beberapa senjata garang, seperti senapan sniper, penyembur api, dan kait bergulat. Semuanya dapat digunakan untuk melumpuhkan musuh-musuh yang mengganggu.

8. Subnautica (2014)

Subnautica

* sumber: gamebrott.com

Subnautica adalah sebuah permainan yang menawarkan genre open-world survival action-adventure, dan dimainkan dengan perspektif sudut pandang orang pertama. Dalam game ini, pemain berperan sebagai seseorang yang selamat dari pesawat ruang angkasa Aurora, dan terdampar di planet laut yang bernama 4546B.

Tujuan utama dari game ini adalah pemain harus menjelajahi lautan dan berupaya sebisa mungkin bertahan hidup dan selamat dari mara bahaya. Subnautica memiliki empat mode permainan yang terdiri dari survival, freedom mode, hardcore mode, dan creative mode.

Pada tahun 2018, game ini mendapatkan tiga penghargaan di ajang yang cukup bergengsi. Subnautica memenangkan Golden Joystick Awards untuk kategori Breakthrough Award, dan PC Game of the Year. Sedangkan untuk Gamers’ Choice Awards, permainan ini mendapatkan Fan Favorite Indie Game.

9. Elite: Dangerous (2014)

Elite Dangerous

* sumber: www.pcgamer.com

Elite Dangerous merupakan edisi keempat dalam seri waralaba video game Elite. Franchise game ini juga sekaligus menjadi sekuel dari sebuah game lawas keluaran tahun 1995 yang berjudul Frontier: First Encounters. Permainan ini mengambil latar pada tahun 3300, dan terjadi sekitar 45 tahun setelah kejadian yang terjadi pada game jadul tersebut.

Terdapat tiga fraksi yang berkonfrontasi dalam game ini, seperti The Empire of Achenar, The Galactic Federation, dan The Alliance of Independent Systems. Di galaksi luar angkasa ini, pemain dapat menjelajahi berbagai sistem bintang lengkap dengan planet serta bulan yang berputar dan mengorbit secara real time.

Pemain memulai game dengan pesawat ruang angkasa yang memiliki sumber daya terbatas. Selanjutnya, para pemain menjalankan beberapa misi untuk mendapatkan beragam reward. Nantinya, para pemain akan dihadapkan pada aktivitas perdagangan, penambangan, eksplorasi, perburuan hadiah, pembajakan, dan pembunuhan.

10. The Outer Worlds (2019)

The Outer Worlds

* sumber: www.newgamenetwork.com

Di awal permainan ini, para pemain dapat membuat karakter mereka sendiri dengan cara mengkostumisasinya. Namun di lain sisi, pemain tidak bisa mengendalikan pesawat secara bebas. Kendaraan tersebut berfungsi sebagai alat perjalanan cepat untuk menjelajahi berbagai area dalam game yang satu ini.

The Outer Worlds menggunakan mekanisme first person shooter dengan genre action role-playing game. Dalam game ini juga pemain dapat merekrut karakter non-pemain sebagai teman atau partner yang menemani di sepanjang permainan. Partner tersebut memiliki keterampilannya masing-masing dan serangan khusus untuk membantu ketika ada serangan musuh.

Selama situasi pertempuran, pemain dapat menggunakan berbagai jenis senjata jarak dekat, dan senjata api lainnya. Semuanya memiliki tiga jenis amunisi yang berkekuatan ringan, berat dan energi. Ketiga jenis amunisi tersebut tentunya bisa disesuaikan untuk menambahkan tingkat kerusakan saat melawan musuh.

Itulah 10 pilihan game open world yang bisa kalian mainkan di platform PC. Semua game tersebut tentunya mempunyai mekanisme gameplay dengan jalan cerita yang bisa membuatmu ketagihan untuk memainkannya. Jika kamu sudah tertarik dengan daftar game pilihan di atas, jangan lupa untuk langsung mencobanya ya. Selamat bermain!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *