carisinyal web banner retina
Carisinyal / Games / Kumpulan Game PPSSPP Ukuran Kecil Untuk Android

Kumpulan Game PPSSPP Ukuran Kecil Untuk Android

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Bermain game PSP di Android melalui emulator PPSSPP memang sangat menyenangkan. Selain bernostalgia, judul-judul game untuk PPSSPP juga sangat bervariasi. Kali ini Carisinyal akan mengulas daftar game PPSSPP ukuran kecil yang cocok untuk semua perangkat Android.

Jika melihat ke belakang, dahulu bermain game PlayStation Portable atau PSP merupakan sebuah tren yang wajib diikuti para gamers. Akan tetapi kini PSP telah memiliki banyak pengganti seperti PlayStation 4, Xbox, iPhone, dan bahkan Android yang memiliki banyak game-game bagus dan digemari oleh para gamer.

Memainkan game di PSP merupakan keasyikan tersendiri. Kini untuk memainkannya para pengguna smartphone pintar tidak perlu lagi menggunakan PSP. Pengguna smartphone pintar bisa memainkan game tersebut di smartphone mereka masing-masing.

Apa Itu PPSSPP?

Saat ini bagi para pengguna smartphone pintar seperti Android bisa memainkan game PSP di smartphone mereka. Para pengguna Android hanya tinggal menginstal emulator bernama PPSSPP untuk menjalankan game tersebut. Dengan adanya emulator PSP tersebut, pengguna Android akan menikmati tampilan smartphone yang berubah layaknya PSP.

PPSSPP (PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably) merupakan sebuah aplikasi emulator yang mampu memainkan game PSP yang telah diubah ke dalam format ISO dan CSO. Tidak hanya untuk Android, emulator ini juga tersedia untuk iOS yang telah di-jailbreak, Windows, Linux, Mac, dan lainnya.

game PPSSPP ukuran kecil

Saat ini terdapat lebih dari 800 judul game yag dapat dimainkan di PPSSPP. Sayangnya walaupun banyak jenis game yang tersedia di untuk diunduh, pada umumnya game ini tidak semuanya berjalan dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah spesifikasi Android yang tidak memenuhi persyaratan untuk memainkan game ini.

Untuk memainkan game PSP di smartphone Android, pengguna harus menginstal emulator PPSSPP terlebih dahulu. Pertama-tama download aplikasi emulator tersebut di situs resminya. Setelah emulator tersebut diunduh, langsung instal di smartphone Android Anda.

Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa mengatur settingan emulator sesuai dengan kenyamanan Anda ketika bermain. Untuk memainkan gamenya, Anda harus memindahkan terlebih dahulu file game PSP yang telah diubah menjadi format ISO ataupun CSO.

Setelah semuanya siap, Anda akan merasakan sensasi bermain game PSP dalam sebuah smartphone Andorid yang menakjubkan. Jika smartphone Androidnya cukup kompatibel, maka tak akan ada masalah dalam menjalankannya.

Kumpulan Game PPSSPP Ukuran Kecil

Seperti disinggung di atas, tidak semua game PSP dapat berjalan dengan baik pada emulator PPSSPP ini. Banyak penyebab yang menjadikannya tidak berjalan maksimal. Namun yang paling sering ditemui adalah karena kurang maksimalnya spesifikasi dari perangkat Android yang digunakan.

game ppsspp

Jika Anda tidak memiliki smartphone Android yang sesuai dengan spesifikasi gamenya, maka tak jarang Anda akan menemui smartphone Anda mengalami lag atau tak bisa merender game yang Anda instal. Karena ukuran game PPSSPP pada umumnya berukuran sangat besar, maka dibutuhkan smartphone yang  handal untuk menjalankannya.

Bagi penggila game atau gamer, mampu memainkan game di mana saja adalah hal yang sangat menyenangkan. Oleh karena itu, masalah di atas akan menjadi sangat merugikan. Untuk menyiasati hal itu, kita dapat mencoba game PPSSPP ukuran kecil.

Pada umumnya banyak game PPSSPP berukuran hingga ratusan megabyte. Ukuran ini tentu tak semuanya dapat dimainkan dengan baik pada smartphone Android. Bebrapa smartphone Android hanya memiliki RAM sebanyak 512 MB sehingga kurang mumpuni untuk menjalankan game berukuran besar.

Untungnya masih terdapat banyak game PPSSPP yang memiliki ukuran kurang dari 200 MB. Selain ringan untuk dimainkan, berbagai macam game tersebut juga tidak akan banyak memakan kapasitas memori internal. Berikut adalah daftar gamenya:

  • Endure Collapse Myths, berukuran 198 MB
  • Medal of Honor Heroes 2, berukuran 293 MB
  • Tale of Planet, berukuran 196 MB
  • Naruto Heroes, berukuran 117 MB
  • Dragon Ball Z Shin Shidukoi, berukuran 177 MB
  • Harvest Moon, berukuran 88 MB
  • Need for Speed Carbon, berukuran 88 MB
  • Street Fighter Alpha 3, berukuran 105 MB
  • Avatar the Last Airbender, berukuran 113 MB

Selain berbagai game PPSSPP ukuran kecil di atas, masih banyak game lainnya yang dapat Anda pilih. Saya tidak akan membagikan link download karena hal tersebut melanggar hak cipta. Silahkan beli kaset originalnya dan kemudian rubah ke dalam format ISO agar bisa dimainkan melalui emulator PPSSPP.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram