Carisinyal / PS1 / Yuk Mainkan Kembali 10 Game PS1 Terbaik Sepanjang Masa Ini

Yuk Mainkan Kembali 10 Game PS1 Terbaik Sepanjang Masa Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

PlayStation 1 atau PS1 bisa dibilang sebagai salah satu konsol tersukses yang pernah ada. Konsol ini menjadi penanda peralihan gim dari 2D yang ada di generasi sebelumnya ke konsep gim 3D. Meskipun tidak sedikit juga gim PS1 yang hadir dengan konsep 2D.

PS1 sendiri hadir dengan berbagai judul gim menarik. Tidak sedikit jumlah gim PS1 yang menarik dan sangat layak dimainkan. Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal bakal membahas daftar gim PS1 terbaik sepanjang masa yang mungkin Andai ingin mainkan kembali. Berikut daftar lengkapnya.

1. Crash Team Racing

Crash Team Racing

Crash Team Racing adalah gim balapan PS1 yang banyak digemari orang. Gim besutan Naughty Dog ini adalah salah satu gim wajib yang harus ada di rental PlayStation saat itu. Gimnya asik dimainkan dengan teman. Jika sudah memainkan gim yang terlalu berat, gim ini bisa jadi pilihan tepat sebagai refreshing otak.

Crash Team Racing atau disingkat CTR menawarkan gim bertipe balap. Anda bisa memilih karakter dari dunia Crash Bandicoot, baik sebagai tokoh protagonis maupun antagonis. Nantinya Anda akan balapan di jalur-jalur yang menarik dan menegangkan. Terlebih jalur memiliki keunikan tersendiri, termasuk hadirnya jalan rahasia.

Gim ini juga menawarkan keseruan karena ketika balapan, Anda bisa menabrak kotak kayu untuk mendapatkan kekuatan. Kekuatan tersebut bermacam-macam. Ada yang untuk mempercepat laju mobil, menembakkan rudal ke musuh, atau bahkan, kekuatan pelindung dari segala tindakan masalah. Hal-hal inilah yang membuat gim CTR ini menarik dan banyak dimainkan orang.

2.Harvest Moon: Back to Nature

Harvest Moon: Back to Nature

Harvest Moon: Back to Nature merupakan gim PS1 terbaik lainnya. Gim ini hadir menawarkan gameplay yang unik kala itu, yakni menjalankan kehidupan sehari-hari. Anda akan bermain peran sebagai seorang laki-laki yang mendapat warisan berupa ladang yang harus diurus.

Dalam perjalanan, Anda tidak hanya harus mengurus ladang, tetapi beternak hewan, merawat kuda dan anjing, serta membangun rumah. Tidak ketinggalan, Anda juga harus berinteraksi dengan penduduk sekitar. Terlebih karena, gim ini menawarkan pilihan wanita untuk dinikahi, membuat gim ini jadi kegemaran banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Karena konsep permainannya yang sederhana dan relate dengan kehidupan nyata, gim ini mendapat sambutan yang luar biasa. Tidak berlebihan jika memasukan gim ini ke daftar salah satu gim PlayStation terbaik.

3. WWF SmackDown! 2: Know Your Role

WWF SmackDown! 2: Know Your Role

WWF SmackDown! 2: Know Your Role adalah gim yang tentu wajib masuk ke dalam daftar game PlayStation 1 terbaik. Betapa tidak, gim yang rilis pada tahun 2000 ini menawarkan gim gulat yang populer. Terlebih karakter yang dihadirkan di game ini adalah jelmaan dari pegulat asli yang tergabung di bawah bendera WWF saat itu(sekarang bernama WWE).

Nama-nama seperti The Rock, Triple H, Stone Cold, Undertaker, dan masih banyak karakter gulat lainnya hadir di gim ini. Tetapi bukan nama besar saja yang membuat gim ini menarik. Gameplay yang mirip seperti gulat aslinya, mode permainan layaknya gulat mingguan, serta fitur untuk membuat tokoh gulat sendiri membuat gim ini sebagai gim gulat yang tidak akan terlupakan begitu saja.

4. Tekken 3

Tekken 3

* sumber: technostalls.com

Tekken 3 merupakan gim fighting yang banyak dimainkan di era PlayStation 1. Bahkan, hampir semua rental PlayStation 1 memiliki gim ini. Gim ini memang menarik karena menghadirkan pertarungan cepat dengan kombinasi tombol yang menghasilkan jurus-jurus sakti.

Kombinasi jurus dari tiap karakter, banyaknya karakter yang bisa dimainkan, serta gameplay fighting yang tidak sulit diikuti merupakan beberapa alasan mengapa gim ini bisa dibilang jadi salah satu gim terbaik di era PlayStation 1.

5. Final Fantasy VII

Final Fantasy VII

Tekken 3 merupakan gim fighting yang banyak dimainkan di era PlayStation 1. Bahkan, hampir semua rental PlayStation 1 memiliki gim ini. Gim ini memang menarik karena menghadirkan pertarungan cepat dengan kombinasi tombol yang menghasilkan jurus-jurus sakti.

Kombinasi jurus dari tiap karakter, banyaknya karakter yang bisa dimainkan, serta gameplay fighting yang tidak sulit diikuti merupakan beberapa alasan mengapa gim ini bisa dibilang jadi salah satu gim terbaik di era PlayStation 1.

6. Suikoden 2

Suikoden 2

Suikoden 2 tentu layak masuk sebagai salah satu gim PS1 terbaik. Gim ini bisa dibilang sebagai salah satu gim RPG terbaik masanya. Meski mengusung grafis 2,5D tapi gim ini mampu menawarkan visual yang ciamik dan cerita yang apik.

Anda akan berperan sebagai pahlawan yang bertualang di dunia dengan konflik kerajaan. Yang menjadikan gim ini menarik sistem pertarungannya yang unik plus perang taktik kerajaan. Anda juga bisa mengumpulkan 108 karakter untuk bergabung di kubu Anda. Fase mengumpulkan berbagai karakter ini juga yang membuat Suikoden 2 tidak hanya sekadar gim biasa.

7. Tony Hawk’s Pro Skater 2

Tony Hawk's Pro Skater 2 

Kalau Anda ingin memainkan gim bertema olahraga terbaik, maka Tony Hawk’s Pro Skater 2 adalah jawabannya. Gim yang dikembangkan oleh Neversoft dan dipublikasikan Activision ini bahkan mendapat predikat sebagai salah satu gim dengan rating tertinggi.


Gim yang dirilis pada tahun 2000 ini menghadirkan berbagai karakter pemain skateboarder professional seperti Tony Hawk, Bob Burnquist, Bucky Lasek, Chad Muska, dan masih banyak skateboarder profesional lainnya. Selain itu, gim ini menawarkan gameplay yang mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.

8. Super Shot Soccer

Super Shot Soccer 

Winning Eleven barangkali jadi salah satu gim sepakbola yang paling banyak dikenal di era PS1. Tapi, Super Shot Soccer yang bisa dibilang sebagai gim sepakbola paling berkesan. Terlebih karena gim ini juga dimainkan oleh semua usia, dari mulai anak kecil sampai orang dewasa.

Yang menjadikan Super Shot Soccer istimewa adalah konsep permainan sepakbola yang unik dan menakjubkan. Menakjubkan karena tiap tim sepakbola (negara) memiliki kemampuan khusus tersendiri seperti tembakan super, drible ala Menara Eiffel, kiper dengan tangkapan super, dan masih banyak kemampuan lainnya.

Kemampuan dari tiap tim nasional inilah yang membuat Super Shot Soccer lebih dari sekadar gim sepakbola biasa. Gim ini menawarkan cita rasa fantasy yang membuat gim ini menyenangkan untuk dimainkan bersama teman.

9. Chrono Cross

Chrono Cross

* sumber: kotaku.com

Chrono Cross adalah salah satu gim PS1 yang mampu menghadirkan visual menarik. Gim ini seolah bisa memaksimalkan kemampuan PS1 untuk menghadirkan grafis memukau dan gamplay RPG yang unik.

Sama seperti Suikoden, gim ini juga mengharuskan Anda untuk merekrut berbagai karakter ke dalam tim Anda. Yang menarik, gim ini menawarkan kompleksitas cerita yang berpengaruh pada cara Anda memainkan gim ini.

Misalnya, Anda memilih keputusan tertentu, maka cerita yang mengalir pun bakal sedikit berbeda. Inilah yang menarik dari Chrono Cross karena menawarkan berbagai pilihan keputusan yang memberi pengaruh besar pada perjalanan karakter utama Anda.

10. Resident Evil 3 Nemesis

Resident Evil 3 Nemesis

Jika ingin menyebut salah satu gim aksi horror terbaik, maka Resident Evil 3: Nemesis adalah jawabannya. Gim ini menghadirkan petualangan mencekam di tengah situasi zombie dan makhluk bernama Nemesis yang siap mengejar.

Anda akan memainkan tokoh wanita bernama Jill Valentine. Jill harus bertahan di sebuah kota bernama Racoon yang sudah terkontaminasi zombie. Anda bisa membunuh para zombie ini dengan berbagai senjata yang bisa Anda dapatkan. Anda juga harus memecahkan beberapa teka-teki untuk memuluskan perjalanan Jill keluar dari kota Racoon.

Nah, itulah deretan 10 game PS1 terbaik sepanjang masa yang perlu kamu ketahui. Kamu juga bisa membaca artikel Carisinyal yang membahas 10 game PS2 terbaik sepanjang masa.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *